Aplikasi

13 Lembaga dan Aplikasi Pelunasan Hutang Terbaik Di Indonesia

Untuk membayar hutang yang sudah tertunggak, maka saat ini hadir aplikasi pelunasan hutang yang cukup terpercaya. Tidak hanya itu, tersedia juga beberapa lembaga khusus yang memang bertujuan untuk membantu melunasi hutang-hutang tersebut.

Ini Dia Beberapa Aplikasi Pelunasan Hutang

Ini Dia Beberapa Aplikasi Pelunasan Hutang
Ini Dia Beberapa Aplikasi Pelunasan Hutang

Saat Anda berhasil melunasi hutang, maka tentu saja akan terbebas dari kewajiban melakukan pembayaran hutang dan bunganya. Melunasi hutang juga akan menjadikan perasaan lebih tenang karena terhindar dari tekanan. Di bawah ini beberapa aplikasi untuk melunasi hutang tersebut:

Akulaku PayLater

Akulaku PayLater
Akulaku PayLater

Akulaku Merupakan salah satu aplikasi bantuan untuk melunasi hutang. Aplikasi ini sudah menyediakan fitur utama bagi para penggunanya tidak lain yaitu Dana Cicil. Tentu ada banyak keunggulan yang bisa diperoleh saat memakainya seperti berikut:

Nama Aplikasi Keunggulan
Akulaku PayLater Tersedia fitur Dana Cicil
Limit pinjaman sampai Rp 15.000.000
Tidak membutuhkan kartu kredit

OVO PayLater

OVO PayLater
OVO PayLater

Aplikasi pelunasan hutang lainnya adalah OVO PayLater. Aplikasi ini merupakan sebuah layanan pinjaman online dengan pengajuan pinjaman langsung. Pengguna juga dapat membayarnya dengan cara dicicil tanpa harus memakai kartu kredit sekalipun.

Tidak hanya itu saja, proses pencairan dananya juga tidak lama karena hanya dalam waktu beberapa menit saja. Tentunya dapat membantu meringankan beban hutang penggunanya. Untuk tagihan bulanannya juga tergolong lebih rendah.

GoPay PayLater

Terdapat pula aplikasi pelunasan hutang lainnya yang bernama GoPay PayLater. Aplikasi ini menyediakan metode pembayaran nanti yang merupakan layanan dari aplikasi transportasi online yaitu Gojek. Tentu pengguna bisa melakukan pinjaman kredit sesuai kebutuhan.

Mereka juga dapat melakukan pengajuan pinjaman kapan saja. Untuk pelunasannya sendiri dapat dilakukan sekali saja di akhir bulan. Anda juga bisa menentukan sendiri waktu yang diinginkan untuk melunasi hutang tersebut dengan lebih mudah dan nyaman.

Baca Juga: 4 Syarat Pinjaman Online BRI Langsung Cair Tanpa Ribet

Shopee Pinjam

Shopee Pinjam
Shopee Pinjam

Tersedia pula aplikasi pelunasan hutang lain yang dapat digunakan. Yaitu Shopee Pinjam dengan sistem kerja pengguna berhutang sesuai tenor yang sudah tersedia lalu membayarkannya di kemudian hari. Di bawah ini beberapa keunggulan aplikasi tersebut:

Baca Juga :  7 Aplikasi Unfollow Instagram Yang Tidak Follback Yang Aman
Nama Aplikasi Keunggulan
Shopee Pinjam Limit pinjaman hingga Rp 15.000.000
Dapat melakukan pelunasan sesuai jangka waktu yang dipilih

Jenius

Termasuk aplikasi pelunasan hutang yang menyediakan pinjaman online dengan bunga rendah serta tenor cukup lama. Aplikasi ini dirilis langsung oleh Bank BTPN sehingga sudah pasti terpercaya penggunaannya. Di bawah ini merupakan berbagai keunggulannya:

Nama Aplikasi Keunggulan
Jenius Tersedia fitur pinjaman bernama Flexi Cash
Pinjaman mulai dari Rp 500.000
Limit pinjaman hingga Rp 200.000.000
Bunga pinjaman sekitar 1,75%
Syarat pengajuan memakai KTP
Tenor pinjaman mulai 1-3 bulan

AdaKami

Termasuk salah satu aplikasi pelunasan hutang yang dapat memberikan pinjaman dengan bunga rendah. Untuk jangka waktu tenor yang diberikan sendiri cukup lama sekitar 12 bulan terhitung sejak jatuh tempo. Di bawah ini beberapa keunggulan aplikasi AdaKami:

Nama Aplikasi Keunggulan
AdaKami Nominal pinjaman mulai dari Rp 3.000.000
Maksimal pinjaman hingga Rp 20.000.000
Terdapat bunga sekitar 3% per bulan
Tenor pinjaman mulai 3-12 bulan

