Tips

Tips Dan Cara Cepat Daftar Kartu Prakerja 2024

Jika kamu ingin mendapatkan uang dari kartu prakerja tapi masih bingung caranya bagaimana. Kamu bisa catat cara cepat daftar kartu prakerja berikut ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa proses pendaftaran kartu prakerja masih di laksanakan secara online. Tidak hanya itu, berkas-berkas yang di butuhkan di dalam proses pendaftaran tentu masih menyulitkan kita semua.

Sama seperti sebelumnya, banyak orang yang tidak berhasil lolos hanya karena kesalahan dalam proses administrasi kartu prakerja.

Nah, berikut akan kita bahas tuntas cara cepat daftar kartu prakerja di jamin lolos.

Pengertian Kartu Prakerja

Cara cepat daftar kartu prakerja
Gambar Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah salah satu program pemerintah yang di buat khusus untuk para pencari kerja. Program ini akan memberikan dana kepada masyarakat yang sedang mencari pekerjaan.

Dimana, dana tersebut di harapkan dapat membantu ekonomi mereka yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan.

Tujuan lain dari kartu prakerja ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia, terutama untuk mengurangi angka masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan.

Siapa Yang Berhak Menerima Kartu Prakerja?

Biasanya pendaftaran kartu prakerja akan di buka setiap tahun jika tidak ada kendala. Pada tahun ini saja sudah ada 44 gelombang pendaftaran kartu prakerja yang telah di buka.

Melalui peraturan presiden nomor 76 tahun 2020, pemerintah menambah daftar peserta yang bisa dan tidak bisa untuk mengikuti program kartu prakerja.

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan

Peraturan ini dimaksudkan agar para peserta lebih memperhatikan lagi persyaratan yang telah di berikan oleh pemerintah di dalam proses seleksi kartu prakerja. Sedangkan untuk persyaratan pendaftaran kartu prakerja masih sama untuk setiap tahun nya, dimana kamu harus:

  1. warga negara Indonesia
  2. memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli Indonesia
  3. ber usia minimal 18 tahun
  4. ber status sedang mencari pekerjaan, sudah di PHK, atau seorang pekerja yang sedang membutuhkan bantuan peningkatan kompetensi kerja.
  5. tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  6. tidak sedang dalam status penerima bantuan sosial dari pemerintah
  7. dan terakhir kamu bukan pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN (aparatur sipil negara), anggota polri, anggota TNI, kepala desa, dewan pengawas BUMN, pegawai BUMN atau BUMD

Perlu kamu ketahui bahwa hanya 2 nomor induk kependudukan di dalam 1 kartu keluarga yang dapat digunakan untuk mendaftar sebagai penerima kartu prakerja.

Cara Cepat Daftar Kartu Prakerja?

Jika teman-teman sudah tau persyaratan yang di butuhkan untuk daftar kartu prakerja, tentu teman-teman ingin langsung mencoba nya bukan?

Untuk daftar kartu prakerja bukanlah hal yang mudah dan bukanlah hal yang sulit. kalian hanya membutuhkan ketelitian dan tahapan cara cepat daftar kartu prakerja.

Berikut cara cepat daftar kartu prakerja yang dapat kalian gunakan agar bisa lolos dengan mudah :

  • Pendaftaran

Dasboard website prakerja
Dasboard Website Prakerja

Silahkan lakukan pendaftaran melalui situs prakerja.go.id. Kemudian, daftarkan akun kamu menggunakan alamat e-mail kamu yang masih aktif. Lalu masukkan password untuk akun prakerja kamu. Jangan lupa untuk catat password akun kamu agar kamu tidak lupa ketika kamu akan login ulang ke akun prakerja mu.

  • Verifikasi akun

Verifikasi akun
Verifikasi Akun Prakerja

Setelah kamu melakukan pendaftaran akun prakerja. kamu akan di arahkan untuk melakukan verifikasi melalui alamat e-mail yang telah terdaftar. Jadi, silahkan kamu klik link verifikasi yang telah masuk ke e-mail kamu ya.

  • Login

Gambar form login
Gambar form login

Silahkan lakukan login kembali ke akun prakerja kamu setelah verifikasi kamu dinyatakan berhasil ya guys. cara nya masih sama dimana kamu hanya perlu memasukkan alamat e-mail dan password akun prakerja kamu, lalu klik login.

  • Verifikasi KTP & KK

Verifikasi KTP dan KK
Gambar form verifikasi KTP dan KK

Pada tahapan ketiga untuk cara cepat daftar kartu prakerja, kamu cukup mengisi beberapa data seperti nomor KTP, KK, dan identitas diri kamu mulai dari nama asli, upload foto KTP sampai pemilihan topik pelatihan yang diminati. Kemudian lakukan verifikasi nomor handphone kamu ya.

Baca Juga :  1255+ Nama Instagram Aesthetic, Keren, Singkat dan Artinya

Lakukan pemilihan topik pelatihan sesuai dengan bidang yang kamu minati. misalnya kamu suka reparasi elektronik atau otomotif, maka kamu bisa memilih teknik (reparasi elektronik, otomotif, dan lainnya). Topik yang kamu pilih ini akan digunakan sebagai topik pada soal seleksi nantinya.

  • Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

Gambar form test motivasi dan kemampuan dasar
Gambar form test motivasi dan kemampuan dasar

Tes motivasi dan kemampuan dasar ini harus kamu lakukan selama 25 menit dan sebelum memulai tes motivasi ini kamu harus pastikan bahwa kamu berada ditempat yang kondusif dengan koneksi internet yang stabil, serta jangan lupa untuk menyiapkan alat bantu coret-coret seperti kertas dan pulpen. Lalu, klik mulai test.

  • Ikuti Pelatihan

gambar form ikut seleksi
Gambar form pelatihan

Setelah jawaban kamu berhasil dikirim maka kamu akan masuk ke form pelatihan sesuai dengan bidang yang kamu minati. Silahkan kamu isi soal-soal pelatihannya dengan cermat dan tidak terburu-buru ya teman-teman. Namun jika pendaftaran kartu prakerja belum dibuka maka tulisannya akan seperti gambar diatas ya.

  • Insentif Pasca Pelatihan

Gambar bukti terima 600 ribu
Gambar form insentif

Tahapan terakhir untuk cara cepat daftar kartu prakerja ini, kamu hanya perlu login saja melalui website prakerja di handphone atau komputer kamu, kemudian klik menu insentif pada halaman akun prakerja dan silahkan cek secara berkala ya guys.

Jika kamu ikuti panduan cara cepat daftar kartu prakerja di atas dengan rapi, maka di pastikan dana bantuan yang diberikan akan menjadi milik kamu.

Baca Juga : 17+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari Untuk Pelajar

Tips Agar Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Untuk memenangkan seleksi kartu prakerja, hal utama yang kamu butuhkan ialah tips sehingga cara cepat daftar kartu prakerja di atas bisa berhasil dengan mudah.

Tips Deskripsi Singkat
Siapkan Dokumen Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, dan bukti bahwa Anda bukan sedang menerima bantuan pekerjaan dari pemerintah.
Lengkapi Data Diri Isilah semua data diri yang diminta dengan jujur dan akurat.
Ikuti Instruksi Baca dan ikuti semua instruksi yang diberikan dengan teliti.
Jangan Sedang Mengikuti Program Serupa Anda tidak boleh sedang mendapatkan bantuan serupa dari pemerintah.
Bersabar Proses seleksi bisa memakan waktu, jadi bersabarlah.
Pelajari Syarat dan Ketentuan Pelajari syarat dan ketentuan dari program Kartu Prakerja dengan baik untuk memastikan Anda memenuhi semua kriteria yang ditetapkan.
Baca Juga :  5 Cara Membuka Pola Hp Xiaomi Yang Lupa Kata Sandi Dengan Panggilan Darurat

Keuntungan Lolos Daftar Kartu Prakerja

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh ketika kamu berhasil mendapatkan kartu prakerja, diantaranya:

  1. Kamu akan menerima dana insentif bulanan sebesar 600.000 rupiah selama 4 bulan, insentif survei kebekerjaan sebesar 50.000 rupiah per survei sebanyak 3 kali.
  2. Kamu akan mendapatkan insentif lainnya untuk berbagai keperluan seperti biaya transportasi mencari kerja dan biaya pelaksanaan survei pekerjaan yang telah kamu lakukan.
  3. Dapat meningkatkan kemampuan kamu melalui program pelatihan yang dibuat oleh mitra kartu prakerja pada akun kartu prakerja kamu.

Penutup

Cara Cepat Daftar Kartu Prakerja
Cara Cepat Daftar Kartu Prakerja

Demikian penjelasan dari saya mengenai cara cepat daftar kartu prakerja. Kamu dapat cek gelombang-gelombang pendaftaran kartu prakerja secara berkala melalui website prakerja ya teman-teman dan semoga cara-cara cepat daftar kartu prakerja diatas bisa membuat kalian lebih cepat dan tanggap dalam mengisi data diri kalian pada form seleksi kartu prakerja. Sekian dan terimakasih.

Back to top button