5 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang Dengan Mudah

Apakah kamu sedang mencari Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang ? Jika yah, maka kamu berada diartikel yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Shopee merupakan Salah satu aplikasi belanja online yang banyak digunakan karena proses transaksi yang mudah dan cepat. namun untuk belanja melalui aplikasi tersebut, kamu harus mendaftarkan akun terlebih dahulu.

Cara mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
teknologiterbaru.id

Lalu bagaimana jika akun shopee yang sudah terdaftar hilang karena lupa sandi atau permasalahan lainnya ? Baiklah, sebelum membahas lebih lanjut cara mengembalikan akun shopee yang hilang, ada baiknya pengguna mengetahui lebih dulu apa penyebab hilangnya akun shopee tersebut.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Hilangnya Akun Shopee

Sebelum kita membahas cara mengembalikan akun shopee yang hilang, pengguna shopee harus tau apa penyebab hilangnya akun shopee tersebut.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengembalikan akun shopee yang hilang namun masih terdaftar email dan nomor hp sehingga bisa di aktifkan melalui aplikasi oleh pengguna  :

  • Jika akun Shopee yang hilang karena lupa username, kamu bisa mengatasi masalah seperti ini dengan login ke aplikasi shopee dan klik lupa username pada menu lupa password
  • Jika akun shoppe yang hilang karena keluar sendiri, kamu bisa menghapus chache aplikasi shopee kemudian login kembali dengan akun yang sudah ada
  • Jika akun shopee yang hilang karena sudah lama tidak di gunakan, kamu bisa mengajukan pemulihan akun pada form aduan di aplikasi shopee tersebut.
  • Jika akun shopee yang hilang karena aplikasi terhapus, kamu bisa login kembali dengan menggunakan metode login lewat akun sosmed yang sudah di tautkan seperti facebook dan WhatsApp.

Berbeda dengan kasus diatas, berikut beberapa penyebab hilangnya akun shopee yang tidak terdaftar email atau nomor HP sipemilik akun :

  • Akun shopee dicuri

Untuk menghindari kasus pencurian akun kamu bisa mengamankan data akun kamu serta mengubah kata sandi shopee secara berkala.

  • Terdeteksi Melakukan transaksi mencurigakan

Transaksi mencurigakan seperti melakukan orderan palsu adalah tindakan yang di larang oleh banyak aplikasi belanja online termasuk  aplikasi Shopee. Oleh karena itu, pastikan kamu memakai aplikasi sesuai aturan dan semestinya agar akun yang kamu miliki tetap aman.

  • Login menggunakan Emulator

Login menggunakan emulator adalah hal yang tidak di perbolehkan oleh sistem marketplace seperti shopee. Hal di karenakan tindakan tersebut dapat di indikasikan sebagai sebuah pelanggaran.

  • Double login akun shopee

Memiliki akun lebih dari satu dapat memicu tindakan kecurangan seperti transaksi palsu. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal tersebut shopee bisa menon-aktifkan akun pengguna secara permanen.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang

Berikut beberapa cara mengembalikan akun shoppe yang hilang dengan mudah :

  • Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang Karena Logout Dari Aplikasi

Cara mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Shopee.co.id

Berikut cara mengembalikan akun shopee yang hilang karena keluar dari aplikasi :

  1. Buka aplikasi Shopee pada handphone kamu
  2. Pilih menu saya dan masuk ke akun yang hilang
  3. Pilih opsi login lain untuk mengembalikan akun
  4. pilih login menggunakan google/facebook/nomor telepon
  5. Masukkan email yang di daftarkan pada akun shopee
  6. Tunggu beberapa saat sampai kamu berhasil login ke akun tersebut.
  • Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang Karena Lupa Password

Cara mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Shopee.co.id

Berikut cara mengembalikan akun shopee yang hilang karena lupa password :

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih menu saya, dan klik fitur pengaturan pada bagian atas aplikasi
  3. Pilih keamanan & akun, lalu klik ganti password
  4. klik tulisan lupa password yang berwarna biru
  5. Pilih salah satu dari 2 opsi verifikasi, yaitu nomor handphone dan email.
  6. Ikuti petunjuk selanjutnya, maka password akan langsung diubah menjadi password baru dan sudah bisa di gunakan.
  • Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Hilang Karena Akun Shopee di Hack

Cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun yang di hack adalah dengan :

  1. Hubungi pihak shopee baik melalui email, live chat, dan nomor telepon resmi.
  2. Ubah Password akun shopee dengan yang lebih kuat dan sulit di tebak.
  3. Cek riwayat transaksi akun shopee, kemudian laporkan jika ada yang mencurigakan
  4. Ikuti intruksi dari pihak shopee sampai selesai.
  • Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang Melalui Call Center Shopee

