Promo Top Up Game Termurah😍
Tips

5 Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah

Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah – Sama hal nya dengan manusia anjing juga memiliki masalah pencernaan yang sangat mirip penyakit dengan manusia pada umumnya. Hal tersebut merupakan gejala gangguan pencernaan yang terjadi pada anjing baik di karenakan faktor cuaca makanan dan faktor penyakit lainnya.

Pastinya jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti anjing pernah mengalami kondisi dimana anjing yang kamu pelihara mengalami kondisi gangguan pencernaan. Seperti muntah, tidak mau makan, kotoran berdarah, dan tidak bergairah sama sekali. Untuk itu kamu harus mengetahui penanganan yang harus kamu lakukan dengan artikel Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah kali ini.

Lalu bagaimana cara Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah ? Simak penjelasannya di bawah ini :

Faktor Yang Menyebabkan Anjing Muntah Dan Berak Darah

Faktor Yang Menyebabkan Anjing Muntah Dan Berak Darah
Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah

Sebelum kamu mendalami secara rinci tentang bagaimana Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah ada baiknya kamu harus mengetahui apasih faktor yang menyebabkan anjing mengalami muntah serta berak darah ? Jawabannya ada di bawah ini :

  • Faktor Pergantian Cuaca

Keadaan cuaca yang ada di indonesia menjadi salah satu faktor yang menyebabkan anjing mengalami gangguan pencernaan. Baik itu muntah ataupun mengeluarkan kotoran berdarah. Diare menjadi salah satu gangguan pencernaan yang terjadi pada usus besar dan usus kecil anjing tersebut jika peristiwa tersebut terjadi pada anjing kesayangan kamu akan di tandai dengan feses yang begitu cair tidak padat dan aslinya berlendir.

  • Faktor Alergi Terhadap Makanan

Hal ini kerap terjadi pada anjing yang kamu pelihara yaitu alergi terhadap makanan atau salah dalam pemberian makanan pada anjing tersebut. Sehingga membuat anjing yang kamu miliki membuang makanan dari mulutnya dan terdapat kotoran berdarah di setiap pup yang di keluarkannya. Dikarenakan terjadinya iritasi pada sistem pencernaan khususnya pada usus anjing tersebut.

  • Faktor Terkena Infeksi Penyakit

Anjing menjadi hewan yang sangat mudah terkena penyakit infeksi seperti pada umumnya terserang oleh penyakit dari parasit Coccidia dan Giardia. Kedua parasit tersebut sangat mudah menyerang dan merusak sistem pencernaan pada anjing sehingga membuat peradarangan dan iritasi pada anjing tersebut. Sehingga menyebakan terjadinya muntahan darah dan pup berdarah pada anjing yang kamu miliki.

  • Faktor Virus Parvo

Virus parvo dapat menyerang anjing yang kamu sayangi diwaktu cuaca dingin dan lembab. Virus ini dapat menyerang sistem kekebalan anjing dengan mudah apalagi anjing tersebut memiliki sistem pertahanan tubuh yang rendah. Saat terkena virus parvo anjing akan di tandai dengan pup berdarah, diare, muntah makanan dan tidak mau makan sama sekali.

  • Terkena Heat Stroke

Heat Stroke dapat terjadi pada lingkungan yang memiliki cuaca panas yang berlebihan sehingga membuat anjing menjadi terpapar panas yang berlebihan sehingga tidak stabil nya kekebalan tubuh dalam mengatur suhu panas tersebut. Oleh sebab itu mengapa nafas anjing sering terengah-engah saat di terik matahari dikarenakan anjing adalah hewan yang tidak dapat mengeluarkan panas dari keringatnya. Sehingga membuat sistem darah menjadi beku pada saluran pencernaan dan dapat membuat pup anjing menjadi berdarah.

  • Faktor Inflammatory Bowel Syndrome (IBD)

Inflammatory Bowel Syndrome menjadi salah satu penyebab gangguan pencernaan pada anjing yang menyebabkan anjing mengalami muntah dan mengeluarkan kotoran berdarah. Keadaan Inflammatory Bowel Syndrome terjadi secara kronis dengan jangka waktu yang hampir sampai 1 tahun dirujuk dengan tanda-tanda saluran pencernaan seperti diare yang tidak kunjung membaik.

Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah

Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah
Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah

Penjelasan dari faktor yang menyebabkan anjing mengalami diare, muntah dan mengeluarkan kotoran berdarah di atas merupakan penyebab yang kerap terjadi pada setiap anjing yang ada. Oleh sebab itu penting sekali rasanya selalu menjaga kebersihan dari anjing yang kamu pelihara baik dari kandang makanan tempat tidur dan dari segi kebersihan lainnya.

Jika anjing kamu mengalami masalah penyakit di atas berikut Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah yang akan jelaskan dengan mudah dan simple :

  • Berikan Makanan Mengandung Prebiotik

Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah yang pertama silahkan berikan makanan anjing yang mengandung prebiotik. Jika kamu mendapati anjing yang kamu pelihara mengalami gangguan pencernaan segera berikan serat prebiotik guna dari serat tersebut adalah untuk menyembuhkan dan melancarkan saluran pada usus anjing yang bermasalah.

Simak beberapa rekomendasi Makanan Anjing Umur 2 Bulan Sampai Dewasa yang mengandung serat prebiotik yang baik untuk saluran pencernaan anjing.

  • Hindari Pemberian Antibiotik Sembarang

Tahukah kamu bahwa tidak boleh memberikan antiobioktik sembarangan pada setiap hewan peliharaan. Termasuk pada anjing yang sedang mengalami gangguan saluran pencernaan jika kamu memberikan antibiotik sembarangan tanpa anjuran dokter hewan nantinya akan sangat berakibat fatal pada anjing tersebut. Sehingga menimbulkan yang dinamakan dengan resistensi pada bakteri.

Menghindari pemberian antiobiotik sembarangan pada anjing menjadi salah satu langkah awal dari Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah kamu juga bisa membaca rekomendasi Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen.

  • Berikan Makanan Dengan Tekstur Lunak Dan Lembut

Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah dengan tepat adalah dengan memberikan makanan dengan yang memiliki tekstur yang sangat lunak dan lembut. Dan harus tetap di imbangin dengan protein seperti daging ayam yang di giling, serta memberikan karbohidrat ringan seperti nasi putih. Agar anjing menjadi lebih bergairah dan bersemangat seperti sedia kala.

Dengan memberikan makanan bertekstur lembut dapat membuat saluran pencernaan anjing yang kamu miliki menjadi lancar dan tidak berdarah lagi saat mengeluarkan pupnya. Kamu juga bisa membaca beberapa Cara Mengobati Anjing Keracunan Dengan Cepat.

  • Segera Periksa Ke Dokter Hewan

Jika beberapa Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah yang telah di jelaskan di atas tidak dapat membantu dalam pertolongan pertama pada anjing yang kamu miliki. Maka cara satu-satunya adalah segera bawa dan periksa pada klinik dokter hewa terdekat. Agar anjing tersebut dapat di periksa pada ruang laboratorium dengan menggunakan alat mikroskop untuk dapat mendiagnosa penyakit yang di alami oleh anjing kesayangan kamu.

Tidak perlu panik jika doggy yang kamu sayangi mengalami gangguan pencernaan ataupun memuntahkan makanan setiap waktu kali makan. Gunakan pertolongan pertama di atas dan segera bawa kedokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut lagi. Selain itu kamu juga bisa mencoba Makanan Kesukaan Anjing Yang Murah Dan Bergizi untuk dapat membuat anjing tetap sehat dan kuat.

Ciri-Ciri Anjing Muntah Dan Mengeluarkan Kotoran Berdarah

Ciri-Ciri Anjing Muntah Dan Mengeluarkan Kotoran Berdarah
Ciri-Ciri Anjing Muntah Dan Mengeluarkan Kotoran Berdarah

Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan gejala awal anjing terkena gangguan sistem pencernaan seperti diare, muntah berlebihan dan mengeluarkan kotoran berdarah. Kamu harus dapat mengetahui ciri-ciri tersebut agar tidak membiarkan gejala awal semakin merebak dan membuat saluran pencernaanya semakin bermasalah.

