Tips

Mengatasi Kecanduan Game Tanpa Harus Berhenti Bermain Game

Kecanduan game menjadi fenomena baru yang cukup meresahkan saat ini. Fenomena ini semakin sulit dihindari karena semakin banyaknya jenis game online dan kemudahan untuk memainkannya. Sebelum adanya smartphone, orang yang ingin bermain video game harus memiliki perangkat bermain game yang tidak murah, seperti monitor, keyboard, mouse, joystick, dan sebagainya. Hal ini membuat video game hanya bisa menjangkau sebagian kecil orang saja, yang memiliki cukup uang untuk membeli perangkat game atau bermain di warnet dengan biaya yang tidak murah.

Manfaat bermain game untuk meningkatkan kreativitasNamun sejak kemunculan game online di ponsel, tingkat pengguna game online jauh meningkat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, ekonomi rendah hingga kelas atas. Siapa saja bisa mendownload game online yang mereka suka dan memainkannya. Bahkan mereka bisa memainkannya kapan saja, dimana saja karena perangkat game nya yang hanya menggunakan smartphone.

Hal inilah yang menyebabkan penggunaan game online semakin tak terkendali dan semakin banyak orang yang kecanduan game. Banyak orang yang tidak bisa membatasi waktu sampai menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memainkan game di ponsel. Banyak juga yang menghabiskan uang hingga jutaan untuk membeli item-item yang ditawarkan game online tersebut.

Begini Tanda-tanda Kalau Kamu Sudah Kecanduan Game

Akibat kecanduan gameKecanduan game adalah salah satu dampak negatif bermain game online. Tentu saja bermain game online memiliki sisi positif juga. (baca artikel: Bermain Game Baik untuk Mata, Baca Manfaat Bermain Game Berikut Ini!). Semua dampak positif atau negatif itu tergantung kepada kebijaksanaan penggunanya. Banyak orang yang sukses dengan bermain game seperti atlit E-Sport, youtuber gaming, pembuat aplikasi game, dan sebagainya.

Kamu harus bisa membedakan, bermain game untuk meningkatkan kualitas diri atau hanya sekedar menghabiskan waktu. Kalau kamu bermain game untuk tujuan melatih diri agar menjadi yang terbaik di bidang itu, maka tidak ada salahnya kamu menghabiskan banyak waktu bahkan biaya untuk berlatih dan meningkatkan skill kamu di game itu. Tapi kalau kamu bermain game hanya sebagai media hiburan atau mengisi waktu luang, maka bermainlah secukupnya. Jangan sampai kamu mengorbankan waktu produktif kamu untuk bermain game seharian.

Dikutip dari alodokter.com, ada beberapa tanda-tanda atau gejala seseorang yang mulai kecanduan game online. Jika kamu menemukan gejala ini ada pada kamu atau orang di sekitar kamu, maka lakukanlah penanganan yang tepat agar tingkat kecanduannya tidak semakin parah. Berikut ciri-cirinya:

  1. Memiliki keinginan bermain game setiap waktu
  2. Merasa murung, stres, atau marah ketika tidak bisa bermain game
  3. Memerlukan lebih banyak waktu untuk bermain agar merasa lebih baik
  4. Menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game tanpa menjalani aktivitas lain, seperti makan, mandi, belajar, atau bekerja
  5. Mengalami masalah di rumah, sekolah, atau kantor terkait kebiasaan bermain game
  6. Memiliki kebiasaan berbohong kepada orang lain karena dorongan untuk selalu bermain game
  7. Menghamburkan uang untuk membeli game

Mengatasi Kecanduan Game Mulai dari Diri Sendiri

Untuk bisa terbebas dari kecanduan game tidak bisa terjadi dengan instan. Butuh kemauan yang kuat dari diri sendiri, dukungan dari orang sekitar, dan lingkungan yang mendukung. Untuk mengatasi kecanduan game tidak berarti kamu haram untuk bermain game. Hanya saja, kamu akan lebih bisa mengatur pola hidup kamu menjadi lebih seimbang. Bukan game yang mengatur kamu, tapi kamu yang mengatur game.
Coba lakukan hal-hal berikut untuk mengatasi kecanduan game:

  • Carilah hobi lain yang membuat kamu lupa dengan ponselmu
Bermain bola bersama teman bisa mengalihkan pikiranmu sejenak dari game

  • Jika sebelumnya kamu lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamar, sekarang mulailah bersosialisasi dengan keluarga, teman dan masyarakat
Daripada bermain game seharian di kamar, sesekali bergabunglah di meja makan bersama keluarga
  • Jauhkan ponsel saat kamu sedang bekerja atau belajar
Jauhkan ponsel dari jangkauan agar kamu lebih fokus. Kamu bisa bermain game lagi setelah pekerjaan dan tugas kamu selesai.
  • Tentukan kapan waktunya kamu bermain game, dan tentukan durasinya. Berusahalah untuk tidak melanggarnya
Belajar untuk komitmen dan konsisten dengan waktu yang sudah kamu tentukan. Berhentilah ketika waktu bermainmu sudah selesai.
  • Cobalah melihat sisi positifnya. Kamu bisa mengikuti turnamen e-sport atau live streaming di youtube dan facebook untuk menyalurkan hasrat bermain game
Daripada hanya membuang waktu, kamu bisa memanfaatkan kecanduan kamu menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan uang.
  • Jika kecanduan game yang kamu alami sudah sangat mengganggu kualitas hidup kamu, maka jangan sungkan untuk menghubungi jasa profesional
Kamu bisa konsultasi dengan psikolog apabila kecanduan game kamu sudah sangat mengganggu

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 0 / 5. Jumlah Penilaian: 0

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button