11 Rekomendasi Makanan Anjing Terbaik 2024

Irfan Nathanael

Makanan Anjing Terbaik – Pemilihan makanan anjing terbaik, tak hanya berpengaruh pada kesehatan anjing, tetapi juga selera makannya. Dalam hal memilih makanan anjing, ada banyak sekali pertimbangan yang kamu harus ambil, dimulai dari bahan makanan yang di pakai dan juga faktor biologis dari hewan kesayangan kamu.

Menurut penelitian ilmiah yang dilakukan para ilmuwan, anjing dianggap mempunyai kecerdasan yang cukup tinggi, tingkat kecerdasan anjing bergantung pada ras dan masing-masing anjing secara individu. Bagi para pemilik anjing tentunya harus merawat anjing peliharaannya agar tetap sehat, terawat dan semakin cerdas.

Saat ingin merawat dan memelihara anjing, salah satu yang harus kalian perhatikan adalah makanan anjing. Makanan dengan kandungan nutrisi yang penting seperti karbohidrat, protein, asam lemak, vitamin dan mineral sangat berperan besar dalam pertumbuhan dan kecerdasan otak anjing.

Artikel menarik lainnya: Jenis dan Harga Kucing Munchkin Anakan dan Dewasa

Rekomendasi Produk Makanan Anjing Terbaik

Makanan Anjing Terbaik
Makanan Anjing Terbaik

Ketika kamu memelihara anjing, maka kamu harus siap dengan komitmen untuk memberikan makanan anjing terbaik supaya dapat hidup sehat dan memiliki umur yang lama.

Pada dasarnya anjing dapat memakan makanan seperti yang dimakan manusia pada umumnya seperti nasi, ikan, ayam dan yang lainnya. Namun terdapat kekurangan jika hanya memberikan makanan tersebut, sebab anjing membutuhkan protein dan serat yang tinggi, dan bukan sekedar karbohidrat saja.

Sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan nutrisi yang tepat. Setiap anjing membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda berdasarkan usia, berat badan, kondisi kesehatan, dan seberapa aktif mereka dalam kesehariannya.

Makanan yang sehat saja tidaklah cukup, kamu harus memberikan makanan dengan intensitas yang sesuai dengan usianya.

Untuk makanan anak anjing, harus memiliki rasio protein dan lemak ideal yang diperlukan untuk membantu anak anjing tumbuh lebih cepat dan sehat. Kebutuhan protein dan lemak akan meningkat ketika anjing sudah dewasa pada umur 1 tahun keatas. Makanan anjing kering sering dianggap mencukupi kebutuhan anjing di usia ini.

Untuk anjing yang sudah tua, membutuhkan protein dan lebih sedikit dari anjing dewasa. Umumnya anjing yang berusia 5 tahun keatas ini, harus disesuaikan dengan nafsu makan anjing itu sendiri dan tidak dapat dipaksakan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan anjing terbaik yang dapat Mocipay rekomendasikan untuk kamu:

  • Makanan Anjing Terbaik – Royal Canin

Makanan Anjing Terbaik
Makanan Anjing Terbaik – Royal Canin (sumber gambar royalcanin.com)

Pada urutan pertama ada Royal Canin. Untuk para pecinta hewan peliharaan seperti kucing atau anjing pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan anjing terbaik yang satu ini terkenal karena terdapat kandungan protein dan lemak yang tinggi didalamnya.

Royal Canin adalah sebuah perusahaan asal Prancis yang memproduksi dan memasok pakan anjing dan kucing, serta mengekspornya ke luar Prancis. Perusahaan ini menyediakan makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing dan kucing, sesuai ras dan gejalanya.

Royal canin memiliki banyak manfaat untuk hewan peliharaan kamu yang akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dapat berfungsi sebagai penambah energi, dan juga dapat meningkatan hormon pertumbuhan anjing dengan baik.

Kandungan protein dan lemak yang ada dalam Royal Canin akan mengatur sel-sel yang sebelumnya lemah menjadi kuat kembali, dan sebagai regenerasi sel-sel rusak dalam tubuh hewan peliharaan kamu.

  • Makanan Anjing Terbaik – Pedigree

Makanan Anjing Terbaik
Pedigree (sumber gambar: pedigree.com)

Rekomendasi makanan anjing terbaik berikutnya adalah Pedigree. Pedigree merupakan makanan untuk anjing yang terbuat dari bahan-bahan yang dipilih secara khusus.

Produk makanan anjing yang satu ini terjamin kebersihannya dan mengandung nutrisi lengkap dan seimbang serta memiliki proporsi yang tepat sebagai makanan anjing.

Tidak hanya itu, Pedigree sendiri mengandung berbagai vitamin yang terkandung didalamnya, seperti vitamin C,D3, E dan vitamin lainnya untuk daya tahan tubuh anjing.