Kamu dapat memperhatikan dan melihat secara seksama dari bau dan konsistensi warna kotoran yang di keluarkan oleh anjing yang kamu miliki. Selain itu kamu juga harus mengetahui beberapa ciri-ciri lainnya yang akan dijelaskan di bawah ini :

  • Expresi Anjing Pup Berbeda (Mengejan)

Ciri-ciri anjing yang terkena penyakit berak berdarah adalah expresi dan cara mengejan saat mengeluarkan kotorannya berbeda dari yang sebelumnya. Pada umumnya anjing akan mengeluarkan pup dengan cara yang sangat mudah tanpa harus merasakan kesakitan apabila anjing tersebut mengalami kesakitan saat mengeluarkan pupnya hal tersebut bisa terjadi dikarenakan sembelit dan terjadi luka pada rektum dan anus anjing tersebut.

  • Tidak Bergairah Dan Malas Beraktivitas

Anjing yang mengalami gangguan saluran pencernaan seperti muntah dan berak darah akan enggan beraktivitas dan tidak memiliki gairah sama sekali. Anjing tersebut akan terlihat lemas dan terus berbaring tanpa melakukan aktivitas normal seperti anjing pada umumnya. Sehingga membuat anjing tersebut mengalami dehidrasi jika di sertai dengan muntahan yang dikeluarkannya.

  • Tidak Memiliki Nafsu Makan

Ciri-ciri yang sangat jelas terlihat ketika anjing mengalami gangguan saluran pencernaan adalah berkurangnya nafsu dan porsi makan pada anjing tersebut. Biasanya anjing akan sangat lahap makan ketika sudah pada jamnya namun akan berbeda ketika anjing tersebut mengalami penyakit diare yang dapat mengakibatkan berkurangnya nafsu makan karena dapat membuat nafsu makan menjadi hilang karena menahan sakit tersebut.

  • Kotoran Anjing Dengan Ciri Khas Berbeda

Bentuk kotoran yang dimiliki anjing akan sangat berbeda dengan anjing yang sehat pada umumnya. Anjing yang memiliki gangguan pencernaan akan memiliki konsistensi dan warna kotoran yang berbeda hal tersebut dapat kamu perhatikan setiap kali anjing yang kamu miliki membuang kotorang tidak seperti biasanya. Ciri-ciri dari kotoran anjing yang bermasalah pada gangguan pencernaan berupa cair berdarah dan baunya sangat amis.

Tips Agar Anjing Tidak Mengalami Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Di bawah ini merupakan beberapa Cara Mengobati Anjing Muntah dan Berak Darah dan tips yang dapat kamu terapkan agar anjing yang kamu miliki. Terhindar dari yang namanya gangguan pada sistem pencernaan. Yang dapat mengakibatkan anjing menjadi muntah berlebihan, diare berkepanjangan serta mengeluarkan kotoran berdarah yang sangat amis.

Ikuti beberapa tips yang akan di jelaskan di bawah ini. Sebelum menuju ke tipsnya yuk cobain Aplikasi Penghasil Uang 100 Ribu Perhari tanpa harus mengundang teman :

  • Bersihkan kandang secara berkala
  • Ubah pola makan yang sehat
  • Atur kapasitas makan
  • Berikan vitamin hewani dengan anjuran dokter
  • Jangan memberikan makan yang berlebihan
  • Hindari memberi makanan snack seperti manisan
  • Bersihkan setiap makanan yang diberikan
  • Jaga kebersihan lingkungan rumah yang di tempati anjing
  • Jauhkan dari pestisida atau bahan beracun lainnya
  • Jangan kontak langsung ketika anjing mengalami penyakit
  • Hindari memberikan makanan ringan
  • Hindari memberikan makanan dengan tekstur yang keras
  • Hindari memberikan makanan yang memiliki rasa pedas
  • Silahkan vaksin anjing agar memiliki kekebalan tubuh yang baik

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar anjing kesayangan kamu terhindar dari yang namanya gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu yuk cobain juga beberapa Aplikasi Melacak Lokasi Pemilik Nomor HP terbaik dan akurat.

Penutup

 

Cara Mengobati Anjing Muntah dan Berak Darah
Cara Mengobati Anjing Muntah dan Berak Darah

Nah itu dia Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah yang dapat membuat anjing kamu sengsara dan menahan sakit pada gangguan sistem pencernaan yang dimiliki. Cara di atas hanyalah point-point utama agar anjing yang kamu miliki mendapatkan pertolongan pertama ketika mengalami gangguan penyakit seperti yang di jelaskan pada artikel Cara Mengobati Anjing Muntah Dan Berak Darah di atas.

Back to top button