Tutorial

10 Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca berikut ini mungkin dapat mengatasi kendala SIM tidak terbaca yang sedang kamu alami. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak kendala yang bisa terjadi pada smartphone salah satunya yaitu masalah Kartu SIM Tidak terbaca.

Dimana masalah tersebut dapat mengurangi fungsi smartphone dalam penggunaan layanan internet ataupun panggilan. Hal itu disebabkan karena smartphone tidak akan mendapat koneksi untuk mengakses jaringan.

Jika kamu sedang mengalami kendala tersebut, maka cara memperbaiki kartu SIM tidak terbaca yang bisa dicoba sebagai untuk mengatasinya adalah sebagai berikut.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Masalah kartu SIM tidak terbaca tentu karena adanya faktor yang menyebabkan. Sebelum mencari cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca, sebaiknya kenali dahulu faktor penyebab tidak terbaca kartu SIM tersebut.

SIM Card Sudah Lama Digunakan

Umumnya kartu SIM memiliki batas waktu penggunaan dan setelah masa pakai lebih dari 5 tahun maka bahan material serta plat kuning pada kartu akan memudar. Hal itu dapat menyebabkan kartu sulit untuk dideteksi.

Gangguan Jaringan

Salah satu penyebab kartu SIM tidak terbaca yang sering terjadi adalah gangguan jaringan. Hal ini bisa terjadi karena gangguan dari provider atau lokasi kamu berada yang tidak memiliki koneksi pada provider yang sedang digunakan.

Kode IMEI Hilang

IMEI merupakan kode atau nomor identitas yang membedakan setiap smartphone dan slot. Sehingga jika kode IMEI hilang ataupun rusak sudah pasti berdampak pada pendeteksian SIM card.

Masalah Pada IC PA

IC PA merupakan komponen sangat berpengaruh terhadap penangkapan jaringan pada smartphone. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan berdampak pada hilangnya jaringan yang menyebabkan jaringan tidak terbaca.

Baca Juga :  5 Cara Beli Paket by.U Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

Pengaturan Yang Tidak Tepat

Pengaturan jaringan yang tidak tepat bisa juga membuat kartu SIM error. Hal ini sering dialami oleh pengguna yang memaksakan smartphone untuk mengakses jaringan 4G padahal kondisi lokasi tidak dapat mengakses jaringan tersebut.

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Setelah mengetahui penyebab kartu SIM tidak terbaca, kamu dapat memulihkan keadaan dengan menerapkan cara memperbaiki kartu SIM tidak terbaca berikut ini.

Bersihkan Kartu SIM

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca bisa atasi dengan membersihkan kartu SIM terlebih dahulu. Barangkali karena pemakaian yang sudah lama ataupun menumpuk nya debu pada ruang kartu SIM membuat kartu tersebut tidak bisa terbaca.

Cara membersihkan kartu SIM bisa dimulai dengan mengeluarkan kartu SIM dari smartphone kemudian mengusap ruang SIM pada Smartphone dan juga kartu SIM menggunakan tissue ataupun kain kering dengan lembut. Masukkan kartu SIM kembali dan pastikan sudah meletakkan pada posisi yang tepat.

Pastikan Kartu SIM Telah Aktif

Jika kartu SIM yang tidak terbaca merupakan kartu baru, maka langkah yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengaktivasi kartu terlebih dahulu. Untuk mengaktivasi kartu SIM bisa diawali dengan mendaftarkan NIK dan nomor KK dengan cara krim SMS ke nomor 4444 dengan mengetik format SMS: NIK#Nomor KK#.

Jika sudah teraktivasi, Kartu SIM secara otomatis akan tampil pada smartphone. Namun, jika sudah melakukan registrasi tetapi belum juga mendapatkan layanan, kamu bisa mencoba cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikutnya.

Aktifkan Mode Pesawat Sementara

Sebagian orang mungkin menganggap mode pesawat sebagai fitur yag tidak terlalu penting. Nyatanya, fitur yang satu ini cukup bermanfaat untuk mengatasi berbagai kendala error pada smartphone termasuk saat kartu SIM tidak terbaca.

Bagi yang belum pernah melakukannya, bisa perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama-tama Restart Hp dengan menekan lama tombol Power.
  • Setelah direstart, tarik panel status bar yang berada di menu bagian atas ataupun bagian bawah layar Hp untuk menemukan mode pesawat.
  • Pilih opsi mode pesawat lalu aktifkan.
  • Tunggu dan biarkan smartphone dalam mode pesawat kurang lebih selama 2 menit.
  • Jika sudah, nonaktifkan kembali mode pesawat tersebut.
  • Tunggu sampai proses penyegaran jaringan selesai.
  • Setelah beberapa saat kamu akan melihat icon kartu SIM tampil seperti sebelumnya.
Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Kartu XL yang Sudah Mati Secara Online dan Offline

Periksa IMEI

IMEI merupakan nomor identitas pada sebuah smartphone. Dimana keberadaan nomor seri ini sangat penting agar smartphone bisa menangkap sinyal dengan baik.

Maka jika IMEI hilang dampaknya akan berpengaruh pada kartu SIM yang seakan tidak bisa terbaca. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya lakukan pengecekan IMEI terlebih dahulu dengan cara berikut ini :

  • Pilih menu dial pada smartphone lalu ketikkan *#06#*
  • Kemudian tunggu sampai sistem memunculkan halaman IMEI dari smartphone
  • Jika keadaannya normal, maka kamu akan melihat nomor unik yang merupakan nomor seri dari IMEI smartphone yang digunakan.
  • Namun jika seri IMEI tidak muncul, hal ini bisa menjadi penyebab mengapa kartu SIM seolah tidak terbaca.
  • Untuk mengatasinya, bisa dengan mengetikkan “IMEI Invalid” pada fitur search di HP. Nantinya, kamu akan diarahkan menuju metode perbaikannya.

Lepaskan kartu SIM Lalu Pasang Kembali

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Selanjutnya cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca adalah dengan melepas kartu SIM dari SIM Tray. Kadang kala, smartphone kita bisa saja terjatuh sehingga menyebabkan kartu SIM bergeser dari tempatnya.

Sebelum melepas kartu SIM sebaiknya kamu mematikan Smartphone terlebih dahulu. Kemudian keluarkan kartu SIM, tunggu beberapa saat lalu masukkan kembali kartu SIM ke dalam perangkat.

Periksa Pengaturan APN (Access Point Name)

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kesalahan pada pengaturan APN dapat menyebabkan dapat sehingga cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca ialah dengan memastikan kembali pengaturan APN sudah benar.

Bagi kamu yang belum tahu cara mengatur pengaturan APN bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Login ke Smartphone, lalu buka Pengaturan
  • Gulir dan cari menu SIM Card Setting
  • Selanjutnya buka Access Point Name
  • Lalu sesuaikan kunfigurasi APN dari provider yang sedang digunakan.
Baca Juga :  6 Cara Ubah Ukuran Foto 4x6 Online paling Mudah dan Praktis!

Reset Jaringan

Jika cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca diatas masih belum berhasil, maka langkah selanjutnya ialah mereset jaringan. Dengan mereset jaringan, semua pengaturan jaringan di smarphone akan diatur ulang ke bawaan pabrik, termasuk koneksi WiFi, pengaturan data seluler, dan koneksi Bluetooth.

Pada kasus ini, kamu hanya akan mereset jaringan yang pastinya tidak akan mengganggu kemanan dokumen kamu seperti foto, video, ataupun file penting lainnya.

Cara mengatur ulang pengaturan jaringan di Android sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan lalu gulir ke bawah
  • Klik Sistem atau Manajemen Umum
  • Lalu pilih Atur ulang lanjut tekan Atur Ulang Pengaturan Jaringan.
  • Tunggu hingga pengaturan ulang selesai.

Ubah Pengaturan Jaringan

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Umumnya pengaturan jaringan yang ada pada smartphone dapat diatur sesuai kebutuhan. Ketika Kartu SIM tidak terbaca maka kemungkinan penyebabnya ialah pengaturan jaringan yang tidak sesuai.

Untuk mengembalikan pengaturan tersebut, maka kamu bisa ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Langkah pertama, buka menu Dial atau Telepon yang ada di ponsel.
  • Kemudian ketik *#*#4636#*#*
  • Tunggu beberapa saat lalu periksa Information 1 atau Information 2.
  • Ubah jenis jaringan pada kolom sinyal yang sudah disediakan.
  • Jika sudah mengubah, maka jaringan kartu SIM akan muncul kembali.
  • Ubah pengaturan jaringan selesai.

Update OS Android

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikutnya yaitu dengan melakukan update OS Android. Dengan mengupdate OS, maka semua bugs dan kerusakan pada sistem akan diperbaiki.

Cara untuk mengupdate OS android, bisa dilakukan dengan :

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Pilih Pembaruan Perangkat Lunak lalu Unduh Perangkat Lunak Secara Manual 
  • Selanjutnya ikuti instruksi yang muncul pada smartphone.

Kunjungi Tempat Service Smartphone

Jika cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca diatas masih belum berhasil, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan ialah membawa ke tempat service Hp.

Berhubung seluruh komponen yang menyebabkan tidak terbacanya kartu SIM sudah dicek dan diatur kembali namun belum berhasil, maka berkemungkinan kerusakan yang terjadi terletak pada bagian komponen khusus jaringan. Maka untuk memastikan dan mengatasi masalah tersebut sebaiknya menyrahkan pada petugas service smartphone yang sudah ahli dibidangnya.

Akhir Kata

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Mungkin masih banyak dari kita yang mengalami masalah kartu SIM tidak terbaca namun belum tahu cara mengatasinya. Kini jangan  khawatir, karena cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca diatas dapat kamu jadikan solusi untuk mengembalikan keadaan kartu seperti semula.

Semoga pembahasan cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca bermanfaat dan nantikan pembahasan menarik kami lainnya, Terima kasih.

Back to top button