News

GoPay Error Hari ini 2024, Simak 8 Penyebab Lengkap Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Masalah terkait GoPay error hari ini bisa menjadi pengalaman buruk bagi para penggunanya. Terutama saat dalam situasi mendesak ingin melakukan suatu transaksi.

Tapi sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, sebab dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab GoPay error hari ini, lengkap dengan menunjukkan cara mengatasinya!

Sekilas tentang GoPay

apa itu GoPay
Sumber: cloudfront.net

Gopay adalah sebuah aplikasi e-wallet multi fungsi yang memudahkan aktivitas transaksi, mulai dari transfer dan terima uang, alat pembayaran digital, simpan uang, dan sebagainya. Tak hanya itu, Gopay juga memiliki banyak fitur lainnya seperti, GoPayLater (beli sekarang bayar nanti).

Beberapa keuntungan menggunakan Gopay adalah sebagai berikut:

  1. Gratis transfer ke bank mana aja sebanyak 100 kali per bulan
  2. Fitur dan tampilan cukup sederhana, sehingga mudah digunakan
  3. Menggunakan Gopay sebagai metode pembayaran di aplikasi Gojek dan Tokopedia dapat memberikan anda beberapa keuntungan, misalnya seperti, gratis biaya penanganan, ada banyak promo dan voucher yang bisa digunakan, dan masih banyak lagi.
  4. Mudah digunakan untuk scan QRIS apa saja
  5. Keamanan data pengguna terjamin

Jenis Gangguan GoPay Hari ini

Terdapat beberapa gangguan yang banyak dieluhkan oleh pengguna GoPay hari ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gagal memuat saldo
  • Gagal transfer
  • Tidak bisa masuk ke aplikasi
  • Status transaksi sedang dalam proses terus
  • Gagal digunakan untuk pembayaran
  • Tidak dapat menerima saldo
  • Tampilan sedang memuat terus

Penyebab GoPay Error Hari ini Lengkap dengan Cara Mengatasinya!

Kemudahan yang ditawarkan oleh GoPay dalam hal bertransaksi telah berhasil memikat hati banyak orang untuk menggunakan layanan nya. Namun sama seperti platform pada umumnya, GoPay juga bisa mengalami gangguan yang menghambat aktivitas pengguna.

Baca Juga :  FF Bakal Dihapus Dari Indonesia 2024 ? Cek Faktanya Disini

GoPay error hari ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Masalah koneksi internet

Penyebab dan cara mengatasi GoPay Error hari ini
Penyebab dan cara mengatasi GoPay Error hari ini/ speedefy.com

Penyebab umum yang paling terjadi adalah karena masalah koneksi internet yang kurang stabil atau bahkan tidak tersedia sama sekali.

Perlu diketahui bahwa GoPay merupakan sebuah aplikasi yang penggunaannya tergantung pada koneksi internet yang bagus. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki koneksi internet yang memadai sebelum melakukan transaksi.

Cara mengatasi:

Ada beberapa cara mengatasi GoPay error hari ini jika kendala nya disebabkan karena masalah koneksi internet, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Refresh jaringan. Anda bisa merefresh jaringan lewat berbagai cara, seperti: mematikan sebentar data seluler lalu menghidupkannya kembali, Hidupkan mode pesawat beberapa detik lalu matikan kembali, dan terakhir mulai ulang (restart) perangkat.
  2. Ganti koneksi internet dengan beralih ke penggunaan Wifi.

2. Baru Mengganti PIN GoPay

Apakah kamu baru saja melakukan ganti PIN GoPay? Jika iya, maka sudah bisa dipastikan bahwa inilah penyebab layanan GoPay di ponsel anda error. Setelah mengganti PIN GoPay, pengguna biasanya perlu menunggu selama 30-60 menit agar layanan normal kembali.

Cara mengatasi:

Setelah mengganti PIN GoPay, silahkan tunggu selama 30 hingga 60 menit. Lakukan login aplikasi GoPay secara berkala untuk mengetahui apakah layanan sudah bisa normal kembali.

3. Gangguan server dan maintenance

Penyebab dan cara mengatasi GoPay Error hari ini
Penyebab dan cara mengatasi GoPay Error hari ini

Sama seperti layanan aplikasi pada umumnya, GoPay juga melakukan pemeliharaan sistem secara rutin, yang tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas maupun fitur dalam aplikasi yang mereka kembangkan.

Namun, sayangnya selama pemeliharaan ini berlangsung, fungsi dari semua fitur yang ada dalam aplikasi akan dihentikan untuk sementara hingga pemeliharaan selesai dilakukan.

Baca Juga :  Sampai Kapan DANA Gangguan Hari Ini? Simak informasi Terbaru Disini!

Cara mengatasi:

Ada 2 cara mengatasi GoPay error hari ini karena gangguan server dan maintenance. Berikut kami jelaskan:

  1. Periksa status server dengan mengecek notifikasi nya pada situs atau media sosial resmi Gojek.
  2. Hubungi layanan pelanggan atau Customer Service GoPay, melalui call center yaitu 1500729 atau lewat email customerservicegopay.co.id. Jelaskan kendala anda, mereka akan memandu anda untuk solusinya.

4. Terdapat masalah Akun pengguna

Penyebab GoPay error hari ini yang berikutnya adalah karena adanya masalah pada akun pengguna, misalnya seperti dibatasi atau pun diblokir. Akun GoPay dibatasi atau diblokir biasanya terjadi karena adanya indikasi aktivitas mencurigakan atau tindakan-tindakan pengguna yang melanggar aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan.

Cara mengatasi:

Periksa apakah ada masalah pada akun GoPay anda. Biasanya pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila akun GoPay-nya telah dibatasi maupun diblokir. Jika akun anda benar sedang bermasalah, maka ajukan lah pemulihan akun melalui menu pusat bantuan pada aplikasi atau dengan menghubungi bagian Customer Service.

5. Akses pengguna padat

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh GoPay, membuat penggunanya terus bertambah. Namun sangat disayangkan, kondisi ini menimbulkan dampak negatif, yang mana akses pengguna yang padat dapat memicu beban lalu lintas yang tinggi, sehingga menyebabkan layanan GoPay menjadi error pada beberapa pengguna.

Cara mengatasi:

Cara mengatasi kendala GoPay error hari ini karena masalah akses pengguna yang padat dapat dilakukan dengan:

  1. Refresh/ reload aplikasi
  2. Keluar, lalu masuk kembali ke aplikasi
  3. Log out akun dan login kan kembali.

6. Limit transaksi

Penyebab dan cara mengatasi GoPay Error hari ini
go-jek.com/ Penyebab dan cara mengatasi GoPay Error hari ini

GoPay memiliki 2 jenis akun, yakni: Akun GoPay biasa (basic) dan Plus (setelah di upgrade). Perlu diketahui bahwa GoPay memiliki batasan jumlah transaksi atau saldo sesuai dengan jenis akun yang dimiliki.

Untuk GoPay biasa, memiliki limit saldo masuk maupun transfer sebesar 2juta per bulan. Sedangkan akun GoPay plus atau yang sudah di upgrade akan mendapat limit saldo masuk dan transfer sebesar 20juta per bulan. Pengguna akan mengalami error aplikasi, jika jumlah transaksi yang dilakukan telah melebihi batas limit yang dimiliki dalam akun.

Baca Juga :  Timnas Free Fire Indonesia Juara Sea Games 2021: Free Fire Bukan Game Bocil!

Cara mengatasi:

Upgrade akun GoPay anda ke akun GoPay plus, agar limit transaksi yang didapatkan lebih besar. Cara upgrade akun Gopay dari basic ke plus dapat dilakukan melalui langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Terlebih dahulu, siapkanlah kartu identitas kamu (eKTP atau Paspor)
  2. Buka aplikasi GoPay. Pada menu GoPay, klik Lainnya
  3. Lalu pilih Upgrade ke GoPay Plus
  4. Klik Upgrade Sekarang
  5. Ambil foto kartu identitas kamu, pastikan:
    – Kartu identitas masih aktif
    – Kartu identitas difoto secara langsung, bukan dari fotokopi atau format digital lainnya
    – Pastikan juga foto kartu identitas terlihat secara menyeluruh dan jelas. Lakukan foto di tempat dengan pencahayaan yang bagus
  6. Selanjutnya, ambil foto wajah kamu (selfie) dengan jelas
  7. Kemudian pilih Upgrade Sekarang untuk melanjutkan upgrade ke GoPay Plus
  8. Selesai. Silahkan tunggu permintaan upgrade akun GoPay diproses dalam waktu 1×24 jam.

7. Masalah pada aplikasi

Penyebab Gopay error hari ini yang selanjutnya adalah karena adanya masalah yang terjadi pada aplikasi yang mempengaruhi kinerja aplikasi, misalnya seperti penumpukan cache aplikasi dan juga aplikasi yang telah kadaluwarsa.

Cara mengatasi:

Cara mengatasi masalah GoPay error hari ini karena kendala demikian cukup mudah. Anda bisa mengikuti 2 langkah berikut ini:

  1. Perbaharui aplikasi anda lewat layanan penyedia aplikasi (Google Play/ App Store)
  2. Hapus cache pada aplikasi GoPay
  3. Jika masalahnya masih belum juga bisa teratasi, maka silahkan un-install aplikasi GoPay. Lalu setelah itu install kembali.

8. Masalah perangkat yang digunakan

GoPay error hari ini dapat juga disebabkan oleh masalah pada perangkat yang digunakan, misalnya seperti sistem operasi perangkat/ Software yang telah kadaluwarsa serta penyimpanan penuh sehingga mempengaruhi kinerja ponsel.

Cara mengatasi:

Pastikan ponsel anda menggunakan sistem operasi terbaru. Selain itu, periksa juga ruang penyimpanan perangkat. Pastikan masih ada ruang penyimpanan yang tersisa minimal 20%, agar ponsel dapat bekerja dengan optimal.

Akhir Kata

GoPay Error Hari ini
GoPay Error Hari ini

Sebagai pengguna layanan GoPay, ketika menghadapi kendala GoPay error hari ini, penting untuk tetap bersikap tenang dan melakukan langkah-langkah penanganan yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Dengan begitu, maka tak butuh waktu lama untuk anda bisa menikmati kembali berbagai fitur menarik di GoPay.

Back to top button