Ragam

20 Pilihan Motor Paling Ringan Dan Pendek Terlengkap, Matic, Manual, dan Moge!

Untuk orang yang memiliki postur kecil dan kurang tinggi, memilih motor paling ringan dan pendek sering kali menjadi bahan pertimbangan agar bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan terkendali dengan mudah.

Dalam artikel Mocipay kali ini, secara khusus kami akan memberikan rekomendasi motor paling ringan dan pendek dengan lengkap, mulai dari jenis motor skuter matic, manual (bebek) dan juga moge.

Rekomendasi Motor Paling Ringan dan Pendek

Berikut kami akan memberikan banyak rekomendasi motor paling ringan dan pendek, mulai dari motor matic, manual dan juga motor gede (moge). Yuk, silahkan kamu pilih sesuai selerai!

  • Motor Matic Paling Ringan dan Pendek

Pertama, kita akan mulai dari motor skuter matic terlebih dahulu, mengingat jenis motor matic ini merupakan pilihan paling terfavorit saat ini, khususnya di kalangan perempuan. Nah, langsung saja dibawah ini kami sajikan sejumlah motor matic paling ringan dan pendek:

1.Honda Scoopy

Motor Paling Ringan dan Pendek - Honda Scoopy
Motor Paling Ringan dan Pendek – Honda Scoopy

Motor paling ringan dan pendek dari kawanan matic yang pertama adalah ‘Honda Scoopy‘ Motor ini memiliki tampilan yang body yang pendek sehingga cocok untuk biker yang bertubuh mungil.

Motor ini memiliki spesifikasi, yakni: panjang 1864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1075 mm dengan berat yang hanya berkisar sekitar 94-95 kg. Motor ini termasuk sebagai salah satu pilihan terlaris khususnya untuk para wanita.

2. All Honda BEAT Series

Motor Paling Ringan dan Pendek - All Honda BEAT Series
Motor Paling Ringan dan Pendek – All Honda BEAT Series

Selanjutnya yang kedua, masih tetap dari keluaran honda. Meski sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Scoopy, namun varian Honda Beat juga cukup banyak di minati oleh orang-orang yang bertubuh mungil.

Body yang pendek dan ramping ini bisa anda temui pada semua varian Beat series. Namun terdapat sedikit perbedaan pada beat keluaran terbaru seperti CBS, CBS-ISS dan Deluxe sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan varian-varian Beat lama.

Baca Juga :  20+ Rekomendasi Tukang Jahit Terdekat Dari Lokasi Saya

3. Yamaha Fino

Yamaha Fino
Motor Paling Ringan dan Pendek – Yamaha Fino

Rekomendasi motor paling ringan dan pendek yang berikutnya adalah Yamaha Fino. Motor ini memiliki dimensi panjang 1870 mm, lebar 700 mm, dan tingginya 1066 mm.

Bobot motor Yamaha Fino yang pendek dan ringan membuatnya nyaman dan mudah kendalikan saat digunakan oleh biker yang bertubuh mungil.

4. Honda Genio

Honda Genio
Motor Paling Ringan dan Pendek – Honda Genio

Honda Genio memiliki bentuk body yang terlihat mirip seperti Scoopy, pendek dan ringan sehingga mendukung digunakan oleh pengendara yang bertubuh pendek atau mungil, terutama wanita.

5. Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio
Motor Paling Ringan dan Pendek – Yamaha Fazzio

Fazzio merupakan keluaran honda skutik dari Yamaha yang belum lama ini dikeluarkan. Motor ini memiliki bobot yang ringan dengan ketinggian yang cocok digunakan untuk pemula atau biker bertubuh pendek.

Untuk spesifikasi lengkapnya, motor Fazzio Yamaha memiliki panjang 1820 mm, lebar 685 mm, tinggi 1125 mm, tinggi tempat duduk 750 mm dan berat berkisar di angka 95 kg.

6. Honda Vario 110 FI

Honda Vario 110 FI
Motor Paling Ringan dan Pendek – Honda Vario 110 FI

Mendengar kata Vario, mungkin yang terbesit di pikiran anda adalah motor yang tinggi dan besar. Hal tersebut karena memang rata-rata honda Vario memiliki fostur yang tinggi dan besar.

Namun, ada salah satu jenis honda Vario yaitu Vario 110 FI yang memiliki body yang pendek dan ringan sehingga cocok dikendarai oleh sobat bertubuh mungil. Motor ini memiliki tinggi yang hanya 1091 mm, panjang 1888 mm dan lebar 679 mm.

7. Yamaha Mio M3

Yamaha Mio M3
Motor Paling Ringan dan Pendek – Yamaha Mio M3

Lanjut ke rekomendasi motor pendek dan ringan dari jenis matic yang berikutnya yaitu Yamaha Mio M3. Untuk kamu yang postur nya kurang tinggi, motor ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan.

Bobot motor ini hanya 94 kg saja, dengan panjang 1070 mm, lebar 685 mm, tinggi 1035 mm, dan tinggi jok 750 mm.

8. Suzuki Nex II Elegant Premium

Suzuki Nex II Elegant Premium
Motor Paling Ringan dan Pendek – Suzuki Nex II Elegant Premium

Kali ini kita beralih ke merk honda Suzuki. Suzuki memiliki keluaran skuter matic yaitu Suzuki Nex II Elegant Premium.

Motor ini sangat direkomendasikan untuk sobat yang kurang tinggi, karena bobotnya yang sangat ringan yaitu hanya 93 kg saja, dengan panjang 1890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1045 mm.

Baca Juga :  Inilah 5 Batu Safir Termahal dan Terindah di Dunia

9. Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Motor Paling Ringan dan Pendek – Yamaha Mio J

Motor matic ringan dan pendek yang terakhir kami rekomendasi kan adalah Yamaha Mio J. Ukuran keseluruhan motor Yamaha Mio J ini adalah sekitar 1850 mm x 700 mm x 1050 mm (P x L x T). Ukuran tersebut tentu cocok dan nyaman untuk kamu yang bertubuh kurang tinggi.

  • Motor Manual (bebek) Paling Ringan dan Pendek

Kamu tidak terlalu suka dengan motor jenis skuter matic? Jangan khawatir, berikut ini kami akan memberikan juga rekomendasi motor manual (gigi) paling ringan dan pendek.

1. Suzuki Satria F150

Motor bebek Paling Ringan dan Pendek - Suzuki Satria F150
Motor bebek Paling Ringan dan Pendek – Suzuki Satria F150

Motor manual paling ringan dan pendek yang pertama adalah Suzuki Satria F150. Satria FU 150 merupakan motor manual yang berdesain stylish dan halus dengan bobot body yang cukup ringan dan tidak terlalu tinggi.

Untuk lebih jelas dipahami, motor ini memiliki dimensi tinggi yaitu 980 mm, panjang 1960 mm dan lebar 675 mm.

2. Honda Sonic 150R

Honda Sonic 150R
Motor bebek Paling Ringan dan Pendek – Honda Sonic 150R

Meski berbeda produsen, Honda Sonic 150R merupakan jenis motor bebek yang desain body nya terlihat sangat mirip dengan Suzuki Satria F150. Untuk dimensi Honda Sonic 160R, memiliki tinggi 977 mm, panjang 1941, dan lebar 669. Motor ini cukup nyaman kamu gunakan sobat yang berpostur kurang tinggi.

3. Honda Super Cup

Honda Super Cup
Motor bebek Paling Ringan dan Pendek – Honda Super Cup

Honda Super Cup adalah sepeda motor bebek keluaran Honda dengan desain seperti sepeda motor zaman dulu, yang diproduksi dari tahun 1958 hingga saat ini. Motor ini memiliki body yang sangat pendek namun tampak stylish.

Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki postur kurang tinggi, terutama penyuka barang antik, maka motor ini bisa menjadi pilihan yang pas buat kamu. Namun perlu diketahui bahwa, nilai history yang panjang membuat kuda besi ini tergolong cukup mahal.

4. Honda CT 125

Honda CT 125
Motor bebek Paling Ringan dan Pendek – Honda CT 125

Honda CT 125 merupakan perpaduan antara motor bebek dan motor trail. Karena desain nya yang unik, motor ini kerap disebut sebagai kuda besi premium bergaya klasik di Indonesia.

Motor ini dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor pada tahun 2020 yang lalu. Body nya yang pendek dan sangat ringan membuat motor ini sangat cocok dikendarai oleh kamu yang tidak terlalu suka dengan motor yang berat dan tinggi.

5. Yamaha 125Z

Yamaha 125Z
Motor bebek Paling Ringan dan Pendek – Yamaha 125Z

Yamaha 125Z menjadi salah satu motor bebek yang cukup banyak diminati hingga saat ini. Jika dilihat sekilas, bodynya terlihat mirip seperti Honda Supra, namun lebih pendek dan ringan sehingga lebih mudah dikendalikan.

  • Motor Gede (MOGE) Paling Ringan dan Pendek

Bagian terakhir dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi motor paling ringan dan pendek dari kelas motor gede (MOGE).

Baca Juga :  7 Aplikasi Merangkum Buku Secara Online Terbaik

Khusus untuk sobat yang memiliki postur kurang tinggi, namun lebih menyukai motor gede, jangan khawatir! Disini kami akan menampilkan beberapa rekomendasi motor gede paling ringan dan pendek.

1. Honda CBR 500R

Honda CBR 500R
Motor gede Paling Ringan dan Pendek – Honda CBR 500R

Pecinta Honda yang bingung untuk memilih jenis moge yang ringan dan pendek, boleh nih cobain Honda CBT 500R. Ketinggian jok yang hanya 785 mm, membuat Honda CBT 500R sangat mudah dikendalikan.

Dimensi keseluruhan Honda CBT 500R adalah panjang 2081 mm, lebar 756 mm, tinggi 1150 mm dan jarak ke tanah 140 mm.

2. Yamaha MT 07

Yamaha MT 07
Motor gede Paling Ringan dan Pendek – Yamaha MT 07

Selanjutnya, khusus untuk pecinta Yamaha, kalau kamu sedang mencari varian moge yang pendek agar mudah dikendalikan, maka kamu bisa mempertimbangkan Yamaha MT 07. Motor ini memiliki dimensi 2085 x 745 x 1090 mm (PxLxT)

3. Kawasaki Vulcan S

Kawasaki Vulcan S
Motor gede Paling Ringan dan Pendek – Kawasaki Vulcan S

Kawasaki Vulcan S merupakan motor gede yang pendek dengan dimensi total yaitu panjang 2315 mm, lebar 870 mm, dan tinggi 1095 mm. Meski beratnya mencapai hingga 226 kg, namun dengan tingginya yang hanya 1095 membuat motor ini cukup ringan untuk dikendalikan.

4. Honda Rebel CMX500

Honda Rebel CMX500 
Motor gede Paling Ringan dan Pendek – Honda Rebel CMX500

Yang berikutnya adalah Honda Rebel CMX500. Motor ini memiliki panjang 2188 mm, lebar 820 mm, dan tinggi 1093 mm. Motor ini memiliki desain dengan bagian depan (stang) yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bagian jok (dudukan). Honda Rebel CMX500 dijamin sangat cocok digunakan oleh sobat yang kurang tinggi.

5. Harley Davidson Street Bob

Harley Davidson Street Bob
Motor gede Paling Ringan dan Pendek – Harley Davidson Street Bob

Harley Davidson Street Bob merupakan jenis motor yang sangat pendek, dengan tingginya yang hanya 680 mm, panjang 2320 mm, dengan ground clearance-nya 125 mm.

Dengan tingginya yang demikian membuat motor ini sangat mudah dikendalikan, walaupun bobotnya sebenarnya berat, namun itu karena bahan material yang digunakan memang berkualitas premium. Namun perlu diketahui, bahwa harga Harley Davidson Street Bob sangatlah mahal!

Manfaat Memilih Motor Paling Ringan dan Pendek

Memilih motor paling ringan dan pendek dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Aksesibilitas untuk pengendara pemula atau berpostur kecil

Motor yang ringan dan pendek dapat lebih mudah di jangkau dan dikendalikan oleh pengendara yang memiliki postur tubuh yang kecil (kurang tinggi) atau pun pemula yang baru belajar mengendarai motor. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.

  • Lebih mudah dikendalikan

Manfaat berikutnya adalah motor ringan cenderung lebih mudah dikendalikan, terutama saat akan berhenti atau berkendara di jalan yang macet. Hal ini akan membuat biker lebih mudah membawa motor.

  • Nyaman digunakan saat berkendara

Dengan memilih motor yang ringan dan pendek, pengendara juga akan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara. Berbeda dengan motor yang tinggi dan besar, apabila tidak sepadan dengan postur badan tentu akan menciptakan rasa ke tidak nyaman an.

  • Kemudahan penyimpanan

Manfaatnya yang terakhir adalah kemudahan dalam penyimpanan. Motor yang pendek dan ringan biasanya lebih mudah di simpan di tempat parkir atau garasi yang sempit.

Akhir Kata

Motor Paling Ringan Dan Pendek
Motor Paling Ringan Dan Pendek

Memilih motor paling ringan dan pendek dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi pengendara dengan postur tubuh yang kecil atau kurang tinggi.

Dari banyaknya rekomendasi motor paling ringan dan pendek yang telah kami tampilkan diatas, sekarang anda memiliki pertimbangan untuk memilih motor sesuai kebutuhan dan gaya berkendara anda sendiri.

Back to top button