AplikasiRagamTips

7 Aplikasi Merangkum Buku Secara Online Terbaik

Kehadiran berbagai aplikasi merangkum buku secara online merupakan salah satu bagian dari kemajuan teknologi digital yang memungkinkan orang – orang untuk dapat merangkum isi sebuah buku atau bacaan hanya dengan sekali klik maka hasil rangkuman nya seketika akan di tampilkan.

Sebuah fakta yang tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang-orang berpendapat bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang sangat membosankan. Sementara untuk dapat merangkum isi dari sebuah buku atau pun teks mengharuskan anda untuk membaca keseluruhan teks terlebih dahulu. Dengan demikian, anda bisa memahami maksud/ isi dari teks sehingga anda dapat menandai poin-poin pentingnya.

Nah, adakah alternatif lain yang dapat dilakukan agar dapat merangkum buku tanpa harus membaca isi buku secara keseluruhan terlebih dahulu? Tentu saja ada! Sekarang ini, anda tidak perlu pusing lagi ketika ingin merangkum isi dari sebuah buku/ bacaan karena berbagai aplikasi merangkum buku secara online akan dapat membantu mu dalam merangkum buku secara praktis, cepat dan efisien. Apa sajakah aplikasi yang dimaksud? Cek ke bawah ini!

Manfaat Menggunakan Aplikasi Merangkum Buku Secara Online

Sebelum menampilkan beberapa aplikasi merangkum buku secara online, terlebih dahulu kami akan menunjukkan beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi perangkum buku secara online.

Adapun beberapa manfaat menggunakan aplikasi merangkum buku secara online adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan penggunanya untuk dapat meringkas buku/ teks dengan praktis walau dalam jumlah halaman yang banyak sekalipun
  2. Dapat menghemat waktu dalam meringkas buku walau dalam jumlah halaman yang banyak
  3. Secara otomatis dapat menemukan ide-ide utama/ pokok penting dari sebuah buku atau teks
  4. Membantu pengguna untuk dapat memahami isi bacaan dengan instan
  5. Kegiatan meringkas dapat dilakukan kapan dan dimanapun tanpa harus menggunakan alat-alat tulis seperti yang biasanya dilakukan untuk menandai poin penting

Aplikasi Merangkum Buku Secara Online

Nah, setelah anda mengetahui beberapa manfaat penggunaan perangkum buku secara online, sekarang kami akan menampilkan beberapa aplikasi merangkum buku secara online yang dapat anda jadikan sebagai referensi atau pun pertimbangan untuk mendownload aplikasi merangkum buku terbaik.

Aplikasi Deskripsi
✅ Blinkist Aplikasi yang menyajikan ringkasan buku non-fiksi dalam bentuk audio dan teks dalam waktu 15 menit
✅ Sumizeit Aplikasi yang menyajikan ringkasan buku non-fiksi dalam bentuk teks dalam waktu 5 menit
✅ getAbstract Aplikasi yang menyajikan ringkasan buku non-fiksi dalam bentuk audio dan teks dalam waktu 10 menit
✅ Instaread Aplikasi yang menyajikan ringkasan buku non-fiksi dalam bentuk audio dan teks dalam waktu 15 menit
✅ Booklet Aplikasi yang menyajikan ringkasan buku non-fiksi dalam bentuk teks dalam waktu 10 menit
Baca Juga :  10 Camilan Tinggi Protein Yang Mudah Dibuat

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi merangkum buku secara online, namun dalam artikel ini kami hanya akan menampilkan beberapa aplikasi terbaik saja, seperti yang kami tampilkan di bawah ini:

  • Resoomer

Aplikasi merangkum buku secara online
Resoomer

Aplikasi merangkum buku secara online yang pertama adalah Resoomer. Aplikasi Resoomer merupakan salah satu alat digital yang bisa menghasilkan ringkasan terks yang panjang hanya dengan sekali klik. Hasil dari aplikasi Resoomer adalah ringkasan otomatis yang menangkap poin utama dan ide teks.

