Ragam

Catat, Inilah 5 Daftar Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS Serta Cara Klaimnya

Bagi sebagian kalangan masyarakat Indonesia atau bahkan Anda sendiri mungkin belum tahu, bahwa sekarang ini BPJS Kesehatan juga turut menanggung biaya beli kacamata gratis dengan banyaknya daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS di dalamnya.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, kira-kira mana saja daftar optik yang melayani pembelian kacamata dengan BPJS Kesehatan? Apabila Anda sendiri penasaran dan ingin tahu informasi lebih mendalam, maka sebaiknya menyimak detail ulasannya di artikel berikut.

Pilihan Daftar Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS di Jakarta

Pilihan Daftar Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS di Jakarta
Pilihan Daftar Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS di Jakarta

Penting untuk Anda ketahui, bahwa cara memperoleh fasilitas kacamata BPJS Kesehatan di beberapa daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS, sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun sebelum kita mengulas mengenai mana saja optik yang melayani pembelian kacamata dengan BPJS, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu seputar layanan BPJS Kesehatan satu ini.

Pada dasarnya, layanan pembelian kacamata dengan BPJS ini menggunakan sistem subsidi, yang mana besarnya sangat tergantung dari kelas kepesertaan yang diambil. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, tidak semua peserta BPJS Kesehatan mendapatkan fasilitas layanan kacamata gratis.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa syarat dan ketentuan tertentu yang harus dipenuhi oleh para peserta layanan BPJS Kesehatan satu ini. Adapun beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi peserta, agar nantinya bisa mendapatkan kacamata gratis di daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS, antara lain sebagai berikut.

  • Jumlah dana kacamata yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, umumnya disesuaikan dengan besarnya subsidi yang tersedia, dan juga pada kelas kepesertaan yang sudah diambil. Yakni mulai dari peserta BPJS kelas 1 sebesar Rp. 300 ribu, kelas 2 sebesar Rp. 200 ribu dan kelas 3 sebesar Rp 150 ribu.
  • Waktu klaim kacamata dengan BPJS Kesehatan, yakni hanya bisa dilakukan dua tahun sekali. Sehingga dalam hal ini, penting bagi peserta untuk melakukan pemeriksaan mata dengan tepat sebagai rujukan pembuatan lensa dan memiliki frame sesuai keinginan.
  • BPJS Kesehatan, umumnya hanya menanggung biaya pembelian kacamata dengan ukuran tertentu saja. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, pihak BPJS Kesehatan biasanya hanya akan menanggung biaya pembelian kacamata dengan ukuran lensa spheris minimal 0,5 dioptri, dan lensa silindris minimal 0,25 dioptri.
Baca Juga :  8 Sabun Muka Penghilang Jerawat Dan Bekasnya Terbaik Di Indomaret

Dalam memberikan layanan pembelian kacamata gratis ini, tentu saja Anda penasaran kenapa peserta harus melakukan pembelian di salah satu dari beberapa daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS, bukan? Hal ini dikarenakan, optik-optik tersebut umumnya sudah dipilih oleh pihak BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan pembelian kacamata gratis kepada peserta.

Sebelum Anda mengenal mana saja optik yang sudah bekerjasama dengan BPJS, sebaiknya perlu mengenal terlebih dahulu informasi seputar perbedaan antara optik dan toko kacamata di tabel berikut ini.

Optik Toko Kacamata
Kualitas lensa yang ditawarkan di optik, biasanya sudah memenuhi standar pembuatan lensa yang ditetapkan. Berbeda dengan di optik, kualitas lensa yang ditawarkan di toko kacamata biasanya masih belum bisa dipastikan bagaimana kualitasnya.
Saat melakukan pemeriksaan mata di optik, biasanya seseorang akan dilayani oleh para staf yang memang sudah terlatih dan tersertifikasi. Sehingga, hal inilah yang menjadikan hasil pemeriksaan mata yang dilakukan lebih akurat. Untuk pemeriksaan mata di toko kacamata biasa, biasanya masih belum bisa dipastikan kualitas dari staf yang bekerja di dalamnya.
Dalam pembuatan lensa kacamata, seseorang bisa langsung membuat lensa kacamata yang diinginkan sesuai dengan resep mata dari dokter yang sebelumnya menangani. Di toko kacamata, sulit untuk seseorang membuat kacamata sesuai dengan resep dokter.
Optik menawarkan harga lensa kacamata yang cenderung lebih mahal. Toko kacamata menawarkan lensa kacamata dengan harga lebih murah.

