Daftar Harga Ikan Gabus Per Kg Terbaru 2024

Sanra Hutagalung

Apabila kamu ingin mengkonsumsi ikan gabus atau ingin melakukan budidaya ikan gabus tentu saja ingin tahu terlebih dahulu berapa Harga Ikan Gabus Per Kg dipasaran saat ini.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kamu dalam memperkirakan berapa banyak jumlah ikan gabus yang harus dibeli.

Di Indonesia, ikan gabus menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak peminal, karena miliki kadungan gizi yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat pada tubuh manusia.

Namun, untuk harga ikan gabus per Kg sangat bervariasi, tergantung ukuran dan lokasi tempat kamu dimana membeli ikan gabus tersebut. Meskipun demikian hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang kaya akan kandungan albumin ini.

Ikan Gabus

Ikan Gabus
Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah. Namun secara umum, masyarakat Indonesia menyebut ikan ini dengan sebutan ikan gabus.

Ikan gabus memiliki bentuk tubuh yang panjang dan silindris, serta memiliki sisik pada kulitnya. Ikan ini memiliki warna yang bervariasi, mulai dari warna keabuan, kecoklatan hingga kekuningan.

Ikan gabus termasuk ke dalam kategori ikan predator yang ganas dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap lingkungan yang buruk. Ikan gabus sering sekali didapati di danau, sungai, rawa dan saluran-saluran air hingga di sawah.

Kebiasaan Ikan Gabus

Ikan gabus salah satu ikan predator yang aktif pada malam hari dan biasanya tinggal di perairan yang tenang seperti kolam, danau, sungai dan rawa-rawa.

Ikan gabus biasanya bersembunyi diantara akar-akar pohon atau vegetasi di sekitar perairan dan keluar mencari makan pada waktu malam hari.

Ikan gabus memakan berbagai jenis makanan, seperti ikan kecil, udang dan serangga. Selain itu, ikan gabus juga bisa memakan bangkai atau sisa-sisa hewan yang terdapat diperairan tempat keberadaannya.

Ikan gabus dikenal sebagai ikan yang cukup cerdas dan mempunyai insting yang kuat dalam menghindari bahaya. Ikan ini juga mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup dalam lokasi lingkungan yang kurang baik, seperti air keruh, kotor atau mengandung polutan.

Pada musim kawin, ikan gabus jantan dan betina akan bekerja sama menyiapkan sarang diantara tumbuhan dekat tepi air. Anak-anak ikan berwarna jingga merah bergaris hitam, berenang dalam kelompok yang bergerak bersama-sama.

Kandungan Nutrisi dalam Ikan Gabus

Sebelum mengkonsumsi ikan gabus, sebelumnya cari tahu terlebih dahulu kandungan gizi yang ada di dalamnya. Berikut macam-macam nutrisi yang ada di dalam ikan gabus, diantaranya :

  • Protein (25,2 gram)
  • Lemak (1,7 gram)
  • Vitamin A (150 miligram)
  • Vitamin B (0.04 miligram)
  • Kalori (69 gram)
  • Fosfor (76 miligram)
  • Zat besi (0,9 miligram)
  • Kalsium (62 miligram)
  • Karbohidrat (15 gram)
  • Air (69 gram)

Jenis-Jenis Ikan Gabus

Berikut beberapa jenis-jenis ikan gabus yang ada di Indonesia yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan banyak ditemuin dipasaran, diantaranya :

1. Forest Snakehead

Jenis ikan ini sering ditemukan di perairan tawar. Ikan gabus Forest Snakehead berukuran cukup kecil dan memiliki warna yang tidak terlalu pekat sehingga harga ikan gabus per Kg jenis ini lebih murah.

Forest Snakehead
Forest Snakehead

Namun, jenis ikan ini memiliki peminat yang tinggi karena mampu bertahan diberbagai macam suhu, seperti suhu rendah maupu tinggi.

2. Great Snakehead

Great Snakehead merupakan jenis ikan gabus yang memiliki ukuran yang sangat besar dan termasuk dalam kategori ikan yang cukup langkah, sehingga harga ikan gabus per Kg jenis ini lebih mahal.

Great Snakehead
Great Snakehead

Selain itu, jenis gabus ini juga memiliki badan yang sangat licin dan kepala yang tidak bersisik seperti ikan gabus pada umumnya.

3. Channa Gachua

Jenis ikan gabus ini memiliki ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan kedua jenis ikan gabus diatas. Biasanya jenis Chana Gachua dijumpai dengan ukuran kecil dan memiliki panjang 20 cm. Banyak orang menjadikan ikan ini sebagai ikan hias, karena memiliki warna tubuh yang menarik.

Channa Gachua
Channa Gachua

Untuk harga ikan gabus per Kg jenis Chana Gachua sangat bervariasi, tergantung lokasi tempat kamu berada.

Harga Ikan Gabus Per Kg 2024

Berikut daftar harga ikan gabus per Kg lengkap, yang dirangkum dari beberapa situs resmi yang menyediakan ikan gabus berdasarkan ukurannya terbaru.

Ikan Gabus dan Ukurannya Berat (Kg) Harga (Rp)
Ikan Gabus Hidup (Sedang) 1Kg Rp70.000
2Kg Rp140.000
3Kg Rp210.000
Ikan Gabus Hidup (Besar) 1Kg Rp85.000
2Kg Rp170.000
3Kg Rp255.000
Ikan Gabus Mati (Sedang) 1Kg Rp40.000
2Kg Rp80.000
3Kg Rp120.000
Ikan Gabus Mati (Besar) 1Kg Rp50.000
2Kg Rp100.000
3Kg Rp150.000
Ikan Gabus Frozen 1Kg Rp90.000
2Kg Rp180.000
3Kg Rp270.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, harga ikan gabus per Kg mengalami mengalami kenaikan yang tidak terlalu meningkat dan masih dalam kategori terjangkau.

Harga Bibit Ikan Gabus Per Kg 2024

Harga Bibit Ikan Gabus Per Kg 2023
Harga Bibit Ikan Gabus Per Kg

Sedangkan untuk harga bibir ikan gabus per kg adalah Rp60.000 – Rp70.000 dimana setiap 1 Kg berisi 80-100 ekor dan apabila beli per ekor akan dikenakan harga Rp850 – Rp 3000 per ek***ornya untuk bibit ikan gabus grade super.

Untuk informasi tambahan lainnya terkait harga ikan gabus per Kg diatas, sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dan penawaran harga dari masing-masing pedagang yang menjualnya.

Apabila ingin mengetahui informasi yang lebih dalam terkait harga ikan gabus per Kg, sebaiknya untuk mengunjungi situs resmi penjualan ikan gabus atau menanyakan secara langsung kepada pedagang khusus penjual ikan gabus yang ada disekitar lokasi tempat kamu berada.

Manfaat Ekstrak Ikan Gabus

Selain itu, ikan gabus juga memiliki kandungan albumin, protein yang hanya terdapat pada ikan. Dimana albumin ini memiliki peran penting untuk proses homeostasis organisme. Protein tersebut dibuat dalam organ hati yang dialihkan melalui proses sirkulasi darah.

Nah, berikut beberapa manfaat ekstrak ikan gabus untuk kesehatan tubuh manusia, yakni diantaranya :

1. Membantu Penyembuhan Luka Operasi Lebih Cepat

Manfaat paling utama albumin yang terdapat dalam ikan gabus adalah mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka, terutama pada luka bekas operasi manusia.

Seperti hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Hasanuddin Makassar, berhasil menemukan bahwa dengan mengkonsumsi sauplemen yang mengandung ekstrak ikan gabus dengan dosis 0.7 gram per desiliter selama 14 hari.

2. Mengatasi Gejala Gizi Buruk

Ternyata ikan gabus juga dapat membantu mengatasi gizi buruk, karena ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan bergizi tinggi.

Gizi buruk menjadi masalh kesehatan yang rentang terjadi pada bayi, balita, anak dan ibu hamil. Faktor penyebabnya yaitu karena kaadar albumin tubuh tidak terpenuhi, sehingga nutrisi tidak dapat disalurkan ke seluruh tubuh secara optimal.

3. Mengobati Penyakit Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus merupakan gangguan penyakit metabolik yang terjadi karena hierglikemia atau tingginya kadar glukosa dalam darah tubuh manusia. Sehingga kandungan protein tinggi pada ikan gabus membuat ikan tesebut dimanfaatkan sebagai sumber antiosidan anthiperglikemik.

Hal tersebutlah yang menjadi faktor penyebab harga ikan gabus per kg sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

4. Menjaga Cairan dalam Tubuh

Cairan tubuh manusia memiliki peran penting dalam proses metabolisme. Salah satu cara menjaganya yaitu dengan mengkonsumsi ikan gabus.

Albumin yang terkandung pada ikan gabus dapat membantu memenuhi asupan cairan di dalam darah sehingga kadarnya tetap seimbang dan terjaga.

Postingan Menarik Lainnya : Info Harga Ikan Channa Termurah Hingga Termahal di Indonesia

Kesimpulan

Harga Ikan Gabus Per Kg
Harga Ikan Gabus Per Kg

Demikian informasi terkait harga ikan gabus per Kg  serta jenis dan manfaatnya terbaru dan terupdate. Apabila terdapat kesalahan pada penulisan harga maupun informasi jenis ikan gabus diatas silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.

Semoga informasi harga ikan gabus per Kg ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya.

Related Post