7 Rekomendasi Bahan Kemeja yang Bagus dan Adem

Rohma Dearni

Bahan kemeja yang bagus dan adem merupakan kualifikasi yang sebaiknya ada pada suatu kemeja ketika cuaca panas. Saat cuaca panas kita akan menjadi lebih mudah gerah dan mengeluarkan keringat. Ketika berkeringat badan lebih mudah berbau dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Hal ini akan menjadi sangat merepotkan ketika kamu mempunyai aktivitas di ruang terbuka, dimana keringat akan terus terproduksi. Lalu adakah solusinya? selain menggunakan mesin pendingin, ternyata kalian masih bisa meminimalisir keringat dan rasa gerah dengan menggunakan kemeja yang berbahan bagus dan adem.

Bahan Kemeja yang Bagus dan Adem

Sekarang sudah banyak bahan kemeja yang beredar dipasaran, sayangnya dengan spesifikasi kain tersebut seringkali membuat kita mudah gerah dan tidak nyaman.

Karena hal tersebut memilih bahan kemeja yang sesuai dengan cuaca menjadi hal penting yang harus kamu lakukan. Selain untuk kenyamanan, bahan kemeja yang bagus dan adem akan meningkatkan rasa percaya diri seharian.

  • Kain Katun

Kain Katun
Kain Katun

Katun merupakan bahan kemeja yang bagus dan adem. Bahan kemeja yang satu ini memiliki serat kain yang lebih sejuk dan memiliki sifat yang mudah menyerap keringat.

Kain katun sendiri terbagi dalam beberapa jenis, seperti katun toyobo, Jepang, madinah dan katun ima dimana kain ini juga digunakan sebagai bahan utama dalam membuat kemeja berkualitas untuk pria dan wanita.

Bahan utama dalam kain katun adalah serat kapas yang memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap keringat. Karena kekuatan tersebut tidak heran kemeja berbahan katun dijual dengan harga yang tidak murah.

  • Kain Silk/Sutra

Kain Silk/Sutra
Kain Silk/Sutra

Setelah kain katun, terdapat kain sutera yang menjadi bahan kemeja yang bagus dan adem. Kain katun dan sutra merupakan bahan dasar yang digunakan dalam produksi pakaian, kedua bahan ini sama-sama nyaman dan ringan digunakan.

Kain sutra terbuat dari serat kepompong larva ulat sutra, bahan ini diolah lebih lama dan menghasilkan kain yang halus dan lebih mengkilat. Jenis kain ini lebih mudah dikenali, ketika menggunakan pakaian dengan kain sutra akan terpancar efek glossy.

Tekstur kain sutra lebih rapat dibandingkan kain katun, namun keduanya sama-sama baik dan nyaman digunakan bahkan untuk kamu yang selalu ingin tampil fashionable. Spesifikasi kain ini nampaknya cukup lengkap sehingga menempatkanya sebagai salah satu bahan kemeja yang bagus dan adem.

Karena melalui proses pembuatan rumit, lama dan tekstur yang lebih berkilau, kain sutra dipasarkan dengan harga yang tinggi.

  • Kain Drill

Kain Drill
Kain Drill

Drill salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kemeja meskipun bahan ini dikenal cukup tebal. Kain ini memiliki tekstur pintalan diagonal/miring pada dua sisinya. Dalam produksi pakaian, kain dril yang paling sering digunakan membuat kemeja dan seragam kantor.

Tidak hanya sebagai bahan kemeja yang bagus dan adem, kain drill memiliki keunikan tersendiri dimana kain tidak mudah kusut, warna tidak mudah pudar dan memiliki daya serap keringat yang baik.

Disamping hal tersebut perlu diketahui bahwa kain drill terkategori sangat awet, tentu saja dengan perawatan yang sesuai ya. Berdasarkan ketebalan kain drill terbagi menjadi tiga bagian, yakni:

Kain Japan Drill

Kain japan drill memiliki ukuran serat yang besar sehingga memiliki sifat yang lebih tebal dan kuat. Walau demikian, kain japan drill lembut dan ringan dipakai.

