Tutorial

13 Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini Serta Cara Mengatasinya

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini? Biasanya hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu karena koneksi internet atau aplikasi Instagram itu sendiri.

Instagram merupakan platform media sosial populer yang memungkinkan pengguna untuk berbagai momen lewat storie dan mengambil foto maupun video secara langsung.

Meski Instagram dinamai sebagai aplikasi media sosial global akibat kepopuleran nya, namun terkadang gangguan dapat terjadi akibat berbagai alasan yang tidak terduga dan penanganan nya juga dapat dilakukan secepatnya tergantung gangguan yang terjadi.

Apabila aplikasi Instagram kamu tidak bisa dibuka hari ini, langsung saja pahami informasi terkait faktor penyebab dan cara mengatasinya dibawah ini agar kamu bisa secepatnya mengakses platform tersebut.

Sekilas Tentang Instagram

Sekilas Tentang Instagram
Sekilas Tentang Instagram

Instagram merupakan platform media sosial populer yang memungkinkan setiap pengguna untuk berbagi foto dan video kepada followers.

Menariknya, melalui Instagram kamu bisa mengunggah konten, menambahkan dan menggunakan filter, dan berinteraksi dengan konten dari pengguna lain melalui like, komentar, atau pesan langsung.

Namun agar bisa mengakses berbagai tayangan terbaru dari pengguna lain, baik story, reels, atau postingan maka pengguna harus terhubung dengan koneksi internet. Saat ini fitur utama Instagram, yaitu :

Fitur Utama Instagram  Deskrispi
Stories Tayangan ini bersifat sementara  dan akan hilang setelah 24 jam. Pengguna dapat berbagi momen sehari-hari dalam bentuk gambar atau video singkat.
Feed Pengguna dapat mengunggah foto dan video ke feed beranda, yang dapat dilihat oleh pengikut. Feed ini menampilkan konten terbaru dari pengguna yang diikuti.
IGTV Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan menonton video yang lebih panjang dari pada yang diizinkan dalam bentuk feed biasa.
Direct Messages Melalui fitur ini pengguna dapat mengirim pesan langsung kepada setiap pengguna Ig atau berbagai konten dengan teman secara pribadi.
Explore Fitur ini biasanya akan memperlihatkan konten yang disesuaikan dengan minat pengguna, membantu mereka menemukan akun dan konten baru.
Baca Juga :  10 Cara Memindahkan BRImo Ke HP Lain (HP Baru)

Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini

Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini
Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini

Instagram tidak bisa dibuka hari ini atau mengalami kesalahan seperti error, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kesalahan pada server sehingga menghambat akses pengguna ke platform tersebut.

Akibat dari hal ini, tak jarang pengguna melakukan install ulang aplikasi Instagram dan berakhir pada permasalahan baru. Nah, untuk mengetahui apa saja faktor penyebab Instagram tidak bisa dibuka hari ini lainnya, perhatikan penjelasan dibawah ini.

Koneksi Internet Lambat

Secara umum, agar dapat terkoneksi dengan platform media sosial ini, maka pengguna harus menggunakan koneksi internet yang lancar atau stabil.

Jika koneksi yang digunakan lambat, maka Instagram tidak akan bisa diakses dan akan muncul notifikasi pada layar “tidak dapat memuat ulang kabar beranda” atau postingan yang tidak muncul di beranda.

Masalah Server Instagram

Gangguan pada server juga termasuk penyebab Instagram tidak bisa dibuka hari ini atau mengalami keterbatasan fungsional. Sebenarnya ini hal yang wajar, melihat banyaknya akses yang masuk ke platform sosial media ini.

Jika server sedang down, kemungkinan pengguna akan mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan fitur-fitur seperti mengunggah foto atau menonton tayangan stories pengguna lain.

Aplikasi Sudah Usang

Aplikasi yang sudah terlalu usah bisa menjadi penyebab Instagram tidak bisa diakses hari ini. Akibat yang akan terjadi biasanya akan muncul bug pada aplikasi dan membuat pengguna merasa kesulitan untuk terhubung dengan aplikasi Instagram tersebut.

Maintenance atau Proses Pemeliharaan

Maintenance adalah proses pemeliharaan untuk memastikan fitur atau program yang ada di dalam aplikasi tersebut berfungsi dengan baik.

Jika masa pemeliharaan sedang berlangsung, biasanya setiap pengguna akan dibatasi ke beberapa fitur atau platform media sosial tersebut tidak bisa digunakan sama sekali.

Hal ini tidak bisa diatasi oleh setiap pengguna, karena pengguna harus menunggu hingga pihak Instagram menyelesaikan masa perbaikan ini.

Pembatasan atau Pemblokiran Akun

Pembatasan atau Pemblokiran Akun
Pembatasan atau Pemblokiran Akun

Penyebab Instagram tidak bisa dibuka hari ini terakhir adalah akun pengguna di batasi atau di blokir. Hal ini biasanya terjadi karena pengguna melakukan pelanggaran terhadap pedoman komunitas yang ditetapkan oleh Instagram.

Baca Juga :  6 Cara Membatalkan Top Up ShopeePay Ke Rekening Bank Mudah

Pembekuan atau pemblokiran akun ini bisa terjadi sementara maupun permanen, tergantung jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna. Oleh sebab itu, pengguna disarankan untuk menggunakan platform media sosial ini sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini

Cara Mengatasi Ig Tidak Bisa Dibuka Hari Ini
Cara Mengatasi Ig Tidak Bisa Dibuka Hari Ini

Untuk mengatasi masalah diatas, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa faktor penyebab Instagram tidak bisa dibuka hari ini. Jika permasalahan karena server Instagram sedang gangguan, maka kamu hanya perlu menunggu hingga server kembali pulih.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasi dan mengetahui beberapa solusi lain dari Ig tidak bisa dibuka hari ini dengan mengikuti setiap langkah dibawah ini.

1. Gunakan Koneksi Internet Lancar atau Stabil

Pastikan bahwa koneksi internet yang digunakan stabil dan terhubung dengan baik. Apabila Instagram tidak bisa dibuka hari ini karena koneksi internet yang digunakan tidak stabil, cobalah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan lain jika memungkinkan.

Beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih lancar tanpa kendala Instagram tidak bisa dibuka hari ini lagi :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan WIFI atau hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • On Off Data atau Wifi – Matikan dan hidupkan kembali data seluler atau WIFI. Jika tidak ada perubahan restart pada router WIFI terlebih dahulu.
  • Pertukaran Data – Restart data dengan melakukan pertukaran antara data seluler ke Mode pesawat atau bahkan sebaliknya.

2. Pastikan Username dan Password Benar

Jika menghadapi permasalahan seperti Instagram tidak bisa dibuka hari ini, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu memeriksa kembali akun yang digunakan apakah username atau password sudah benar.

Karena kesalahan dalam memasukkan data login akan membuat kamu kehilangan akses ke akun yang dimiliki dan berujung tidak bisa dibuka.

3. Update Aplikasi Instagram

Update Aplikasi Instagram 
Update Aplikasi Instagram

Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka hari ini yaitu dengan mengupdate aplikasi mobile Instagram yang dimiliki apabila gangguan disebabkan oleh masalah dalam versi aplikasi yang digunakan.

Melakukan update aplikasi Instagram ini juga berfungsi untuk memperbaiki bug, terjadinya kesalahan teknis, dan meningkatkan kompatibilitas dengan sistem operasi atau perangkat terbaru.

Berikut adalah panduan cara update aplikasi mobile Instagram :

  • Buka menu Play Store atau App Store.
  • Pada kolom pencarian, ketik Instagram.
  • Aplikasi Instagram akan muncul, lalu klik Update.
  • Tunggu hingga proses update selesai.
Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Coretan Di Status WA Orang Lain paling Mudah

Setelah selesai, silahkan akses aplikasi Instagram untuk memastikan apakah sudah dapat dijalankan dengan baik atau masih mengalami permasalahan yang sama seperti Instagram tidak bisa dibuka hari ini.

4. Restart Perangkat

Restart perangkat dapat membantu membersihkan dan membebaskan memori sistem yang mungkin terisi oleh berbagai proses dan aplikasi yang berjalan sehingga membuat Instagram error atau tidak bisa dibuka.

Selain itu, dengan melakukan restart perangkat dan dapat meningkatkan kinerja aplikasi dan mengatasi konflik yang terjadi pada aplikasi maupun perangkat yang digunakan.

5. Hapus Cache

Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu respon dan kinerja aplikasi. Namun terkadang cache yang menumpuk dapat menyebabkan masalah dalam fungsi aplikasi seperti Instagram tidak bisa dibuka hari ini.

Sehingga dengan menghapus cache aplikasi Instagram, akan membersihkan data yang mungkin menyebabkan gangguan secara berulang. Untuk menghapus cache Instagram ikuti langkah dibawah ini:

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Scroll lebawah dan pilih menu Aplikasi.
  • Pilih opsi Manajemen Aplikasi.
  • Cari aplikasi Instagram.
  • Lanjutkan dengan mengklik Penggunaan penyimpanan.
  • Hapus Cache aplikasi Instagram.

7. Login Di Perangkat Lain

Jika permasalahan terjadi pada satu perangkat, coba untuk menggunakan perangkat berbeda untuk mengakses aplikasi Instagram. Hal ini bertujuan untuk memastikan penyebab kesalahan login dikarenakan permasalahan perangkat yang tidak kompatibel atau tidak.

Jika login berhasil ketika menggunakan perangkat lain, itu artinya perangkat yang kamu gunakan sedang bermasalah dan sebaiknya lakukan perbaikan untuk mendapatkan akses kembali ke akun Ig tersebut.

8. Periksa Status Server Instagram

Jika permasalahan Instagram tidak bisa dibuka hari ini karena sever yang sedang dalam proses perbaikan, solusi satu-satunya adalah menunggu hingga pihak Instagram memperbaiki kembali server nya.

Beberapa alasan mengapa harus menunggu hingga server Instagram selesai diperbaiki :

  • Mencegah gangguan yang lebih lanjut – Mencoba mengakses Ig terus menerus selama gangguan dapat meningkatkan beban pada server dan memperburuk situasi.
  • Mendapatkan akses yang lebih stabil – Dengan menunggu hingga server selesai diperbaiki, kamu akan mendapatkan akses yang lebih stabil dan lancar ke layanan Instagram tanpa risiko terhadap gangguan tambahan.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Cara Melihat Foto Profil IG Orang Lain Yang Dikunci

Kesimpulan

Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini
Instagram Tidak Bisa Dibuka Hari Ini

Ig tidak bisa dibuka hari ini kerap sekali dialami oleh setiap pengguna aplikasi Instagram. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan yang besar bagi pengguna terutama jika memiliki keperluan dan ingin mengakses media sosial tersebut secepatnya.

Setelah memahami faktor penyebab diatas, silahkan pahami beberapa cara mengatasi atau solusi tepat yang bisa kamu coba diatas agar bisa kembali mengakses akun Instagram yang dimiliki.

Namun perlu diingatkan kembali, jika hal Instagram tidak bisa dibuka hari ini akibat perbaikan server maka kamu hanya perlu menunggu hingga pihak Instagram melakukan perbaikan.

Back to top button