Makanan anjing ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta mencakup perkemabangan tulang dan mampu membersihkan plak pada mulut dan gigi anjing.

  • Purina Alpo

Makanan Anjing Terbaik
Purina Alpo(sumber gambar: purina.co.id)

Tidak kalah dengan produk sebelumnya, Purina Alpo juga merupakan salah satu produk makanan anjing terbaik yang dapat kemu berikan untuk anjing peliharaan kamu. Makanan anjing yang satu ini diformulasikan untuk memenuhi tingkat nutrisi dan untuk pertumbuhan serta reproduksi anjing.

Kandungan yang terdapat pada Pulina Alpo antara lain seperti kandungan protein yang dapat mempertahankan struktur tubuh dan pertahanan alami tubuh, kandungan lemak yang dapat membangun sel-sel dan memperkuat sistem imunitas tubuh, kalsium untuk perlindungan gigi dan tulang serta kandungan omega 3 dan 6 yang baik untuk kulit yang sehat dan bulu yang berkilau.

  • Science Diet

Makanan Anjing Terbaik
Science Diet (sumber gambar: hillspet.co.id)

Produk ini juga mencari formula pada setiap bahan produknya untuk memenuhi nutrisi serta  memastikan anjing peliharaan mendapatkan formulasi yang tepat sesuai dengan yang mereka butuhkan, Hal itu untuk mewujudkan anjing peliharaan yang sehat dan aktif.

Science Diet adalah salah satu produk makanan anjing terbaik yang bahan-bahannya menggunakan daging ayam, domba dan daging kan salmon. Jika kamu ingin memberikan anjingmu makanan yang bernutrisi seimbang dan lezat, kamu bisa memilih makanan anjing produk Science Diet.

Keunggulan dari produk makanan yang satu ini adalah memberikan nutrisi yang tepat dan juga seimbang bagi anjing dan bertujuan untuk memberikan tubuh yang ringan dan juga sehat. Sesuai dengan namanya, makanan anjing yang satu ini mengedepankan diet, walaupun begitu nutrisi yang terkandung didalamnya tetap tinggi.

  • Cesar

Makanan Anjing Terbaik
Makanan Anjing Terbaik – Cesar (sumber gambar: cesar.com)

Ketika kamu memiliki anjing yang memilih-milih makanan, makan Cesar dapat menjadi pilihan yang tepat. Makanan anjing produk ini memiliki tekstur yang lembut, mudah dicerna, dan memiliki aroma serta rasa yang di sukai anjing.

Cesar merupakan salah satu produk makanan anjing yang paling banyak digemari. Pasalnya selain terbuat dari daging asli, Cesar juga dapat menambah nafsu makan anjing peliharaanmu karena aromanya yang khas. Selain itu makanan anjing produk cesar ini dikemas dengan kemasan praktis, sehingga mudah disajikan.

  • Purina Pro Plan

Makanan Anjing Terbaik
Pro Plan (sumber gambar: purina.co.id)

Makanan anjing Pro Plan merupakan salah satu makanan anjing yang paling banyak digemari para pecinta anjing. Pasalnya Pro Plan memiliki kandungan nutrisi dan lemak yang baik untuk kesahatan anjing.

Selain itu Pro Plan juga memiliki DHA yang baik untuk perkembangan mata dan otak anjing peliharaan juga ada kandungan antioksidan yang mampu menjaga kekebalan tubuh anjing. Pro Plan sangat bermanfaat untuk menyerap nutrisi makanan secara sempurna serta menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Dengan produk dari Pro Plan berusaha untuk membantu anjing peliharaan kamu menjadi lebih energik dan tangguh, dengan tetap menjaga kondisi tubuh ideal, kulit yang sehat. Makanan produk Pro Plan dapat membantu anjing peliharaanmu mendapatkan asupan tepat meski memiliki kebutuhan yang lebih variatif.

  • Happy Dog

Makanan Anjing Terbaik
Happya Dog (sumber gambar: happydog.id)

Happy Dog merupakan salah satu produk makanan anjing yang sangat cocok untuk anjing yang sensitif terhadap makanan. Alasannya, karena Happy Dog terbuat dari bahan-bahan herbal yang berkualitas tinggi seperti beras, daging, gandum utuh, dan nutrisi herbal lainnya.

Produk ini diolah dengan tepat sehingga menciptakan makanan anjing dengan nutrisi seimbang dan memiliki cita rasa yang nikmat serta berbagai manfaat yang sangat berguna untuk anjing peliharaan dari semua ras dengan kebutuhan energi dan protein yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, makanan anjing terbaik ini juga mengandung omega 3 dan 6 didalamnya yang mampu untuk meregenerasi kulit apabila terjadi iritasi pada kulit anjing peliharaan kamu.