Katun merupakan bahan utama yang mendominasi saat pembuatan kain japan drill. Kain itu tidak mudah kusut sehingga dijual dengan harga lebih mahal daripada jenis lainnya.

Kain American Drill

Setelah jenis kain japan drill, ada pula american drill yang punya serat tingkat medium yang merupakan percampuran antara katun dan poliester. Kain ini digunakan sebagai bahan pakaian lapangan, seperti seragam pabrik karena diklaim memiki bahan yang kuat.

Kain Twist Drill

Kain twist drill memiliki serat yang lebih kecil dan bersifat lembut. Jika dibanding kain kain japan dan american grill, bahan kain ini lebih sulit menyerap keringat dan kurang adem dikulit. Apabila sobat sedang berburu bahan kemeja yang bagus dan adem, kain japan dan american drill dapat kamu pertimbangkan ya.

  • Kain Linen

Kain Linen
Kain Linen

Bahan kemeja yang bagus dan adem lainnya adalah kain linen. Kain ini diproduksi langsung dari tumbuhan linen sehingga memiliki tekstur yang ringan dan kuat.

Kain yang satu ini sudah banyak digunakan dalam produksi pakaian seperti kemeja, karena sedikit tebal dan dingin sehingga kain akan lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Meski menjadi salah satu bahan kemeja yang bagus dan adem, kain ini punya kekurangan dimana bahan kain mudah kusut. Jika kamu menggunakan kain linen dan ingin penampilanmu terjaga sepanjang hari, jangan duduk dan berbaring sembarangan karena itu membuat pakaian menjadi kusut.

Pada dasarnya sebuah kain butuh perawatan khusus agar lebih awet, begitupun dengan kain linen. Saat mencuci kemeja berbahan linen sebaiknya gunakan air dingin dan jangan menggunakan pemutih agar serat kain tetap terjaga.

Tidak cukup sampai di sana, saat menyetrika lapis kain linen dengan kain lainnya untuk menjaga serat dan ketahanan kain.

  • Kain Chambray

Bahan Kemeja Chambray
Bahan Kemeja Chambray

Kain chambray salah satu bahan kemeja yang bagus dan adem, bahan kemeja ini menyerupai denim namun dibuat dengan tekstur yang lebih halus.

Bahan denim dikenal sebagai bahan kemeja yang menyerap keringat sehingga adem saat dipakai, namun diklaim memiliki tekstur yang lebih berat dan kaku dimana untuk sebagian orang hal ini cukup mengganggu. Untungnya kini sudah ada kemeja chambray dengan tekstur lebih tipis, bagus dan adem digunakan.

  • Kain Rayon

Bahan Kemeja Rayon
Bahan Kemeja Rayon

Kemeja berbahan rayon sudah banyak kita temukan di pasaran. Kain rayon memiliki karakteristik yang lebih lembut dan licin sehingga ideal digunakan sebagai bahan kemeja.

Selain tidak mudah kusut, bahan kain ini dijual dengan harga terjangkau terlebih ketika kamu membeli kain dalam jumlah gulungan. Di pasaran kemeja berbahan rayon banyak ditemukan, tersedia dalam varian warna yang beragam bahkan warna-warna cerah pada kain ini sangat menggiurkan.

Walau menjadi bahan kemeja yang bagus dan adem, kain rayon memiliki kekurangan yang wajib kamu perhatikan sebelum menyetoknya. Karena memiliki tekstur yang licin kain ini menonjolkan lekuk tubuh pengguna, mudah luntur dan terbakar jika berkontak langsung dengan api.

  • Kain Acrylic

Kain Acrylic
Kain Acrylic

Kain acrylic salah satu bahan kemeja yang bagus dan adem, bahan ini terbuat dari bahan dasar polimer sintesis dan biasanya digunakan dalam memproduksi kemeja pria.

Bahan kemeja yang satu ini lembut, ringan, dan tidak menyebabkan rasa gatal ketika dipakai. Walau demikian, bahan kain ini tidak memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap air.

  • Kain Oxford

Kain Oxford
Kain Oxford

Kain Oxford merupakan bahan kemeja yang bagus dan adem terakhir dalam pembahasan kita. Bahan ini terbuat dari 60% katun dan 40% poliester, dengan kandungan katun yang lebih besar maka pakaian lebih dingin ketika digunakan.

