Ragam

Inilah 5 Batu Safir Termahal dan Terindah di Dunia

Penasaran gak sih apa saja jenis batu safir termahal dan terindah yang ada di dunia? Buat yang hobi koleksi batu akik atau perhiasan, kamu pasti ingin tahu harga-harga dari setiap batu safir yang ada di pasaran, termasuk harga paling mahalnya.

Kalau kamu merasa bahwa batu safir termahal harganya ada di angka puluhan juta, nyatanya ada yang lebih mahal lagi, lho.

Soalnya, batu safir termahal di dunia ditawarkan dengan harga mencapai triliunan rupiah. Wah, mahal banget, ya?

Nah, buat kamu yang penasaran dengan jenis-jenis batu safir termahal beserta khasiat, ciri dan warnanya yang paling langka, langsung saja simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Batu Safir?

Batu safir termahal
Sumber: Pexels

Batu safir alias sapphire termasuk ke dalam jenis batu mulia turunan permata korundum yang didominasi oleh warna biru. Uniknya, batu safir menjadi salah satu batu mulia yang dibuat dengan proses pengkristalan trigonal.

Tingkat kekerasan yang dimiliki oleh batu safir mencapai 9 Mohs atau setingkat di bawah batu intan. Tak hanya didominasi oleh warna biru dongker, batu safir juga memiliki pilihan warna lain yang indah, seperti oranye, bening, ungu, merah muda, kuning, hijau serta hitam.

Menurut kutipan dari buku Yuni Rahma Fitri dengan tajuk 1001 Kreasi Aksesori dari Batu Mulia (2015) yang dilansir oleh Kumparan, tertulis bahwa kandungan yang ada dalam batu safir salah satunya adalah mineral aluminium oxide. Kandungan mineral ini memiliki peran untuk membentuk warna biru bersama titanium.

Menariknya, batu safir termahal dengan warna indah bisa kamu temui di sejumlah negara, seperti Sri Lanka, Myanmar, Ceylon, Afrika, Thailand, Australia serta Rusia.

Selain memiliki warna yang indah, batu safir dipercaya memiliki manfaat atau khasiat tertentu, lho. Supaya tahu apa saja khasiat dari batu safir, kamu bisa cek ulasannya di bawah ini.

Apa Saja Khasiat Batu Blue Safir?

Blue Safir
Sumber: Freepik

Batu safir yang dominan memiliki warna biru lebih terkenal dengan sebutan batu blue safir. Tentunya, batu ini dipercaya memiliki khasiat tertentu bagi kesehatan dan rezeki, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Khasiat batu safir pertama dipercaya mampu meningkatkan kadar kalsium, magnesium serta potassium. Hal ini akan membuat daya pikir pengguna menjadi lebih berkembang, bahkan mampu menumbuhkan inspirasi baru serta organ dalam pun menjadi lebih sehat dan mengalami peningkatan fungsi.

Baca Juga :  Instruktur Wajib Tahu, Inilah 4 Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri Paling Mudah!

2. Mampu Memberikan Kedamaian serta Kejernihan Pikiran

Batu blue safir dapat memancarkan energi positif yang sifatnya dingin serta teduh, sehingga membuat orang yang memakainya merasa nyaman, bahagia dan lebih tenang.

Selain itu, batu safir mampu meningkatkan motivasi serta orientasi tujuan hidup kamu ke arah yang lebih baik, lho. Bahkan, mampu meringankan depresi mental yang sedang dialami.

3. Dipercaya Sebagai Jimat Keberuntungan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, batu safir ternyata dapat dijadikan sebagai jimat keberuntungan oleh pemakainya. Sebab, saat menggunakan batu safir, biasanya pengguna akan merasa lebih percaya diri. Dengan kepercayaan diri inilah, kamu akan terlihat lebih berwibawa, bisa dipercaya dan memiliki potensi di mata orang lain.

4. Membuat Kamu Lebih Fokus

Batu safir dipercaya mampu memancarkan aura yang membuat pemakainya menjadi lebih fokus serta melatih intropeksi diri sendiri.

5. Meningkatkan Kharisma

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, batu safir dapat membuat penggunanya lebih percaya diri. Hal ini tentu membuat kharisma kamu menjadi lebih terpancar, sehingga dihormati dan disegani oleh orang-orang sekitar.

6. Mampu Menghilangkan Rasa Sakit Hati

Khasiat batu safir selanjutnya adalah mampu menghilangkan rasa sakit saat pemiliknya dikhianati atau hatinya terluka. Sebab, ketika memakai batu safir biru, kamu akan menjadi lebih tenang dan sabar, sehingga tidak menyimpan dendam kepada seseorang yang sudah menyakiti hatinya.

7. Menghilangkan Sisi Negatif

Manfaat batu safir berikutnya adalah mampu menghilangkan segala sisi negatif dan rasa takut tidak jelas yang menghampiri pikiranmu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, batu safir dapat meringankan perasaan depresi mental dalam diri sendiri.

Ternyata, tak hanya depresi mental saja, namun segala pikiran negatif dan hal-hal buruk yang tak jelas bisa dihilangkan ketika memakai batu safir. Jadi, kamu akan menjadi lebih tenang menjalani hidup dengan keadaan mental yang sehat.

8. Membuat Pencernaan Sehat

Mungkin khasiat ini terdengar aneh, tetapi menurut beberapa sumber, batu safir dapat membuat pencernaan penggunanya menjadi lebih sehat. Sebab, batu blue safir akan menghindarkan segala penyakit yang berhubungan dengan perut kepada pemilik batu safir.

9. Meningkatkan Keuangan

Batu safir berkhasiat dalam meningkatkan keuangan pemiliknya, dimana akan membuat pemasukan menjadi lebih banyak dan dapat diandalkan untuk stabilitas keuangan rumah tangga serta bisnis yang sedang kamu jalankan.

10. Melindungi dari Bahaya

Meskipun kita tidak mengetahui kapan bahaya akan datang, setidaknya dengan memakai batu safir, kamu akan terlindungi dari segala macam bahaya, seperti kecelakaan, pencurian, terror, kebakaran dan lainnya. Tak heran, banyak orang yang menganggap bahwa batu safir seperti perisai yang akan selalu melindungi para penggunanya.

Bagaimana Ciri-ciri Batu Safir Termahal yang Indah dan Bagus?

Batu Safir
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui beberapa khasiat yang dimiliki batu safir, kini saatnya kamu mengetahui ciri-ciri batu safir yang ditawarkan dengan harga mahal karena penampilannya yang indah, yaitu:

  • Memiliki Serat atau Guratan pada Batu Blue Safir

Ciri batu safir kualitas bagus biasanya memiliki serat atau guratan berwarna putih. Biasanya, guratan ini tidak berbentuk simetris karena berasal dari pembentukan yang tidak alami. Berbeda dengan blue safir kualitas rendah yang mana guratannya terlihat rapi karena sengaja dibuat menggunakan alat khusus.

Guratan batu safir ini tidak bisa kamu lihat dengan mata telanjang saja, lho. Sebab, guratannya sangat kecil dan halus, sehingga membutuhkan kaca pembesar untuk melihatnya. Bahkan, kamu pun masih harus melakukan pembesaran sebanyak 20 kali agar bisa melihat serat atau guratan batu safir secara jelas.

  • Warnanya Terlihat Alami

Alasan batu safir sering menjadi lambang kemewahan dan kecantikan karena memiliki ciri warna yang terlihat alami, cantik dan memukau, terutama batu safir dengan kualitas tinggi. Warnanya tidak terlalu biru atau terlalu putih, sebab perpaduan warna yang dimiliki blue safir sangat indah.

Baca Juga :  5 Cara Pinjam Saldo DANA 50 Ribu Langsung Cair Tanpa Ribet

Warna alami antara blue safir asli dan palsu perbedaannya cukup tipis. Bahkan, jika masih pemula, terkadang kamu akan kesulitan untuk mendeteksinya. Oleh karena itu, pastikan sebelum membeli kamu bertanya dulu kepada ahlinya agar terhindar dari batu safir palsu. Soalnya, sekarang sudah banyak teknologi yang mampu menciptakan batu permata sintesis yang makin mirip aslinya, sehingga sulit dibedakan oleh para pemula.

  • Ditawarkan dengan Harga Tinggi

Ciri batu safir berikutnya bisa kamu lihat dari segi harganya, yaitu ditawarkan dengan harga mahal. Kalau kamu menemukan harga batu safir yang lebih murah dari harga pasaran, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah jenis batu safir sintesis atau tiruan yang memiliki kualitas rendah.

Sehingga, jika kamu ingin membelinya secara online, pastikan untuk memilih toko dengan reputasi bagus agar terhindar dari segala macam penipuan.

  • Sudah Lengkap dengan Sertifikat

Ketika membeli batu safir asli, kamu akan mendapatkan sertifikat yang berisi informasi mengenai jenis, kealamian serta keasliannya. Tentunya, sertifikat ini dapat memudahkan kamu yang ingin menjualnya kembali dan mendapatkan harga cukup tinggi.

  • Berat Jenisnya Lebih Tinggi dan Dingin

Ciri batu safir yang asli lainnya adalah memiliki berat jenis lebih tinggi daripada batu safir dengan kualitas kurang baik, walaupun ukurannya sama. Selain itu, jika kamu menempelkannya pada permukaan kulit, akan terasa begitu dingin daripada jenis batu mulia lainnya.

Jika ingin mengetes keaslian batu safir, kamu dapat melakukannya dengan uji napas. Jadi, ambil batu safir terlebih dulu, lalu hembuskan napas agar timbul embun. Perhatikan sampai embun memudar dan menghilang. Biasanya, batu safir berkualitas tinggi akan menghilangkan embun dalam waktu 1-3 detik.

Warna Batu Safir Paling Populer

Tak hanya batu safir berwarna biru saja, ada beberapa jenis warna batu safir lainnya yang tak kalah populer, diantaranya:

1. Warna Batu Safir Biru

Batu safir berwarna biru menjadi salah satu jenis batu safir termahal paling populer dan menjadi awal mula dari nama batu safir sendiri. Dalam bahasa Yunani, kata “safir” berasal dari kata “sapheiros” dan “saphirus” dalam bahasa Latin yang memiliki makna sama, yaitu biru.

2. Warna Batu Safir Ungu

Selain warna biru, batu safir ungu juga tak kalah populer dan cocok dipadukan bersama jenis perhiasan lain, terutama emas kuning. Biasanya, batu safir ungu banyak ditemukan di tambang Sri Lanka, Myanmar, Madagascar, Kenya serta Tanzania.

3. Warna Batu Safir Hijau

Warna batu safir termahal berikutnya yang bisa kamu beli adalah batu safir  berwarna hijau. Biasanya, warna hijau dilambangkan sebagai warna kedamaian maupun kepercayaan. Tak jarang orang-orang mulai menggunakan perhiasan berwarna hijau sebagai wujud rasa kasih sayang, cinta serta kedamaian.

Batu safir berwarna hijau bisa kamu temukan di negara Sri Lanka, Kenya, Brazil, Kamboja, Australia, Zimbabwe dan daerah Montana yang letaknya ada di dekat sungai Upper Missouri.

Baca Juga :  35+ Distributor Telur Ayam Terdekat Di Semua Kota Di Indonesia

4. Warna Batu Safir Kuning

batu safir termahal selanjutnya memiliki warna kuning yang menjadi simbol kebijaksanaan, panjang umur serta keberuntungan. Kamu bisa memberikan batu safir berwarna kuning kepada orang tersayang di hari ulang tahunnya atau hari spesial lainnya.

5. Warna Batu Safir Oranye

Warna batu safir oranye termasuk ke dalam jenis warna langka yang populer di kalangan para pecinta batu safir. Warna batu safir ini terlihat cantik dan memiliki lambang kegembiraan, cinta serta kebahagiaan. Selain itu, warna batu safir oranye juga sering dikenal sebagai warna yang melambangkan kreativitas, kekuatan serta kebijaksanaan.

6. Warna Batu Safir Merah Muda

Selain batu safir termahal berwarna oranye, ternyata masih ada batu safir yang memiliki warna langka, yaitu batu safir merah muda atau pink. Batu safir merah muda dapat ditemukan di pertambangan yang ada di Madagascar, Sri Lanka, Myanmar, serta Afrika Timur.

Banyak yang mempercayai bahwa batu safir berwarna merah muda menjadi simbol kesetiaan, kepercayaan, ketulusan serta keberuntungan dan cinta mendalam.

Jenis-jenis Batu Safir Termahal dan Terindah di Dunia

Jenis Batu Safir Termahal
Sumber: Freepik

Ada beberapa jenis batu safir termahal dan terindah yang bisa kamu temui di dunia, yaitu:

No Nama Batu Safir Harga
1 Blue Belle of Asia Rp 214 miliar
2 Padparadscha Sapphire Rp 115 juta
3 Serendipity Sapphire Rp 1,4 triliun
4 Ceylon Blue Safir Star Rp 57,5 juta
5 Vivid Safir Star Rp 7.350.000 per buah
  • Blue Belle of Asia

Jenis batu safir termahal pertama ini berasal dari Sri Lanka dan dijual dengan harga sebesar US$ 17,6 juta atau sekitar Rp 214 miliar. Harga ini membuat Blue Belle of Asia menjadi salah satu batu safir termahal dengan rekor harga tertinggi yang ada di dunia.

Bentuk dari batu safir termahal ini memang cukup unik, yaitu menyerupai bantal dengan 392,52 karat dan pernah masuk ke dalam acara lelang yang ditawar dengan harga dua kali lipat dari harga perkiraannya.

  • Padparadscha Sapphire

Padparadscha sapphire menjadi salah satu batu safir termahal, terindah sekaligus terlangka yang ada di dunia. Dikarenakan keberadaannya yang langka, batu safir ini selalu memiliki bentuk yang kurang simetris.

Menariknya, asal nama batu safir ini berasal dari nama bunga dalam bahasa Sanseketerta, yaitu perpaduan antara warna jingga dan pink. Kalau dirupiahkan, harga batu safir ini sangat fantastis, yaitu sekitar Rp 115 juta per karat yang dapat ditemukan di daerah Sri Lanka.

  • Serendipity Sapphire

Melansir dari Kompas, Serendipity Sapphire merupakan jenis batu safir termahal yang pertama kali ditemukan pada tahun 2020. batu safir dengan warna biru pucat ini memiliki berat kisaran 510 kg atau 2,5 juta karat.

Pemilik dari batu safir termahal ini bernama Gamage, seorang warga yang berada di distrik Ratnapura, kota yang dikenal sebagai penghasil batu mulia terbesar di Asia Selatan. Menurut para ahli, Serendipity Sapphire bisa dijual dengan harga fantastis, yaitu kisaran 100 juta dollar AS atau Rp 1,4 triliun di pasar Internasional.

  • Ceylon Blue Safir Star

Ceylon Blue Safir Star memiliki berat sekitar 11,6 karat dengan ukuran 17,77 mm x 9,09 mm x 7,53 mm. Model dari batu safir ini adalah buff top cutting style dan memiliki harga yang cenderung mahal di pasaran, yaitu sekitar Rp 47,5 juta sampai Rp 57,5 juta.

Semakin antik bentuk dari batu safir ini, maka harga yang ditawarkan pun akan semakin tinggi. Apalagi kalau logam mulia yang digunakan untuk mengikat batu safir termahal ini dari kualitas tinggi, tentu saja harganya akan semakin mahal, ya.

  • Vivid Safir Star

Batu safir termahal selanjutnya ini memiliki warna vivid blue yang terlihat cerah. Modelnya sendiri dibuat dengan bentuk cutting mixed cut, yang mana setiap butirnya memiliki ukuran sekitar 8,06 mm x 7 mm x 5,5 mm dengan berat kisaran 2,25 karat.

Vivid Safir Star ditawarkan dengan harga sekitar Rp 7.350.000 per buah. Tentunya, batu safir termahal ini memiliki permintaan yang tinggi di pasaran, baik itu yang sudah diikat bersama logam mulia maupun yang masih alami.

Buat kamu yang suka berbelanja di Shopee, yuk cek 10 Daftar Barang yang Wajib Dibeli di Shopee ini, ya!

Penutup

Batu Safir Termahal dan Terindah di Dunia
Batu Safir Termahal dan Terindah di Dunia

Demikian informasi seputar batu safir termahal yang dapat kamu temukan di pasaran. Setelah mengetahui harganya, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Back to top button