Cara mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Shopee.co.id

Jika tidak bisa melalui aplikasi, cara mengembalikan akun shopee yang hilang dapat dilakukan dengan menghubungi CS atau call center Shopee. Berikut langkah-langkah menghubungi customer service  Shoppe yang bisa kamu ikuti :

  1. Hubungi customer service Shopee melalui sambungan telepon 1500702 dan 021-39500300
  2. Kamu juga bisa mengisi data form disini
  3. Masukkan kendala Shopee lalu upload bukti kendala di akun kamu seperti screenshoot tidak bisa login. kemudian cantunkan alasan ingin mengembalikasn akun shopee yang sudah hilang tersebut
  4. Biasanya akan di proses maksimal 3 hari dan pihak Shopee akan mengkonfirmasi terkait kendala kamu
  5. Ikuti arahan yang di berikan oleh pihak shopee agar akun kamu bisa segera di pulihkan.

Artikel terkait : 5 Cara Mengatasi Shopee Gangguan Kembali Ke Halaman Utama 

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Dibatasi

Ada beberapa penyebab Akun Shopee yang di batasi seperti melakukan Spam, dan penggandaan akun. Untuk memulihkan akun shopee yang telah di batasi dapat dilakukan dengan mengajukan banding sebagai berikut :

Cara mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Shopee.co.id
  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, izin usaha, bukti produk dan surat pernyataan
  2. Login ke forum pengaduan Disini
  3. Isi semua kolom tersedia dengan lengkap
  4. Kemudian unggah pengajuan yang telah di buat
  5. Silahkan menunggu email konfirmasi dari pihak shopee

Seputar Info Keamanan Akun Shopee yang hilang

Berikut informasi pertanyaan-pertanyaan terkait keamanan akun shopee yang harus kamu tau :

1. Mengapa saya tidak bisa login ke akun Shopee saya ?

Pengguna tidak bisa login ke akun shopee bisa disebabkan beberapa hal yaitu, password yang salah, salah memasukan nomor telepon, gagal verifikasi wajah, kode verifikasi sudah kadaluarsa, akun di batasi, masalah teknis, dan gagal scan kode QR.

2. Bagaimana cara menjaga keamanan akun shopee saya ?

Upaya yang bisa di lakukan pengguna untuk menjaga keamanan akun shopee yaitu melindungi informasi pribadi, dan lakukan transaksi yang aman dengan mengikuti panduan berikut :

Upaya Penjelasan
Gunakan Kata Sandi yang Kuat Gunakan kata sandi yang kuat yang terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus. Hindari kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama. Gantilah kata sandi secara berkala.
Aktifkan Verifikasi Dua Faktor (2FA) Aktifkan fitur verifikasi dua faktor (2FA) jika tersedia. 2FA menambah lapisan keamanan dengan memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi saat masuk ke akun Anda. Kode ini biasanya diterima melalui SMS atau aplikasi otentikasi.
Hati-hati dengan Phishing Jangan pernah klik tautan atau membuka lampiran dari email atau pesan yang mencurigakan. Phishing sering kali melibatkan upaya penipuan untuk mencuri informasi login Anda. Pastikan tautan yang Anda buka adalah dari sumber yang tepercaya.
Waspadai Aplikasi dan Situs Palsu Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi Shopee dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store. Hindari mengunduh dari sumber yang tidak dikenal. Selalu verifikasi URL situs web Shopee saat Anda mengaksesnya.
Jangan Bagikan Informasi Login Jangan pernah memberikan informasi login Anda, seperti kata sandi atau nomor ponsel, kepada siapa pun yang mengaku sebagai tim dukungan Shopee melalui telepon, email, atau pesan teks. Shopee tidak akan meminta informasi ini melalui kontak tersebut.

3. Dapatkah akun shopee saya masuk di beberapa perangkat ?

Pengguna dapat masuk dan menggunakan akun shopee yang sama di beberapa perangkat tanpa ada perubahan baik dari detail akun maupun riwayat transaksi. Harap di perhatikan bahwa shopee akan mengirimkan kode OTP ke nomor Handphone yang terdaftar di shopee sebagai kode verifikasi, maka pastikan nomor handphone sudah di perbaharuhi.

4. Bagaimana yang mengembalikan akun shopee yang di bajak ?

Untuk memulihkan akun shopee yang sudah dibajak, pengguna dapat mengatasinya dengan menggunakan  fitur lupa kata sandi, menghubungi CS Shopee melalui fitur live chat, dan mengirimkan permintaan pemulihan akun melalui email help@support.Shopee.co.id.

Kesimpulan

Sekian dari pembahasan Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang telah di ulas. Semoga melalui tulisan ini pembaca ataupun pengguna shopee dapat lebih memahami penyebab hilangnya akun shopee dan cara mengatasinya.

Jika ada masukan dan pertanyaan seputar cara mengembalikan akun shopee yang hilang silahkan tinggalkan dikolom komentar, terima kasih.

Related Post