Tips

7 Cara Mengobati Anjing Keracunan Dengan Cepat

Tidak usah panik jika anabulmu tiba-tiba mendapat masalah kesehatan, ada cara mengobati anjing keracunan dengan berbagai langkah mudah.

Memiliki hewan peliharaan disekitar membuat kita ekstra waspada dan hati-hati. Pasalnya, banyak makanan manusia yang tidak bisa dikonsumsi anjing, tidak hanya itu beberapa tanaman beracun yang tidak kita sadari saat memeliharanya.

Anjing merupakan hewan yang gesit dan tidak bisa diam, mereka akan terobsesi ketika melihat benda maupun makanan yang ada didepanya, karena itu anjing rentan keracunan. Lantas apakah ada cara mengobati anjing keracunanan dengan cepat? Temukan jawbanya dengan membaca artikel ini sampai habis.

Ciri Ciri Anjing Keracunan

tanda-tanda anjing keracunan
Sumber: petpintar.com

Sebelum membahas cara mengobati anjing keracunan, ketahuilah tanda-tanda anbulmu keracunan. Bisa saja kamu tidak menyadari anabulmu memakanan maupun mengirup zat mematikan.

Beberapa penyebab utama anjing keracunan adalah makanan dan kandungan zat pembersih rumah tangga yang kita gunakan sehari-hari. Sebelum memberikan pertolongan pertama, sebaiknya kamu mengetahui tanda-tanda umum ketika anjing keracunan berikut ini :

Ciri-ciri Deskripsi Singkat
Muntah Anjing yang keracunan sering kali akan muntah. Muntah ini bisa satu kali atau berulang.
Diare Diare juga merupakan tanda umum keracunan pada anjing. Diare mungkin disertai darah atau tidak.
Lemas Anjing yang keracunan biasanya akan tampak lemas atau lesu. Mereka mungkin tampak tidak berenergi atau bahkan sulit berdiri.
Kejang Dalam kasus keracunan yang parah, anjing mungkin mengalami kejang. Ini adalah tanda yang sangat serius dan memerlukan perhatian medis segera.
Perubahan Perilaku Anjing yang keracunan mungkin menunjukkan perubahan perilaku, seperti menjadi gelisah, bingung, atau agresif.
Baca Juga :  4 Cara Top Up Shopeepay Pakai Pulsa Telkomsel, XL, Indosat & Tri

Bagaimana Cara Mengobati Anjing Keracunan ?

Mendapati anjing yang keracunan merupakan hal yang menyedihkan bagi pemiliknya, beberapa dari mereka histeris melihat anjing terkapar lemah. Jangan gegabah memberinya obat yang tidak sesuai, silahkan cek kondisi sekitarmu untuk mengetahui makanan yang membuat kondisi anjingmu menurun, setelahnya kamu bisa mencoba satu diantara cara berikut:

  • Paksa Anjing Muntah dan Cuci Bagian Tubuh

Jika sudah mengetahu penyebab anabul muntah dari makanan yang beracun, paksa dia muntah untuk mengeluarkanya. Ini merupakan cara utama yang biasa dilakukan agar racun yang mematikan tidak menyebar. Jikalau ada racun yang tersisa pada anjing, bersihkan dengan air dan menjauhkanya. Jangan sekali-sekali berikan obat tanpa konsultasi kepada dokter, hal itu akan memperburuk keadaan.

Setelah memuntahkan makanan beracun, silahkan bersihkan mulut anjing dengan air dan tisu basah untuk mencegah kemungkinan anjing menelanya kembali.

  • Bawa Anjing ke Ruang Terbuka

Selain memaksa muntah, lakukan cara mengobati anjing keracunan dengan membawanya ke ruang terbuka. Perlu kamu ketahui, semua makhluk hidup bisa saja keracunan karena nanopartikel yang tanpa disadari telah merusak sistem pernafasan.

Jika tidak ada bukti bahwa anjingmu menjilat makanan yang berbahaya, patut kamu curigai udara merupakan penyebabnya. Silahkan bawa anjingmu ke ruang terbuka, sebisa mungkin buat dia menghirup udara segar dan bersih. Dengan berganti udara, anjing lebih lega dan udara bersih dapat mengganti udara kotor dalam tubuhnya.

