9 Cara Mengatasi Aplikasi DANA Error Hari Ini 2024

Ratih Pratiwi

Solusi sederhana dan lengkap cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini, dengan berbagai penyebab berbeda. Ingin tahu selengkapnya? Cek langsung langkah-langkahnya!.

Bagi pengguna setia DANA ataupun aplikasi dompet digital lainnya, gangguan teknis memang cukup menghambat segala keperluan. Untuk itulah informasi cara mengatasi Aplikasi DANA error hadir. Kamu bisa cermati solusinya, agar aplikasi DANA bisa pulih kembali.

Informasi ini akan sangat penting diketahui sebagai pembekalan, bahkan meskipun gangguan belum pernah dialami sebelumnya. Alasannya, karena keberadaan aplikasi e-wallet begitu membantu segala kebutuhan transaksi individu.

Melalui bantuan aplikasi tersebut, transaki bisa dilakukan lebih mudah dan fleksibel dari mana saja secara online, salah satunya DANA. Namun apa jadinya jika aplikasi transaksi yang kamu andalkan tiba-tiba mengalami gangguan? Tentunya cukup menghambat bukan?

Di samping berbagai keunggulan dan kemudahannya, secara teknis aplikasi seperti ini memang kerap kali menemui berbagai gangguan, dan hal ini wajar terjadi. Melalui bimbingan yang ada, kita akan paham bagaimana cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini.

Mengenal Aplikasi DANA

Sebelum membahas lebih jauh, ada beberapa hal terkait DANA yang perlu dipahami sebagai pengguna. DANA merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang berguna untuk mempermudah transaksi non tunai dan non kartu, seperti transfer, pembayaran, top up, hingga tagihan ke berbagai merchant offline maupun online.

Aplikasi e-wallet berukuran 51 MB ini dikembangkan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe, dan pertama kali diresmikan pada September 2018 lalu.

DANA merupakan aplikasi atau produk yang dikembangkan oleh programmer dan perusahaan asli Indonesia, serta disokong oleh perusahaan asal Tiongkok. Untuk keamannya sudah terjamin karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar secara resmi di Bank Indonesia (BI).

Hingga saat ini aplikasi DANA sudah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia, dan tercatat hampir 7 juta transaksi selalu ada setiap harinya.

Dengan banyaknya jumlah pengguna, tak heran jika aplikasi kerap kali mengalami gangguan secara teknis saat digunakan oleh pengguna. Dan pastinya akan banyak yang mencari cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini secara efektif.

Fitur-Fitur Aplikasi DANA

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 2023
Screenshot DANA

Dengan jumlah pengguna yang tidak main-main, DANA menyuguhkan berbagai aspek atau fitur unggulan yang lengkap seperti berikut:

  1. Transfer dan Terima Saldo

Fitur pertama adalah untuk melakukan transfer dan menerima saldo secara cepat, praktis, dan real time. Bahkan bukan hanya antar sesama pengguna DANA, transaksi ini bisa dilakukan antar rekening bank. Hanya dengan bermodalkan nomor rekening bank atau nomor DANA tujuan, proses transfer bisa langsung terkirim.

  1. Scan Kode QR

Ada juga fitur scan QR code yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran non tunai d berbagai merchant. Jadi, ketika kamu melakukan pembelian, pembayaran bisa dilakukan dengan mengandalkan aplikasi ini meskipun tidak membawa uang cash.

Sebelumnya pastikan pembayaran ke kasir bisa dilakukan melalui pemindaian DANA QR atau QRIS.

  1. Bayar Tagihan

Bukan hanya soal top up saldo, DANA menyediakan fitur lebih untuk melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti listrik, air, pulsa, internet, BPJS, hingga bayar tagihan belanja di marketplace.

  1. Fitur Cash Out (Tarik Tunai)

DANA juga mempersembahkan fasilitas tarik tunai tanpa harus pakai kartu. Pengguna DANA bisa mencairkan saldo di ATM, minimarket, hingga jasa gadai.

  1. Simpan Kartu

Pengguna juga bisa simpan kartu melalui fitur yang dapat digunakan untuk menambahkan kartu debit hingga kartu kredit ke aplikasi.

  1. Nearby Me

Ada juga fitur Nearby Me yang dapat digunakan untuk berbelanja secara online di restoran atau outlet terdekat dengan lokasi saat ini, dilengkapi dengan peta yang mempermudah pelacakan.

  1. Investasi Emas

Investasi emas juga menjadi salah satu fitur bermanfaat yang ada di aplikasi DANA.

Alasan Pengguna Harus Paham cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 

Sudah tak perlu dielakkan lagi, sebetulnya banyak alasan kuat yang membuat pengguna setia harus paham betul permasalahan umum serta cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini.

  • Pertama, karena sudah nyaman akan penggunaannya sehingga sulit untuk beralih penggunaan begitu saja. Selagi dapat diusahakan sendiri, banyak pengguna lebih memilih mengatasinya sendiri.
  • Kedua, jika akun DANA menyimpan saldo besar apalagi kalau pengguna merupakan high society user.
  • Ketiga, aplikasi sudah dilengkapi dengan kelengkapan fitur untuk semua jenis kebutuhan. Bahkan untuk top up dan biaya transfer saja gratis.
  • Keempat, masih ada voucher yang belum sempat digunakan hingga promo diskon yang menggoda.

Penyebab DANA Error

Gangguan yang dialami oleh DANA berbeda-beda, sehingga berpengaruh pada solusi atau cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini nantinya. Untuk itu berikut beberapa penyebab umumnya:

  • Masalah di Koneksi Internet

Masalah pertama bisa terjadi karena koneksi internet kamu lemot atau tidak stabil, sehingga mempengaruhi kecepatan bahkan menggagalkan akses ke aplikasi.

  • Sistem Aplikasi Bermasalah

Kedua, mungkin disebabkan masalah pada aplikasi. Terutama jika kamu belum melakukan pembaruan versi, sehingga sistem gagal memproses transaksi.

  • Akun DANA Bermasalah

Atau gangguan bisa juga dikarenakan akun pengguna sedang dibekukan untuk sementara ataupun permanen.

  • Gangguan Server

Dan penyebab selanjutnya bisa dikarenakan adanya perbaikan sistem (maintenance), sehingga aplikasi DANA down.

Dampak Ketika DANA Gangguan

Dengan mengetahui dampaknya, akan membuat pengguna semakin tergerak untuk segera mencari tahu cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini. Salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengguna ketika aplikasi mengalami gangguan yaitu beberapa keperluan pembayaran menjadi terhambat.

Apalagi kaum milenial hingga gen Z sudah terbiasa dengan sistem cash less seperti ini. Berbagai kegiatan dan pembayaran di marketplace, beli tiket bioskop, ataupun segala hal yang awalnya terintegrasi dengan DANA akan terganggu.

Ciri Aplikasi DANA Error

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 2023
Sumber: belajarbersamayudha.com

Ciri otomatis yang menandai bahwa aplikasi DANA sedang dalam masa gangguan biasanya diketahui melalui notifikasi. Namun biasanya pemberitahuan tersebut muncul ketika sedang digunakan.

Ketika error, akan langsung ada notifikasi gagal memproses transaksi seperti, “untuk sementara fitur ini tidak dapat diakses” atau “sistem sedang sibuk, silahkan coba beberapa saat lagi”.

Ciri lainnya selain notifikasi adalah tampilan sistem yang lag atau stuck di logo dan belum bisa menampilkan fitur sepenuhnya.

Cara mengetahui DANA Error

Selain melalui notifikasi, kamu juga bisa kok mengetahui tanda-tanda error pada DANA secara manual. Apalagi ketika sudah mengetahui cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini dari tulisan ini, kamu bisa langsung cek saja dengan cara-cara berikut.

1.    Cek Sederhana Via Tools

Cara praktis pertama untuk melihat status sistem atau server aplikasi DANA, adalah menggunakan tools online seperti downdetector. Sesuai namanya, situs web ini akan membantu memberikan informasi kepadamu mengenai perkembangan aplikasi. Langkah menggunakannya adalah:

  • Buka situs web downdetector di Google
  • Langsung cari aplikasi DANA
  • Cek status server

2.    Cek Dari Akun DANA Lainnya

Tips lainnya mengetahui gangguan DANA adalah dengan membuka aplikasi melalui ponsel berbeda. Kamu bisa meminta izin untuk melihat akun DANA milik anggota keluarga, saudara, atau teman. Fungsinya adalah untuk melihat apakah aplikasi DANA mereka pun sama-sama mengalami gangguan atau tidak.

3.    Cek di Akun Sosial Media DANA

Nah, cara mudah lainnya adalah dengan memeriksa langsung di akun sosial media resmi DANA. Jika mengalami gangguan, biasanya admin akan memberitahukan pula melalui update informasinya.

Saran untuk kamu, maka lebih baik mengikuti informasinya seperti di akun Instagram, Twitter, atau Facebook.

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 2024

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan aplikasi DANA mengalami gangguan. Berbeda penyebabnya, maka beda pula solusinya. Namun kamu tak perlu bingung, berikut ini cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini sesuai faktornya masing-masing.

Agar memahami masalah dan solusinya dengan tepat, berikut ini tabel yang bisa kamu pahami terlebih dahulu:

No Penyebab Aplikasi DANA Error Cara Mengatasi Aplikasi DANA Error
1 Server DANA mengalami gangguan Menunggu server DANA diperbaiki dan pulih
2 Traffic pengguna padat Coba akses DANA di waktu yang berbeda
3 Koneksi pengguna terganggu atau terputus Setting opsi koneksi data (data personal/WiFi/hotspot)
4 Versi aplikasi belum diperbarui Update aplikasi DANA
5 Chache/file sampah menumpuk Hapus chache aplikasi DANA
6 Ponsel pengguna bermasalah Restart/reboot ponsel
7 Akun DANA mengalami gangguan Hubungi Customer Service DANA
8 Aplikasi DANA mengalami Bug Logout dan login kembali ke akun DANA
9 RAM ponsel penuh Menghapus sebagian aplikasi di ponsel

Lebih detail lagi, cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini langkah-langkahnya sebgaai berikut:

1. Cek dan Setting Koneksi Internet

Hal mendasar yang paling memungkinkan menjadi penyebab DANA gangguan, adalah karena koneksi internet pengguna. Karenanya, pertama kamu harus memastikan bahwa signal di tempat kamu stabil dan dapat digunakan untuk akses aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

Sederhana saja, kamu dapat langsung cek kecepatan internetnya. Jika tidak ditemui keterangan kecepatannya, kamu bisa cek secara real time di fitur online bernama fast.com. Apabila kecepatan internet tidak stabil atau lemot, kamu bisa ikuti langkah ini untuk mengoptimalkannya.

  • Ganti Koneksi Internet

Swipe layar ponsep hingga menampilkan pilihan menu bar seperti ‘Data Seluler’, ‘WiFi’, hingga ‘Hotspot’. Klik menu WiFi untuk mendapatkan kualitas jaringan stabil dan kencang. Atau bisa juga konseksikan ke hotspot orang lain.

  • On/Off Data

Sebagai cara untuk me-restart data, kamu bisa switch data ke mode off atau mode pesawat, lalu setelahnya hidupkan kembali mode on.

2. Buka DANA di Lain Waktu

Jika gangguan disebabkan traffic atau penuhnya akses pengunjung, cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini yang satu ini tak kalah mudah. Karena terjadi maintenance server, kamu cukup menunggu dan cek kembali aplikasi DANA di waktu yang berbeda.

Prediksikan kapan perkiraan waktu yang tepat, atau waktu akses DANA paling rendah. Atau lebih pastinya, kamu bisa cek informasi perbaikan server dengan mengunjungi media sosial resmi maupun website DANA Indonesia.

3. Memeriksa RAM Ponsel

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 2023
Sumber: Screenshot

Setiap ponsel memiliki kapasitas penyimpanan tersendiri. RAM yang sudah penuh, bisa menghambat optimalisasi penggunaan aplikasi di dalamnya. Dan bisa jadi, gangguan DANA yang terjadi padamu disebabkan oleh hal tersebut.

Jika penyimpanan sudah overload, maka aplikasi DANA bisa tiba-tiba keluar sendiri ketika dijalankan. Untuk memeriksa penyimpanan cukup masuk ke:

  • Fitur ‘Pengaturan
  • Klik ‘Tentang Ponsel’
  • Pilih ‘Penyimpanan’
  • Cek kapasitas RAM dan internal memori ponsel

Jika memang sudah penuh, maka bisa sortir aplikasi yang sudah jarang digunakan dan tidak diperlukan dengan uninstall.

4. Menghapus Chache Aplikasi

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 2023
Sumber: Screenshot

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini berikutnya dengab menghapus file sampah yang sudah menumpuk, karena bisa membuat aplikasi tidak bekerja secara optimal. Kamu bisa menerapkan hal ini untuk aplikasi lainnya juga. Langkah-langkah menghapus chache aplikasi DANA bisa dimulai dengan:

  • Klik ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ pada ponsel
  • Gulir ke bawah sampai menemukan fitur ‘Manajemen Aplikasi’
  • Klik di aplikasi ‘DANA
  • Pilih ‘Penggunaan Penyimpanan’
  • Tekan ‘Hapus Chache’

5. Perbarui DANA App

cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini 2023
Sumber: jagoankode.com

Kejadian aplikasi DANA menutup sendiri atau force close terkadang membuat pengguna terheran. Kemungkinan besar aplikasi yang digunakan adalah versi lama, untuk itu kamu hanya perlu melakukan pembaharuan saja.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Segera buka Appstore atau Playstore di ponsel
  • Lakukan pencarian aplikasi dengan ketik kata kunci ‘DANA’
  • Klik aplikasi dan tekan ‘Update’
  • Tunggu proses pembaharuan hingga selesai

6. Restart HP Pengguna

Selanjutnya adalah cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini jika aplikasi tiba-tiba tidak bisa dibuka. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena HP pengguna mengalami gangguan. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memulai ulang sistem atau restart ponsel yang digunakan, yaitu dengan tahapan:

  • Tekan lama tombol ‘Power’ pada ponsel
  • Tunggu hingga muncul pilihan ‘Off’ atau ‘Restart’
  • Pilih ‘Restart’ dan tunggu proses booting
  • Setelah ponsel hidup kembali, tunggu beberapa saat hingga semua fitur tersedia

7. Segarkan Aplikasi DANA

Cara paling sederhana selanjutnya ketika DANA mengalami bug atau error adalah dengan melakukan refresh saat itu juga. Jika kamu masih berada di halaman aplikasi DANA, maka cukup lakukan:

  • Tekan pada layar di sebelah atas lalu tarik ke bawah
  • Selanjutnya akan muncul tampilan proses refresh pada layar
  • Lakukan transaksi kecil untuk memeriksa apakah DANA sudah normal atau belum
  • Jika belum normal, lakukan refresh beberapa kali
  • Tunggu beberapa saat hingga pulih kembali

8. Perbarui OS Ponsel

Fakta yang mungkin terabaikan oleh pengguna adalah mengenai Operating System (OS). Jika OS tidak diperbarui dalam waktu yang lama, maka akan mempengaruhi aplikasi tidak bisa dibuka. Hal ini berlaku untuk seluruh aplikasi unduhan, termasuk DANA. cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini ini bisa kamu selesaikan dengan melakukan pembaruan OS, mulai dari:

  • Membuka ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ di ponsel
  • Geser ke bawah dan klik fitur ‘Tentang Ponsel’
  • Tekan ‘Versi OS’ lalu ‘Update OS’
  • Tunggu proses pembaruan beberapa saat
  • Buka kembali aplikasi DANA

9. Hubungi Customer Serice

Apabila berbagai cara di atas sudah dicoba namun aplikasi masih mengalami gangguan, pilihan terakhir cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini yang paling pamungkas adalah dengan menghubungi CS centre DANA Indonesia. Pihak CS DANA Indonesia akan memberikan bantuan sesuai titik permasalahan pengguna.

Dengan mengubungi pihak DANA, kamu bisa langsung menyampaikan keluhan atau masalah yang dialami. Selain itu, kamu juga disediakan pilihan kontak yang bisa dihubungi melalui platform manapun. Melalui cara ini, penyelesaian gangguan menjadi sangat fleksibel menyesuaikan keinginan nasabah. Berikut ini beberapa kontak DANA Indonesia yang bisa kamu hubungi.

  • Telepon : 1500 445
  • E-Mail : Help@DANA.id
  • Media Sosial : DANA Indonesia
  • WhatsApp : 08191-1500-445

Cek Juga Top Up Saldo DANA Murah

Kesimpulan

Cara Mengatasi Aplikasi DANA Error Hari Ini
Cara Mengatasi Aplikasi DANA Error Hari Ini

Melalui pembahasan ini kita sama-sama tahu, bahwa setiap hal yang berkaitan dengan aplikasi terkait cukup penting diketahui. Dengan memahami jenis masalahnya, kamu bisa lebih mudah menemukan cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini yang paling sesuai dengan jenis gangguannya.

Sesuai dengan langkah-langkah di atas, kini kamu bisa menerapkan cara mengatasi Aplikasi DANA error hari ini secara efektif. Karena dengan mengetahui permasalahannya terlebih dahulu, penemuan solusi pun menjadi lebih cepat dan tepat. Solusi ini bukan hanya diperuntukkan ketika error sedang terjadi saja, namun bisa kamu pahami dari sekarang.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay