RagamReview

4 Cara Menemukan Toko Sparepart Motor Terdekat dan Terlengkap

Ketika mencari toko sparepart motor terdekat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain lokasi yang menjadi kriteria utama, Anda juga perlu mengetahui kredibilitas toko atau bengkel motor tersebut.

Cara Menemukan Toko Sparepart Motor Terdekat

Cara Menemukan Toko Sparepart Motor Terdekat
Cara Menemukan Toko Sparepart Motor Terdekat

Demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara, Anda harus memperhatikan kelayakan sparepart motor. Untuk itu, Anda perlu tahu toko sparepart motor terdekat.

Jadi Anda bisa mengantisipasi jika ada kejadian yang tidak diinginkan. Untuk memudahkan Anda dalam menemukan toko dan produk yang dimaksud.

Anda bisa memperhatikan empat hal berikut. Dijamin Anda bisa menghemat waktu dan juga biaya dalam mencari onderdil terbaik untuk motor Anda.

  • Gunakan Aplikasi Peta Online

    Gunakan Aplikasi Peta Online
    Gunakan Aplikasi Peta Online

Aplikasi peta banyak membantu Anda dalam menemukan lokasi, salah satunya adalah toko sparepart motor terdekat. Tapi tidak semua toko akan buka atau sesuai dengan apa yang Anda lihat di aplikasi.

Umumnya, usaha atau toko yang terdaftar di aplikasi peta seperti Google Maps juga mencantumkan nomor telepon. Sebelum datang, Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk memastikan jam buka toko.

Ketika melihat peta, Anda juga memperhatikan jika ada toko sparepart lain yang ada di dekat toko yang Anda tuju.

Jika ada beberapa toko yang berdekatan, Anda bisa membandingkan harga dan kelengkapan produk dengan mudah.

  • Manfaatkan Informasi Dari Dealer Motor Anda

Saat membeli motor Anda, pastikan bahwa dealer juga memberikan rekomendasi toko sparepart motor terdekat dari lokasi Anda.

Tidak jarang, jaringan antar penjual akan memudahkan Anda dalam mencari sparepart yang Anda butuhkan.

Bagi pengguna motor baru, Anda bisa mendatangi dealer dan meminta tolong mereka untuk mencarikan sparepart yang Anda butuhkan.

Baca Juga: 10 Model Kamar Mandi Sederhana Tapi Mewah

Umumnya, mereka akan butuh satu minggu untuk mendapatkan onderdil tersebut. Nanti, Anda hanya perlu mendatangi dealer terdekat untuk mengambil sparepart.

  • Rekomendasi Teman

    Rekomendasi Teman
    Rekomendasi Teman

Tidak jarang, rekomendasi teman bisa jadi salah satu cara terbaik mendapatkan toko sparepart motor terdekat. Apalagi jika teman Anda memang sudah lama berkecimpung di bidang otomotif.

Teman Anda pasti sudah memiliki toko langganan, dan bisa jadi lokasinya cukup dekat dengan rumah Anda. Jika Anda baru tertarik di bidang otomotif, Anda bisa ikut komunitas sesuai dengan pabrikan atau jenis motor.

Baca Juga :  Lengkap! Tabel Pinjaman FIF Jaminan BPKB Motor Terbaru 2024

Teman-teman baru Anda tidak akan ragu atau sungkan untuk berbagi informasi penting tentang kendaraan Anda. Tidak jarang, mereka akan membantu Anda mendapatkan sparepart yang dirasa sulit.

  • Ketahui Sentra Bisnis dan Selalu Baca Ulasan

Setiap kota pasti memiliki satu jalan atau daerah khusus yang dikenal sebagai sentra bisnis untuk berbagai hal otomotif, termasuk toko sparepart kendaraan.

Sebagai contoh, di Jakarta Barat ada Kebon Jeruk dan di Jakarta Timur ada Jalan Otista Raya. Jumlah toko yang ada di dekat toko tujuan bisa membantu Anda mendapatkan harga dan pelayanan terbaik.

Dan umumnya semua toko ini sudah buka sejak lama, sehingga Anda bisa mendapatkan rekomendasi untuk sparepart yang Anda cari.

Selain motor, anda juga bisa mendapatkan sparepart yang berkualitas untuk kendaraan lainnya melalui cara memilih sparepart yang berkualitas sesuai dengan jenisnya seperti berikut ini:

Jenis Sparepart Cara Memilih Sparepart Berkualitas
Mesin mobil 1. Pastikan memilih sparepart yang sesuai dengan merek dan model mobil anda
2. Periksa sertifikasi dan merek dagang sparepart tersebut
3. Pilih sparepart yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi
4. Cari ulasan pelanggan atau rekomendasi dari mekanik terpercaya
5. Periksa garansi yang ditawarkan oleh produsen atau penjual
6. Hindari membeli sparepart bekas jika memungkinkan
Ban sepeda 1. Pilih ukuran ban yang sesuai dengan sepeda anda
2. Periksa tipe ban (bias, kevlar, tubeless) yang dibutuhkan
3. Perhatikan indeks beban dan kecepatan yang sesuai
4. Pilih ban dengan bahan kualitas tinggi dan daya tahan
5. Cek tanggal produksi ban (jangan memilih ban yang sudah tua)
6. Periksa tanda-tanda kehausan atau kerusakan sebelum membeli
Lampu kendaraan 1. Periksa lampu sesuai dengan jenis dan model kendaraan anda
2. Pilih lampu yang memiliki sertifikasi dan standar keamanan
3. Pilih lampu dengan tipe yang sesuai (halogen, LED atau xenon)
4. Periksa tingkat kecerahan dan warna cahaya lampu
5. Perhatikan masa pakai dan ketahanan lampu
6. Hindari lampu palsu atau kualitas rendah
Baterai elektronik 1. Pilih baterai dengan tegangan dan kapasitas yang sesuai
2. Pilih merek baterai yang terpercaya
3. Periksa tanggal produksi baterai (jangan pilih yang sudah tua)
4. Hindari baterai bekas atau tak terkenal
5. Pastikan baterai memiliki perlindungan terhadap overcharga
6. Cek ulasan dan rekomendasi baterai dari pengguna lain.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Sparepart Motor

Onderdil kendaraan bermotor bisa terkesan mudah ditemukan. Tapi jika motor Anda merupakan keluaran terbatas atau sudah lama tidak diproduksi, maka mencari onderdil bisa jadi sangat sulit.

Saat mencari toko sparepart, Anda perlu memperhatikan delapan hal berikut agar hemat waktu dan biaya pencarian.

1. Jenis Dan Usia Motor

Cara mudah mengetahui jenis dan usia motor adalah dengan melihat Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK. Di surat tersebut akan tertulis tahun keluaran motor sehingga Anda bisa menghitung sendiri usia motor.

Baca Juga :  Jaringan Smartfren Gangguan Hari Ini 2024: Ketahui 6 Penyebab dan Solusinya!

Umumnya, Usia motor seringkali mempengaruhi ketersediaan dan harga onderdil. Tapi jika toko sparepart motor terdekat mengkhususkan diri pada jenis motor tertentu, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan sparepart yang dicari.

2. Layanan Dealer Resmi

Dealer resmi motor seringkali juga bertindak sebagai penjual sparepart khusus merek tersebut. Saat membeli dari toko ini, Anda bisa yakin akan kualitas dan keaslian produk.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan perawatan yang mereka tawarkan. Umumnya, dealer akan menawarkan perawatan gratis bagi motor dengan jarak tempuh di bawah 10 ribu km.

Pastikan Anda menggunakan motor yang dijual oleh dealer tersebut untuk mendapatkan semua fasilitas yang ditawarkan.

3. Pastikan Produk Orisinal

Sebenarnya tidak masalah jika Anda tidak membeli di dealer langsung. Karena bisa jadi di dealer terdekat tidak menjual sparepart yang Anda cari. Untuk itu, Anda bisa mencari reseller atau agen resmi dari sparepart tersebut.

Beberapa dealer akan memberikan rekomendasi toko yang sudah bekerja sama dengan mereka. Sehingga Anda bisa mendapatkan onderdil asli dengan lebih mudah.

Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari produk asli dan cara membedakannya dari produk tiruan. Umumnya, perbedaan utama terletak pada bahan dan kualitas produk.

Barang tiruan cenderung lebih tipis dan ringkih. Akan tetapi, ada beberapa skenario di mana produk tiruan bisa Anda pilih.

Antara lain ketika Anda mengalami kesulitan dana dan membutuhkan perbaikan secepatnya. Atau ketika onderdil yang Anda cari sudah tidak lagi diproduksi secara resmi dan hanya tersedia produk tiruan.

4. Tingkat Kepercayaan Pada Bengkel

Bagi Anda yang mendapati toko sparepart motor terdekat juga memiliki bengkel, Anda bisa mencari tahu lebih banyak tentang bengkel tersebut.

Terutama dalam hal kepercayaan masyarakat. Memang, banyak atau sedikitnya pelanggan yang datang saat itu tidak dijadikan acuan.

Tapi Anda bisa melihat seberapa sering dan macam alat yang dimiliki. Semakin lengkap alat yang dimiliki, akan semakin banyak jenis layanan yang ditawarkan.

Jika Anda khawatir akan beda harga antara toko dan bengkel, Anda bisa bertanya tentang kisaran biaya perbaikan lengkap. Umumnya, harga tidak akan jauh berbeda, terlebih jika Anda memperhitungkan biaya montir.

5. Beli Sesuai Kebutuhan

Ada toko sparepart motor terdekat tidak menjadi alasan untuk Anda membeli onderdil dalam jumlah banyak. Pertimbangkan kebutuhan utama dan jenis onderdil yang akan dibeli.

Walaupun harganya terjangkau, tapi bukan berarti Anda harus membeli cukup banyak baut penguat rangka motor. Membeli sesuai kebutuhan juga berarti Anda tidak harus membeli sparepart lain yang ditawarkan.

Anda bisa fokus pada perbaikan yang paling mendesak dan mencari solusi hingga Anda bisa memperbaiki motor secara keseluruhan.

6. Berikan Deskripsi Yang Jelas

Montir atau pemilik toko seringkali menemui konsumen yang tidak terlalu mengetahui nama dari onderdil yang di cari.

Selain itu, tidak sedikit toko sparepart motor terdekat masih menggunakan istilah lama yang berbeda dari yang Anda ketahui. Untuk itu, berikan deskripsi yang jelas tentang bentuk dan lokasi sparepart yang Anda cari.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Berikan juga informasi tambahan tentang jenis dan tahun keluaran motor. Memang ada beberapa sparepart yang bisa digunakan di beberapa jenis motor, tapi ini termasuk jarang dan hanya bersifat kosmetik.

Sebagai contoh, batok depan dari motor Honda Supra biasa dan Supra X serta Supra X 125 bisa jadi sangat berbeda. Belum lagi tahun keluaran yang berbeda, sehingga mempengaruhi jenis dan ketersediaan sparepart.

7. Bawa Produk Yang Dicari

Jika memungkinkan, Anda bisa membawa sparepart yang Anda miliki ke toko sparepart motor terdekat. Cara ini akan sangat membantu toko untuk mengenali sparepart dan produk lain yang sejenis.

Jangan heran jika mekanik atau pemilik toko segera mengenali onderdil yang Anda bawa hanya dengan sekali lihat. Besar kemungkinan mereka akan tahu penyebab kerusakan dan memberikan solusinya.

Beberapa toko akan dengan cepat menunjukkan sparepart pengganti kepada Anda atau merekomendasikan toko lain yang memilikinya.

8. Tetap Sabar Mencari

Tidak jarang, toko sparepart motor terdekat tidak memiliki apa yang Anda cari. Untuk itu, Anda harus tetap sabar dalam mencari onderdil yang tepat. Jangan malu bertanya langsung kepada pemilik toko untuk merekomendasikan toko lain yang mereka tahu.

Jaringan antar pemilik toko di bawah distributor yang sama akan memudahkan Anda menemukan sparepart yang dicari.

Jika Anda mencari di jalan yang khusus menjual sparepart motor, Anda bisa terus berjalan hingga menemukan toko yang tepat. Termasuk jika ada toko yang menjanjikan bisa mendapatkan onderdil yang Anda butuhkan.

Cara Mudah Menjaga Kualitas Mesin Untuk Performa Motor Tetap Prima

Setelah tahu di mana ada toko sparepart, Anda juga bisa lebih aware dalam merawat motor dan menjaga performanya.

Anda akan terkejut ketika sadar bahwa selama ini sudah abai atas beberapa hal mudah yang bisa menjaga kualitas mesin.

1. Ganti Oli Secara Berkala

Ganti Oli Secara Berkala
Ganti Oli Secara Berkala

Bagi pengguna motor matic, Anda tentu paham pentingnya mengganti oli secara rutin. Selain mengganggu performa kendaraan, terlambat mengganti oli juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada motor Anda.

Anda bisa menggunakan counter yang ada pada speedometer motor untung memperkirakan kapan Anda perlu mengganti oli. Tapi jika Anda rutin menggunakan

Bagi pengguna motor bebek, jarak mengganti oli bisa sedikit lebih lama dibandingkan motor matic. Tapi tetap saja, Anda tidak boleh terlambat dalam perawatan rutin ini.

2. Gunakan Bensin Yang Tepat

Apakah Anda tahu bahwa tidak semua mesin cocok dengan bensin beroktan tinggi? Banyak orang mengira bahwa oktan yang tinggi berarti motor akan lebih cepat dingin dan performa bisa terjaga lebih lama.

Sebaliknya, mesin dengan proses pendinginan yang cepat justru akan cepat rusak jika menggunakan bensin oktan tinggi.

Penggunaan dalam jangka panjang akan menurunkan performa mesin Anda. Akibatnya, Anda harus rutin mengunjungi toko sparepart motor terdekat untuk membeli onderdil baru.

3. Panaskan Mesin Motor Secara Rutin

Mesin motor juga bisa rusak jika tidak pernah digunakan. Untuk itu, Anda perlu secara rutin memanaskan motor yang Anda miliki di rumah. Setidaknya dua hari sekali untuk menjaga performa mesin.

Anda hanya perlu menyalakan mesin motor dan menarik gas selama kurang lebih lima menit. Ini akan cukup untuk membuat piston di dalam mesin bergerak dan terlumasi oli dengan baik.

Ruang pembakaran juga akan tetap terjaga sehingga motor Anda tidak akan mogok di kemudian hari biarpun jarang digunakan.

Toko Sparepart Motor Terdekat
Toko Sparepart Motor Terdekat

Tidak ada yang tahu kapan Anda akan membutuhkan onderdil baru. Informasi akan toko sparepart motor terdekat akan sangat membantu dalam usaha perbaikan motor. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lebih mudah merawat motor dan memastikan kondisinya tetap prima.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button