5 Cara Update Aplikasi Selain Lewat Playstore

Widya Samosir

Saat aplikasi Playstore anda sedang bermasalah, mungkin pejelasan seputar cara update aplikasi selain lewat Playstore di halaman ini bisa mengatasi proses updating aplikasi di ponsel anda yang sempat terkendala akibat permasalahan tersebut.

Sebagaimana kita tau bahwa hampir semua aplikasi pasti pernah mengalami kendala seperti sistem error, adanya bug dan lain sebagainya khususnya aplikasi playstore.

Jika anda mendapati hal demikian jangan tunggu aplikasi playstore untuk kembali seperti sedia kala ya karena itu pasti akan memakan waktu yang cukup lama

Lantas bagaimana cara mengatasinya? cara termudah untuk mengatasi hal tersebut ialah anda harus menggunakan aplikasi lain agar proses updating semua aplikasi yang ada di ponsel anda tetap berjalan seperti seharusnya.

Nah untuk cara mudahnya, anda bisa baca cara update aplikasi selain lewat playstore berikut ini.

Cara Update Aplikasi Selain Lewat Playstore

cara update aplikasi selain lewat playstore
cara update aplikasi selain lewat playstore

Dikutip dari halaman wikipedia.org, playstore merupakan layanan distribusi digital yang di operasikan dan dikembangkan oleh google

Dimana layanan ini berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem android yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan android software development KIT dan diterbitkan melalui google.

Selain pengertian tersebut, letak playstore sendiri sering kita jumpai pada handphone yang berbasis android atau hp android dan app store untuk ponsel yang berbasis iPhone.

Sesuai dengan fungsinya yang dapat mengunduh aplikasi, playstore juga merupakan sebuah layanan yang bisa anda gunakan untuk melakukan proses update ulang pada aplikasi-aplikasi yang telah anda install pada ponsel anda.

Banyak dari kita mungkin masih bertanya-tanya apakah proses updating aplikasi itu penting? jawabannya penting ya sobat sebab proses updating tersebut akan meningkatkan keamanan terkait aplikasi yang anda gunakan, dapat meningkatkan peforma dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika hp yang kita gunakan ternyata tidak memungkinkan untuk melakukan proses updating dikarenakan aplikasi playstore yang kita miliki sudah tidak berfungsi dengan baik lagi?

Berikut cara update aplikasi selain lewat playstore yang bisa anda gunakan untuk tetap menjalankan keinginan updating semua aplikasi yang ada di ponsel anda.

1. Cara Update Aplikasi Lewat APKPure

Cara Update Aplikasi Lewat APKPure
Cara Update Aplikasi Lewat APKPure

Cara update aplikasi selain lewat playstore ternyata didukung oleh aplikasi yang bernama APKPure. Melakukan proses update aplikasi ponsel menggunakan apkpure bisa menjadi cara andalan anda.

Sebab jika anda melakukannya melalui halaman apkpure maka semua proses update tersebut akan berjalan lancar dan cepat.

Sedangkan untuk cara penggunaan apkpure, anda bisa memulainya dengan

  • mengakses halaman apkpure melalui kolom pencarian di google chrome, firefox browser dan layanan browser lainnya.
  • Kemudian anda tinggal klik unduh pada halaman yang ditampilkan dan jika semua proses unduh apkpure selesai maka anda hanya perlu menginstallnya di ponsel anda.
  • Setelah apkpure berhasil di install, silahkan anda ketuk saja aplikasi yang perlu di update satu persatu pada kolom fitur search yang ada di halaman utama apkpure.
  • Sebagai langkah terakhir anda hanya perlu menunggu semua aplikasi tersebut selesai di update, lalu semuanya selesai.

2. Cara Update Aplikasi Lewat APKMirror

Cara Update Aplikasi Lewat APKMirror
Cara Update Aplikasi Lewat APKMirror

Tak jauh berbeda dengan APKPure, APKMirror juga mempunyai manfaat yang sama dengan APKMirror dimana keduanya bisa anda jadikan sebagai cara update aplikasi selain lewat playstore.

Cara update aplikasi lewat APKMirror sepertinya terkesan lebih mudah dibandingkan cara sebelumnya jika kita melihat dari sisi pandangan para pengguna aplikasi ini.

Pasalnya banyak orang yang berpendapat bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan karena aplikasi ini memiliki ukuran aplikasi yang sangat ringan sehingga mampu digunakan untuk tipe hp android apa saja.

Nah, jika anda mencari aplikasi yang demikian maka anda bisa gunakan apkmirror sebagai solusinya melalui urutan tahapan penggunaannya untuk update aplikasi di ponsel berikut ini:

  1. Masuk ke halaman web browser (google chrome, firefox browser, dll) 
  2. kemudian, ketik APKMirror dan enter 
  3. pada halaman yang tampil klik menu free apk downloads-free and safe android apk 
  4. lalu pilih download apkmirror installer untuk memulai proses unduhan apkmirror 
  5. lanjutkan dengan buka apkmirror yang berhasil di unduh 
  6. silahkan klik saja aplikasi-aplikasi yang ingin anda unduh atau update 
  7. aplikasi berhasil di update.

3. Cara Update Aplikasi Lewat APKUpdater

Cara Update Aplikasi Lewat APKUpdater
Cara Update Aplikasi Lewat APKUpdater

Apabila APKPure dan APKMirror yang telah anda install ternyata tidak bisa digunakan sama sekali maka anda bisa memilih cara update aplikasi selain lewat playstore menggunakan APKUpdater.

Jika anda bertanya diantara ketiganya, mana aplikasi yang lebih cepat untuk melakukan proses updating aplikasi maka jawabannya ialah ketiganya sama saja walaupun bisa dikatakan bahwa APKMirror mungkin lebih baik.

Namun semuanya kembali dengan selera masing-masing ya sobat. Nah, jika anda tertarik untuk lebih menggunakan APKUpdater karena sebelumnya sudah pernah menggunakan aplikasi sebelum ini namun ternyata gagal maka anda bisa mengikuti tahapan cara update aplikasi selain lewat playstore menggunakan APKUpdater berikut ini agar proses update aplikasi yang ingin anda coba selesaikan bisa berjalan lancar.

  • Pertama silahkan anda unduh APKUpdater versi terbaru melalui google chrome, firefox browser, dan layanan browser lainnya 
  • lalu install APKUpdater di ponsel anda dan buka 
  • saat halaman APKUpdater menampilkan apps, updates, search dan settings maka anda klik saja settings 
  • kemudian, klik periksa pembaruan 
  • lanjutkan dengan memilih waktu pembaruan proses update harian 
  • tunggu sampai APKUpdater selesai memuat semua aplikasi yang perlu membaruan 
  • setelah itu, klik perbarui dan APKUpdater akan memperbarui semua aplikasi anda secara otomatis.

4. Cara Update Aplikasi Lewat Aptoide

Cara Update Aplikasi Lewat Aptoide
Cara Update Aplikasi Lewat Aptoide

Aptoide merupakan salah satu aplikasi android yang berbasis layaknya toko atau platform tempat berkumpulnya semua aplikasi-aplikasi android yang sama seperti aplikasi playstore.

Biasanya aplikasi aptoide digunakan setiap pengguna android hanya untuk mengunduh aplikasi lain yang mungkin sulit ditemukan di halaman playstore namun melalui halaman ini kamu akan mengetahui bahwa ternyata aplikasi ini juga bisa melakukan updating untuk semua aplikasi yang ada di ponsel kita.