  • Berikan Campuran lemon untuk Menetralkan Racun

berikan air lemon
Sumber: k9web.com

Cara mengobati anjing keracunan berikutnya dengan memberikan ramuan tradisional berupa campuran air lemon untuk menetralkan racun. Cara ini sudah dikenal dan banyak digunakan bahkan untuk manusia, Peras air dari setengah lemon, campurkan dengan susu dan berikan kepada anjingmu. Biasanya anjing akan menolak makanan disaat kondisinya menurun, paksa anjing menelan ramuan ini.

  • Berikan Air Kelapa

Air kelapa yang akan mengganti cairan dalam tubuh, karenanya pemberian buah ini bisa disebut sebagai cara mengobati anjing yang keracunan. Salah satu ciri anjing keracunan berupa muntah diare berlebihan, yang membuat anjing dehidrasi.

Baca Juga :  Akun DANA Tidak Bisa Login, Hubungi Customer Service Lewat 5 Langkah Berikut ini!

Cara ini dapat dilakukan dengan menuangkan air kelapa kedalam wadah minumnya, jika tidak kamu bisa menyuapi dengan sendok bahkan memaksa air kelapa masuk kedalam mulutnya.

Baca juga artikel menarik lainya: 5 Penyebab Bulu Anjing Rontok Dan Cara Mengatasinya

  • Berikan Norit

Sebagai pemilik anjing tak selalu bisa mengawasinya 24 jam. Jika kamu tidak melihatnya memakan dan menelan racun namun fisik menunjukkan gejala keracunan, berikan norit pada hewan.

Melansir dari wikipedia, karbon aktif yang dikenal sebagai norit digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Prinsip kerja norit adalah ketika masuk kedalam tubuh akan menjerat bahan-bahan racun dan berbahaya yang menyebabkan gangguan pencernaan dan dikeluarkan bersama tinja, karena hal itu pemberian norit disebut sebagai cara mengobati anjing keracunan.

  • Berikan Susu untuk Menetralkan Racun

Berikan susu
Sumber: sibinatang.com

Sebagai pemilik anjing, usahakan tidak panik saat menangani anjing yang keracunan dan mulai mencari sumber permasalahan dengan memberikan pertolongan pertama. Cara mengobati anjing keracunan berikut ini dengan memberikan susu untuk mempercepat proses penetralan.

Racun yang mengendap dalam tubuh membuat hilang energi untuk itu dibutuhkan susu untuk menambah energi anjing, namun sebelumnya pastikan susu yang diberikan murni dan dikonsumsi dalam jumlah banyak ya.!

  • Hubungi Dokter Hewan

Sobat, anjing yang menelan racun dengan durasi lama membuat cara diatas susah berhasil, untuk itu cara mengobati anjing keracunan dengan membawa anjing ke dokter hewan agar mendapat pertolongan.

Jika tidak bisa membawanya langsung, silahkan hubungi dokter hewan langganan dan sampaikan detail permasalahan anjingmu, kamu bisa ceritakan mulai dari kondisi mulut, gusi, lidah dan warna feses anjing. Selain itu, sampaikan informasi fisik anjing agar dokter menganalisis obat/ramuan pertolongan pertama sebelum membawanya ke spesialis.

Baca Juga :  Berapa Lama Hasil Pemakaian Wardah Crystal Secret? 1 Sampai 2 Bulan!

Artikel menarik lainnya untuk kamu: 12 Makanan Kesukaan Anjing Yang Murah Dan Bergizi

Penutup

Cara Mengobati Anjing Keracunan
Cara Mengobati Anjing Keracunan

Selesai sudah kita mengulas beberapa penyebab dan cara mengobati anjing keracunan. Selain cara diatas, upayakan anjingmu sehat agar kondisi tidak terjadi berulang-ulang, jauhkan makanan dan tumbuhan beracun dari jangkaunya, sediakan makanan dan alat bermain agar anjing tidak terfokus pada benda berbahaya.

Back to top button