8 Cara Mencari Orang Lewat Foto Secara Online

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah ada Cara Mencari Orang Lewat Foto saja ? Yah, jawabannya Ada. Dizaman yang serba canggih ini hampir tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi. Begitupun dengan topik pada artikel berikut ini.

Telah tersedia berbagai teknologi dengan fitur-fitur hebat yang bisa membantu pengguna menyelesaikan masalah salah satunya cara mencari orang lewat foto. Bisa dibayangkan jika mencari orang lewat foto dengan cara manual akan memakan waktu sangat lama dan kemungkinan terburuknya tidak bisa menemukan orang yang sedang dicari.

Namun jika dilakukan menggunakan bantuan pihak ketiga atau teknologi masa kini tentu akan mempermudah pencariannya. Tidak hanya orangnya saja, bahkan kamu juga dapat mengetahui informasi lengkap terkait orang tersebut.

Cara Mencari Orang Lewat Foto

Cara Mencari Orang Lewat Foto

Banyak orang saat ini yang ingin mengetahui cara mencari orang lewat foto dengan cepat. Pasalnya ada berbagai alasan yang membuat seseorang membutuhkan cara ini untuk menemukan seseorang dengan cepat seperti orang hilang, terkena kasus penipuan, ingin mengetahui identitas seseorang dan sebagainya.

 

Dengan harapan memperoleh hasil, disini kami melampirkan berbagai cara yang bisa dicoba :

Cara Mencari Orang Lewat Foto Dengan Pihak Ketiga

Cara mencari orang lewat foto secara online akan memperoleh hasil yang lebih cepat dari pada dilakukan secara offline/manual. Untuk melangsungkan pencarian, kamu memerlukan bantuan pihak ketiga seperti situs dan aplikasi yang menyediakan layanan pendeteksi gambar/foto.

Berikut kami lampirkan Layanan yang bisa digunakan untuk mencari orang hanya menggunakan foto saja.

Cara Mencari Orang Lewat Foto
Cara Mencari Orang Lewat Foto

Google Image

Fitur google image pada smartphone bisa digunakan untuk mencari orang dengan mudah. Tahap-tahap yang dilakukan juga cukup mudah antara lain :

  • Silahkan buka https://www.google.com/imghp?hl=en pada browser perangkat kamu
  • Kemudian buka icon kamera yang ada disebelah kanan kolom pencarian
  • Lalu pilih gambar yang akan dicari bisa melalui galeri foto ataupun foto baru dengan menekan “Telusuri dengan kamera anda
  • Unggah foto yang ingin dicari
  • Kemudian kamu akan melihat informasi terkait foto yang di unggah pada opsi “Telusuri“.

Yandex

Yandex merupakan aplikasi yang menyediakan fitur pencarian gambar untuk mendapatkan informasi terkait kata kunci yang dicantumkan pada kolom pencarian. Yandex juga dapat digunakan sebagai cara mencari orang lewat foto. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama masuk ke aplikasi Yandex
  • Kemudian pada kolom pencarian pilih “Tab gambar” lalu buka icon “kamera
  • Selanjutnya pilih gambar yang menjadi topik pencarian
  • Lalu Yandex akan menampilkan seluruh informasi terkait foto/orang tersebut.

TinEye

TinEye juga termasuk layanan yang perlu dipertimbangkan sebagai cara mencari orang lewat foto. Layanan ini dipercaya dapat memperlihatkan hasil foto dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Kamu dapat mengoperasikan layanan ini dengan mengupload sebuah foto atau melampirkan URL gambar lalu cari. Kamu akan melihat daftar foto yang memiliki kemiripan wajah serta halaman dimana foto ini diambil.

  • Tentukan gambar yang ingin dicari
  • Kemudian kunjungi situs TinEye.com
  • Unggah foto atau URL gambar yang akan menjadi bahan utama pencarian
  • Kemudian telusuri hasil pencarian yang kamu lakukan
  • Kunjungi halaman dengan gambar yang bisa memungkinkan terdapat informasi lebih dari yang sudah ditampilkan.

Cara Mencari Identitas Orang Lewat Foto

Cara Mencari Orang Lewat Foto
Cara Mencari Orang Lewat Foto

Mungkin tidak hanya mencari orangnya saja, kamu juga memerlukan cara mencari identitas lengkap seseorang untuk kepentingan tertentu. Mencari identitas seseorang sulit dilakukan jika hanya bergantung pada sebuah foto saja, namun bisa mudah diatasi jika menggunakan layanan canggih yang tersedia saat ini.