  • Equilibrio

Makanan Anjing Terbaik
Equilibrio (sumber gambar; equilibrio-petfood.com)

Makanan anjing Equilibrio membantu anjing peliharaanmu dalam proses membakar lemak dan mendukung agar anjing peliharaanmu memiliki hidup yang lebih panjang dan lebih sehat.

Hal ini tentunya hasil dukungan dari antioksidan alami yang terkandung dalam makanan anjing produk Equilibrio ini. Selain itu, makanan anjing yang satu ini juga berkontribusi dalam kesehatan sendi peliharaanmu dengan kandungan chondroitin sulphate dan glucosamine sulphate didalamnya.

  • Wellness Core

Makanan Anjing Terbaik
Wellness Core (sumber gambar: wellnesscore.eu)

Wellness Core merupakan makanan yang cocok untuk anak anjing, hal ini karena Wellness Core menyediakan kandungan lengkap yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak anjing.

Kandungan tersebut meliputi protein dari daging ayam, magnesium dan zat besi dari sayur bayam, mengandung vitamin serta mineral yang berguna untuk mendukung kekebalan tubuh anak anjing kesayangan kamu.

Selain itu terdapat minyak ikan salmon yang sangat berguna untuk kesehatan mata, kulit dan dapat meningkatkan kecerdasan anjing. Tidak hanya itu, Wellness Core bebas dari biji-bijian dan pewarna buatan, sehingga sangat aman untuk anak anjing.

  • Dog Choize

Makanan Anjing Terbaik
Dog Choize

Dog Choize menjadi rekomendasi makanan anjing terbaik berikutnya. Dog Choize merupakan makanan dengan rasa daging yang kandungan nutrisinya lengkap serta memiliki kandungan vitamin sesuai dengan yang dibutuhkan anjing dewasa.

Uniknya Dog Choize mengandung sedikit lemak, walaupun demikian makanan anjing ini sangat baik untuk kesehatan gigi anjing kesayanganmu. Selain itu, baik juga untuk fungsi pencernaan mereka agar selalu sehat.

Tidak hanya itu, Dog Choize juga mengandung protein esensial yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot tanpa lemak serta mampu meningkatkan pemulihan massa otot pada anjing peliharaan kamu.

Pada umumnya semua makanan anjing dapat membantu pertambuhan dan meningkatkan kecerdasan anjing. Begitu pula dengan Dog Choize yang mengandung serat pilihan serta asam lemak omega 6 dan Zinc yang membuat kulit dan bulu anjing menjadi sehat.

  • Jerhigh

Makanan Anjing Terbaik
Jerhigh (sumber gambar tokopedia.com)

Rekomendasi makanan anjing terbaik yang terakhir adalah Jerhigh. Makanan anjing yang satu ini merupakan hasil produk dari Thailand dan banyak digunakan para pecinta anjing di Indonesia. Pasalnya, selain harganya yang murah, Jerhigh terbuat dari bahan-bahan alami yang disukai oleh anjing peliharaan.

Kandungan yang terdapat pada produk Jerhigh dapat melindungi anjing kesayangan kamu dari radikal bebas, alasannya karena Jerhigh memiliki kandungan tinggi mineral dalam bentuk organik kompleks yang berguna sebagai antioksidan kuat.

Tips Memilih Makanan Anjing Terbaik

Tips Deskripsi
Konsultasikan dengan Dokter Hewan Konsultasikan dengan dokter hewan Anda sebelum memilih makanan. Dokter hewan dapat memberikan rekomendasi berdasarkan usia, ukuran, dan kesehatan umum anjing Anda.
Pilih Makanan yang Sesuai dengan Usia Makanan anjing dibagi menjadi kategori berdasarkan usia, seperti anak anjing, dewasa, dan senior. Pilih makanan yang sesuai dengan usia anjing Anda.
Perhatikan Kualitas Bahan Baca label makanan anjing dan perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Pastikan bahan-bahannya berkualitas dan memenuhi standar gizi. Dalam hal ini, protein dan lemak biasanya menjadi sorotan utama.
Hindari Pengisi dan Bahan Kimia Hindari makanan anjing yang mengandung banyak pengisi seperti jagung atau gandum. Juga, hindari makanan yang mengandung bahan kimia atau pewarna buatan.
Perhatikan Kebutuhan Khusus Jika anjing Anda memiliki kebutuhan khusus, seperti alergi makanan atau sensitivitas tertentu, pilih makanan yang dirancang untuk mengatasi masalah tersebut.

Penutup

Makanan Anjing Terbaik
Makanan Anjing Terbaik

Demikian pembahasan tentang makanan anjing terbaik pada artikel kali ini. Makanan anjing terbaik memerlukan protein, lemak, dan serat yang cukup untuk membuat anjing menjadi sehat dan mempertahankan daya tahan tubuh anjing peliharaan kamu.

Pastikan kamu selalu memberikan makan anjing terbaik untuk anjing peliharaan kamu. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu.

Related Post