9 Yayasan dan Dermawan yang Mau Membantu Melunasi Hutang

Sanra Hutagalung

Ada satu pertanyaan yang cukup menggelitik yaitu apakah ada dermawan yang mau membantu melunasi hutang? Jawabannya adalah “tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini”. Termasuk keberadaan orang-orang semacam ini. Tetapi tidak dipungkiri juga jumlahnya pasti sangat sedikit.

Orang-orang semacam ini pasti memiliki kebesaran jiwa yang luar biasa. Bagaimana tidak, yang berhutang bukanlah dirinya sendiri melainkan orang lain, tetapi dia masih bersedia untuk membantu melunasinya hutang orang tesebut.

Nah, untuk mengetahui informasi terkait yayasan, bank dan dermawan yang mau membantu melunasi hutang, simak pejelasan dibawah ini!

Siapa Si Orang Dermawan Itu?

Orang dermawan adalah orang yang suka berbagi dengan sesama. Yang mana ketika ia berbagi sesuatu maka ia tidak meminta balasan apapun alias pemberiannya tanpa pamrih. Sifat kedermawanannya itu bisa berupa apapun baik berbagi uang, makanan hingga pinjaman hutang.

Nah, uniknya ada kalanya juga orang dermawan semacam ini akan memberikan uang dengan nominal tertentu kepada orang yang sedang terlilit hutang.

Sedangkan tujuannya supaya orang tersebut bisa melunasi hutangnya dengan menggunakan uang si dermawan tadi. Lantas siapa saja dermawan yang mau membantu melunasi hutang? Simak penjelasnnya dibawah ini!

Bolehkan Berharap Pelunasan Hutang dari Dermawan?

Sejatinya kamu tetap tidak boleh berharap pelunasan hutang pada si dermawan ataupun lembaga tertentu. Kecuali pemberian bantuan pelunasannya bebas dari pamrih atau tidak ada kesepakatan lain di belakang hari. Tetapi yang lumrah bantuan semacam ini justru akan memunculkan hutang yang baru.

Misalnya saja ada lembaga menawarkan bantuan pelunasan hutang kamu. Lalu setelah hutang kamu lunas, kamu harus mencicil ke lembaga tersebut.

Ini kan sama saja bukan bantuan melainkan sistem meminjam uang untuk melunasi hutang dengan jangka waktu yang ditentukan. Meskipun ada dermawan yang mau membantu melunasi hutang, namun sebaiknya tidak usah terlalu berharap akan hal itu.

Yayasan Yang Mau Membantu Melunasi Hutang

Apabila tidak menemukan dermawan yang mau membantu melunasi hutang, alternatif lain yang dapat kamu coba yaitu dengan mencari yayasan yang mau membantu melunasi utang yang terlilit.

Namun konsepnya bukan dibantu pelunasan, melainkan bantuan penyelesaian saja supaya kamu dengan pihak pemilik uang sama-sama  merasa nyaman. Untuk memahami penjelasan yang lebih lengkap, silakan baca di sini:

1. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

Kamu seorang nasabah yang sedang terlilit utang di Bank? Nah, sekarang sudah ada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia yang disingkat YLKI, yang bisa kamu jadikan sebagai solusi.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia

Dimana lembaga yayasan YKLI ini siap untuk membantu menyelesaikan permasalahan kamu dengan persyaratan tertentu yang telah diberlakukan.

Sekalipun demikian YLKI tidak membantu melunasi hutang melainkan hanya membantu mencarikan jalan keluar saja. Nantinya kamu akan dipertemukan dengan pihak Bank untuk sama-sama mencari jalan yang terbaik. Intinya sekalipun tidak ada bantuan pelunasan, kamu akan tetap terbantukan dengan adanya jalan keluar yang bagus.

2. Badan Amil Zakat Nasional

Kabarnya Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas juga bisa dimintakan bantuan untuk melunasi hutang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan tersebut melainkan mereka yang ketika disurvei memang tidak mungkin bisa melunasi hutang itu. Terutama mereka yang berhutang kepada jasa pinjaman online (pinjol).

Badan Amil Zakat Nasional
Badan Amil Zakat Nasional

Yang perlu juga kamu ketahui ialah, jumlah nominal bantuan dari Baznas tidak besar hanya beberapa persen saja dari jumlah pokok hutang.

Jika kamu terlibat hutang sebesar Rp10juta, kemungkinan yang bisa dibantu hanya Rp1-2juta saja. Akan tetapi, kelebihannya kamu tidak perlu mengembalikan uang bantuan tersebut.

3. Amalan

Amalan merupakan sebuah website yang berfungsi sebagai fasilitator mediasi antara nasabah dengan pihak bank. Terutama bagi mereka yang sedang terjerat hutang dan tidak bisa membayar hingga masa jatuh tempo. Nah website ini sudah cukup populer dan kabarnya bisa menyelesaikan sengketa hutang dengan akurasi mencapai 70%.

Kalau kamu menggunakan layanan ini, tentunya kamu harus tetap mencicil hutang ke bank. Cuma mungkin masa jatuh tempo-nya yang diperpanjang. Jadi kamu masih memiliki kesempatan untuk mengumpulkan uang. Untuk itu, silakan melakukan registrasi langsung di situs Amalan yang resmi.

4. Pusat Mediasi Nasional

Pusat Mediasi Nasional atau PMN merupakan lembaga bantuan penyelesaian sengketa keuangan yang kredibel. Sudah banyak kasus sengketa hutang piutang yang diselesaikan oleh lembaga ini. Kalau kamu sedang mencari mediator terkait kasus hutang yang profesional, maka pilih saja orang-orang PMN.

Kredibilitas Pusat Mediasi Nasional tidak terbantahkan loh. Bahkan perusahaan-perusahaan besar banyak yang menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga ini. Tentunya kerjasama tersebut terkait dengan penyelesaian sengketa keuangan perusahaan dengan pihak yang lain.

5. Yayasan Syariah – BSM Implan

Bank Syariah Mandiri atau BSM merupakan salah satu bank Syariah terbesar yang ada di Indonesia. BSM berdiri sebagai anak perusahaan Bank Mandiri yang terfokus pada layanan perbankan prinsip syariah.

Yayasan Syariah - BSM Implan
Yayasan Syariah – BSM Implan

Seiring dengan perkembangannya, Bank Syariah Mandiri memiliki produk pembiayaan mulai dari 5 juta hingga 250 juta rupiah untuk membantu melunasi hutang secara syariah.

Namun terlepas dari semua hal tersebut, bank syariah juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi apabila ingin melakukan pengajuan.

Bank Yang Mau Membantu Melunasi Hutang

Tidak hanya yayasan saja, kini terdapat beberapa Bank yang bisa membantu dalam melunasi sebagian hutang maupun keseluruhan hutang kamu.

Berikut beberapa rekomendasi Bank yang dapat membantu kamu untuk melunasi hutang secara keseluruhan, diantaranya :

1. Bank BNI

Perusahaan perbankan ini memberikan penawaran dan kebebasan kepada setiap pengguannnya terkait uang hasil pinjaman.

Adapun beberapa jenis pinjaman yang ditawarkan untuk membantu melunasi hutang di Bank BNI seraca keseluruhan maupun sebagian, berikut ini.

Jenis Pinjaman BNI  Platfon Kredit Jangka Waktu 
Pinjaman BNI KUR 10 Juta – 50 Juta Rupiah
  • Kredit Modal Kerja maksimal 3 tahun
  • Kredit Investasi maksimal 5 tahun
Pinjaman BNI Griya Maksimal 5 Milyar Rupiah Hingga 30 tahun
Pinajaman BNI Fleksi Pensiun  5 Juta – 500 Juta Rupiah Hingga 15 tahun
KTA BNI Fleksi Aktif 5 Juta – 500 Juta Rupiah Hingga 15 tahun
Kredit BNI Wirausaha  Maksimal 1 Milyar Rupiah
  • Kredit Modal Kerja R/C 1 tahun
  • Kredit Modal Kerja hingga 5 tahun
  • Kredit Investasi hingga 10 tahun

2. Bank BRI

Mengambil pinjaman online dari bank BRI merupakan alternatif lain yang bisa kamu coba apabila terjerat dalam pinjol. Namun untuk dapat melakukan pinjaman online, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Berikut daftar pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI untuk melunasi hutang.