Kredivo

Aplikasi pelunasan hutang ini menyediakan tenor pinjaman cukup mudah. Pinjaman tersebut nantinya dapat digunakan untuk membantu melunasi hutang online maupun offline. Cek langsung beberapa keunggulan dan persyaratannya di bawah ini:

Nama Aplikasi Keunggulan
Kredivo Tersedia pinjaman mulai Rp 1.500.000
Limit pinjaman hingga Rp 30.000.000
Bunga sekitar 2,95% per bulan
Tenor pinjaman 1-12 bulan

Tokopedia

Aplikasi pelunasan hutang selanjutnya adalah Tokopedia. Aplikasi ini menyediakan layanan pinjaman uang tunai yang terpercaya dengan suku bunga cukup rendah kepada penggunanya. Di bawah ini beberapa keunggulan pinjaman selengkapnya:

Nama Aplikasi Keunggulan
Tokopedia Tersedia pinjaman hingga Rp 6.000.000
Bunga mulai 2,72% sampai 3,40%
Tenor pinjaman mulai 2-6 bulan

Kredit Pintar

Termasuk salah satu pilihan aplikasi pelunasan hutang yang tidak memerlukan nomor rekening pribadi. Pengguna nantinya bisa memilih sendiri jumlah pinjaman serta limitnya sesuai dengan keperluan masing-masing. Berikut merupakan keunggulan lainnya:

Nama Aplikasi Keunggulan
Kredit Pintar Tersedia pinjaman hingga Rp 10.000.000
Bunga pinjaman maksimal 11% per tahun
Tenor pinjaman mulai 91-360 hari

Julo

Aplikasi pelunasan hutang ini dapat Anda unduh langsung melalui Google Play Store. Untuk memperoleh uangnya sendiri terbilang cepat tetapi tetap memerlukan proses verifikasi terlebih dahulu. Untuk keunggulan selengkapnya cek pada tabel di bawah ini:

Nama Aplikasi Keunggulan
Julo Tersedia pinjaman mulai Rp 15.000.000
Bunga pinjaman mulai 4%-7%
Tenor pinjaman mulai 3-9 bulan

Daftar Lembaga untuk Membantu Melunasi Hutang

Ada beberapa daftar lembaga seperti perbankan dan lainnya yang juga dapat dimanfaatkan untuk membantu melunasi hutang. Untuk melakukan pinjaman dana tersebut maka bisa langsung datang ke kantor lembaga nya masing-masing. Di bawah ini diantaranya:

Baca Juga :  5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP Serta Cara Membuatnya

Bank Mandiri

Bank Mandiri
Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu perusahaan perbankan yang dapat membantu melunasi hutang. Terdapat bantuan pinjaman dengan bunga rendah serta tenor cukup lama. Di bawah ini beberapa keterangan mengenai pinjaman tersebut:

Nama Lembaga Keterangan
Bank Mandiri Tersedia pinjaman hingga Rp 500.000.000
Tenor pinjaman mulai 24-180 bulan
Bunga sekitar 0,58% per bulan

Bank BNI

Selain menggunakan aplikasi pelunasan hutang, Anda juga dapat memakai lembaga pelunasan hutang seperti Bank BNI. Lembaga keuangan ini menyediakan layanan pinjaman dengan banyak jenisnya. Di bawah ini informasi selengkapnya:

Jenis Pinjaman Keterangan
Pinjaman BNI Griya Plafon kredit hingga 5 milyar, tenor 30 tahun
Pinjaman BNI KUR Plafon kredit hingga 50 juta, tenor 3-5 tahun
Pinjaman BNI Fleksi Pensiun Plafon kredit hingga 500 juta, tenor 15 tahun
KTA BNI Fleksi Aktif Plafon kredit hingga 500 juta, tenor 15 tahun

Bank BRI

Bank BRI
Bank BRI

Apabila Anda memiliki hutang, maka Bank BNI menyediakan layanan untuk membantu melunasi nya. Ada banyak jenis pinjaman yang bisa digunakan dengan plafon kredit berbeda-beda. Tentu bisa memilih nya sesuai kebutuhan seperti berikut:

Nama Lembaga Jenis Pinjaman
Bank BRI KPR BRI
Kredit Modal Kerja
BRIguna Karya
BRIguna Pendidikan
Kredit Investasi
Kredit Motor Premium
Pinjaman Online BRI Ceria dan lainnya

Beberapa Cara Agar Hutang Anda Cepat Lunas

Hingga saat ini tidak sedikit orang yang kebingungan untuk melunasi hutang mereka. Padahal, bisa menjadi beban tersendiri jika terus menunggak. Oleh karena itu, langsung saja simak beberapa cara agar hutang tersebut cepat lunas seperti berikut:

1. Menjual Aset

Cara melunasi hutang pertama yang cukup efektif dilakukan adalah dengan menjual aset yang Anda miliki. Tentu saja cara ini dapat dilakukan apabila memang sudah tidak ada pilihan lain. Terlebih apabila Anda tidak ingin menambah hutang untuk menutup hutang yang lainnya.

Anda bisa memilih salah satu aset yang dimiliki dengan nilai setara atau lebih besar dari hutang. Pastinya akan lebih cepat dan mudah untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Contohnya saja seperti logam mulia, emas, kendaraan, bangunan, tanah, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Menjual Barang Tidak Terpakai

Apabila penghasilan Anda masih terhitung kurang untuk membayar hutang, maka bisa saja mengatasinya dengan menjual barang yang sudah tidak terpakai lagi di rumah. Tentu saja cukup efektif untuk melunasi hutang dalam waktu lebih cepat. Lantas, apa saja barang-barang tersebut?

Baca Juga :  9 Aplikasi Cari Teman Terdekat Di Sekitar Lokasi Kita

Untuk hal ini sesuaikan saja dengan keinginan masing-masing. Mulai dari tablet, komputer, handphone, sepatu, baju, dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut dapat dipromosikan kepada teman atau Anda bisa menjualnya secara mandiri di sosial media agar cepat laku.

3. Rutin Membayar Cicilan Hutang

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan rutin membayar cicilan hutang tersebut. Hal ini lebih baik dilakukan daripada menunda untuk melunasi nya. Oleh sebab itu, pastikan selalu melakukan pembayaran hutang dengan tepat waktu.

Tentu saja hutang yang Anda miliki tersebut akan lebih cepat lunas. Selain itu, hal ini juga sangat penting untuk menghindari penggunaan uang ke keperluan lainnya. Dengan begitu, tidak akan ada lagi gangguan atau tekanan karena hutang semakin cepat dilunasi.

 4. Manfaatkan Dana Darurat

Anda juga bisa melunasi hutang dengan menggunakan dana darurat terlebih dahulu. Dana darurat sendiri dapat digunakan sewaktu-waktu termasuk untuk membayar cicilan hutang. Terlebih apabila penghasilan tidak mencukupi untuk membayarnya.

Tentu tidak menjadi masalah apabila Anda memanfaatkan dana darurat tersebut. Pastinya akan lebih mudah untuk terhindar dari para penagih hutang. Selain itu, pelunasan hutang tersebut juga akan lebih cepat dilakukan tanpa khawatir akan terbebani nantinya.

5. Analisis Keuangan Anda

Langkah lainnya yang dapat diterapkan yaitu dengan menganalisis keuangan Anda. Hal ini perlu diterapkan juga sebelum mengajukan pinjaman. Tentu bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk dapat melunasi hutang-hutang yang dimiliki tersebut.

Caranya yaitu dengan meninjau jumlah cicilan yang diperlukan untuk melunasi hutang-hutang yang ada. Setelah itu, pastikan Anda membandingkannya dengan jumlah pengeluaran harian. Terakhir yaitu dengan membandingkan juga dengan penghasilan yang dimiliki.

6. Pakai Pinjaman Tanpa Bunga

Jika tidak ada cara lainnya, maka bisa memakai pinjaman tanpa bunga. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman pada kantor untuk melakukan pelunasan hutang yang diperlukan agar lebih cepat lunas. Akan tetapi, tidak menyediakan bunga bagi para karyawannya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa meminta kepada atasan untuk mendapatkan tenor lebih dari satu tahun. Tentu saja cara ini sangat penting demi menjaga keuangan agar tetap stabil. Apabila tidak mendapatkannya, maka tidak ada salahnya meminjam uang ke keluarga terlebih dahulu.

7. Pakai Pinjaman Berbunga Rendah

Cara lain yaitu memakai pinjaman dengan bunga rendah. Terlebih saat ini ada banyak lembaga maupun aplikasi pelunasan hutang tersedia di tanah air. Tentu layanan tersebut bisa digunakan jika memang keperluannya mendesak dan sudah tidak ada lagi cara lainnya.

Akan tetapi, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang syarat dan ketentuan pinjamnya. Cek dan bandingkan besaran bunganya agar bisa memilih bunga yang paling rendah. Selain itu, usahakan juga memilih tenor pinjaman yang cukup lama yaitu lebih dari satu tahun.

Lembaga dan Aplikasi Pelunasan Hutang
Lembaga dan Aplikasi Pelunasan Hutang

Saat ini Anda bisa memilih sendiri lembaga dan aplikasi pelunasan hutang yang ingin digunakan untuk membantu membayar hutang. Tidak ada salahnya juga jika ingin menerapkan beberapa cara melunasi lainnya seperti di atas. Agar hutang tersebut cepat lunas dan terhindar dari beban apapun.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button