News

Iconnet Gangguan Hari Ini: Ketahui 5+ Penyebab Lengkap dengan Solusinya!

Apakah yang terjadi sehingga Iconnet gangguan hari ini? Banyak pelanggan yang mengeluhkan masalah WiFi Iconnet yang tidak dapat digunakan hari ini. Apabila anda termasuk salah satu diantaranya, maka ikutilah postingan ini dan temukan solusi mudah untuk mengatasi gangguan pada Iconnet hari ini.

Iconnet merupakan salah satu penyedia layanan internet yang telah memiliki cukup banyak pelanggan. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, kualitas jaringannya juga cenderung stabil, sehingga banyak orang yang merasa puas dalam penggunaannya.

Sayangnya, terkadang pelanggan dihadapkan dengan situasi yang mana jaringan Iconnet mengalami gangguan sehingga membuat aktivitas internet pelanggan menjadi terganggu. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena disini kami akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasinya!

Seputar mengenai Iconnet

Sudahkah kamu mengenali jaringan Iconnet ini sebelumnya? Jika belum, yuk ketahui beberapa informasi terkait Iconnet dalam penjelasan kami berikut ini.

Apa itu Iconnet?

Iconnet
Apa itu Iconnet

Iconnet merupakan penyedia layanan internet yang berbasis fiber optic, diluncurkan oleh PT PLN ICON Plus yang merupakan sub holding dari PT PLN (persero) pada tahun 2021. Jaringan WiFi Iconnet ini menggunakan internet Broadband yang merupakan jenis koneksi internet yang biasa digunakan di rumah dimana kecepatannya dibagi rata sesuai jumlah pengguna atau padatnya penggunaan internet di wilayah tersebut.

Iconnet hadir dengan beberapa keunggulan, seperti:

  1. Reliable  (kecepatan internet yang tinggi dan stabil karena menggunakan jaringan fiber)
  2. Affordable (koneksi Iconnet sangat stabil karena menggunakan jaringan fiber optik yang tercanggih)
  3. Unlimited (Memiliki coverage area yang paling luas jangkauannya)

Harga paket berlangganan Iconnet

Paket berlangganan Iconnet tersedia dalam 5 pilihan. Berikut kami tampilkan masing-masing jenis paket lengkap dengan harganya. Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis paket Langganan Kecepatan Jaringan Harga/ Bulan
Iconnet 10 Up to 10 Mbps Rp185000
Iconnet 20 Up to 20 Mbps Rp207000
Iconnet 35 Up to 35 Mbps Rp225000
Iconnet 50 Up to 50 Mbps Rp297000
Iconnet 100 Up to 100 Mbps Rp427000
Note: Harga belum termasuk PPN. Namun, perlu diingat bahwa harga yang kami tampilkan disini pada sewaktu-waktu bisa saja mengalami perubahan didorong oleh beberapa faktor seperti promo, kebijakan perusahaan, wilayah, dan lain-lain.

Cara pasang WiFi Iconnet

Cara Pasang Iconnet
Cara pasang WiFi Iconnet

Selain menampilkan rincian harga paket berlangganan Iconnet, dibawah ini kami juga akan menampilkan bagaimana cara untuk memasang WiFi Iconnet. Jika kamu berniat untuk berlangganan Iconnet ini, maka perhatikanlah beberapa langkahnya dibawah ini:

Baca Juga :  8 Modus Penipuan Shopee Paruh Waktu yang Sedang Viral Serta Cara Menghindarinya
Cara Pasang Wifi Iconnet
Tahap Awal Proses Registrasi
Langkah selanjutnya Dapatkan jadwal Instalasi
Tahap Akhir Menyelesaikan proses Instalasi
  • Proses Registrasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan mendaftarkan atau meregistrasi kepesertaan anda menjadi salah satu pelanggan Iconnet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan mulai proses registrasi dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store
  2. Ketuk daftar sekarang untuk membuat akun baru
  3. Isilah beberapa data yang diminta seperti nama, email, nomor HP, dan juga password. Lalu klik daftar, dan tunggu dalam beberapa saat hingga pendaftaran akun berhasil
  4. Klik “tambah IDPEL (ID Pelanggan)” yang nantinya akan anda gunakan untuk mendaftarkan Iconnet anda. IDPEL biasanya terdiri dari 11-12 digit nomor unik yang terletak di bagian bawah barcode meteran listrik.
  5. Selanjutnya, silahkan tap menu Iconnet
  6. Maka akan tampil pada layar status coverage layanan Iconnet sesuai dengan IDPEL yang anda daftarkan
  7. Masukkan atau arahkanlah alamat anda pada map yang ditampilkan
  8. Tap “Cek Area” Jika area anda telah tercover maka anda dapat melanjutkan proses pendaftaran. Namun apabila belum tercover, itu artinya Iconnet belum menjangkau ke wilayah tempat tinggal anda.
  9. Apabila alamat sudah terjangkau layanan Iconnet, masukkanlah IDPEL anda diikuti dengan menekan tombol “pasang sekarang
  10. Pilihlah paket layanan yang anda inginkan
  11. Pilih metode dan selesaikan pembayaran
  • Jadwal Instalasi

Setelah pendaftaran berhasil, maka anda akan menerima notifikasi dari PLN Mobile melalui email, Whatsapp maupun nomor telepon. Dalam hal ini mereka akan menginformasikan tentang jadwal instalasi modem. Pastikan kamu memperhatikan jadwal pemasangan modem yang mereka infokan, agar saat pemasangan nanti anda berada di rumah.