Setelah melihat informasi di atas, tentu kini Anda bisa memahami apa saja perbedaan antara optik dan toko kacamata tersebut, bukan? Selanjutnya, disini akan kita bahas mengenai beberapa daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS, yang mana bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kacamata gratis.

Optik di Jakarta Pusat

Optik di Jakarta Pusat
Optik di Jakarta Pusat

Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta Pusat, maka bisa mengunjungi beberapa pilihan daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS yang mudah di jangkau. Beberapa pilihan optik yang bisa Anda temukan di sekitaran Jakarta Pusat, antara lain sebagai berikut :

  • Optik Nusa Indah, beralamatkan di Jalan Cempaka Putih Tengah I, Nomor 1.
  • Optik RSPAD, berlokasi di Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor 24.
  • Optik SEIS, berada di Jalan Pasar Baru Nomor 101.
  • Optik Kasoem, beralamatkan di Jalan Cikini Raya Nomor 18.

Optik di Jakarta Utara

Optik di Jakarta Utara
Optik di Jakarta Utara

Berikutnya, Anda juga bisa menemukan daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS lain yang berada di sekitaran Jakarta Utara. Dari beberapa pilihan optik berikut, Anda bisa memilih salah satu optik yang kira-kira mudah dijangkau dengan kendaraan.

  • Optik Tokyo, beralamatkan di Jalan Kramat Jaya Raya Nomor 5, RT.7/RW.16, Semper Barat, Kecamatan Koja, Kota Jakarta Utara.
  • Optik Internasional Mangga 2 Square, berada di Mall Mangga Dua Square Lantai LG, Jalan Gn. Sahari Nomor 91-92, RT.11/RW.6, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara.
  • Optik Indo Astar Taman Sunter, beralamatkan di Jalan Taman Sunter Indah Nomor 11, RT.13/RW.12, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara.
Baca Juga :  7 Game Tertua Di Play Store Paling Banyak Dimainkan

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Optik di Jakarta Selatan

Internasional Optik Fatmawati
Internasional Optik Fatmawati

Daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS selanjutnya, bisa Anda temukan di Jakarta Selatan. Adapun beberapa pilihan optik yang ada di Jakarta Selatan, bisa Anda lihat di beberapa rekomendasi nya berikut ini.

  • Internasional Optik Fatmawati, berada di Jalan RS. Fatmawati Raya Nomor 22-A, RT.14/RW.4, Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan.
  • Optik Internasional Poins Square, beralamatkan di Poins Square, Jalan Lingkar Selatan Blok A Nomor 133 & 135, RT.9/RW.7, Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan.
  • Optik Wimo Pasar Tebet, berlokasi di Pasar Tebet Barat Blok AKS Nomor.16, Jalan Tebet Barat Dalam Raya Nomor 58 & 59, RT.2/RW.5, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Optik di Jakarta Barat

Optik di Jakarta Barat
Optik di Jakarta Barat

Pilihan daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS yang juga bisa Anda jadikan pertimbangan berikutnya, yakni ada beberapa optik yang berlokasi di Jakarta Barat. Beberapa contoh optik yang ada di Jakarta Barat sendiri, antara lain sebagai berikut :

  • Optik Melawai Slipi Jaya, beralamatkan di Plaza Slipi Jaya Lantai 1 Blok D-16, Jalan Letjen S.Parman Nomor 12, RT.12/RW.1, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat.
  • Trend Optik Roxy Square, berada di alamat Roxy Square Lantai UG Blok A1 Nomor 1-10, Jalan Kyai Tapa Nomor 01, RT.10/RW.10, Tomang, Kecamatan Grogol, Petamburan, Kota Jakarta Barat.
  • Optik Internasional Citra Garden City 1, berlokasi di Kompleks Perumahan Citra Garden City 1 Ruko D7 Nomor 5, Kalideres, Rt.4/RW.6, Kamal, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat.

