Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri 2024? Ini Penyebab & Solusinya!

Sanra Hutagalung

Kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri kini sudah menjadi pencarian yang sangat populer pada setiap pengguna Indosat maupun pengguna provider lain.

Pulsa Indosat yang berkurang sendiri akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi penggunannya. banyak pengguna yang merasa bahwa pulsa mereka berkurang dengan cepat tanpa alasan yang jelas, bahkan sekalipun mereka tidak menggunakan layanan apapun.

Ada beberapa kemungkinan mengapa pulsa Indosat berkurang sendiri, dan memahami penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Ketika melakukan isi ulang pulsa namun tiba-tiba pulsa Indosat yang baru saja di isi berkurang atau habis tanpa digunakan sama sekali.

Biasanya penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri yang paling umum yaitu pengguna tanpa sengaja mengaktifkan langganan otomatis yang tersedia di provider Indosat.

Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Sehingga setiap pengguna melakukan pengisian pulsa Indosat, tanpa disadari pulsa tersebut akan berkurang bahkan tidak tersisa.

Apabila hal tersebut tidak diatasi secepatnya, maka resiko yang harus diterima adalah pulsa akan tersedot untuk biaya perpanjangan layanan tersebut.

Hal tersebut tentunya akan merugikan diri sendiri, jadi agar pulsa tetap aman dan terhindar dari layanan otomatis yang terdaftar tanpa disengaja, berikut simak informasi penjelasan cara mengatasinya pulsa Indosar berkurang sendiri dibawah ini.

Cara Mengatasi Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Jika sudah mengetahui penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi pulsa Indosat agarpulsa yang ada di dalamnya tidak terus berkurang.

Berikut beberapa cara untuk mengatasinya, yakni diantaranya :

1. Melalui Kode UMB *726#

Berkurangnya pulsa Indosat bukanlah tanpa sebab, namun hal ini dikarenakan ada layanan Indosar yang aktif tanpa sepengatuan kamu.

Lewat UMB *726#
Lewat UMB *726#

Meskipun demikian, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasipulsa Indosat berkurang sendiri, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Panggilan atau Call di perangkat ponsel kamu.
  • Ketik kode *726# dan tekan Call.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan Status dan Stop.
  • Pilih Stop dengan mengetik angka 2.
  • Setelah itu, klik kirim. Selesai.

2. Lewat Kode Dial *123*44#

Hampir sama dengan sebelumnya, penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri juga bisa diatasi dengan menggunakan kode dial ini. Untuk cara mengatasinya, ikuti langkah-langkah dibawah ini agar pulsa yang dimiliki tetap aman.

Lewat Kode Dial *123*44#
Lewat Kode Dial *123*44#
  • Buka aplikasi Panggilan atau Call.
  • Ketik kode *123*44# di papan kayboard dan tekan Panggil.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu. Pertama (Untuk Mengehentikan Layanan Tertentu), Kedua (Untuk menghentikan semua layanan.
  • Pilih layanan yang ingin dihentikan dengan memasukkan angka 1 atau 2.
  • Terakhir, klik kirim.

3. Lewat SMS

Cara mengatasi pulsa Indosat berkurang sendiri juga dapat dilakukan dengan mengirim SMS langsung. Adapun langkah-langkah untuk berhenti langganan pulsa Indosat, yaitu sebagai berikut.

Lewat SMS
Lewat SMS
  • Buka menu SMS di ponsel.
  • Ketik STOP dan Kirim ke 726.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul balasan notifikasi tentang layanan yang sedang berlangganan di kartu Indosat tersebut dan membuat pulsa kamu terus berkurang.
  • Ikuti semua petunjuk untuk UNREG layanan tersebut.

4. Customer Service Indosat

Mungkin saja kamu sedang membutuhkan informasi yang lebih detail atau lengkap terkait penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri. Selain itu, cara ini juga bisa kamu coba apabila ketiga cara diatas tidak berhasil dan masih membuat pulsa kamu berkurang sendiri.

Berikut daftar customer service Indosat yang bisa di hubungin, yang dikutip langsung dari laman resmi Indosat, diantaranya :

  • Email : cs@im3.id atau @indosatoredoo.com
  • WhatsApp : bit.ly/twim3wa
  • Twitter : @Indosatcare
  • Call Center : 185

Kehabisan pulsa karena lupa menghentikan layanan berlangganan? Yuk, beli pulsa dan paket data di aplikasi Mocipay dengan harga termurah dan potongan harga menarik lainnya.

Cara Mengembalikan Pulsa Indosat Yang Tersedot

Meskipun pulsa Indosat kamu sudah terlanjut disedot, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan pulsa tersebut. Penawaran ini hanya dapat dilakukan melalui dial UMB dan email.

Namun perlu diingat, provider Indosat hanya menerima laporan yang benar-benar valid. Untuk itu pastikan informasi yang kamu buat dapat diterima oleh pihak Indosat, agar pulsa yang telah diisi tidak terbuang sia-sia.

Bukan hanya itu saja, provider Indosat juga membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memproses laporan yang telah kamu ajukan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan informasi dibawah ini.

1. Lewat Dial UMB *185*1*2*4#

Untuk mengembalikan kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri, kamu bisa menggunakan kode dial UMB ini agar pulsa bisa kembali lagi. Beikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Panggilan di ponsel.
  • Ketik kode dial *185*1*2*4# dan tekan panggil.
  • Tungu beberapa saat hingga muncul pilihan terkait informasi layanan dan pengembalian pulsa Indosat yang tersedot.
  • Pilih opsi pengembalian Pulsa.
  • Selesai.

Perlu diketahui, bahwa cara ini memerlukan waktu yang sedikit lebih lama karena provider Indosat memerlukan validasi data ulang. Laporan yang telah diterima akan diproses oleh pihak Indosat dengan batas waktu maksimal 24 jam.

Setelah dalam waktu 24 jam, maka keluhan yang diadukan akan di proses. Pengajuan pengembalian pulsa Indosat dikatakan berhasil, apabila kamu mendapatkan konfirmasi SMS dari pihak Indosat.

2. Melalui Email

Nah, terlepas dari penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri, pada kesempatan kali ini kamu bisa membuat laporan untuk mendapatkan pengembalian pulsa Indosat yang sempat tersedot.

Jika dibandingkan dengan cara diatas, membuat laporan pengembalian pulsa Indosat yang tersedot melalui email proses pengaduannya lebih cepat diterima dengan baik.

Hal tersebut dikarenakan, pengguna Indosat harus melampirkan bukti berupa gambar hasil tangkapan layar paket yang telah di aktivasi lewat kode dial *1853.

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus melampirkan bukti pendukung berupa gambar, seperti SMSM Indosat yang menunjukkan adanya pengurangan pulsa.

Jika semua bukti tersebut sudah terkumpul, selanjutnya kirimkan pengaduan ke email @indosatoredoo.com dengan penjelasan yang detail dan kalimat yang baku.

Biasanya kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri dan laporan pengembalian pulsa ini akan di proses dalam waktu 1 x 24 jam kerja.

Tips dan Trik Agar Pulsa Indosat Tidak Berkurang Sendiri

Kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri tentu saja akan membuat kita merasa kesal. Namun agar pulsa Indosat yang dimiliki tetap aman dan tidak berkurang ada tips dan trik yang harus dilakukan.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk pengguna Indosat saja, tetapi tips ini juga berlaku untuk provider lain, Berikut tips dan triknya, diantaranya :

Tips Penjelasan
Hindari Berlangganan Mengaktifkan layanan berlangganan secara otomatis akan membuat pulsa Indosat kamu tersedot. Untuk itu hindari berlangganan dengan layanan yang dapat membuat pulsa kamu habis dan tidak tersisa. Namun, terkadang berlangganan bisa lebih menguntungkan dari pada tidak berlangganan. Jadi, apabila layanan tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi, sebaiknya untuk menonaktifkan atau berhenti berlangganan saja.
Matikan Data Seluler Jika Tidak Digunakan Mematikan layanan data seluler jika tidak digunakan juga termasuk salah satu tips dan trik agar pulsa Indosat tidak berkurang sendiri. Pasalnya, layanan data seluler membutuhkan akses ke jaringan internet, yang bisa memakan banyak pulsa jika digunakan terus-menerus. Jadi dengan mematikan layanan data seluler ketika tidak digunakan, bisa mengehemat penggunaan pulsa dan menghindari kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri.
Tidak Melakukan Panggilan dan SMS ke Nomor Premium Nomor premium biasanya dikenakan tarif yang lebih mahal dari pada nomor biasa dan bisa menguras pulsa dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan nomor premium adalah nomor khusus yang umumnya digunakan untuk layanan tertentu, seperti voting dan layanan berlangganan. Apabila tidak membutuhkan layanan tersebut, hindari melakukan panggilan atau mengirim SMS ke nomor premium untuk menghemat penggunaan pulsa.

Artikel Menarik Lainnya : 8 Cara Mengatasi Gagal Transfer Pulsa Indosat, Ini Penyebabnya

Kesimpulan

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Dari penjelasan diatas terkait kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri dapat disimpulkan, bahwa pengguna tanpa sengaja mengaktifkan fitur berlangganan otomatis.

Untuk mengatasi hal tersebut pengguna dapat mencoba kelima cara diatas agar pulsa Indosat yang diisi tidak tersedot atau berkurang sendiri. Pastikan kamu juga mencoba tips diatas agar pulsa kamu tetap aman.

Semoga informasi kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri ini bermanfaat dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post