Tutorial

Snack Video Gangguan Hari Ini: Jenis Masalah, Penyebab & Solusinya

Masalah pada aplikasi Snack Video ada banyak jenisnya. Kamu perlu mengetahui jenis masalahnya, agar penanganan yang dpilih pun tepat sesuai kebutuhannya. Untuk itu, Snack Video gangguan hari ini yang kamu alami mungkin terjadi karena salah satu masalah yang akan disebutkan dalam ulasan ini.

Berbagai masalah mungkin terjadi murni karena gangguan server atau hanya terjadi di aplikasi atau smartphone kamu saja. Namun daripada hanya menerka-nerka, lebih baik mengetahui segala kemungkinannya di bawah.

Apa Itu Snack Video?

snack video gangguan hari ini
Source: bmoney.com

Sebelum lebih jauh membahas jenis masalah, penyebab dan penyelesaiannya, kamu perlu tahu apa yang dimaksud Snack Video. Snack Video merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial konten video pendek, yang mana videonya dibuat oleh pengguna dan dinikmati oleh user lainnya juga. Adapun spesifikasi Snack Video adalah:

  • Ukuran File : 112 MB
  • Developer : Joyo Technology Pte. Ltd.
  • Bintang : 5.0
  • Versi : 5.0
  • Pengguna : Telah diunduh lebih dari 100 juta kali

Lebih dari Sekedar Penyedia Konten Video Pendek

Lebih dari sekedar tempat mencari konten video, aplikasi ini dikenal akan feedback berupa koin gratis. Siapapun pengguna yang bergabung dan mengikuti event tersebut, maka secara perlahan akan mendapatkan uang melalui aktivitas mengumpulkan koin saat menonton beragam video di dalamnya.

Event menguntungkan ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Snack Video. Bahkan jumlah uang yang lebih besar bisa didapatkan ketika pengguna berhasil mengundang teman untuk bergabung. Program ini bernama referral, di mana kamu akan membagikan kode undangan.

Ketika temanmu berhasil bergabung di Snack Video melalui kode undanganmu, otomatis bonus 52 ribu masuk ke kantongmu.

Jenis Masalah Snack Video Gangguan Hari Ini dan Penyebabnya

Masalah yang sering muncul dalam aplikasi Snack Video mungkin dialami oleh user dengan jenis gangguan yang berbeda-beda. Jika masalahnya berbeda, maka faktor penyebabnya pun lain lagi. Dan pada akhirnya berpengaruh pada solusi atau penyelesaian yang berbeda pula.

Aplikasi Snack Video Tidak Bisa Dibuka

Jenis masalah pada Snack Video gangguan hari ini yang paling umum dialami oleh kebanyakan pengguna adalah aplikasi yang tidak bisa dibuka. Fenomena Snack Video tidak bisa dibuka ini pernah terjadi serempak, yaitu karena aturan dari pemerintah dan Kominfo tentang pemblokiran aplikasi yang belum resmi.

Beberapa waktu lalu, Snack Video memang masih berstatus ilegal, sehingga platform terblokir untuk sementara waktu sesuai kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentunya pemblokiran ini berdampak pada seluruh pengguna yang tidak dapat membuka aplikasi. Adapun 2 alasan yang mendasari pemblokiran tersebut, diantaranya:

  • Pada waktu lalu aplikasi belum memiliki izin terkait hal-hal yang menyatakan bahwa Snack Video berstatus sebagai aplikasi permainan uang (money game).
  • Selain itu, aplikasi belum memiliki badan hukum formal di Indonesia. Sehingga belum ada sandaran yang bertanggung jawab atas segala kegiatan yang dilakukan di dalamnya.

Namun tenang saja, kini aplikasi Snack Video sudah berjalan optimal kembali. Gangguan jenis ini terjadi karena adanya syarat dan ketentuan dasar yang belum terpenuhi, serta kebijakan para otoritas. Jadi, masalahnya bukan ada pada smartphone atau akunmu.

Jika suatu hari masalah serupa ini muncul kembali, kamu bisa mencari tahu terlebih dulu aoa yang sedang terjadi. Apabila terjadi secara serentak oleh pengguna lainnya, maka bisa jadi sedang ada gangguan dari server-nya.

Baca Juga :  2 Cara Memunculkan Gratis Ongkir di Shopee Terbaru 2023

Aplikasi Snack Video Error atau Loading

Aplikasi yang error tiba-tiba, bisa menjadi salah satu masalah Snack Video gangguan hari ini. Banyaknya pengguna yang mengakses video, menjadikan hal ini salah satu gangguan umum dan wajar terjadi.

