4 Alasan Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak 2024

Ratih Pratiwi

JNE merupakan salah satu jasa ekspedisi barang yang terkenal di Indonesia. Pengiriman paket biasanya berjalan ketika ada transaksi jual beli antara reseller dan buyer. Diantara setiap keberhasilan misi pengantaran, problem seperti tracking paket stuck juga bisa terjadi di jasa ekspedisi manapun. Lalu kenapa paket JNE tidak bergerak ?

Sebelum itu, penting bagi pengguna mengetahui lebih jauh segala hal yang berkaitan dengan sistem pengiriman paket di JNE. Dalam ulasan berikut ini, kamu bisa mengetahui urutan pengirman, penyebab paket JNE tidak bergerak, serta solusinya.

Apa Itu JNE?

kenapa paket JNE tidak bergerak 2023
Sumber: teknogram.id

 

JNE Express merupakan perusahaan yang bergerak di sektor logistik atau lebih familiar kita kenal sebagai slaah satu jasa ekspedisi terbesar di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, JNE semakin dikenal kalangan masyarakat seiring masifnya penggunaan marketplace dan aktivitas jual beli online. Pasalnya, kini banyak seller yang menggunakan jasa satu ini. Bahkan dari pihak pembeli pun saat ini dapat memilih metode pengiriman, dan JNE pasti termasuk dalam salah satu opsinya.

Meskipun seolah baru berdiri karena kebanyakan orang-orang mengenal saat ini, ternyata JNE ini didirikan sudah lama, yaitu sejak tahun 1990.

Bagi mereka yang sering berbelanja online, pasti sudah tak asing dengan JNE. Satu hal yang menarik, pembeli akan sangat menantikan sampainya barang. Dan sebagai pelayanan terbaiknya, pengguna bisa melakukan tracking proses pengiriman barang. Namun berbagai hambatan pasti saja terjadi.

Kurir jasa ekspedisi akan menyampaikan barang sesuai tenggat waktunya. Akan tetapi di beberapa kasus yang pernah terjadi masalah berhentinya keterngan proses pengiriman, sehingga membuat customer kebingungan. Jika hal tersebut terjadi, akan banyak yang bertanya-tanya kenapa paket JNE tidak bergerak ?

Urutan Pengiriman Paket Oleh JNE

Untuk mengetahui dengan jelas faktor penyebab tidak bergeraknya pengiriman paket, kamu juga perlu memahami gambaran urutan pengiriman di jasa ekspedisi JNE.

Urutan Penjelasan
Shipment Received Proses pertama adalah mendaftarkan paket di kantor JNE oleh pengirim, proses pembayaran, persetujuan, dan penerimaan paket sebelum dikirimkan.
Penerimaan di Sorting Center Berikutnya paket akan diserahkan ke sorting center (Received at Sorting Center).
Pemrosesan oleh Sorting Center Setelah selesai disortir, berikutnya dari Sorting Center akan dilanjutkan ke proses pengiriman.
Origin Gateway Barang akan dikirimkan ke gudang yang masih berada di kota pengirim, sebelum dilanjutkan ke gudang di kota penerima.
Sampai di Warehouse Dalam perjalanan ini, paket yang berada di gudang kota pengirim, akan diterima oleh gudang kota tujuan.
Shipment Forwarded Destination Di langkah ini, barang dikirmkan ke kantor cabang JNE terdekat dengan alamat tujuan yang tertera di paket.
Received at Inbound Station Jika status berganti menjadi keterangan ini, maka artinya barang sudah aman diterima oleh kantor cabang.
On Delivery Terakhir, keterangan status ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu penerima. Artinya, barang sedang dalam proses pengiriman oleh kurir ke alamat tujuan

Jenis-jenis Pengiriman JNE

Ada beberapa macam pilihan pengiriman paket oleh JNE, tergantung waktu atau kecepatan yang dipilih. Bisa jadi kamu was-was ketika keterangan pengiriman berhenti, karena waktu pengiriman memang memakan waktu yang lama. Maka pastikan dulu layanan apa yang dipilih, sebelum mengetahui kenapa paket JNE tidak bergerak.

Jenis Layanan JNE Estimasi Pengiriman
SS Hari yang sama
YES 1-2 hari
REG 1-7 hari
OKE 2-7 hari

 

  • Super Speed (SS)

Layanan ini merupakan proses pengiriman paling cepat. Biasanya tersedia untuk jenis pengiriman dalam kota, sehingga memungkinkan paket sampai di hari yang sama.

  • Yakin Esok Sampai (YES)

Ada juga layanan dengan estimasi pengiriman antara 1-2 hari. Memungkinkan paket sampai ke tangan penerima esok hari, atau 1 hari setelah pendaftaran paket oleh pengirim.

