Tips

Harga Tiket dan Jadwal Kapal Samarinda Pare Pare 2024

Taukah kamu bahwa dari Samarinda langsung menuju Pare Pare hanya dapat ditempuh dengan jalur laut? Mocipay akan membahas jadwal kapal Samarinda Pare Pare yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi untuk kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk perjalanan dengan menggunakan kapal dari Samarinda atau sebaliknya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 25 jam perjalanan.

Sekilas Tentang Pelabuhan Samarinda Dan Pare Pare

Sekilas Tentang Pelabuhan Samarinda Dan Pare Pare
Sekilas Tentang Pelabuhan Samarinda Dan Pare Pare

Pelabuhan adalah fasilitas yang terletak di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh.

Pelabuhan Samarinda adalah pelabuhan yang terletak di kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Dilansir dari wikipedia, Pelabuhan ini terletak di tepi sungai Mahakam, 30 Mill Laut dari Muara Pegah.

Pelabuhan Samarinda ini sangat penting keberadaannya, karena Pelabuhan ini menjadi sarana menyalurkan kebutuhan pokok untuk warga Samarinda dan sekitarnya. Pelabuhan ini terletak di jalan Niaga Timur No.130 Samarinda.

Pare Pare adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pare Pare sendiri memiliki 4 (empat) pelabuhan dengan fungsi yang berbeda-beda yaitu pelabuhan Nusantara, pelabuhan Peti Kemas Cappa Ujung, pelabuhan Rakyat Lontange, dan pelabuhan Minyak.

Pelabuhan Nusantara adalah pelabuhan yang dikhususkan untuk penumpang. Pelabuhan ini menghubungkan kota Pare Pare dengan kota-kota seperti Surabaya, pelabuhan di Indonesia bagian timur dan pelabuhan di daerah Pesisir Kalimantan termasuk kota Samarinda.

Pelabuhan Cappa Ujung berfungsi sebagai pelabuhan untuk barang/kontainer sedangkan Pelabuhan Lontange sebagai pelabuhan rakyat yang memiliki akses langsung ke Nunukan-Tawau, Malaysia. Pelabuhan minyak adalah pelabuhan yang di khususkan untuk Pertamina-Tanker yang mengangkut minyak untuk wilayah Pare Pare dan sekitarnya.

Baca Juga :  15+ Makanan Anjing Mini Pom Umur 2 Bulan Sampai Dewasa

Jadwal Kapal Samarinda Pare Pare 2024

Pelabuhan Samarinda Pare Pare atau sebaliknya memiliki 5 jenis kapal dengan muatan penumpang yang berbeda-beda. Selain itu, keberangkatan kapal-kapal ini juga memiliki jadwal yang berbeda-beda.

Sebelum membahas tentang jadwal kapal Samarinda Pare Pare dengan lengkap, berikut ini adalah kapal-kapal yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif ketika ingin menyebrang dari Samarinda menuju Pare Pare atau sebaliknya:

1. KM Queen Soya

KM Queen Soya
KM Queen Soya

Kapal yang pertama adalah KM Queen Soya yang merupakan kapal yang mengantarkan penumpang dari Samarinda menuju Pare Pare maupun sebaliknya. KM Queen Soya adalah milik PT Panca Merak Samudera, untuk jadwal kapal Samarinda Pare Pare khusus KM Queen Soya adalah pada hari senin.

Kapal ini mulai beroperasi pada tahun 2020 lalu untuk rute Samarinda-Pare Pare yang awalnya memiliki rute Bontang-Pare Pare sejak tahun 2014.

Kapal ini pertama kali diimpor dari Jepang ke Indonesia pada tahun 2004 yang tergolong kapal ro-ro yang bisa membawa penumpang dan kendaraan ringan maupun berat. Memiliki panjang 96 meter dan lebar 16 meter, kapal ini mampu mengangkut hingga 1.600 penumpang.

2. KM Prince Soya

KM Prince Soya
KM Prince Soya

Kapal berikutnya adalah kapal yang dibuat pada tahun tahun 1992 bernama KM Prince Soya. Kapal ini dapat melaju dengan kecepatan 11,6 knot serta memiliki panjang 96 meter dan lebar 16 meter.

Sama seperti KM Queen Soya, KM Prince soya juga dapat membawa sebanyak 1.600 kapasitas penumpang serta mampu membawa kendaraan ringan maupun berat.

Baca Juga :  6 Penyebab dan Cara Mengatasi BRImo Gangguan Hari ini 2024

Untuk jadwalnya sendiri, KM Proince Soya umumnya berangkat pada hari minggu dari pelabuhan Samarinda menuju Pelabuhan Nusantara Pare Pare.

3. KM Pantokrator

KM Pantokrator
KM Pantokrator

Kapal lain yang digunakan untuk menyebrang dari Samarinda-Pare Pare adalah KM Pantokrator yang juga milik PT Panca Merak Samudera. Kapal ini memiliki panjang 109 meter  dan lebar 15 meter dengan kecepatan 18 knots dan mampu menampung hingga 2000 penumpang.

