Ragam

Makanan Apa Yang Berakibat Fatal Jika Tertelan Oleh Anjing?

Makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing? pertanyaan ini tatkala muncul khususnya bagi anda yang mempunyai anjing sebagai hewan peliharaan.

Memiliki anjing disisi nampaknya membuat kita extra waspada, walaupun mereka diklaim sebagai  hewan lucu, cerdas dan aktif, ternyata keaktifan anjing tersebut memerlukan pengawasan agar tidak membahayakan nyawanya.

Anjing dikenal sebagai hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, karena inilah mereka selalu mengendus lalu mencari tahu aroma tertentu, namun hal ini bertentangan karena beberapa makanan disekitar anjing sangat berbahaya apabila mereka menjilat bahkan memakanya.

Makanan yang berbahaya untuk anjing
Makanan yang berbahaya untuk anjing

Pada umumnya kematian anjing bukan karena faktor usia melainkan keracunan makanan yang tidak seharusnya dikonsumsi. Karena kekuatan racun membuat anabul pasif lantas meunjukkan gejala keracunan seperti muntah dan diare, karena hal inilah pencarian mengenai makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing mulai dicari.

Gejala lain ketika anjing keracunan adalah kejang, perut kembung dan suhu tubuh tinggi. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani kemungkinan besar kamu akan kehilangan anjing kesayanganmu, oleh karenanya akan lebih mudah mencegah daripada menghadapi besarnya resiko yang dialami.

Makanan Apa yang Berakibat Fatal jika Tertelan Oleh Anjing?

Membahas lanjut mengenai makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing, kali ini kami akan jabarkan beberapa makanan yang dilarang keras dicicip oleh anjing kesayanganmu.

Makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing
Makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing

Makanan yang dilarang inipun biasanya bersumber dari dapur tuan anjing, Melalui penjelasan berikut diharapkan anda segeraa mengetahui makanan yang meracuni anjingmu sehingga dapat melakukan pertolongan sesegera mungkin, tidak perlu berlama-lama berikut penjelasan makanan apa saja yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing kesayanganmu:

  • Cokelat

Daftar pertama makanan yang berakibat fatal bagi kesehatan anjing adalah cokelat. Rasa cokelat yang pahit berbahaya bagi anjing, karena mengandung konsentrasi theobromine per ons lebih tinggi daripada cokelat susu. Gejala awal jika anjing menelan cokelat terlihat pada mulut yang mengeluarkan air liur yang berlebihan.

Berikutnya mereka akan muntah dan terengah-engah , karena cokelat dapat mengurangi sirkulasi dan menurunkan suhu tubuh tak heran apabila anabul mengalami peningkatan detak jantung. Jika hewan peliharaanmu umengalami kondisi serupa segera induksi agar muntah dan membawanya ke dokter hewan.

  • Makanan yang Mengandung Kafein

Makanan yang mengandung kafein
Makanan yang mengandung kafein

Sama hal nya dengan manusia, makanan yang mengandung kafein berakibat buruk untuk kesehatan anjing. Jika anjing mengonsumsi makanan ini jangan heran bila tubuhnya gemetar dan hiperaktif jangka pendek, walaupun demikian kondisi ini tentunya sangat mengganggu.

Karena kafein mengandung stimulan bernama methylated xantine yang dapat menyerang sistem saraf anjing, yang berarti membahayakan nyawa terlebih ketika anjing mengonsumsi jenis kopi dengan kadar tertinggi, bisa saja membuatnya berujung pada kematian.

  • Alpukat

Apabila anda penasaran makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing setelah kafein dan cokelat, kali ini mereka dalam kategori buah dan paling disukai anjing.

Jika alpukat ada disekitar meja makan sebaiknya kamu jauhkan dari jauhkaun hewan lincah ini, bukan hal biasa kita melihat anjing melompat dan menggarap makanan di meja. Jangan salah persepsi dan memberikan alpukat agar bobot anjingmu naik, ternyata makanan ini malah membahayakan nyawanya.

Mengapa alpukat berakibat fatal? karena kandungan persin yang membuat penumpukan cairan di dada lalu membuatnya kesulitan bernafas, tak heran ini dikatakan mampu membunuh anjing.

