Tutorial

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Pernahkah kamu melihat layar HP bergerak sendiri? atau mungkin kamu berkunjung ke laman ini karna HP kamu sedang berada dalam situasi yang demikian? Hmm… jangan buru-buru langsung bawa HP ke tukang servis ya guys! Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasi layar HP bergerak sendiri dalam artikel ini!

Di era digital seperti sekarang ini, HP yang dulunya digunakan untuk meningkatkan gaya hidup sudah berubah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Hal itu dipicu oleh karena selain digunakan sebagai media komunikasi, HP juga sudah menjadi benda yang seakan-akan sebagai benda hidup dan menjadi sahabat bagi orang-orang untuk menemani segala aktivitasnya baik dalam dunia pekerjaan maupun dunia hiburan.

Oleh karena itu, tak heran jika HP menjadi salah satu device yang paling sering digunakan. Namun ternyata seiring dengan penggunaan yang terlalu sering dan terus berlanjut setiap hari kerap membuat ponsel lama kelamaan mengalami error atau bahkan kerusakan pada komponen penyusunnya. Salah satu contoh kasusnya yaitu seperti layar HP bergerak sendiri. Taukah kamu penyebab hal ini terjadi? jika belum, maka ikuti terus artikel ini sampai tuntas!

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Layar HP bergerak sendiri
Sumber: www.qoala.app

Layar HP bergerak sendiri atau yang kerap disebut oleh anak muda zaman now sebagai Ghost Touch merupakan suatu kondisi dimana layar ponsel bergerak sendiri yang berlangsung secepat kilat dan membuka berbagai menu/ aplikasi yang terdapat pada HP secara acak.

Tak jarang ditemui seseorang menerima pesan WA, SMS, Line, atau dari berbagai media chat lainnya yang berisi pesan tidak jelas. Di beberapa kasus memang kadang hal itu disebabkan oleh ulah orang yang iseng, namun di sebagian besar pengalaman orang-orang mengatakan bahwa hal itu terjadi karena masalah HP yang bergerak sendiri.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Foto yang Ditutupi Stiker

Hal itu tentu sangat mengganggu kenyamanan para pengguna ponsel. Masih untung jika pesan yang terkirim akibat layar HP yang bergerak sendiri terkirim kepada teman atau sahabat. Bagaimana jika malah terkirim ke atasan, dosen/ guru, atau orang-orang tertentu lainnya? Bisa kacau kan jadinya? Nah, tapi anda tidak perlu cemas dulu, ketahui beberapa penyebab layar HP bergerak sendiri dibawah ini:

  • Charger yang digunakan tidak sesuai/ Rusak

Kebanyakan para pengguna ponsel minim dalam hal memperhatikan perawatan HP, seperti salah satu contoh kecilnya yaitu menggunakan charger orang lain pada saat sedang diluar dan tidak membawa charger ori dari HP miliknya. Selain itu terdapat juga banyak orang yang kehilangan charger ori yang kemudian menggantinya dengan sembarangan charger yang di beli dengan harga yang relatif murah.

Padahal taukah anda? menggunakan charger yang bukan bawaan dari HP kita sendiri perlahan bisa menimbulkan dampak fatal pada performa HP kita termasuk salah satu dampaknya yaitu layar HP bergerak sendiri.

  • Adanya kerusakan pada LCD HP

Sumber: www.leskompi.com

Liquid Crystal Display atau yang lebih akrab disebut dan disingkat dengan LCD merupakan salah satu komponen dari HP yang berperan untuk menampilkan setiap perintah/ tampilan  yang kamu minta supaya terlihat pada layar HP.

Namun apabila terdapat kerusakan pada LCD HP kamu seperti tergores atau pecah, maka bisa menyebabkan layar HP menjadi bisa bergerak sendiri dengan secepat kilat.

  • Kemasukan air/ bagian dalam layar kotor

Rupanya tak hanya karna kondisi LCD yang retak atau tergores, permukaan LCD yang berdebu atau terdapat percikan air juga bisa berakibat pada layar HP bergerak sendiri. Kebiasaan orang-orang yang selalu menggunakan HP dalam setiap aktivitasnya bahkan pada saat makan menyebabkan permukaan HP menjadi lebih rentan terhadap masuknya kotoran debu maupun percikan air.

  • Screen protector/ anti gores rusak

Sumber: s4.bukalapak.com

Screen protector atau yang lebih akrab kamu kenal dengan sebutan anti gores merupakan salah satu komponen eksternal HP yang berfungsi untuk melindungi layar dari kerusakan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ponsel terbentur, jatuh, dll.

Baca Juga :  4 Cara Tembak Axis V3, V4, V5 dan V6 Terbaru 2024

Namun jika anti gores HP mu sudah rusak/ retak, maka ia akan kehilangan fungsi utamanya sebagai pelindung layar dan beralih menjadi sebaliknya yaitu menyebabkan error pada layar HP.

  • Memaksakan kinerja ponsel sehingga layar panas

Khusus untuk penyebab yang satu ini lebih sering terjadi di kalangan para gamers. Kebiasaan kamu yang memainkan game dalam waktu yang lama dan tidak memberi spasi pada perangkat untuk berhenti sebentar menyebabkan layar HP menjadi panas.

Pada saat hal ini terjadi, CPU yang merupakan salah satu komponen HP yang berfungsi mendinginkan akan bekerja lebih keras dan mengerahkan segala kemampuannya. Namun perlu untuk kamu ketahui bahwa situasi yang terlalu memaksakan kinerja ponsel inilah yang menjadi salah satu penyebab layar HP mu kadang mau bergerak sendiri.

  • Adanya bug system pada HP

Bug system pada HP merupakan suatu kondisi dimana terjadi sebuah kesalahan/ error pada perangkat. Biadanya Bug system ini akan berpengaruh pada perangkat lunak ponsel (software). Bug system disebabkan karena anda tidak rutin melakukan pembaharuan atau update pada system/ versi perangkat.

  • RAM HP bekerja secara berlebihan

RAM merupakan perangkat HP yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi atau sistem operasi yang sedang berjalan sekaligus mempercepat perputaran data dalam HP. Kamu sadari atau tidak kebiasaan kamu yang terlalu memaksakan kinerja HP seperti membuka berbagai aplikasi dalam rentang waktu yang bersamaan menyebabkan performa berbagai komponen dari HP menjadi down seperti misalnya yaitu performa layar HP yang menjadi eror dan bergerak sendiri.

  • Menggunakan aplikasi tidak resmi

Apakah kamu memiliki aplikasi yang didapatkan secara ilegal? Jika iya, sebaiknya kamu segera menghapus aplikasi tersebut. Aplikasi yang tidak resmi biasanya memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi dari google play store, seperti pada fitur-fitur yang dimilikinya. Seperti salah satu contohnya aplikasi GB Whatsapp memiliki berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi Whatsapp biasa.

Tapi satu hal yang  harus anda ketahui, bahwa sebenarnya dibalik kelebihan yang dimilikinya, aplikasi ini sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan dan keamanan perangkat kamu. Selain bisa membocorkan data-data penting/ pribadi dalam ponsel kamu, menggunakan aplikasi ilegal juga dapat merusak software HP anda termasuk pada bagian layar yang menjadi bisa bergerak sendiri.

  • Adanya kerusakan pada perangkat

Jika dari beberapa kemungkinan hal yang telah disebutkan diatas ternyata anda belum juga menemukan alasan mengapa layar HP anda bergerak sendiri maka besar kemungkinan masalahnya terdapat pada ponsel anda sendiri.

Baca Juga :  8 Cara Menambahkan Gambar Di Word HP Paling Mudah

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Anda telah mengetahui beberapa penyebab dari layar HP bergerak sendiri, sekarang kami akan memberikan juga penjelasan berupa solusi atau cara mengatasi layar HP bergerak sendiri.  Agar lebih mudah untuk anda pahami, kami akan menampilkan cara mengatasi layar HP bergerak sendiri dalam bentuk tabel berikut ini!

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri cara Mengatasi
Menggunakan aplikasi tidak resmi Sebaiknya gunakan lah aplikasi yang resmi yang didapatkan dari google play store/ app store
Kemasukan air/ bagian dalam layar kotor Rajin membersihkan layar HP serta menghindari penggunaan HP di tempat yang berair
Charger yang digunakan tidak sesuai/ Rusak Hindari menggunakan charger yang bukan merupakan bawaan dari HP anda sendiri. Apabila charger ori anda hilang, sebaiknya ganti dengan membeli charger yang berkualitas
Adanya kerusakan pada LCD HP Mengganti LCD yang baru
Memaksakan kinerja ponsel sehingga layar panas Menghindari pemakaian HP secara berlebihan, beri jarak pada HP untuk berhenti sejenak apabila layarnya sudah mulai terasa panas
Adanya kerusakan pada perangkat Cobalah untuk melakukan reboot HP. Jika tidak berhasil juga silahkan bawa ke tukang servis
Screen protector/ anti gores rusak Ganti screen protector/ anti gores HP anda
RAM HP bekerja secara berlebihan Hilangkan kebiasaan yang membiarkan banyak aplikasi berjalan di latar belakang
Adanya bug system pada HP Lakukan pembaharuan pada system ponsel anda

Simpulan dari Layar HP Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Tanpa kita sadari hal-hal kecil yang kita anggap sepele sebagai pengguna smartphone terkadang bisa menjadi penyebab ponsel kita menjadi error sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Salah satu ke eroran HP yang sering dialami seperti salah satunya adalah layar HP bergerak sendiri.

Oleh karena itu, semoga dengan kami menjelaskan beberapa penyebab dari layar HP bergerak sendiri dapat menjadi pengingat bagi sobat supaya lebih memperhatikan serta menjaga kesehatan dan perawatan HP. Namun jika sudah terjadi, jangan langsung buru-buru untuk membawa ke tukang servis, cobalah untuk menangani sendiri menggunakan beberapa cara-cara yang telah kami jelaskan.

Back to top button