  • Proses Instalasi

Langkah terakhir adalah menyelesaikan proses instalasi. Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, teknisi Iconnet akan datang kerumah anda untuk pemasangan modem. Jika sudah selesai dipasang, jangan lupa untuk melakukan uji test kecepatan WiFi dengan cara mendownload sesuatu. Sehingga jika dirasa masih ada yang kurang, anda bisa meminta bantuan pada petugas tersebut.

Penyebab Iconnet Tidak dapat Digunakan

Sebelum lanjut mencari tau solusi untuk Iconnet gangguan hari ini, hal pertama yang perlu untuk anda ketahui terlebih dahulu tentu saja adalah penyebab mengapa Iconnet tidak dapat digunakan. Ada beberapa kemungkinan besar yang menyebabkan jaringan WiFi Iconnet mengalami gangguan, diantaranya adalah seperti:

  • Tagihan belum dibayar

Banyak orang yang mengeluh ketika jaringan wifi miliknya bermasalah, padahal karena mereka lupa melunasi tagihan. Perlu anda ingat bahwa, jika anda ingin koneksi Wifi anda tetap stabil maka anda harus rutin dalam melakukan pembayaran setiap bulannnya sesuai dengan paket langganan yang anda gunakan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mencatat kapan tempo pembayaran tagihan WiFi anda agar tidak sampai terlambat untuk melunasinya.

  • Sedang terjadi gangguan

Penyebab umum selanjutnya yang membuat Iconnet tidak dapat digunakan adalah karena Iconnet sedang berada dalam gangguan. Kondisi ini dipicu oleh beberapa hal. Silahkan ketahui penjelasan lebih lengkap mengenai beberapa penyebab Iconnet gangguan hari ini dalam pembahasan selanjutnya.

  • Kerusakan Perangkat

Penyebab berikutnya yang membuat Iconnet tidak dapat digunakan adalah karena adanya kerusakan pada fisik perangkat WiFi, seperti kabel yang terputus, konektor yang longgar ataupun kerusakan pada peralatan fisik lainnya yang menghambat jalannya koneksi Iconnet.

  • Kapasitas Jaringan

Perlu untuk anda ketahui bahwa setiap WiFi termasuk Iconnet memiliki batas kapasitas jaringan masing-masing. Apabila jumlah perangkat yang terhubung dalam waktu bersamaan telah melebihi batas kapasitas jaringan yang telah ditentukan, maka akan menyebabkan kualitas layanan menurun atau koneksi menjadi tidak stabil.

Baca Juga :  12 Tipe Orang Saat Belanja Online. Nomor 7 Pasti Banyak yang Relate

Mengapa Iconnet Gangguan Hari ini?

Mengapa Iconnet Gangguan Hari ini?
Mengapa Iconnet Gangguan Hari ini?

Seperti yang telah kami tampilkan pada beberapa penyebab Iconnet tidak dapat digunakan, salah satunya adalah karena sedang terjadi gangguan. Nah, apa sajakah yang menyebabkan Iconnet mengalami gangguan hari ini? Lihat selengkapnya berikut ini.

  • Maintenance

Maintenance atau pemeliharaan jaringan kerap menjadi salah satu penyebab paling umum terjadi  yang membuat Iconnet mengalami gangguan untuk sementara waktu. Demi untuk meningkatkan kualitas dan layanan nya, Iconnet biasanya akan melakukan pemeliharaan secara rutin. Namun selama proses ini berlangsung, pelanggan Iconnet biasanya akan mengalami gangguan jaringan hingga pemeliharaan selesai dilakukan.

  • Gangguan Teknis

Penyebab Iconnet gangguan hari ini yang pertama disebabkan oleh adanya gangguan teknis pada perangkat. Masalah teknis yang dimaksud disini adalah seperti konfigurasi router, server error, ataupun komponen jaringan lainnya yang dapat menyebabkan gangguan pada layanan Iconnet.

  • Terdapat Masalah di Pusat Data

Penyebab Iconnet gangguan hari ini yang selanjutnya  adalah karena terdapat masalah di pusat data. Ketika sedang terjadi masalah di pusat data, maka akan berdampak pada layanan yang diberikan menjadi mengalami gangguan untuk sementara waktu hingga masalah berhasil diperbaiki.

  • Gangguan cuaca buruk

Kondisi cuaca sedang buruk seperti hujan lebat, petir, angin kencang atau badai juga dapat menjadi penyebab Iconnet gangguan hari ini. Pada saat kondisi cuaca sedang buruk, sering kali akan berdampak pada rusaknya  infrastruktur jaringan WiFi sehingga menyebabkan gangguan pada penggunanya.

Cara Mengatasi Iconnet Gangguan Hari ini

Cara Mengatasi Iconnet gangguan hari ini
Sumber: www.halloriau.com/ Cara Mengatasi Iconnet Gangguan Hari ini

Melalui penjelasan yang telah kami tampilkan diatas anda telah mengetahui beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab Iconnet gangguan hari ini, selanjutnya kami akan memberikan solusi untuk memecahkan masalah terkait WiFi Iconnet yang sedang gangguan. Adapun beberapa solusi untuk gangguan Iconnet hari ini adalah sebagai berikut:

  • Periksa Jumlah Perangkat yang Terhubung

Solusi yang pertama yaitu memeriksa jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Iconnet kamu. Pastikan agar tidak sampai melebihi kapasitas jaringan yang telah ditentukan. Jika memungkinkan, lakukan penggantian password WiFi apabila kira-kira ada perangkat yang tidak anda kenali terhubung ke jaringan Wifi Iconnet anda.

  • Periksa Koneksi Fisik

Seperti yang telah kami jelaskan pada bagian penyebab Iconnet gangguan hari ini, salah satunya ada yang dipicu oleh adanya kerusakan pada bagian kabel atau konektor yang longgar. Oleh karena itu, sebagai solusinya adalah pastikan lah semua kabel dan konektor terhubung dengan benar dan dalam kondisi baik. Pastikan juga tidak ada bagian kabel yang terputus atau terluka.

  • Cek Notifikasi Jaringan

 Iconnet gangguan hari ini
Sumber: www.oolean.id/ Cara Mengatasi Iconnet Gangguan Hari ini

Solusi berikutnya untuk Iconnet gangguan hari ini adalah memeriksa apakah ada notifikasi atau pemberitahuan resmi terkait gangguan layanan Iconnet di situs web resmi maupun sosial media mereka. Jika memang sedang ada terjadi kendala, biasanya tim Iconnet akan memberikan informasi atau pemberitahuan tentang masalah yang sedang dihadapi serta perkiraan untuk waktu pemulihan.

  • Restart Perangkat

Jika setelah diperiksa tidak ada pemberitahuan yang menginformasikan bahwa Iconnet sedang gangguan hari ini, serta tidak ada juga terdapat masalah pada kabel konektor, maka kemungkinan besar masalahnya ada di perangkat anda sendiri. Maka dari itu, cobalah anda restart atau reboot modem/ router anda. Kadang-kadang gangguan atau masalah teknis yang terjadi bisa teratasi hanya dengan memulai ulang perangkat jaringan.

  • Hubungi Call Center Iconnet

Masih belum pulih juga? Jangan langsung merasa cemas ya gaes! Yuk mari kita coba solusi berikutnya yakni dengan menghubungi layanan pelanggan Iconnet. Tanyakan pada mereka,  apakah memang sedang ada terjadi masalah pada jaringan Iconnet hari ini.

Baca Juga :  GoPay Error Hari ini 2024, Simak 8 Penyebab Lengkap Cara Mengatasinya Dengan Mudah!

Mereka akan memberikan informasi terkait kendala yang sedang anda hadapi dan memberikan panduan untuk memperbaikinya. Jika diperlukan, mereka juga bisa mengirimkan team mereka untuk meninjau langsung ke lokasi anda dan mengecek serta melakukan perbaikan pada perangkat wifi Iconnet anda yang sedang mengalami gangguan.

Hubungi layanan resmi Iconnet di:

  1. Contact center: 150678
  2. Nomor Whatsapp: 0811-1200-2123
  3. Email: cc.iconnet@iconpln.co.id
  4. Instagram: @iconnet.here
  5. Website resmi: iconnet.co.id
  • Beralih ke Penggunaan Data Seluler

Apabila semua solusi diatas tidak berhasil memulihkan jaringan Wifi Iconnet anda, maka mohon maaf gaes solusi terakhir yang dapat kami sarankan terkait Iconnet gangguan hari ini adalah beralih ke pemakaian data seluler sambil menunggu koneksi WiFi stabil kembali. Lakukan cek secara berkala untuk melihat apakah kondisi jaringan Iconnet sudah normal kembali.

Penutup

Iconnet Gangguan Hari Ini
Iconnet Gangguan Hari Ini

Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita yang semakin bergantung pada jaringan internet. Terdapat banyak sekali layanan jasa penyedia internet di Indonesia, termasuk salah satunya yaitu Iconnet.

Jika anda adalah salah satu pelanggan Iconnet yang terkena dampak dari Iconnet gangguan hari ini, maka anda dapat mengikuti beberapa langkah solusi cara mengatasinya seperti yang telah kami tampilkan dalam penjelasan diatas. Semoga membantu ya sobat Mocipay, terimakasih.

Back to top button