  • Pinjaman Online BRI Ceria.
  • BRIguna Pendidikan.
  • KPR BRI.
  • Kredit Investasi.
  • BRIguna Karya.
  • Kredit Modal Kerja.
  • Kredit Usaha Mikro (KUR) BRI.
  • Kredit Motor Investasi.

Pinjaman online BRI diatas dapat kamu pakai untuk berbagai keperluan seperti membantu biaya usaha permodalan serta membantu melunasi hutang pinjol.

Namun sebelum melakukan pinjaman online di Bank BRI, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu berapa besar suku bunga yang diberikan.

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri juga sebagai alternatif lain yang dapat kamu coba apabila sedang terjerat dalam hutang. Selain menawarkan bunga pinjaman yang rendah, berbagai penawaran pinjaman dapat kamu pilih.

Berikut beberapa jenis pinjaman dan besar bunga yang ditawarkan untuk membantu melunasi hutang di Bank Mandiri.

Pinjaman Mandiri SKM Keterangan
Plafon Pinjaman 25 Juta – 500 Juta Rupiah
Bunga Pinjaman 0,58 % falt perbulan
Tenor Pinjaman 24 bulan – 180 bulan
Premi Asuransi Jiwa Sesuai rate
Provisi Hingga 1% dari limit kredit
Syarat Pengajuan
  • Penghasilan minimal 3 Juta rupiah.
  • Masa kerja pewai tetap min. 1 tahun.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi NPWP
  • SK Khusus anggota TNI/POLRI
  • Slip gaji.

Dermawan Yang Mau Membantu Melunasi Hutang

Pertanyaannya ialah apakah ada seorang dermawan yang mau membantu melunasi hutang? Maka jawabannya ada tetapi tidak banyak.

Sedangkan yang lumrah adalah orang bersedia membantu melunasi hutang kamu tetapi nanti kamu harus mencicil uang bantuan tersebut. Nah ini sama juga tidak membantu melainkan hanya proses  perpindahan hutang saja.

Sekalipun ada dermawan yang mau membantu melunasi hutang, namun tidak usah terlalu berharap untuk sesuatu yang tidak pasti. Karena tidak banyak dermawan yang mau membantu melunasi hutang atau membantu orang dengan ikhlas untuk melunasi hutang.

Karena hingga sampai saat ini sangat sulit untuk menemukan dermawan yang mau membantu melunasi hutang dengan suka rela tanpa ada syarat yang terkait.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Pinjam Uang Di Lazada 2023, Dua Menit Langsung Cair!

Penutup

Dermawan Yang Mau Membantu Melunasi Hutang
Dermawan Yang Mau Membantu Melunasi Hutang

Dari penjelasan dermawan yang mau membantu melunasi hutang diatas dapat disimpulkan bahwa tidak banyak dermawan yang mau membantu melunasi hutang orang lain .

Akan tetapi, kalau kamu hanya ingin dibantu dicarikan solusi atas hutang yang macet, maka lembaga-lembaga di atas sangat layak untuk dicoba.

Syaratnya adalah kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu termasuk memasukkan alamat rumah yang lengkap. Karena biasanya pihak lembaga akan men-survey rumah kamu sebelum bantuan diberikan.

Itulah beberapa yayasan, Bank dan dermawan yang mau membantu melunasi hutang yang dapat kamu manfaatkan.

Semoga informasi dermawan yang mau membantu melunasi hutang diatas bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post