Tool Reverse Photos

Tool dari Labnol bisa menjadi salah satu cara mencari orang lewat foto. Langkah yang dilakukan cukup mudah yaitu dengan mengunjungi mobile reverse image dari Labnol. Adapun langkah-langkahnya dapat dilakukan untuk mengetahui identitas orang dengan mengunjungi situs ini sebagai berikut :

  • Silahkan login ke google reverse image dari Labnol
  • Kemudian unggah foto yang akan dicari
  • Jika foto berhasil diunggah maka layar akan menampilkan opsi untuk menunjukkan hasil atau unggah foto lain.
  • Pilih show matches untuk menampilkan identitas dari foto yang sudah diunggah

Untuk menemukan seseorang menggunakan situs ini tidak selalu mudah karena tergantung seberapa terkenal orang tersebut. Jika memang orang yang terkenal maka akan mudah untuk mengumpulkan informasi dan identitasnya, namun jika bukan orang yang cukup terkenal maka tool hanya akan menampilkan seputar informasi yang tersedia di internet.

LighShot

LightShot adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menemukan identitas orang lewat foto. Sebelum menggunakan aplikasi ini, silahkan download telebih dahulu pada playstore. Untuk tahap-tahap menjalankannya simak sebagai berikut :

  • Loginkan aplikasi LighShot yang sudah didownload
  • Kemudian pilih foto yang akan diunggah untuk memulai pencarian
  • Blok foto dengan lights.com lalu tunggu hasil penelusuran LightShot.

Cara penggunaan aplikasi ini berbeda antara smartphone dan desktop. Jika kamu ingin menjalankan aplikasi ini dari smartphone, perlu diperhatikan bahwa saat akan mengunggah foto hanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menekan lama gambar yang ingin dicari identitasnya sampai keluar context menu, kemudian klik “Search google for this image”.

Add On

Situs berikutnya yang bisa digunakan sebagai cara mencari identitas orang lewat foto adalah Add On yang bernama search by image pada browser Firefox. Berikut langkah-langkah mencari identitas orang lewat foto menggunakan Add On :

  • Silahkan buka website dengan gambar yang akan dicari identitasnya
  • Klik icon titik tiga pada sudut sebelah kanan
  • Buka opsi “Search by Image
  • Kamu akan melihat indentitas gambar tersebut. Selain itu kamu dapat menyusun kembali sumber pencarian dari halaman pengaturan Add-On.

Cara Menemukan Kembaran Di Internet Lewat Foto

Cara Mencari Orang Lewat Foto
Cara Mencari Orang Lewat Foto

Kita sering kali mendengar bahwa tiap-tiap orang memiliki 6 kembaran di dunia. Beberapa orang pasti memiliki rasa penasaran siapa dan dimana orang yang memiliki kemiripan wajah dengan dirinya.

Untuk menemukan kembaran tersebut, bantuan pihak ketiga bisa menjadi solusi untuk menemukannya. Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain :

Pictriev

Pictriev merupakan situs yang menyediakan layanan pengenalan wajah dengan mengunggah foto. Layanan ini akan menampilkan foto yang diunggah mirip dengan siapa. Jika foto berhasil diunggah maka situs akan menampilkan sejumlah foto yang memiliki kemiripan pada foto wajah.

Cara mencobanya bisa dimulai dengan mengunjungi situs Pictriev kemudian mengunggah foto di kolom “Upload Image“. Tunggu beberapa saat maka situs ini akan menunjukkan beberapa foto yang terdeteksi mirip dengan foto yang kamu unggah.

Twinstrangers

Twinstrangers dilengkapi dengan fitur pendeteksi kemiripan wajah yang cukup akurat. Namun yang menjadi kekurangan Twinstrangers merupakan layanan premium/berbayar. Dengan keakuratan situs ini, meskipun berbayar masih banyak pengguna yang tertarik menggunakannya.

Cara mengoperasikannya hampir sama dengan situs sebelumnya yaitu dengan membuka situs https://twinstrangers.net/ kemudian “Upload image“. Setelah foto terupload, foto yang memiliki kemiripan akan tampil pada layar.

Tips Mencari Orang Lewat Foto

Tips Deskripsi Singkat
Gunakan Website dan Aplikasi Gunakan website dan aplikasi yang telah direkoemdasikan pada pembahasan diatas untuk melakukan pencarian orang lewat foto.
Jelajahi Media Sosial Media sosial seperti Facebook dan Instagram juga memiliki fitur pencarian gambar. Anda bisa mencoba mencari di sana.
Periksa Kualitas Gambar Pastikan gambar yang Anda gunakan memiliki resolusi yang cukup dan tidak buram. Gambar dengan kualitas lebih baik biasanya memberikan hasil pencarian yang lebih baik.
Jangan Melanggar Privasi Penting untuk selalu menghargai privasi orang lain. Jangan gunakan fitur ini untuk tujuan yang tidak etis atau ilegal.

Kesimpulan

Cara Mencari Orang Lewat Foto
Cara Mencari Orang Lewat Foto

Tentu ada alasan yang membuat seseorang menyelidiki cara mencari orang lewat foto. Namun apapun alasannya, mendapatkan cara yang ampuh pasti menjadi harapan orang tersebut.

Pada pembahasan diatas telah kami rangkum beberapa alat dan cara menggunakannya untuk menemukan seseorang yang sedang dicari. Apakah kamu sudah menemukan cara yang ingin digunakan ?

Related Post

Tinggalkan komentar