  • Xylitol

Xylitol
Xylitol

Kandungan xylitol dalam permen karet dan pasta gigi ternyata berbahaya bagi kesehatan anjing. Xylitol sendiri digunakan sebagai pemanis permen karet dan biasa dikonsumsi manusia.

Namun dalam kondisi ini, sebaiknya kamu jauhkan jangkauan anjing dari beberapa makanan dan produk rumah tangga yang menggunakan xylitol, karena jika anjing menelan dalam dalam tektur permen karet akan berbahaya dan mengakibatkan gula darah menurun tiba-tiba.

  • Kacang

Jika ingin anjingmu panjang umur jangan berikan makanan yang mengandung kacang berlebihan. Kacang merupakan jawaban makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing yang mengakibatkan kerusakan saraf dan otot.

Apalagi anda memberikan cokelat dengan kandungan kacang didalamnya, cepat atau lambat anjing yang mengonsumsinya bisa saja lumpuh dan menyebabkan kematian dini.

Beberapa makanan yang kita ulas mengandung racun, berikan pertolongan pertama untuk mengobati anjing keracunan disini 7 Cara Mengobati Anjing Keracunan Dengan Cepat

  • Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Sama seperti manusia, konsumsi makanan tinggi gula berakibat buruk bagi kesehatan anjing. Jenis makanan ini paling sering diberikan pada anjing, ternyata berbagi dengan hewan kesayangan bisa saja menyebabkan kematian.

Contoh makanan tinggi gula adalah yogurt dan aneka kue, jika dikonsumsi dalam jumlah besar menyebabkan kerusakan di pankreas, jika ingin berbagi sebaiknya berikan cemilan kusus anjing saja ya sobat.

  • Bawang

Bawang
Bawang

Menjawab pertanyaan makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing selain enam jenis makanan diatas, berikutnya ada bawang yang berakibat fatal jika dikonsumsi anjing.

Berkreasi dan mengolah sendiri makanan untuk anabul memang baik, tetapi hindari penggunaan bawang jika tidak ingin pencernaan anjingmu bermasalah. Walaupun gangguan sebab bahan makanan yang satu ini tidak terlihat langsung, namun diyakini cukup berbahaya dan mengakibatkan kerusakan sel darah merah.

  • Alkohol

Alkohol
Alkohol

Alkohol juga masuk dalam jawaban makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing. Oleh karena itu, sangat perlu menjauhkan anjing dari makanan yang mengandung alkohol seperti tape, apel dan olahan cuka.

Mengapa dikatan berakibat fatal? tenyata alkohol bisa menyebabkan kejang, susah bernafas, gemetar diare bahkan berujung kematian. Jika kamu memiliki stok alkohol jauhkan dari jangkauan anabul kesayanganmu ya guys!.

  • Susu, Krim dan Keju

Di usia dewasa kemampuan enzim anjing untuk mengurai susu semakin berkurang, karenanya konsumsi makanan ini bisa berkibat serius bagi kesehatanya. Jika sobat berinisiatif mengolah makanan untuk kesayanganmu, jangan tambahkan keju dan krim yang akan memperburuk keadaanya.

Alasan mengapa makanan ini tidak direkomendasikan karena kandungan gula dan lemak yang justru membuat gas dan diare. Selain itu, tubuh anjing rentan terserang bakteri jika mengonsumsi susu berlebih.

  • Makanan yang di Goreng dan Berlemak

Menjawab pertanyaan makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing adalah makanan hasil penggorengan dan berlemak.

Bukan hanya pada anjing, makanan berlemak harusnya diwaspadai manusia juga. Mengapa demikian? makanan berlemak tinggi membuat obesitas dan berdampak pada kesehatan anjing. Untuk menghindari hal tersebut sebisa mungkin berikan makanan hasil kukusan.

Melalui pembahasan makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing diatas, anda bisa mengkaji makanan yang harus dijauhkan dari pandangan anjing kesayanganmu, apabila anda tengah mengalami hal merugikan ini segera konsultasikan di Halodoc dan ceritakan kondisi terkini pada anjingmu.

Penutup

Terjawab sudah makanan apa yang berakibat fatal jika tertelan oleh anjing, semua makanan ini masuk dalam golongan makanan manusia sebagai owner anjing. Oleh karena itu, jauhkan jangkaun sepuluh makanan diatas agar anjingmu berumur panjang ya sobat.

Back to top button