Optik di Jakarta Timur

Optik Kimia Farma Matraman
Optik Kimia Farma Matraman

Tidak hanya di keempat wilayah Jakarta tersebut, Anda juga bisa menemukan daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS di wilayah Jakarta Timur. Untuk optik di wilayah Jakarta Timur, bisa Anda pilih dari beberapa pilihan di bawah ini.

  • Optik Kimia Farma Matraman, berada di alamat Jalan Matraman Raya Nomor 59, RT.19/RW.8, Palmeriam, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur.
  • Optik Internasional PGC, beralamatkan di PGC 1, Lantai 1, Zona Merah Nomor 432 – 433, Jalan Mayjen Sutoyo, RW.11, Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Kota Jakarta Timur.
  • Nusa Indah Optik, Duren Sawit, berada di Jalan Nusa Indah Raya Nomor 17 B, RT.13/RW.3, Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.
Baca Juga :  4 Perbedaan Celana Jeans dan Levis Yang Perlu Diketahui! Terbaru 2024

Bagaimana Cara Klaim Kacamata Gratis dengan BPJS Kesehatan?

Terlepas dari banyaknya daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS di Jakarta di atas, tentunya Anda juga memerlukan informasi seputar cara klaim layanan tersebut, bukan? Oleh karena itulah, di bawah ini akan kita jelaskan mengenai tata cara klaim kacamata gratis dengan BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui dan pahami.

1. Minta Surat Rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat 1

Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengklaim subsidi kacamata dari BPJS Kesehatan, yakni pastikan Anda untuk meminta surat rujukan terlebih dahulu dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1. Dalam hal ini, Anda perlu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat 1 tersebut, dimana merupakan tempat pendaftaran BPJS Anda.

Selain itu, di fasilitas kesehatan ini Anda juga perlu meminta surat rujukan dari dokter untuk nantinya bisa diproses di optik terkait.

2. Minta Resep dari Dokter Mata Terkait

Apabila Anda telah memperoleh surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1, maka selanjutnya Anda dapat melakukan pemeriksaan mata ke rumah sakit rujukan atau fasilitas kesehatan tingkat 2. Ketika melakukan pemeriksaan mata tersebut, Anda jangan lupa untuk meminta resep yang nantinya bisa digunakan untuk menukarkan dengan kacamata BPJS Kesehatan.

Di samping itu, pastikan juga bahwa rumah sakit rujukan yang Anda datangi tersebut merupakan rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan, sehingga proses klaim berjalan dengan lancar.

3. Lakukan Legalisasi Resep Dokter Mata

Setelah selesai memperoleh resep dari dokter terkait di rumah sakit fasilitas kesehatan tingkat 2, maka Anda tinggal melakukan legalisasi resep saja. Mengenai proses legalisasi resep satu ini, umumnya sangat mudah untuk dilakukan bagi para peserta BPJS Kesehatan.

Yang mana, disini Anda hanya perlu mengunjungi loket BPJS Kesehatan yang ada di daerah Anda, lalu lakukan proses legalisasi resep dari dokter terkait di loket tersebut.

4. Kunjungi Optik yang Bekerjasama dengan Pihak BPJS Kesehatan

Bagi Anda yang sudah menyelesaikan prosedur klaim di atas, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan yakni Anda hanya tinggal mengunjungi salah satu dari daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS. Untuk proses klaim subsidi pembelian kacamata gratis sendiri, biasanya memerlukan dokumen pelengkap di dalamnya seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu BPJS Kesehatan dan kartu aslinya.

Oleh sebab itulah, pastikan Anda membawa dokumen pelengkap tersebut ketika melakukan klaim subsidi pembelian kacamata BPJS Kesehatan.

Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS
Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS

Demikianlah tadi penjelasan penting yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar beberapa daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS, dan juga tips mudah dalam mengklaim subsidi kacamata BPJS Kesehatan. Dengan informasi satu ini, maka Anda akan lebih mudah menggunakan layanan pembelian kacamata gratis dari BPJS Kesehatan nantinya.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button