Bagaimana cara update aplikasi selain lewat playstore menggunakan aplikasi aptoide? Berikut urutan langkah-langkahnya:

  1. sama seperti sebelumnya, anda wajib menjelajahi google chrome, firefox browser, dan layanan browser lainnya untuk menemukan aplikasi Aptoide
  2. kemudian, unduh aplikasinya agar bisa digunakan untuk update semua aplikasi di ponsel anda
  3. lalu, pilih saja mana aplikasi-aplikasi yang perlu di update
  4. jangan meninggalkan halaman update sebelum semua proses updating selesai
  5. cara update aplikasi selain lewat playstore menggunakan aplikasi aptoide selesai

5. Cara Update Aplikasi Lewat Apps Gag

Cara Update Aplikasi Lewat Apps Gag
Cara Update Aplikasi Lewat Apps Gag

Langkah terakhir untuk cara update aplikasi selain lewat playstore ialah menggunakan apps gag. Masih sama seperti penggunaan aplikasi-aplikasi sebelumnya, apps gag juga memerlukan akses pencarian browser untuk dapat menginstalnya.

Sedangkan untuk kemudahan yang ditawarkan, penggunaan apps gag juga cukup mudah untuk menyelesaikan proses updating aplikasi anda yang sempat terkendala akibat layanan playstore sedang rusak atau error.

Jadi segera lakukan cara update aplikasi selain lewat playstore menggunakan apps gag sekarang melalui tahapan-tahapan penyelesainnya di bawah ini:

  • buka aplikasi google chrome, firefox browser atau aplikasi google anda lainnya
  • ketik apps gag di kolom pencarian
  • kemudian klik menu appsgag: download free apps and games for android pada halaman utama yang muncul
  • pilih satu persatu aplikasi yang perlu di update atau di install
  • tunggu sampai proses update selesai dan sukses
  • aplikasi-aplikasi yang telah di update dapat digunakan tanpa perlu proses update kembali di aplikasi playstore

Manfaat Update Perangkat Lunak Yang Ada Di Ponsel

Jika pada pembahasan cara update aplikasi selain lewat playstore kita sempat menyinggung bahwa proses update perangkat lunak atau aplikasi dapat meningkatkan peforma dari aplikasi-aplikasi tersebut

Maka ada manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan saat proses update perangkat lunak tersebut telah berhasil atau sukses di update. Beberapa diantaranya ialah :

Manfaat Penjelasan
Keamanan Update perangkat lunak sering kali mengandung perbaikan keamanan yang memperbaiki kerentanansistem terhadap potensi ancaman dan serangan siber. Dengan melakukan update, Anda dapat menjaga keamanan data dan informasi pribadi Anda.
Kinerja Ponsel yang Lebih Baik Update perangkat lunak dapat membawa peningkatan kinerja ponsel Anda. Ini termasuk perbaikan bug, peningkatan stabilitas, dan optimalisasi yang dapat membuat ponsel berjalan lebih lancar dan responsif.
Penambahan Fitur Baru Beberapa update perangkat lunak memperkenalkan fitur baru dan fungsionalitas yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda. Ini termasuk peningkatan pada antarmuka pengguna, kemampuan baru, dan fitur tambahan.
Pembaruan Aplikasi Melalui update perangkat lunak, aplikasi yang terinstal di ponsel Anda juga dapat diperbarui. Ini membantu memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru aplikasi dengan fitur-fitur baru dan perbaikan yang lebih baik.
Kompatibilitas Perangkat Update perangkat lunak juga dapat memperbaiki masalah kompatibilitas dengan perangkat keras tertentu. Hal ini membantu menghindari masalah yang mungkin timbul jika sistem operasi tidak cocok dengan perangkat keras Anda.

Itulah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika cara update aplikasi selain lewat playstore diatas berhasil anda selesaikan.

Penutup

Cara Update Aplikasi Selain Lewat Playstore
Cara Update Aplikasi Selain Lewat Playstore

Mempertahankan aplikasi agar tetap berjalan dengan bagus tanpa kendala sesungguhnya tidaklah sulit karena anda hanya perlu rajin untuk melakukan update setiap saat.

Jika proses update perangkat lunak yang anda lakukan terkendala pada aplikasi playstore di ponsel anda maka anda hanya perlu menggunakan cara update aplikasi selain lewat playstore yang telah kami hadirkan untuk anda hari ini. Semoga membantu dan terima kasih atas waktu yang anda berikan untuk membaca halaman ini sampai selesai.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay