Harga

Daftar Harga Ikan Channa, Termurah Hingga Termahal di Indonesia

Daftar Harga Ikan Channa, Termurah Hingga Termahal di Indonesia – Beberapa waktu kebelakang, ikan channa menjadi sangat populer di Indonesia. Hal ini debabkan karena kenaikan harga dari ikan gabus hias tersebut.

Karena kenaikan harganya, banyak pecinta ikan hias ini berminat untuk memiliharnya. Selain untuk menjalani hobby hal ini juga dapat menjadi investasi untuk para pecinta ikan hias.

Jenis dan Harga Ikan Channa

Harga Ikan Channa
Harga Ikan Channa

Ikan Channa atau juga dikenal sebagai snakehead emperor merupakan ikan gabus hias yang memiliki bentuk kepala menyerupai ular. Ikan ini tersebar di perairan Asia hingga Afrika.

Ikan jenis ini merupakan spesies yang endemik di India Utara, tepatnya Sungai Brahmaputra. Selama musim dingin, ikan Channa akan bersembunyi di liang dengan kedalaman maksimum 1 meter dan biasanya satu liang akan menampung spesimen soliter atau pasangan.

Dilansir dari wikipedia.org, Channa adalah sebuah genus ikan predator dalam keluarga Channidae yang berasal dari habitat air tawar di Asia. Genus tersebut terdiri dari sekitar 50 spesies terdeskripsi secara ilmiah. Genus tersebut memiliki persebaran alami besar yang terbentang dari Irak di barat, Indonesia dan Tiongkok di timur, dan sebagian Siberia di Timur Jauh.

Nah berhubung pada artikel kali ini Mocipay akan membahas tentang daftar harga ikan channa, maka kamu juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis dari ikan channa tersebut. Berikut adalah jenis-jenis beserta daftar harga ikan channa, simak ya:

1. Ikan Channa Barca

Harga Ikan Channa

Memiliki motif warna yang unik merupakan salah satu alasan harga ikan ini menjadi mahal. Tubuh channa barca didominasi warna biru kehijau dengan titik-titik hitam yang membentuk pola tertentu. Untuk harga ikan Channa Barca sendiri ditentukan berdasarkan ukuran dan corak pada warnanya.

Semakin besar ukuran dan cerah warna yang dihasilkan, maka akan semakin mahal pula harganya. Ikan Channa barca merupakan salah satu jenis ikan channa termahal didunia. Hal ini disebabkan karena ikan ini mengalami kepunahan dan mulai langka. Harga ikan channa barca biasa dibandrol mulai dari 750 ribu untuk sampai 50 juta rupiah.

2. Channa Argus

Harga Ikan Channa
sumber gambar: seriouslyfish.com

Channa Argus atau yang biasa disebut sebagai ikan gabus utara ini memiliki ciri khas bercak berwarna hitam di bagian tubuhnya. Jenis ikan Channa yang satu ini dapat tumbuh hingga 1 meter. Ikan ini  berasal dari Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara dan Selatan. Habitat ikan ini terletak dari Sungai Amur hingga Pulau Hainan.

Untuk harga ikan channa argus sendiri biasa dibandrol dengan harga 250 ribu samapi 4 juta rupiah.

3. Channa Asiatica

Harga Ikan Channa
sumber gambar infobinatang.com

Channa Asiatica memiliki warna yang cukup beragam, mulai dari cokelat kombinasi hitam, abu-abu kombinasi hitam, dan juga merah kombinasi hitam. Yang cukup terkenal dari jenis ini adalah yang berwarna merah kombinasi hitam, atau dijuluki Channa Asiatica Red Spotted. Ikan channa asiatica dapat tumbuh hingga 35 cm.

Semakin cerah corak warna yang dihaslikan ikan ini, maka akan semakin tinggi pula harganya. Harga ikan channa asiatica dipasaran dibandrol dengan harga 500 ribu sampai 1 juta tergantung dari warna dan ukuranmya.

4. Channa Auranti

Harga Ikan Channa

Channa aurantu atau aurantimaculata merupakan spesies ikan channa yang berukuran sedang dan berwarna-warni. Ikan ini banyak ditemukan didaerah sungai Brahmaputra, timur laut India, tepatnya berasal dari wilayah Assam. Ikan gabus ini harus mampu menahan penurunan suhu musiman di bawah tingkat tropis.

Pada tahun 2022 ini channa auranti sedang mengalami kenaian harga dibanding tahun sebelumnya, hal ini karena warnanya yang unik. Harga ikan channa auranti dibandrol dari 750 ribu sampai 2 juta rupiah. Harga ini ditentukan berdasarkan warna dan ukuran channa auranti itu sendiri.

5. Channa Marulioides

harga Ikan Channa
sumber gambar jualbelicupang.com

Jenis ikan channa yang satu ini memiliki ciri berupa motif bulat berwarna coklat kehitaman pada sebagian tubuhnya. Harganya ikan channa Marulioides sangat bervariasi antara ratusan ribu bahkan hingga jutaan Rupiah. Harga tersebut bergantung pada jenis dan ukurannya.

6. Channa Andrao

Harga Ikan Channa
sumber gambar ikantani.com

Channa andrao ini adalah ikan asli India yang hidup di sekitar sungai brahmaputra. Channa andrao memiliki warna sirip biru dengan badan gelap bercorak kemerahan. Ukuran ikan channa andrao merupakan yang terkecil dibanding dengan jenis ikan channa lainnya.

Andrao dewasa ukuran maksimalnya hanya sekitar 10-15 cm saja. Karena ukuran tubuhnya kecil, channa ini dapat dipelihara dalam akuarium yang relatif kecil. Harga ikan channa andrao dipasaran biasanya berkisar 200 ribu sampai 350 ribu, tergantung dari corak dan ukurannya.

7. Channa Pulchra

Harga Ikan Channa

Ikan Channa Pulchra berasal dari Myanmar, ikan ini memiliki corak yang menarik dan unik. Mempunyai warna abu kebiruan dengan sirip berwarna oranye yang khas. Dihabitat alaminya, ikan ini menghuni di aliran sungai yang berbatu dan banyak tanaman air di sekitar permukaan sungai.

Ikan Channa Pulchra ini dapat tumbuh hingga 30 cm. Pada bagian siripnya, Anda akan menemukan warna biru solid lengkap dengan strip berwarna hitam di bagian tepinya. Harga ikan channa pulchra dipasaran sangat beragam, namun biasanya dibandrol dari 100 ribu sampai 450 ribu.

8. Channa Stewartii

Harga Ikan Channa
sumber gambar ikantani.com

Channa Stewartii memiliki nama latin Assamese Snakehead atau bisa disebut juga Golden Snakehead. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 25 cm. Ikan channa stewartii memiliki warna biru cerah, hampir mirip dengan ikan channa andrao.

Perbedaan yang mecolok diantara keduanya adalah bintik warna hitam yang ada disekujur tubuh ikan channa stewartii. Walaupun berukuran kecil, ikan ini cukup mahal dipasaran, biasanya dibandrol dari 500 ribu sampai 2,5 juta rupiah, tergantung dari ukuran dan warnanya.

9. Channa Bleheri

Harga Ikan Channa

Channa Bleheri menjadi salah satu ikan gabus yang dipaling banyak disukai karena warnanya yang cantik menyerupai pelangi dengan sirip berwarna oranye. Ciri khas dari ikan channa ini adalah kombinasi dari 3 sampai 4 warna pada tubuhnya, mulai dari warna oranye, hitam, merah dan juga biru.

Terkhusus pada bagian ekornya, ikan channa bleheri memiliki pola yang unik layaknya pola yang terdapat pada ikan guppy. Ikan Channa Bleheri cenderung aktif berenang. Ikan ini bisa jadi alternatif Jika kamu menyukai ikan yang berukuran kecil karena ukuran ikan ini berkisar 17 cm. Harga ikan channa bleheri dipasaran berkisar dari 350 ribu sampai 1,2 juta rupiah.

Daftar Lengkap Harga Ikan Channa di Indonesia

Daftar Jenis Ikan Channa

Harga Ikan Channa (Rp)

Ikan Channa Barca 750.000 – 50.000.000
Ikan Channa Argus 250.000 – 4.000.000
Ikan Channa Asiatica 500.000 – 1.000.000
Ikan Channa Auranti 750.000 – 2.000.000
Ikan Channa Marulioides 100.000 – 200.000
Ikan Channa Andrao 200.000 – 350.000
Ikan Channa Pulchra 100.000 – 450.000
Ikan Channa Stewartii 500.000 – 2.500.000
Ikan Channa Bleheri 350.000 – 1.200.000

Tabel harga lainya bisa kamu lihat di bawah ini

Penutup

Harga Ikan Channa
Harga Ikan Channa

Demikianlah daftar harga ikan channa yang Mocipay rangkum untuk kamu. Untuk jenis ikan channa sendiri sebenarnya lebih dari 20 jenis. Namun yang dibahas disini adalah ikan channa yang paling populer dan paling banyak diminati di Indonesia.

Untuk harga ikan channa tentu memiliki harga yang berbeda disetiap lokasi. Namun pada umumnya harganya kurang lebih sama. Semoga artikel kali ini dapat membawa manfaat untuk kamu terutama yang ingin memulai memelihara ikan channa.

Back to top button