Bentuk error aplikasi ini bisa berupa tidak dapat memproses permintaan ketika user klik sebuah fitur, atau buffering dalam waktu yang lama. Meskipun hal seperti ini sering terjadi di kalangan para pengguna, namun masih banyak dari mereka yang belum paham penyebab dan penyelesaiannya.

Koin Tidak Bisa Bertambah

Seperti yang kamu tahu, aplikasi kuning ini memiliki fitur daily check-in yang akan memberikan tambahan koin. Keuntungan koin bisa bertambah jika dalam setiap harinya pengguna rutin melakukan klik pada fitur tersebut.

Akan tetapi koin tidak akan bertambah jika fitur atau aplikasinya sedang gangguan, dan ini menjadi salah satu masalah Snack Video gangguan hari ini yang mungkin sedang kamu alami. Kondisi seperti ini bisa jadi menunjukkan bahwa sebetulnya check in sudah berhasil dan koin bertambah, namun belum terlihat perubahannya di akunmu.

Tidak Bisa Menerima Kode Verifikasi

Masalah Snack Video gangguan hari ini juga mungkin terjadi saat kamu baru ingin memasang aplikasi. Ketika membuat akun untuk pertama kali, pengguna harus melakukan verifikasi menggunakan kode yang akan diberikan operator sebelum bisa log in.

Selain saat pertama kali membuat akun, perintah verifikasi bisa saja diminta sewaktu-waktu kepada para pengguna lama. Namun dalam tahap ini banyak yang mengalami keluhan bahwa mereka tidak dapat menerima kode verifikasi. Penyebab paling dasar bisa terjadi karena masalah jaringan user.

Video Terblokir atau Akun di Banned

Kejadian Snack Video gangguan hari ini juga bisa berupa terblokirnya konten atau video yang sudah pengguna posting sejak lama. Menghilang atau tidak dapat dibukanya video pasti cukup merugikan bagi pemilik konten.

Namun jangan terburu-buru kesal, pengguna bisa melakukan evaluasi sebelum komplain dan melakukan penyelesaian. Pemblokiran tidak akan secara tiba-tiba dilakukan pada konten user. Hal seperti ini bisa terjadi karena beberapa kemungkinan berikut.

  • Postingan berisi konten negatif, vulgar, menampilkan senjata berbahaya, atau isi video melanggar hukum
  • Konten video mungkin berisi promo iklan palsu, atau tidak original (plagiat dan hasil posting ulang dari video milik orang lain)
  • Konten berisi hal negatif yang melanggar UU, salah satunya melanggar hukum tentang perlindungan anak di bawah umum. Sehingga berpotensi menimbulkan efek yang buruk untuk penonton.

Jika terlalu banyak konten video yang melanggar ketentuan, sanksi yang diberlakukan operator Snack Video bukan hanya sebatas pemblokiran konten terkait namun akun content creator bisa saja di banned.

Snack Video Tidak Berjalan

Snack Video gangguan hari ini bisa berupa aplikasinya yang tidak dapat berjalan tiba-tiba. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi karena beberapa alasan, salah satunya faktornya disebabkan pengguna menggunakan lebih dari 1 user dalam satu aplikasi atau smartphone.

Aplikasi memang mempersilahkan pengguna untuk dapat menggunakan lebih dari satu akun dalam satu aplikasi. Namun ketika akun yang dipakai terlalu banyak, memungkinkan menimbulkan masalah lain, seperti aplikasi yang tiba-tiba tidak dapat beroperasi.

Pembuatan banyak akun Snack Video dalam satu ponsel malah bisa dianggap sebagai tindakan spam dan melanggar ketentuan aplikasi. Jika Snack Video mengalami hal ini maka efeknya bisa terlihat pada fitur koin yang tidak berputar.

Kesalahan Tidak Diketahui

Seperti yang diketahui, aplikasi besutan Joyo Technologi ini memiliki program menghasilkan uang dengan cara menonton video dan mengundang teman. Namun di tengah-tengah keikut sertaan event ini belakangan diketaui munculnya masalah yang membingungkan pengguna.

Pasalnya masalah ini muncul dengan tanda notifikasi “kesalahan tidak diketahui” tanpa diketahui penyebabnya. Jelas saja hal ini bisa menjadi alasan mengapa Snack Video gangguan hari ini. Kemungkinan paling masuk akal bisa jadi dikarenakan pemblokiran aplikasi.

Gambar Koin Tidak Muncul

Gambar koin yang tidak muncul di aplikasi mungkin kamu anggap sebagai salah satu masalah. Hal tersebut pun bisa masuk kategori Masalah Snack Video gangguan hari ini, namun bukanlah masalah yang begitu berarti.

Masalah ini mungkin muncul karena server sedang error ketika mengkonversi jumlah koin ke rupiah. Faktor lainnya bisa karena kurang kompatibelnya ponsel yang digunakan

Solusi Snack Video Gangguan Hari Ini

Beda masalah yang dialami, maka beda pula penyelesaian yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa solusi Snack Video yang mengalami gangguan sesuai jenis hambatannya.

Solusi Snack Video Tidak Bisa Dibuka

snack video gangguan hari ini
Source: Screenshot/playstore.com

Apabila suatu hari terjadi gangguan berupa aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Maka kami sarankan untuk melakukan tahap demi tahap untuk mengatasi Snack Video gangguan hari ini seperti cara berikut ini.

  • Download aplikasi alternatif VPN (Virtual Private Network) di Google PlayStore, yang bisa membuka forbidden acces misalnya Turbo VPN.
  • Lakukan pemasangan atau install aplikasi di smarthphone, dan pastikan RAM mencukupi
  • Buka aplikasi dan tunggu beberapa saat hingga terhubung
  • Jika sudah terkoneksi, silahkan keluar dari aplikasi dan pastikan ada logo VPN beroperasi di atas layar HP
  • Terakhir, buka kembali aplikasi Snack Video

Solusi Aplikasi Error dan Loading

snack video gangguan hari ini
Source: Screenshot/snackvideo.com

Letak masalah aplikasi error adalah pada servernya. Bisa karena overload atau sedang dalam perbaikan. Solusi yang bisa dilakukan, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat kemudian hingga aplikasi kembali normal untuk dapat re-login.

Namun waktunya selesainya ini tidak menentu. Karena itu, kamu bisa mengikuti informasi di situs resmi atau bertanya langsung ke Customer Service untuk mengatasi masalah Snack Video gangguan hari ini.

  • Website : Pusat bantuan atau Feedback (user-service@snackvideo.com) Snack Video di www.snackvideo.com
  • Email : support-feedback@snackvideo.com

Solusi Koin Snack Video Tidak Bertambah

snack video gangguan hari ini
Source: livemint.com

Yang bisa kamu lakukan ketika menemukan masalah error pada fitur daily check-in atau koin tidak bisa bertambah, adalah dengan melakukan pembaruan aplikasi.

Mungkin saja Snack Video telah melakukan upgrade versi, sehingga kamu bisa mengatasi Snack Video gangguan hari ini dengan meng-update seperti cara berikut:

  • Buka aplikasi PlayStore atau AppStore
  • Masukan kata kunci Snack Video di kolom pencarian
  • Klik pada ikon aplikasi
  • Pilih tombol update
  • Tunggu hingga proses selesai 100% lalu buka kembali aplikasinya

Namun jika ternyata tidak ada pembaruan aplikasi, maka kamu dianjurkan hapus cache atau file sampah Snack Video melalui pengaturan aplikasi.

4.      Solusi Aplikasi Tidak Bisa Menerima Notifikai

Sebetulnya cara yang bisa dilakukan ketika pengguna tidak dapat menerima kode verifikasi sangat mudah. Langkah yang dapat dilakukan untuk jenis Snack Video gangguan hari ini adalah sebagai berikut:

  • Memastikan jaringan internet pengguna normal dan stabil
  • Kode verifikasi mungkin tidak masuk ke SMS, maka periksalah fitur pesan pada ponsel apakah sudah full atau belum
  • Periksa apakah kode ferivikasi terblokir atau tidak
  • Restart atau mulai ulang gadget kamu
  • Akses platform website resmi provider untuk melihat daftar SMS masuk lebih detail

Apabila kode verifikasi sudah masuk dan dapat digunakan, selanjutnya pihak operarator Snack Video akan melakukan evaluasi akun pengguna secara komprehensif. Maka pastikan kriteria postingan kontenmu memenuhi kualifikasi sebagai konten video original, kualitas HD, isinya positif, dan tidak vulgar.

Solusi Terblokir atau Banned

Ajukan Banding

Sebetulnya akun yang sudah kena blokir, sulit untuk dipulihkan kembali 100%. Namun jika pengguna tidak merasa melanggar peraturan, bahkan konten videonya tidak mengandung hal-hal negatif yang dijadikan kualifikasi di atas, maka masih berhak mengajukan banding sebagai solusinya.

Banding bisa dilakukan dengan mengirim pesan resmi melalui alamat e-mail Snack Video (support-feedback@snackvideo.com). Di sini pengguna bisa menuliskan penjelasan bahwa tidak merasa atau tidak sengaja melakukan pelanggaran tersebut. Dengan begitu masalah Snack Video gangguan hari ini sudah bisa diselesaikan

Re-Create Akun Baru

Akan tetapi jika memang terbukti pengguna melakukan pelanggaran dalam konten, atau sejak awal ia memang telah mengakuinya, maka bisa melakukan tata cara lain.

Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus akun sebelumnya dan membuat ulang akun baru. Dan kasus yang terjadi sebelumnya bisa menjadi pembelajaran untuk selanjutnya agar dapat berkonten dengan aman.

Solusi Snack Video Tidak Berjalan

snack video gangguan hari ini
Source: dianisa.com

Untuk mengatasi hal ini, pengguna harus memutuskan salah satu akun yang akan tetap dipertahankan dan satu akun lainnya yang harus direlakan atau dihapus.

Jika hanya log out, side account kamu masih terdaftar di Snack Video. Untuk menghapusnya secara permanen bisa melalui langkah seperti berikut untuk menghubungi operator aplikasi:

  • Buka aplikasi menggunakan akun yang ingin dihapus dan masuk ke profil
  • Ketuk ikon Pengaturan
  • Klik opsi Keamanan Akun > Penghapus Akun
  • Selanjutnya pilih tombol Hapus Akun Saya
  • Terakhir, pilih alasan ingin keluar dari akun Snack Video
  • Jika sudah yakin dengan keputusan, klik ‘Konfirmasi’
  • Penghapusan selesai

Solusi ‘Kesalahan Tidak Diketahui’

Masalah Snack Video gangguan hari ini dengan notifikasi kesalahan tidak diketahui, bisa diatasi dengan bantuan aplikasi VPN.  Adapun langkahnya adalah seperti berikut.

  • Buka aplikasi PlayStore atau AppStore di HP
  • Ketik kata kunci VPN
  • Pilih salah satu aplikasi PVN mana saja yang sesuai dengan kamu
  • Klik Unduh pada menu aplikasi tersebut
  • Lakukan Instal atau Pasang aplikasi
  • Tunggu beberapa saat hingga PVN terkoneksi
  • Keluar dari PVN dan masuk ke Snack Video

Solusi Gambar Koin Tidak Muncul

Untuk masalah Snack Video gangguan hari ini, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghidupkan ulang ponsel atau restart. Ketika aplikasi di-refresh maka fitur-fiturnya akan kembali optimal. Atau kamu bisa menunggu penggunaan aplikasi hingga siang hari, karena biasanya fitur koin tidak muncul saat pagi hari.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Koin Snack Video Tidak Berputar dan Cara Mudah Mengatasinya

Kesimpulan: Jenis Gangguan Snack Video dan Solusinya

Snack Video Gangguan Hari Ini: Jenis Masalah, Penyebab dan Solusinya
Snack Video Gangguan Hari Ini: Jenis Masalah, Penyebab dan Solusinya

Berikut ini rangkuman beberapa jenis masalah serta solusi Snack Video gangguan hari ini dalam bentuk tabel yang bisa kamu pahami dengan lebih ringkas.

Jenis Gangguan Solusi
Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Menggunakan PVN
Aplikasi Error atau Loading Pusat Bantuan atau CS
Koin Tidak Bertambah Perbarui Aplikasi Snack Video
Tidak Bisa Menerima Kode Verifikasi Restart Ponsel

Ikuti Informasi Provider

Akun Diblokir/Banned Ajukan Banding

Re-Create Akun Baru

Aplikasi Tidak Berjalan Hapus Akun Permanen
Kesalahan Tidak Diketahui Menggunakan PVN
Gambar Koin Tidak Muncul Refresh Aplikasi, Restart Ponsel, atau Buka Aplikasi di Lain Waktu

Dengan mengetahui jenis gangguannya, maka kamu bisa langsung mengambil tindakan tepat untuk mengoptimalkan kembali fungsi Snack Video. Untuk informasi lainnya, silahkan antisipasi dan ikuti terus Mocipay!

Selengkapnya
Back to top button