Promo Top Up Game Termurahūüėć
Ragam

4 Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Android

Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Android – Kini keberadaan android terasa hambar tanpa adanya aplikasi yang membantu pengguna mengakses beberapa kepentingan.

Ada banyak aplikasi yang biasa kita gunakan, sebut saja seperti aplikasi chating, belanja online, transportasi online dan games untuk hiburan. Walaupun demikian, tidak jarang aplikasi tersembunyi karna faktor disengaja maupun tidak.

Sebenarnya cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di android  bisa dilakukan dengan beberapa cara, kembali lagi tergantung pada pengaturan handphone. Jika mengalami masalah serupa, tidak perlu terburu-buru mendowload aplikasi bahkan membawa ponsel utnuk diservis, sebaiknya coba beberapa cara berikut untuk mengembalikan aplikasi yang kamu butuhkan.

Penyebab Aplikasi Tersembunyi

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di android, akan lebih baik mengetahui penyebab umum aplikasi tersembunyi untuk meminimalisir kerjadian serupa.

Biasanya aplikasi yang tersembunyi disebabkan ketidaksengajaan, karena ponsel saat ini lebih menggunakan sistem touchscreen yang akan lebih sensitif apabila disentuh secara tidak sengaja. Walaupun ada cara untuk menampilkan aplikasi yang tersembunyi di android, sebaiknya jauhkan jangakaun ponsel ketika tidak menggunakanya.

Selain itu, penyebab lain mengapa aplikasi tidak tampil dilayar ponsel tak lain untuk melindungi privasi pengguna. Ada beberapa aplikasi di ponsel yang tidak ingin diketahui keberadaanya lantas menyimpan aplikasi, namun belum memahami cara untuk memulihkanya. Oleh karenanya akan kami berikan beberapa cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di android.

Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi

Seperti yang kami sebutkan, cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi dilakukan dengan beberapa cara tergantung dengan pengaturan ponsel. Tidak perlu berlama-lama berikut kami sajikan langkah mudah untuk menampilkan kembali aplikasi yang tersembunyi :

  • Melalui Pengaturan Playstore

Cara Menampilkan aplikasi yang Tersembunyi di Android
Cara Menampilkan aplikasi yang Tersembunyi di Android / Sumber: techbo.okezone.com

Cara pertama ini mungkin bisa dilakukan untuk semua tipe dan merek handphone, dengan melakukan beberapa langkah berikut diyakini aplikasi yang tidak kamu temukan segera terpulihkan. Berikut cara menampilkan aplikasi tersembunyi melalui google playstore :

  1. Pertama sekali silahkan buka Google Playstore
  2. Klik ikon garis tiga untuk menemukan aplikasi dan game saya
  3. Disini akan muncul daftar aplikasi dan game yang pernah diunduh sebelumnya, untuk mengetahui aplikasi yang tidak muncul dilayar silahkan perhatikan aplikasi yang tidak bertulis app drawer
  4. klik aplikasi > open untuk menampilkanya kembali. Silahkan periksa kembali keberadaan aplikasi di menu ponsel.
  • Melalui Opsi Keamanan dan Privasi

Setiap ponsel memiliki opsi keamanan dan privasi, disini kamu bisa mengatur keamanan ponsel berupa kunci layar, smartlock dan sebagainya. Walaupun demikian cara ini membutuhkan sandi yang digunakan saat mendaftarkanya, berikut caranya :

Baca Juga :  Update Harga Menu Janji Jiwa 2023 : Terbaru dan Terfavorit
Cara Menampilkan aplikasi Tersembunyi Melalui Opsi Keamanan dan Privasi
Cara Menampilkan aplikasi Tersembunyi Melalui Opsi Keamanan dan Privasi
  • Silahkan buka pengaturan ponselmu
  • Jika sudah terbuka, scroll kebawah untuk melihat kemanan
  • Di dalam keamanan pilih pengaturan privasi dan enskripsi aplikasi, namun cara ini membutuhkan sandi privasi yang semula kamu masukkan untuk mengoperasikan ponsel.
  • Jika berhasil memasukkan sandi, akan muncul opsi sembunyikan aplikasi lalu klik untuk melihat daftar aplikasi yang disembunyikan. Silahkan scoll kebawah dan lihat aplikasi bertanda slide, tekan untuk menonaktifkan aplikasi tersembunyi.
  • Jika sudah, beberapa aplikasi yang tersembunyi berhasil ditampilkan di layar beranda.

Lihat juga Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

  • Pindahkan Aplikasi ke Ruang Kosong

Aplikasi yang Tertindih
Aplikasi yang Tertindih

Keadaan aplikasi yang saling tertindih membuatnya tidak akan terlihat, hal ini biasanya terjadi kerena ketidaksengajaan. Di saat kamu memeriksa lebih detail, dua aplikasi akan saling bertindih apabila tidak menyeretnya keruang kosong segera mungkin.

Untuk mengetahui keadaan tersebut dengan melihat nama file, jika pada layar bertanda folder berarti memuat lebih dari satu aplikasi. Cara untuk mengembalikan aplikasi tersebut dengan menyeret icon aplikasi lalu letakkan di ruang kosong sehingga nama aplikasi akan kembali seperti semula.

  • Melalui Opsi Aplikasi

Melalui Menu pengaturan dan aplikasi, kita bisa melihat semua aplikasi yang digunakan bahkan aplikasi yang disembunyikan. Dalam pengaturan ini temukan aplikasi dan segeralah periksa aplikasi yang tersembunyi, berikut caranya :

  1. Buka pengaturan di androidmu
  2. Temukan aplikasi dan notifikasi, untuk beberapa aplikasi mungkin menggunakan opsi yang berbeda namun yang terpenting untuk menemukan aplikasi
  3. Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang kamu gunakan dan aplikasi tersembunyi lainya. Untuk menggunakanya klik buka dan aplikasi bisa digunakan kembali.

Walaupun demikian, cara ini hanya untuk melihat aplikasi yang disembunyikan sehingga perlu alternatif lain untuk memindahkanya ke layar utama. Agar aplikasi tidak tersembunyi usahakan tidak mengaktifkan tombol ”hidden dan nonaktifkan” pada aplikasi.

Baca Juga :  10 Resep Masakan Anak Kos yang Murah dan Mengenyangkan

Penutup

Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Android
Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Android

Itulah cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di android, jika sobat mengalami hal serupa silahkan coba satu dari empat cara diatas. Selain itu, lakukan mulai ulang sebagai aternatif lain jika ponsel mengalami bug/error. Demikian artikel ini, terimakasih telah berkunjung.

Selengkapnya
Back to top button