4 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP dan Laptop Yang Jauh

Irfan Nathanael

Cara Memperkuat Sinyal WiFi – Zaman sekarang manusia tidak dapat dipisahkan dari internet. Internet kini seakan-akan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, terutama yang berada di kota.

Bagaimana tidak, hampir semua aktivitas yang kita lakukan membutuhkannya. Mulai dari mengerjakan pekerjaan sekolah atau kampus, mengerjakan pekerjaan kantor, mencari informasi, hingga untuk menghubungi orang lain.

Selain menggunakan paket internet dari beberapa provider yang tersedia, sekarang banyak masyarakat yang menggunakan WiFi untuk dapat mengakses internet. Salah satu keunggulan dari WiFi adalah kamu bisa mengakses internet tanpa batasan kuota.

Namun terkadang saat menggunakan WiFi yang tersedia di tempat umum, kecepatannya menjadi berkurang dan aksesnya pun menjadi lambat. Pada artikel kali ini Mocipay akan membahas tentang cara memperkuat sinyal WiFi.

Artikel menarik lainnya: 8 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200kb Terbaru 2023

Apa Itu WiFi?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara memperkuat sinyal WiFi, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui apa itu WiFi. WiFi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang memakai gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang besar.

Pada awalnya WiFi hanya di gunakan sebagai perangkat nirkabel pada jaringan LAN (Local Area Network) saja, tapi seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan maka sekarang dapat digunakan juga untuk mengakses jaringan internet.

Untuk koneksi WiFi maka diperlukan adaptor nirkabel (tanpa kabel) untuk membangun hotspot, sehingga dengan cangkupan tertentu pengguna dapat mengakses internet. Dalam koneksivitasnya WiFi menggunakan nirkabel untuk terhubung ke perangkat pengguna yang ada disekitarnya.

Adapun gelombang radio yang digunakan adalah dengan rentang 2,4 GHz sampai 5 GHz.
WiFi bisa digunakan untuk menghubungkan fitur semacam komputer, laptop, tablet atau handphone, smart televisi, ke jaringan internet.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Seiring berjalannya waktu, kini WiFi nyaris dapat digolongkan ke dalam kebutuhan primer masyarakat. Terlebih jika kamu yang sehari-hari banyak berkutat dengan internet, mulai dari pekerja kantoran, konten kreator, hingga mahasiswa atau sekadar siswa sekolah. WiFi seolah-olah sudah menjadi bagian penting dari internet.

Mengakses Internet dengan menggunakan WiFi sangat membantu setiap aktivitas kita baik dalam mencari informasi di internet maupun untuk mengakses sosial media.

Pasalnya, WiFi yang sinyalnya cepat dapat menunjang secara penuh proses download data maupun upload data pada perangkat kamu. Jadinya, semua tugas dapat dilakukan dengan maksimal.

Mau kirim email, browsing informasi, belajar, bermain game online, atau streaming musik dan film bisa dapat kamu lakukan dengan lancar jika kamu menggunakan WiFi yang cepat.

Namun apa jadinya ketika kamu sedang menggunakan WiFi namun sinyalnya melambat, kamu pasti merasa kesal dan emosi. Nah, kali ini Mocipay akan membahas tentang cara memperkuat sinyal WiFi dengan mudah tanpa ribet, simak ya:

1. Restart Router Secara Berkala

Restart Router Secara Berkala
sumber gambar (tokopedia.com)

Cara memperkuat sinyal WiFi yang pertama adalah dengan melakukan restart router secara berkala. WiFi router sama juga seperti komputer, laptop dan handphone yang sering bermasalah jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu harus melakukan reboot dan restart secara berkala agar kinerja router sebagai pemancar WiFi dapat lebih optimal. Meskipun cara ini tergolong sederhana, tetapi sudah terbukti ampuh sebagai salah satu cara memperkuat sinyal WiFi yang kurang bagus.

2. Ganti Sandi WiFi Secara Berkala

Ganti Sandi WiFi Secara Berkala

Jika cara sebelumnya belum ampuh, maka memperkuat sinya WiFi berikutnya adalah dengan mengganti sandi WiFi secara berkala. Sinyal WiFi menjadi lemah biasanya karena sudah banyak yang menggunakan WiFi kamu.

Selain itu, pengaruh lainnya adalah router dan modem yang menjadi cepat panas akan mengganggu kinerja dari sinyal WiFi itu sendiri akibat banyaknya pengguna. Jadi, mulai dari sekarang rutin mengganti sandi WiFi supaya sinyal WiFi dapat berjalan dengan normal.

3. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Cara memperkuat sinyal WiFi berikutnya adalah, mengunduh aplikasi yang dapat menjadi penguat sinyal WiFi kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi penguat sinyal untuk memperkuat sinyal WiFi kamu agar kamu dapat bekerja dengan maksimal.

Beberapa aplikasi penguat sinyal yang dapat kamu coba adalah seperti WiFi Master, Connection Stabilizer Booster, WiFi Overview 360, dan aplikasi lainnya yang bisa kamu dapatkan dan dapat kamu unduh secara gratis melalui Playstore atau Apple Store handphone kamu.

Terdapat berbagai macam fitur di dalam aplikasi tersebut yang dapat kamu coba untuk memperkuat jaringan WiFi kamu, seperti fitur Boost yang berguna untuk memperkuat dan meningkatkan sinyal WiFi pada gadget kamu.

4. Gunakan WiFi Repeater

WiFi Repeater
sumber gambar (lazada.co.id)

Cara memperkuat sinyal WiFi yang terakhir adalah dengan menggunakan WiFi Repeater. WiFi Repeater adalah alat untuk menangkap sinyal WiFi, lalu memancarkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat. Alat ini juga biasa disebut dengan penguat sinyal yang efektif ditempatkan pada daerah dengan penerimaan sinyal WiFi yang buruk.

Perangkat ini juga cukup bagus digunakan di tempat yang memiliki banyak penghalang, seperti tembok. Kini sudah banyak WiFi Repeater dengan harga terjangkau, atau kamu bisa memanfaatkan router lama yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah repeater untuk memperkuat sinyal WiFi kamu.

Penyebab Sinyal WiFi Lemot

Penyebab Sinyal WiFi Lemot

Ketika kamu menggunakan WiFi dan kekuatannya sinyalnya berkurang, maka ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab sinya WiFi menjadi lemot, yang bisa saja terjadi, simak ya:

  • Router WiFi Terhalang Tembok atau Benda

Salah satu penyebab sinyal WiFi kamu lemot adalah karena terhalangnya sinyal oleh tembok atau benda-benda lainnya. Semakin banyak halangan atau tembok yang dilalui, maka kecepatan WiFi akan semakin lemah. Untuk mengatasi permasalahan ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan router WiFi secara tepat.

Posisi yang tepat untuk meletakkan router WiFi yaiut tempat terbuka dan tidak terhalang oleh tembok atau tempat yang tinggi sehingga sinyal bisa dengan mudah untuk dijangkau. Apabila kamu menempatkan router di tempat yang rendah, maka dapat membuat sinyal internet WiFi lemot karena terbatas.

  • Banyak Perangkat Yang Tersambung

Semakin banyak perangkat yang tersambung maka akan membuat sinyal WiFi  juga semakin banyak terbagi. Hal ini membuat konektivitas sinyal yang ditangkap setiap perangkat menjadi lambat.

Selain itu, adanya bandwidth atau aktivitas yang besar seperti mengunduh film atau bermain game juga dapat mempengaruhi sinyal WiFi menjadi lemot.

Apalagi jika aktivitas berat tersebut dilakukan oleh sejumlah perangkat secara bersamaan. Untuk mengatasi hal ini diperlukan pembatasan terhadap pengguna WiFi.

Cara tersebut ampuh untuk mendapatkan sinyal WiFi yang lebih cepat dan stabil. Apalagi jika konektivitas WiFi yang kamu gunakan bisa menjangkau jarak yang jauh, maka pembatasan pengguna adalah solusi yang sangat direkomendasikan.

  • Koneksi WiFi Sedang Lemot

Pada dasarnya semua jaringan WiFi akan mengalami lemot karena beberapa hal.

Penyebab Lainnya Deskripsi
Jarak dari Router Semakin jauh dari router, sinyal menjadi lemah, menyebabkan kecepatan yang lebih lambat.
Gangguan Elektronik Perangkat seperti mikrowave atau telepon nirkabel bisa mengganggu sinyal WiFi.
Beban Jaringan Terlalu banyak perangkat terhubung bisa membagi bandwidth, mengakibatkan kecepatan yang lambat.
Interferensi dari Jaringan Lain Banyaknya jaringan WiFi di sekitar dapat menyebabkan interferensi dan kecepatan yang lambat.
Gangguan Fisik Dinding tebal atau perangkat keras yang menghalangi sinyal dapat mengurangi kecepatan.

Penutup

Cara Memperkuat Sinyal WiFi
Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Demikianlah pembahasan tentang cara memperkuat sinyal WiFi pada artikel kali ini. Apabila cara diatas belum mampu utnuk memperkuat sinyal WiFi kamu, maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengganti router WiFi ke provider WiFi yang baru.

Karena bisa saja provider yang kamu gunakan sudah melambat didaerah kamu tinggal yang disebabkan berbagai alasan. Jadi, pastikan bahwa kamu menggunakan provider yang dapat menjangkau daerah kamu tinggal. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu terutama yang sedang mencari cara memperkuat sinyal WiFi.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay