Ragam

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km? Berapa Harga Terbarunya? Cari Tahu Disini!

Pernahkah kamu mengganti Oli motor tapi tidak tahu tahan berapa Km atau tahan berapa lama? Jika benar, kamu wajib tahu Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan berapa harga terbarunya yang akan kami ulas secara lengkap di bawah ini.

Berbicara mengenai bagian-bagian dalam motor, kebutuhan akan Oli tentunya tidak dapat dipungkiri lagi. Mengapa demikian? Karena cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin, maupun komponen lainnya di dalam motor.

Oli SPX 2 merupakan salah satu jenis oli yang dirancang khusus untuk digunakan pada mesin yang ada pada motor. Jenis Oli ini memiliki peran penting dalam melumasi dan melindungi komponen mesin, serta membantu mengoptimalkan kinerja pada mesin.

Namun, ketahanan Oli SPX 2 tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis oli, kondisi mesin, dan cara penggunaannya.

Untuk itu, simaklah Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan berapa harga terbarunya pada artikel ini, agar kualitas motor kamu semakin terawat.

Fungsi Oli Pada Motor

Jika kamu ingin tahu Oli Spx 2 tahan berapa Km, maka kamu harus tahu terlebih dahulu fungsi Oli pada motor. Oli motor memiliki fungsi utama yaitu sebagai pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan dengan baik dan bebas dari gangguan.

Selain itu, Oli mesin juga mempunyai beberapa fungsi khusus yang dapat di lihat pada keterangan tabel berikut:

Fungsi Pelumas Penjelasan
Mengurangi Gesekan Melapisi bagian-bagian yang saling bergesekan di dalam mesin motor untuk menghindari aus, mempertahankan tenaga, mengurangi kotoran, dan mencegah panas berlebihan.
Sebagai Pendingin Mendinginkan mesin dengan menyerap panas dari proses pembakaran di dalam silinder dan mengatasi panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen, menjaga suhu mesin agar tetap dalam batas yang aman.
Sebagai Perapat Celah Mengisi celah antara piston dan silinder untuk mengurangi kebocoran kompresi dan tekanan hasil pembakaran, menjaga performa mesin dengan membuat lapisan oli sebagai peredam.
Sebagai Peredam Getaran dan Suara Melapisi bagian-bagian seperti piston, batang piston, dan poros engkol untuk meredam getaran dan suara bising yang dihasilkan dari benturan komponen, memberikan kinerja mesin yang lebih halus dan nyaman.
Sebagai Pembersih Kotoran Membantu mengangkut kotoran yang dihasilkan dari gesekan antar komponen mesin, menjaga kebersihan bagian yang bergerak untuk mencegah kerusakan dan mempertahankan kinerja optimal.
Sebagai Anti Karat Melindungi bagian logam dari korosi dengan melapisi permukaannya, mencegah kontak langsung dengan udara atau air yang dapat menyebabkan karat, menjaga keawetan dan integritas struktural komponen mesin.
Baca Juga :  4 Penyebab Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan Serta Solusinya

Sekilas Tentang AHM Oli SPX 2

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan Berapa Harga Terbarunya? Cari Tahu Disini!
AHM Oli SPX 2

Sebelum kamu tahu Oli Spx 2 tahan berapa Km, ada baiknya kamu mengenal lebih dulu sekilas tentang AHM Oli SPX 2 di bawah ini.

AHM Oli SPX 2 (Superior Protection Expert) adalah salah satu jenis oli yang di formulasi kan oleh Honda R&D dari negara Jepan yang memadukan bahan dasar dari Oli sintetik atau Syntheticextra superior untuk seluruh motor Honta Matik.

AHM Oli SPX 2 ini memberikan proteksi yang superior untuk tuntutan performa mesin yang lebih tinggi pada seluruh sepeda motor Honda tipe kopling kering atau matic.

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km?

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan Berapa Harga Terbarunya? Cari Tahu Disini!
Oli Spx 2 tahan berapa Km (sumber: tangkapan layar Youtube)

Pada umumnya, pergantian Oli Spx 2 tahan hingga 4000 Km (Kilometer) atau bahkan lebih. Namun, untuk motor baru biasanya pergantian Oli jangka waktunya lebih cepat karena untuk membuang garam-garam atau kotoran hasil gesekan komponen mesin dalam kondisi baru.

Penting untuk di ingat juga bahwa, untuk menjaga performa mesin motor kamu agar tetap stabil sebaiknya kamu harus mengganti Oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2000 kilometer (tergantung pada intensitas pemakaian motor dan kondisi jalan yang kamu lalui setiap hari).

Jika aktivitas kamu sehari-hari membutuhkan perjalanan yang jauh atau di pakai setiap hari bekerja seperti Ojol (Ojek Online), maka usia pemakaian dan kualitas Oli motor kamu akan cepat berkurang sehingga perlu di ganti dengan Oli yang baru.

Selain itu, kualitas Oli yang dipakai berganti kepada lamanya penggunaan serta jarak yang di tempuh oleh sepeda motor kamu ya sobat.

Baca Juga :  23 Merk Keramik Terbaik, Untuk Lantai dan Dinding Dengan Kualitas Tahan Lama

Harga AHM Oli Spx 2 Terbaru ?

Karena sudah mengetahui Oli Spx 2 tahan berapa Km, tentu kamu juga penasaran kan berapa harga Oli Spx 2 terbaru? Nah, untuk menyesuaikan budget mu, berikut harga Oli Spx 2 terbaru saat ini:

Varian Oli Spx 2 Volume Harga
Matic 0.65 Rp 60000
Matic 0.8 Rp 69000

Oli SPX 2 apakah bagus?

Setelah mengetahui Oli Spx 2 tahan berapa Km, kamu pasti bertanya-tanya kan dalam hati kan apakah Oli SPX 2 bagus? Oli SPX 2 memiliki kualitas lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis Oli lainnya, karena untuk semua jenis motor matic bisa menggunakannya mulai dari motor sport yang bertenaga tinggi sepeda motor bebek dan sepeda motor harian untuk keperluan sehari-hari.

Oli mesin SPX 2 untuk motor apa?

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan Berapa Harga Terbarunya? Cari Tahu Disini!
Jenis motor untuk Oli Spx 2 (sumber: wahan honda)

Menimbang pernyataan tentang Oli Spx 2 tahan berapa Km diatas, tentunya kamu pasti pengen tahu juga kan Oli mesin SPX 2 cocok untuk motor apa saja?

Oli mesin SPX 2 memiliki 2 jenis ukuran mulai dari 0,65 Liter dan 0,8 liter. Berat kotor 1 liter dan berat bersihnya adalah 0,8 liter.

Adapun produk Oli mesin SPX 2 ini bisa digunakan pada beberapa motor matic sebagai berikut:

  1. BeAT FI CBS.
  2. BeAT FI K25.
  3. BeAT Karburator KVY.
  4. BeAT POP eSP.
  5. BeAT Sporty eSP.
  6. PCX 125 CBU.
  7. PCX 150 CBU.
  8. PCX 150 K97.
  9. PCX 160 e:HEV.
  10. PCX 160 K1Z.
  11. Revo AT.
  12. Scoopy eSP K16R.
  13. Scoopy eSP K93.
  14. Scoopy FI K16G.
  15. Scoopy Karburator KYT.
  16. Spacy FI.
  17. Spacy Karburator.
  18. Vario 110 CW.
  19. Vario 110 FI.
  20. Vario 110 Techno A.
  21. Vario 110 Techno B.
  22. Vario 150 eSP K59.
  23. Vario Techno 125 FI CBS ISS.
  24. Vario Techno 125 FI STD.
  25. Vario Techno 125 Helm-In FI.
  26. Vario Techno 125 Helm-In CBS.
  27. Vario 160 ABS.
  28. Vario 160 CBS.
Baca Juga :  6 Ciri-Ciri Baju Crocodile Asli Dan Palsu Yang Wajib Diketahui

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengganti Oli

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan Berapa Harga Terbarunya? Cari Tahu Disini!
Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengganti Oli (sumber: tangkapan layar Youtube)

Jika kamu sudah mengetahui Oli Spx 2 tahan berapa Km, kamu juga wajib tahu lho hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti Oli.

Berdasarkan informasi yang sudah kami rangkum, terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengganti Oli motor, seperti:

  • Jangan menyemprot lubang Oli dengan udara bertekanan karena hal tersebut dapat mengakibatkan kotoran yang terdapat pada filter Oli tersebar ke area mesin motor.
  • Ganti lah ring atau cincin Oli setiap kamu membuka baut pembuangan Oli untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan baut Oli.
  • Jangan membuka baut pembuangan Oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal tersebut akan cepat merusak ulir baut.
  • Bersihkan filter Oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Pentingnya Mengganti Oli Secara Rutin

Oli Spx 2 tahan berapa Km tidak jauh juga dari pentingnya mengganti Oli secara rutin. Oli memiliki banyak fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor kamu. Dengan kata lain, semakin kualitas Oli yang melekat pada mesin motor kamu, maka semakin bagus pula performa mesin yang dapat dihasilkan.

Namun penting untuk di ingat, kamu tidak dapat menggunakan sembarang jenis Oli pada motor kamu ya sobat, jadi sebaiknya sesuaikan atau konsultasi kan terlebih dahulu dengan beberapa teknisi ahli mengenai penggunaan Oli yang cocok dengan tipe motor kamu.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merek dan jenis Oli agar tidak merusak mesin motor kamu. Pastikan kamu mengganti Oli dengan merek yang sudah di rekomendasi kan oleh pabrikan motor.

Penutup

Oli Spx 2 Tahan Berapa Km dan Berapa Harga Terbarunya? Cari Tahu Disini!
Oli Spx 2 Tahan Berapa Km

Demikianlah penjelasan Oli Spx 2 tahan berapa Km dan harga terbarunya, fungsi Oli pada motor, Oli mesin SPX 2 cocok untuk motor apa saja serta hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti Oli.

Semoga artikel ini dapat menjadi informasi penting buat kamu, terutama mengenai Oli Spx 2 tahan berapa Km agar motor Honda-mu tetap terawat dengan baik.

Terimakasih telah berkunjung pada artikel ini dan sampai jumpa di informasi penting lainnya.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button