KM Pantokrator dibuat pada tahun tahun 1989 di Inggris dan pertama kali beroperasi pada awal tahun 2014 di Indonesia dengan rute Samarinda Pare Pare ataupun sebaliknya.  Jadwal kapal Samarinda Pare Pare khusus KM Pantokrato adalah pada hari rabu.

4. KM Adithya 

KM Adithya
KM Adithya

Kapal berikutnya adalah KM Adithya yang dibuat pada tahun 1986 dan memiliki panjang 103 meter dan lebar 15 meter. KM Adithya ini dapat menampung penumpang maupun kendaraan berat dan ringan. Kapasitas kapal nya sendiri mampu mencapai 1700 penumpang.

Sebagai informasi tambahan, KM Adithya memiliki kecepatan lebih dari 13 knot. Untuk jadwal kapal Samarinda Pare Pare khusus untuk KM Adithya adalah pada hari kamis.

5. KM Tanjung Manis

KM Tanjung Manis
KM Tanjung Manis

Kapal terakhir yang memiliki rute Samarinda Pare Pare maupun sebaliknya adalah KM Tanjung Manis. Kapal ini merupakan kapal yang memiliki kapasitas paling kecil diantara kapal lainnya. Kapal ini hanya dapat menampung kurang dari 500 penumpang untuk satu kali perjalanan.

Di bawah ini adalah daftar lengkap jadwal kapal Samarinda Pare Pare sekaligus yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk menentukan keberangkatan kamu dari Samarinda menuju Pare Pare berikut juga dengan harga tiket nya:

Jadwal Kapal Samarinda Pare Pare

Nama Kapal

Harga Tiket

Senin (10:00-12:00 WITA)

KM Queen Soya

Rp 350.000-Rp 500.000

Minggu (10:00-12:00 WITA)

KM Prince Soya

Rp 350.000-Rp 500.000

Rabu (10:00-12:00 WITA)

KM Pantokrato

Rp 350.000-Rp 500.000

Kamis (10:00-12:00 WITA)

KM Adithya

Rp 350.000-Rp 500.000

Sabtu (10:00-12:00 WITA)

KM Tanjung Manis

Rp 350.000-Rp 500.000

Baca Juga :  5 Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Selain jadwal kapal Samarinda Pare Pare, Mocipay juga ingin memberikan daftar lengkap untuk rute sebaliknya dari Pare Pare menuju Samarinda. Berikut di bawah ini adalah daftar lengkapnya:

Jadwal Kapal Pare Pare Samarinda

Nama Kapal

Harga Tiket

Minggu (10:00-12:00 WITA)

KM Queen Soya

Rp 350.000-Rp 500.000

Rabu (12:00-14:00 WITA)

KM Prince Soya

Rp 350.000-Rp 500.000

Sabtu (10:00-12:00 WITA)

KM Pantokrator

Rp 350.000-Rp 500.000

Minggu (12:00-13:00 WITA)

KM Adithya

Rp 350.000-Rp 500.000

Jumat (10:00-12:00 WITA)

KM Tanjung Manis

Rp 350.000-Rp 500.000

Sebagai informasi tambahan untuk kamu, bahwa jadwal kapal Samarinda Pare Pare di atas, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Cara Pesan Tiket Kapal Samarinda Pare Pare

Cara Pesan Tiket Kapal Samarinda Pare Pare
Cara Pesan Tiket Kapal Samarinda Pare Pare

Untuk kamu yang hendak memesan tiket kapal Samarinda Pare Pare ataupun sebaliknya, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama silakan kunjungi website easybook.com atau download aplikasinya di Google Play Store.
  • Setelah itu silakan login menggunakan gmail kamu yang aktif dan lakukan verifikasi.
  • Setelah kamu berhasil login, silakan pilih kategori tiket sesuai yang kamu inginkan. Pastikan kamu mengisi semua kolom yang tersedia pada lama halaman pembelian tiket.
  • Isi pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan.
  • Lalu pilih tanggal dan jam keberangkatan pada kolom yang tersedia.
  • Setelah itu pada kolom Penumpang, silakan pilih jumlah yang sesuai.
  • Nah langkah selanjutnya adalah klik Cari Tiket.
  • Setelah semua dirasa sudah benar, silakan tekan Pesan Tiket.
  • Setelah itu silakan isi data penumpang sesuai kartu identitas.
  • Langkah terakhir adalah silakan lakukan pembayaran tiket sesuai dengan nominal yang tersedia.

Penutup

Jadwal Kapal Samarinda Pare Pare
Jadwal Kapal Samarinda Pare Pare

Buat kamu yang hendak melakukan perjalanan dari Samarinda menuju Pare Pare dengan menggunakan transportasi kapal, maka harap untuk tetap menjaga diri serta barang-barang bawaan.

Demikanlah pembahasan tentang jadwal kapal Samarinda Pare Pare pada artikel kali ini. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu terutama yang sedang mencari jadwal kapal Samarinda Pare Pare.

Back to top button