  • Reguler (REG)

Layanan reguler adalah proses pengiriman paling standar dan banyak digunakan. Dengan estimasi 1-7 hari, pengiriman bisa dilakukan hingga seluruh Indonesia termasuk hari libur.

  • Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)

Layanan OKE memiliki estimasi lebih lama daripada metode REG. Dengan harga ongkir yang lebih ekonomis, paket bisa sampai 2-7 hari lebih ke tangan penerima.

Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak 2024?

Alasan kenapa paket JNE tidak bergerak bisa terjadi karena beberapa hal yang mungkin sebelumnya belum kamu sadari faktor apa yang sedang terjadi. Beberapa kemungkinan tersebut diantaranya sebagai berikut.

Pengiriman Paket Sedang Berjalan (On Process)

Keterangan paket JNE stuck tidak selalu pertanda hal buruk bagi penerima paket. Karena bisa jadi pengiriman barang masih dalam perjalanan dan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika perjalanan dilakukan antar beda pula, maka estimasinya cukup panjang.

Bisa jadi kurir masih dalam perjalanan pengiriman barang ke kota tujuan dan belum sempat melakukan update keterangan pengiriman, karena proses perpindahan paket dari satu tempat ke tempat lainnya membutuhkan waktu. Inilah sebabnya ketika penerima menemukan konsidi keterangan pengiriman yang seolah tidak berubah sejak beberapa hari yang lalu.

Jika hambatan eksternal di atas bisa terjadi, maka berbagai hambatan internal dari pihak jasa ekspedisi pun bisa menjadi faktor penyebabnya. Misalnya kendaraan milik kurir mengalami beberapa masalah, sehingga memakan waktu lebih panjang.

Keterlambatan Mengupdate Resi

Berdasarkan beberapa kasus yang pernah terjadi, alasan kenapa paket JNE tidak bergerak ada yang disebabkan karena terlambatnya proses input progress dan update resi pengiriman oleh petugas operasional.

Dan beberapa kali mungkin terjadi, tracking menunjukkan proses pengiriman masih di tempat yang sama dalam waktu lama dan belum berubah, sedangkan barang sudah sampai dalam waktu dekat. Maka jika situasi membingungkan seperti ini terjadi bisa saja petugas hanya terlambat update resi atau status pengiriman paket, sedangkan paketmu tetap berjalan.

Salah Input Tujuan Pengiriman

Alasan lainnya kenapa paket JNE tidak bergerak adalah karena tragedi salah input informasi tujuan pengiriman. Bisa saja pengirim keliru dalam menuliskan alamat, meskipun kesalahannya hanya sebagian kecil. Misalnya salah dalam memasukkan kode kota, dan jangan salah, hal ini bisa membuat paketmu tidak ter-tracking dengan valid.

kenapa paket JNE tidak bergerak 2023
Sumber: Tangkapan Layar/jne.co.id

Kesalahan seperti ini sangat mungkin terjadi dan cukup banyak yang mengalami, terutama jika pengirim tidak teliti serta tidak menyadari sebelumnya. Maka sebgai langkah antisipasi, proses pengiriman paket selanjutnya disarankan untuk lebih sering memeriksa resi.

Lakukan pengecekkan secara menyeluruh untuk memastikan pengiriman berjalan dengan baik dan lancar. Mulai dengan dengan cek resi, layanan JNE yang dipilih, serta estimasi atau waktu pengiriman.

Penyegaran Aplikasi Loading

Melihat tracking pengiriman paket bisa dilakukan secara online melalui website JNE dalam fitur pengecekan resi, atau bisa secara otomatis dilihat perjalanannya di marketplace yang sebelumnya kita pakai ketika jual beli online terkait barang yang sedang dalam pengiriman.

Melihat tracking melalui situs resmi jasa pengiriman seharusnya selalu menyajikan informasi yang valid dan akurat. Namun seringkali keterangan pengiriman yang stuck terjadi ketika pengecekan dilakukan melalui marketplace. Ingin tahu kenapa paket JNE tidak bergerak  dalam hal ini?

Sederhana saja, selain kekeliruan dari pihak jasa pengirim, penyebabnya bisa saja terjadi karena problem internal dari pihak penerima atau pengguna marketplace. Kesalahan teknis mungkin yang menjadi penyebabnya.

Kesalahan teknis tersebut misalnya aplikasi mengalami bug sehingga informasi yang disajikan tidak akurat dan terbaru. Bisa juga karena aplikasi sedang maintenance, atau koneksi internet pengguna tidak stabil. Jika hal ini yang terjadi, kamu bisa melakukan penyegaran aplikasi atau refresh. Bisa juga dengan re-login ke akun dan aplikasimu hingga pulih kembali.

Solusi Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak 2024

Setiap permasalahan pasti ada solusi atau jalan keluarnya. Ketika hal ini menimpamu sementara kenapa paket JNE tidak bergerak belum diketahui secara pasti, maka kamu dianjurkan melakukan beberapa upaya seperti berikut ini.

Periksa Estimasi Pengiriman

Pertama, dengan memastikan apa jenis layanan pengiriman yang kamu gunakan. Apakah ekspedisi Super Speed (SS), Ongkos Kirim Ekonomis (OKE), Reguler (REG), atau Yakin Esok Sampai (YES). Jika sudah mengetahui jenis layannya, pastikan berapa lama estimasi perjalanan pengiriman paket.

Apabila tracking mengalami stuck sedangkan estimasi masih panjang, maka jangan terlalu tergesa dalam mengambil keputusan atau malah khawatir berlebih (over worried). Jika kamu memilih pengiriman YES yang seharusnya memakan waktu 1 hari, namun dalam 2 atau 3 hari belum juga sampai, maka langkah berikutnya bisa diupayakan.

Tanyakan ke Layanan CS

Untuk mengetahui kenapa paket JNE tidak bergerak dan menemui jalan keluarnya, cara efisien ini adalah dengan menghubungi customer service atau layanan fitur khusus JNE bernama ‘Ask Joni’.

Melalui ‘Ask Joni’, kamu bisa melaporkan permasalahan paket yang dialami. Prosedur pelaporan di sini pun tidak rumit dan cukup efisien. Hal yang penting, kamu hanya perlu mengisi formulir yang berisi pertanyaan seputar identitas paket. Pengisian dilakukan secara online sehingga tanggapan yang diterima bisa lebih kilat. Alur menggunakan Ask Joni adalah sebagai berikut.

  • Akses website jne.co.id dan cari fitur Ask Joni
  • Proses mengisi formulir mengenai paket
  • Di menu ‘Subject’ pilih ‘Customer Service’
  • Tuliskan permasalahan mengenai paket JNE milikmu di kolom pesan
  • Akhiri dengan klik ‘Send Message’

Hubungi Sosial Media JNE

kenapa paket JNE tidak bergerak 2023
Sumber: Sumber: Tangkapan Layar/jne.co.id

Banyak juga customer yang memilih menghubungi media sosial JNE karena dianggap mudah. apalagi kebanyakan milenial Indonesia adalah pengguna medsos. JNE juga memiliki banyak jenis media sosial yang bisa kamu pilih salah satunya sebagai sarana pengadua. Melalui fitur chat, inbox, atau DM, semua masalah dapat dilaporkan di sana, dan berikut alamatnya.

  • Instagram : @jne.id
  • Facebook : JNE Pusat
  • Twitter : @JNE_ID

Baca Juga: Received at Warehouse di Ekspedisi JNE

Kontak Call Center

Jika beberapa cara di atas tidak langsung direspon, kamu masih bisa melalui jalan lainnya. pihak JNE juga sudah menyediakan kontak call center yang bisa digunakan seluruh customer kapan pun.

Kamu bisa menghubungi mereka melalui nomor (021)29278888. Setelah tersambung, sampaikan keluhan atau masalah yang kamu hadapi, tanyakan langsung kenapa paket JNE tidak bergerak.

Pastikan bahwa kamu memiliki saldo pulsa yang mencukupi untuk menghubungi layanan call center ini. Karena bisa saja metode pengaduan ini memakan waktu panggilan yang cukup lama. Apabila pulsa tidak mencukupi, maka panggilan bisa putus di tengah pembicaraan.

Tanyakan ke Cabang JNE di Wilayahmu

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, namun masih belum menemukan titik terang, kamu bisa mengupayakan cara terakhir. Sebagai jasa ekspedisi besar di Indonesia, JNE sudah memiliki banyak kantor cabang di berbagai pelosok Nusantara. Hal ini akan sangat memudahkan customer untuk mengunjungi secara langsung.

Kamu bisa mendatangi kantor operasional JNE terdekat di wilayahmu. Sampaikan secara detail ke petugas maksud kedatanganmu, permasalahan yang dialami mengenai paket milikmu yang tidak bergerak. Petugas akan membantu memberikan jawaban dan solusi segera.

kenapa paket JNE tidak bergerak
kenapa paket JNE tidak bergerak

Itulah 4 faktor umum yang menjadi alasan kenapa paket JNE tidak bergerak ini. Ada pun 5 solusi yang dapat customer JNE upayakan, sehingga permasalahan segera diselesaikan. Melalui pembahasan ini, kamu juga bisa mengetahui jenis-jenis layanan pengiriman, sehingga paham estimasi paket sampai. Hal ini penting diketahui sebelum mengajukan keluhan.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay