4 Cara Agar Download di Telegram Cepat dengan Proxy

Ratih Pratiwi

Tak hanya sebagai media berkirim pesan chat, telepon, atau video call, kelebihan Telegram sudah sampai pada media download hal-hal seperti film, foto, hingga musik. Hanya saja aktivitas mengunduh file harus dibarengi dengan kecepatan akses yang stabil. Maka tidak heran banyak pengguna mencari cara agar download di Telegram cepat dengan proxy.

Seperti yang kita tahu, sebagai pengguna kita bisa mengakses berbagai channel atau grup di Telegram dengan mudah, gratis, dan bisa bergabung kapan saja. Akan tetapi di samping kemudahan tersebut, tentunya ada hal lain yang perlu dipersiapkan. Misalnya bagi kamu yang ingin mengunduh file, maka harus memastikan server Telegram bekerja dengan optimal.

Tak dipungkiri bahwa server Telegram mungkin berbeda di masing-masing perangkatnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ternyata kecepatan Telegram dapat dibantu dengan adanya fitur proxy atau alternatif pendukung kecepatan jaringan lainnya. Sehingga dalam pembahasan ini akan ada 4 cara agar download di Telegram cepat dengan proxy.

Namun mengapa harus mengunakan proxy, apa keuntungannya?

Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Proxy di Telegram

cara agar download di Telegram cepat dengan proxy
Sumber: Screenshot/Telegram PlayStore

Sebelum kamu mencari berbagai cara agar download di Telegram cepat dengan proxy, kamu pasti bertanya-tanya apa fungsi atau keuntungan yang dibawa oleh proxy untuk Telegram? Karena jika belum memahami konsepnya, mungkin masih banyak pengguna yang masih ragu menggunakannya. Secara lebih detail, berikut beberapa keunggulannya:

  • Akses Telegram Lebih Cepat

Fungsi paling utama yang diberikan oleh peranan proxy, yaitu untuk meningkatkan kecepatan akses pengguna di Telegram, termasuk saat sedang men-doenload. Terkadang proses unduh berputar dengan sangat lambat, terutama ketika ukuran file terlalu tinggi, memori penuh, atau jaringan dan kualitas server yang tidak memungkinkan.

Dengan pengaktifan atau pemasangan proxy, tidak ada istilahnya proses pengunduhan tersendat karena koneksi aplikasi yang buruk. Bahkah kebanyakan orang mengenal fungsi proxy dengan hal yang satu ini. Dengan begitu, memungkinkan pengunduhan file berlangsung dengan sat set.

Bukan hanya itu, kecepatan akses yang didukung proxy juga membuat pengguna lebih mudah dalam streaming film di Telegram.

  • Akses Telegram Lebih Luas

Pernahkah kamu membayangkan akses di Telegram menjadi tak terbatas? Semua itu bisa dilakukan selama adanya proxy. Proxy memungkinkan server pengguna dapat melampaui pembatasan akses yang ditetapkan oleh operator.

Tentu pengaktifan mode proxy bisa membuat pengguna mengakses konten lebih luas, bahkan untuk konten terbatas atau yang diblokir oleh provider lokal. Lalu proxy pun dapat mengkoneksikan data lalu lintas antara Android maupun iPhone dengan Telegram.

  • Privasi Data Lebih Terproteksi

Terkadang yang menjadi kekhawatiran user adalah mengenai kerahasiaan data agar tidak bocor ke pihak yang tidak berkepentingan, karena hal tersebut berhubungan dengan kenyamanan pengguna. Menariknya, proxy juga akan menjawab kebutuhan tersebut.

Dengan sistem yang dikembangkan, proxy dibekali dengan fitur enkripsi pesan. Sehingga tingkat keamanan data sangat tinggi, dan tingkat penyalahgunaan rendah bahkan tidak akan ada. Hal tersebut salah satunya dapat ditemui pada salah satu jenis proxy seperti MTProto.

Maka sudah jelas, penggunaan proxy dapat meminimalisir risiko dalam penggunaan atau akses di aplikasi Telegram.

Tata Cara Agar Download di Telegram Cepat Dengan Proxy

Ada 3 jenis metode berbeda yang dapat menjadi cara agar download di Telegram cepat dengan proxy. Diantaranya bisa menggunakan Proxy Indonesia, fitur Proxy dari Telegram, Proxy via setting Telegram Web, serta dengan dukungan aplikasi VPN. Meskipun berbeda, namun langkah ketiganya sama-sama berfungsi untuk mempercepat proses download.

Menggunakan Proxy Indonesia/ID

cara agar download di Telegram cepat dengan proxy
Cara Agar Download Di Telegram Cepat Dengan Proxy

Step pertama yang disarankan adalah menggunakan setting Proxy ID lokal dari Indonesia. Bahkan fitur tersebut ada di aplikasi Telegram dan bisa user custom sesuai tujuan penggunaan.

Melalui proxy ID, pengguna bisa menggunakan alamat ID berbeda dengan yang aslinya. Dan perlu kamu tahu bahwa IP adress yang berbeda membuat proses pengunduhan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Penggunaan fitur proxy khusus dari lokal tersebut diperkirakan dapat membuat kecepatan lebih kencang. Dan berikut ini step by step dalam menggunakan proxy ID.

  1. Langkah 1, buka aplikasi Telegram milik kamu
  2. Langkah 2, Raih menu pencarian di bagian pojok kanan atas
  3. Langkah 3, Searching kata kunci Digitalresistance.dog atau Proxy Server Indonesia pada kolom pencarian di Telegram dan klik channel-nya
  4. Langkah 4, Tunggu hingga muncul Pop-Up pada layar > klik opsi Hubungkan ke Proxy atau Connect to Proxy
  5. Langkah 5, Selesai dan tunggu
  6. Langkah 6, Berikutnya secara otomatis jaringan internet dan Telegram kamu akan terkonfigurasi dengan Proxy

Bisa dibilang bahwa Proxy ini memiliki sistem sharing dengan pengguna lain, sehingga kamu tidak disarankan untuk terus menghidupkannya. Setelah selesai mengunduh menggunakan proxy, jangan lupa untuk mematikannya kembali untuk user lainnya, cukup dengan menghilangkan ikon ‘centang’ pada menu di sebelah kolom pencarian dan matikan User Proxy.

Custom Proxy Dari Telegram

Menariknya selain dari channel Proxy Indonesia, pengguna juga dapat melakukan pengaturan proxy secara mandiri di Telegram. Ya, cara agar download di Telegram cepat dengan proxy bisa dilakukan dengan cara tersebut. Telegram sendiri sudah menyediakan fitur lokal tersebut. Namun penggunaan proxy kembali lagi terhadap pilihan masing-masing. Konfigurasi tersebut dapat kamu lakukan melalui fitur pengaturan.

cara agar download di Telegram cepat dengan proxy
Cara Agar Download Di Telegram Cepat Dengan Proxy
  1. Setelah kamu membuka aplikasi Telegram > tap Menu Navigasi yang ada di sebelah kiri atas
  2. Klik Pengaturan > gulirkan ke bawah dan pilih Data dan Penyimpanan
  3. Scroll lagi ke bagian terbawah, lalu tekan opsi Pengaturan Proxy
  4. Klik menu Tambah Proxy
  5. Lalu isilah berbagai data server yang user gunakan, serta bisa didapatkan dari penyedia server proxy di internet
  6. Adapun pilihan data server yang bisa digunakan di Telegram, diantaranya MTProto Proxy dan SOCKS5. User bisa memilih salah satu dari 2 pilihan default tersebut
  7. Jika memilih proxy sesuai pilihan default, proxy akan langsung terhubung
  8. Namun jika mengisi nama server sendiri sesuai data proxy yang ditemukan dari website, lanjutkan dengan klik Centang di sebelah kanan atas
  9. Terakhir, tap opsi Aktifkan Pengaturan Proxy setelah tanda berubah menjadi hijau dan bertanda Tersedia

Aktifkan Proxy Via Telegram Web

Cara Agar Download Di Telegram Cepat Dengan Proxy Tidak harus dari aplikasi, pengunduhan file juga bisa dilakukan melalui Telegram versi website. Adanya Telegram web menjadi salah satu alternatif pilihan bagi pengguna. Karena beberapa kondisi ada pula pengguna yang khusus menggunakan Telegram dari perangkat dekstop. Atau ada pula yang membutuhkan login telegram di 2 perangkat sekaligus, misalnya satu melalui aplikasi mobile dan satunya lagi di dekstop.

Untuk itu, cara agar download di Telegram cepat dengan proxy ini bisa diatur melalui web resmi tersebut. Jika koneksi internet mendukung, maka pengunduhan via PC biasanya lebih cepat dibandingkan melalui HP.

Namun tetap saja bia menjadi kendala jika koneksinya terganggu. Sebagai tips dari kami, gunakanlah koneksi internet dari WiFi agar proses download lebih kencang dan stabil. Selain itu lakukan kustomisasi pengaturan proxy di Telegram web, yang tahapannya sama seperti ketika menggunakan aplikasi.

Baca Juga: 5 Proxy Telegram Tercepat 2023 : Tersedia Uji Coba Gratis

Gunakan Bantuan VPN

Selain cara agar download di Telegram cepat dengan proxy Indonesia, kamu juga bisa mempercepat pengunduhan menggunakan dukungan VPN. Ada banyak jenis VPN yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, termasuk yang bisa dipakai untuk menerombos pembatasan server saat ingin mengunduh.

Aplikasi VPN yang dapat diunduh melalui PlayStore juga memiliki fungsi yang sama seperti proxy. Aplikasi yang disarankan di sini adalah SuperVPN yang memiliki spesifikasi bagus dan sama persis dengan proxy pada Telegram. Pengunduhan dapat dilakukan secara gratis.

  1. Step 1, Buka aplikasi SuperVPN setelah berhasil terpasang di ponsel
  2. Cari menu Smart Proxy dan tekan ikon strip tiga
  3. Pilih dan centang pada pilihan aplikasi Telegram
  4. Lanjutkan dengan tap Connect agar tersambung ke VPN
  5. Tunggu sampai mendapatkan notifikasi, lalu klik OK untuk mengkoneksikan
  6. VPN sudah tersambung
  7. Step terakhir, Apabila ada notifikasi, silahkan tekan OK untuk melanjutkan proses koneksi ke VPN.
Kegunaan Proxy Pada Telegram Penjelasan
Meningkatkan Privasi Dengan menggunakan proxy, Anda dapat menyembunyikan alamat IP asli Anda dari layanan Telegram, meningkatkan tingkat privasi Anda dan melindungi identitas online Anda.
Mengatasi Pembatasan Geografis Proxy memungkinkan Anda untuk mengakses Telegram dari negara-negara yang memblokir layanan ini atau memiliki pembatasan akses. Ini membantu Anda tetap terhubung dengan pengguna di seluruh dunia.
Mengamankan Koneksi Proxy membantu meningkatkan keamanan koneksi Anda, terutama saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik yang rentan. Data Anda dienkripsi dan lebih aman dari ancaman potensial.
Akses ke Konten Terblokir Dengan mengakses Telegram melalui proxy, Anda dapat membuka akses ke konten atau situs web yang diblokir oleh penyedia layanan internet atau firewall di lokasi Anda.
Mengurangi Pelacakan Online Penggunaan proxy dapat mengurangi pelacakan online yang dilakukan oleh iklan dan analitik, memberikan Anda sedikit lebih banyak privasi saat menjelajah atau menggunakan Telegram.
Cara Agar Download Di Telegram Cepat Dengan Proxy
Cara Agar Download Di Telegram Cepat Dengan Proxy

Itulah beberapa metode dan tata cara agar download di Telegram cepat dengan proxy. Kini kamu sudah bisa mendapatkan kecepatan akses cepat kilat saat akan mengunduh file di aplikasi Telegram tanpa hambatan apapun lagi, salah satunya dengan mengetahui informasi dari Mocipay ini.

Related Post