Aplikasi Resoomer sangat di rekomendasikan untuk digunakan oleh para Siswa (merangkum halaman/ teks dengan cepat), Guru (untuk mengidentifikasi ide dan argumen dalam mempersiapkan pelajaran), Jurnalis, Editor, Konferensi pers, Perpustakaan, Penulis, dsb.

Adapun cara menggunakan aplikasi Resoomer adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, salinlah paragraf/ teks yang ingin di rangkum
  2. Kemudian, tempelkan teks tersebut di jendela yang disediakan pada halaman beranda aplikasi Resoomer
  3. Dengan sekali klik maka hasil rangkumannya akan ditampilkan.

Link Download Aplikasi:

Nama Aplikasi Resomer App Lessons
Ukuran Download 14 MB
Link Download Klik Disini
  • Text Summary

Text Summary
Text Summary

Text Summary merupakan aplikasi berikutnya yang bisa anda gunakan sebagai tools untuk merangkum buku secara online. Aplikasi ini secara otomatis akan memilih informasi paling relevan dari sebuah buku atau teks sehingga memungkinkan untuk anda dapat mengoptimalkan waktu anda.

Kelebihan aplikasi Text Summary:

  1. Sebagai aplikasi peringkas yang efisien untuk digunakan
  2. Selain dapat merangkum buku atau teks dari hasil salinan aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk mengambil foto teks yang ingin anda rangkum melalui kamera HP anda secara langsung
  3. Kinerja aplikasi yang cepat (dapat menampilkan hasil ringkasan hanya dalam hitungan detik)
  4. Dapat digunakan untuk meringkas teks dari semua ukuran, halaman web atau foto
  5. Dapat membagikan teks/ gambar langsung dari aplikasi lain ke aplikasi Resoomer
Baca Juga :  9 Aplikasi Cari Teman Terdekat Di Sekitar Lokasi Kita

Kelemahan aplikasi Text Summary:

  1. Ringkasan dari file pdf, docx, pptx, odt, txt cenderung memakan waktu lebih lama
  2. Terdapat iklan yang mengganggu
  3. Meringkas text dari gambar biasanya sedikit lebih lama

Link Download Aplikasi:

Nama Aplikasi Text Summary – Ringkasan Teks
Ukuran Download 36 MB
Link Download com.aya.textsummarizer
  • Teks Summarizer AI

Teks Summarizer AI
Teks Summarizer AI

Teks Summarizer AI merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk dapat meringkas konten panjang menjadi sebuah ringkasan pendek yang berisi inti-inti atau gagasan utama saja. Peringkas text ini menggunakan program berbasis AI yang merangkum teks panjang menjadi teks yang lebih pendek.

Tujuan dari aplikasi ini tak lain adalah untuk memudahkan pengguna ponsel agar dengan cepat dapat memahami ide-ide penting/ deskripsi singkat dari sebuah teks atau buku.

Kelebihan aplikasi Teks Summarizer AI:

  1. Merupakan aplikasi perangkum teks Gratis
  2. Cepat dan aman untuk digunakan pada perangkat anda (tidak mengandung virus)
  3. Teks summarizer AI dapat mencapat hasil yang andal
  4. Mampu mengidentifikasi dan memperbaiki apabila terdapat kesalahan dalam teks ringkasan secara otomatis
  5. Memungkinkan juga untuk dapat digunakan secara offline
  6. Ukuran download aplikasi yang kecil

Kelemahan aplikasi Teks Summarizer AI:

  1. Terdapat iklan
  2. Kadang-kadang aplikasi mengalami bug system

Link Download Aplikasi:

Nama Aplikasi Teks Summarizer AI – Peringkas Teks
Ukuran Download 8,3 MB
Link Download com.textsummarizer
  • Summarizer

Summarizer
Summarizer

Aplikasi merangkum buku secara online yang berikutnya adalah Summarizer. Khusus untuk aplikasi yang satu ini dikhususkan untuk meringkas text dalam bentuk bahasa Inggris. Aplikasi ini tentu saja akan sangat membantu, terutama untuk orang yang tidak terlalu memahami bahasa Inggris, sebab dalam kegiatan merangkum mengharuskan kita untuk memahami teks terlebih dahulu baru bisa mengambil inti/ ide-ide pentingnya.

Kurangnya penguasaan vocabulary tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan anda untuk dapat memahami isi text dalam bahasa Inggris. Nah, jika anda saja tidak memahami teks bahasa Inggris lantas bagaimana anda bisa merangkum? Oleh karena itu, aplikasi Summarizer dihadirkan agar anda yang tidak terbiasa dengan bahasa Inggris bisa dengan mudah merangkum sebuah bacaan/ teks yang menggunakan bahasa Inggris dengan cepat tanpa harus menterjemahkannya terlebih dahulu ke dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga :  1255+ Nama Instagram Aesthetic, Keren, Singkat dan Artinya

Link Download Aplikasi:

Nama Aplikasi Summarizer 
Ukuran Download 12 MB
Link Download com.baltech.Briefer
  • SMMRY

SMMRY
SMMRY

Aplikasi merangkum buku secara online yang berikutnya adalah SMMRY. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk anda bisa merangkum isi dari sebuah buku tanpa harus copy paste karena melalui aplikasi ini anda dapat langsung mengunggah teks dalam bentuk format PFT maupun TXT.

Aplikasi ini termasuk sebagai salah satu aplikasi yang sangat populer dari semenjak baru-baru di rilis sampai sekarang ini. menariknya aplikasi ini adalah memungkinkan penggunanya untuk dapat memilih seberapa banyak kalimat ringkasan yang ingin dihasilkan dari teks yang diunggah. Dengan demikian, anda bisa lebih memahami dengan simpel isi bacaan/ teks.

  • Ringkaz

Ringkaz juga termasuk sebagai salah satu aplikasi merangkum buku secara online dengan praktis dan otomatis. Jika pada poin sebelumnya terdapat aplikasi Summarizer yang dikhususkan untuk merangkum teks dalam bentuk bahasa Inggris, maka untuk aplikasi Ringkaz ini, secara khusus dirancang untuk dapat merangkum isi buku pada materi Matematika, Fisika, Kimia, dan Bilologi.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa aplikasi ini lebih direkomendasikan untuk digunakan orang-orang dalam ruang lingkup pendidikan seperti siswa dan guru.

Link Download Aplikasi:

Nama Aplikasi Ringkaz
Ukuran Download 52,5 MB
Link Download com.mangkubumi.ringkaz
  • Text Summary and Analysis

Text Summary and Analysis
Text Summary and Analysis

Rekomendasi aplikasi merangkum buku secara online yang terakhir kami tampilkan adalah Text Summary and Analysis. Aplikasi menjadi salah satu tools peringkas teks secara otomatis dan menyorot ide yang relevan karena seketika setelah teks diunggah aplikasi ini akan mengekstrak dan menganalisis bagian terpenting dari teks tersebut.

Selain dapat digunakan untuk merangkum isi buku, aplikasi text summary and analysis ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti merangkum isi artikel, teks argumentatif, tautan web, dll.

Pengaplikasian text summary and analysis ini dapat dilakukan dengan mengcopy – paste teks, Tempel URL, ambil foto teks, dan bahkan bisa juga mengidentifikasi teks dalam bentuk tulisan tangan.

Link Download Aplikasi:

Nama Aplikasi Text Summary and Analysis
Ukuran Download 10,6 MB
Link Download Klik disini

Akhir Kata

Aplikasi Merangkum Buku Secara Online
Aplikasi Merangkum Buku Secara Online

Pemanfaatan fitur digital dalam kegiatan merangkum isi dari sebuah buku memberikan kemudahan dan menjadikan anda untuk bisa merangkum isi dari sebuah buku dengan cepat tanpa harus membaca keseluruhan isi buku terlebih dahulu.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi merangkum buku secara online yang dapat kami tampilkan untuk sahabat Mocipay. Semoga bermanfaat. Terimakasih!

Back to top button