Ciri khas kain oxford adalah halus, memiliki tekstur yang rata dan ringan. Benang-benang yang terpintal dalam kain oxford sangat kuat. Kain inipun tidak menerawang dan dijual dengan variasi warna yang menarik dan dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Dibalik semua kelebihan oxford, terdapat pula beberapa kekurangan dalam pemanfaatnya sebagai kemeja yakni mudah kusut sehingga kalian wajib memperhatikan pergerakan agar penampilan selalu terjaga.

Meskipun sudah dikenal sebagai kain yang kuat, kain oxford rentan robek ketika terkena detergen yang berlebihan, mungkin hal ini menjadi perhatian khusus dalam merawat pakaian berbahan oxford ini ya.

Jangan lewatkan 8 Rekomendasi dan Harga Mesin Cuci 2 Tabung yang Bagus dan Awet

Tips Memilih Bahan Kemeja yang Berkualitas

Tips Memilih Bahan Kemeja yang Berkualitas
Tips Memilih Bahan Kemeja yang Berkualitas

Bahan kemeja yang bagus dan adem sudah sobat temukan dalam pembahasan ini, dimana masing-masing bahan yang dipaparkan memiliki kriteria tersendiri yang membuat kamu bingung untuk memilih salah satu diantaranya.

Jika benar demikian, simak beberapa tips dari Mocipay dalam memilih bahan kemeja yang berkualitas:

Tips Penjelasan
Pilih Bahan Sesuai dengan Penggunaan Kemeja Bahan kemeja diproduksi dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pasar, dimana biasanya digunakan sebagai seragam kerja dan kegiatan informal lainnya. Nah, pilihlah kemeja sesuai dengan bahan yang sobat butuhkan. Misalnya bahan kemeja tropical drill sebagai bahan kemeja kantor atau kemeja rayon digunakan saat melakukan kegiatan informal lainnya.
Tidak Mudah Kusut Jika sudah memilih salah satu bahan sesuai dengan penggunaan kemeja, pastikan bahan tersebut tidak mudah kusut apalagi kemeja digunakan untuk acara formal ya. Di atas sudah kami jabarkan beberapa bahan kemeja yang bagus dan adem, beberapa diantaranya mudah kusut. Nah, pilihlah bahan kain yang tidak mudah kusut agar nyaman dan penampilan kamu tetap terjaga seharian.
Sesuaikan dengan Iklim Dalam memilih bahan kemeja yang berkualitas perlu kamu sesuaikan dengan iklim dan penggunaan. Dalam cuaca panas pilihlah kemeja yang tipis, adem dan menyerap keringat sedangkan untuk cuaca dingin pilihlah bahan kemeja dengan serat yang padat atau tidak tipis.
Pilih Bahan Kemeja yang Awet Biasanya bahan kain yang awet diklaim berkualitas dan menjadi nilai jual suatu kemeja. Jatuhkan pilihanmu pada bahan kemeja yang awet sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang, meskipun biasanya kemeja dengan serat tebal ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Terlepas dari kualitas serat kain, jangan abaikan perawatan ekstra pada kemeja. Cara sederhana merawat kemeja dengan tidak memadukanya dengan kain lain pada tabung pencucian, tidak mengkucek terlalu kuat agar serat terjaga, dan menggunakan kain sebagai alas disaat menyetrika baju.

Akhir Kata

Bahan Kemeja yang Bagus dan Adem
Bahan Kemeja yang Bagus dan Adem

Pemilihan bahan baju memang tidak bisa sembarangan, karena secara langsung akan memengaruhi kenyamanan penggunanya. Dapat juga dikatakan bahan menjadi tolak ukur untuk membeli sebuah pakaian, terlebih kemeja karena sudah pasti lebih sering digunakan dalam kegiatan formal.

Dengan adanya rekomendasi bahan kemeja yang bagus dan adem diatas, semoga kamu tidak lagi kesulitan menentukan bahan kemeja yang digunakan sehari-hari ya.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay