Ragam

21 Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga

Menyusun Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga merupakan kegiatan yang tidak mudah di lakukan seorang Ibu rumah tangga. Pasalnya, memulai hari dengan mengkonsumsi makanan sehat dan lezat bisa meningkatkan mood seseorang dan memberi lebih banyak energi dalam beraktivitas.

Dengan memasak makanan di rumah, Moms dapat menghemat pengeluaran uang dan juga memastikan bahwa anggota keluarga mengkonsumsi makanan yang bersih dan bergizi.

Nah, Jika Moms mencari referensi daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga, Berikut telah kami rangkum daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang enak dan bergizi.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Sehat

Dilansir dari Wikipedia, makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang di butuhkan tubuh. Mengkonsumsi makanan sehat penting untuk menjaga tubuh dari penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Memilih daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang sehat dan bergizi biasanya di lakukan oleh seorang ibu rumah tangga untuk memperoleh manfaat sebagai berikut :

  • Menambah energi pada tubuh saat beraktivitas
  • Mengurangi resiko terkena penyakit
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan kinerja saat beraktivitas, dan
  • Membantu mencapai berat badan yang ideal

Sangat banyak manfaat yang di dapatkan jika mengkonsumsi makanan yang bergizi, maka dari itu berikut jenis makanan yang sehat di konsumsi dan jenis makanan yang perlu di hindari.

Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan

Bahan makanan yang memiliki protein tinggi adalah bahan yang rendah lemak jenuh. Makanan yang rendah lemak jenuh seperti biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, daging, ikan dan telur, akan lebih baik di konsumsi apabila tidak di proses dengan bahan yang dapat mengurangi kandungan baik seperti digoreng, mencampurkan berbagai penyedap, pewarna, dan pengawet makanan.

Cita rasa dari makanan sehat tentu tidak lebih baik dari makanan yang yang sudah di olah dengan berbagai bahan, akan tetapi hal ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

  • Buah-Buahan

Buah-buahan termasuk makanan sehat yang menyediakan asupan serat bagi  tubuh untuk mencegah penyakit berbagai penyakit. Selain itu buah-buahan juga menyuplai vitamin dan mineral sebagai sumber fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

  • Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah nutrisi makanan sehat yang meliputi kalium, kalsium, vitamin D, dan sumber serat yang baik bagi tubuh. Sayuran lebih baik jika di konsumsi mentah karena sayuran yang sudah di olah sering kali menyebabkan kandungan baik didalamnya menjadi berbeda.

  • Biji-bijian

Protein harian bisa didapatkan dengan mengkonsumsi biji-bijian seperti kenari, biji labu, biji rami dan kedelai. Mengkonsumsi biji-bijian merupakan strategi yang baik untuk menerapkan pola hidup sehat karena dapat menambah vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

  • Ikan Segar

Protein yang tinggi berasal dari ikan yang segar. Asam lemak omega-3 merupakan lemak esensial yang tidak di produksi oleh tubuh namun berperan penting dalam kesehatan otak dan jantung. Asam lemak omega-3 juga terkenal baik untuk perkembangan prenatal pada bayi.

  • Daging dan Telur

Daging dan telur juga tidak kala efektif menghasilkan protein yang bagus untuk tubuh. Untuk masakan sehari hari, daging dan telur adalah bahan makanan yang hampir selalu ada dimenu hidangan makanan. Jumlah protein yang di perlukan oleh tubuh biasanya bergantung pada berbagai faktor seperti usia, tingkat aktivitas, dan sebagainya.

Makanan Yang Perlu Dihindari

Saat ini banyak jenis makanan lezat namun tidak cukup baik untuk di konsumsi bagi tubuh karena adanya kandungan berbahaya di dalamnya seperti pengawet, penyedap, dan pewarna makanan. Gaya hidup dan jadwal aktivitas yang padat membuat banyak orang terjebak dalam kebiasaan makan makanan instan yang tidak baik untuk tubuh. Apa saja jenis makanan yang tidak sehat di konsumsi ?

  • Gorengan

Kita semua tahu bahwa gorengan adalah cara memasak makanan yang cukup berbahaya jika terlalu sering di lakukan karena mengandung banyak lemak. Efek buruk yang diakibatkan jika terlalu sering mengkonsumsi gorengan yaitu meningkatnya resiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, hingga kanker.

  • Fast Food

Fast Food adalah jenis makanan dan minuman dengan jumlah karbohidrat yang cukup tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah naik. Hal ini meningkatkan resiko resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan penambahan berat badan secara drastis.

  • Junk Food

Junk Food adalah makanan dan minuman cepat saji rendah nutrisi namun tinggi lemak jenuh. Konsumsi makanan dan minuman Junk food yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti Kardiovaskular, diabetes, hati berlemak non-alkohol, dan beberapa jenis kanker.

Cara Menyusun Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga

Memilih menu masakan setiap hari adalah pekerjaan yang cukup menguras otak karena harus memikirkan menu yang sehat di konsumsi dan disukai anggota keluarga. Cara yang dapat dilakukan dalam menyusun daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga adalah sebagai berikut :

1. Membuat Menu Berbeda Setiap hari

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga agar tidak bosan adalah dengan membuat olahan makanan yang berbeda baik dari bahan dasar maupun cara mengelolanya. Misalnya, Masakan terong balado. jika sudah menggunakan bahan dasar terong, jangan menghidangkan jenis makanan lain dengan bahan yang sama secara bersamaan seperti menyajikan terung tauco, terong gulay, dan sebagainya.

2. Menyajikan Lauk Utama Secara Bergantian

Lauk utama yang di maksud dalam hal ini seperti  daging, telur, dan ikan. Moms bisa menyusun daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga dengan mengolah daging, telur, ikan, serta aneka seafood secara bergantian untuk mengurangi rasa bosan pada lauk utama tersebut. Misalnya pada hari senin daging, selasa telur, rabu ikan, dan begitu seterusnya dengan rotasi yang tidak tetap.

3. Mengola Satu jenis Lauk Menjadi Beberapa Jenis Masakan

Agar mencegah kebosanan, Moms bisa menyusun daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga dengan mengolah satu bahan dasar menjadi beberapa variasi masakan. Misalnya bahan dasar daging dengan pengolahan yang bebeda seperti ayam sambal, ayam gulay, ayam rendang dan ayam kecap di hari yang berbeda. begitu juga dengan bahan dasar lainnya seperti ikan dan telur yang dapat di olah menjadi berbagai masakan.

4. Menyusun Menu Masakan dengan Gizi Seimbang

Menyusun daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga dengan gizi seimbang menjadi suatu tantangan seorang ibu rumah tangga dalam menerapkan pola hidup sehat. Menu masakan dengan gizi seimbang adalah masakan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein hewani dan nabati, mineral, vitamin dan serat dengan jumlah yang seimbang.

Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga Dan Cara Memasaknya

Berikut daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang bisa Moms hidangkan di rumah.

1. Cah Kangkung

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : youtube.com

Cah kangkung adalah daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang cukup mudah di lakukan. Kangkung merupakan sayuran yang tidak  sulit di dapatkan dengan harga terjangkau bahkan gratis sehingga banyak Ibu rumah tangga memasukkan kangkung kedalam daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga. Berikut bahan-bahan dan cara memasak cah kangkung :

bahan bahan Cah Kangkung :

  • 1 ikat kangkung segar, potong-potong sesuai selera
  • 2 Siung bawang merah di iris
  • 3 Cabai rawit merah
  • 2 Siung bawang putih yang telah di iris
  • 1 Siung bawan putih cincang kasar
  • 1 Sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 Tomat di potong-potong dadu
  • 2 Sdm saus tiram

Cara memasak Cah Kangkung :

  1. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu
  2. Masukkan irisan cabai, tomat, dan saus tiram yang sudah di siapkan
  3. Jika sudah harum, beri sedikit air lalu masukkan potongan kangkung
  4. Aduk rata, kemudian tambahkan garam
  5. Cek rasa sembari memasak kangkung hingga melunak

2. Terong Balado

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : dapurumami.com

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang gak kalah simple adalah Terong balado. Berikut bahan-bahan yang di perlukan dan cara memasaknya:

Bahan-bahan Terong balado :

  • 3 Buah terong ungu
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

  • 7 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 5 buah cabai keriting
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara memasak Terong Balado :

  1. Potong terong sesuai selera kemudian goreng
  2. Haluskan semua bumbu lalu tumis dengan minyak panas
  3. Aduk hingga harum dan masukkan terong secara merata
  4. Tambahkan garam dan gula secukupnya
  5. Cicip, jika sudah sesuai terong balado siap di sajikan.

3. Telur Ceplok Asam Manis

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : kompas.com

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga berikutnya adalah Telur Ceplok Asam Manis. Telur merupakan bahan makan yang mudah didapatkan, bahkan selalu ada stok di setiap rumah. Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga berikut ini wajib dicoba karena cukup mudah untuk dilakukan :

Bahan bahan Telur ceplok asam manis :

  • 5 butir atau lebih telur sesuai yang di butuhkan
  • 1 buah bawang bombay, di iris tipis-tipis
  • Garam seckupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 cabai merah di iris tipis
  • 30g asam jawa
  • 200ml air
  • 3 Sdm minyak goreng
  • 1/8 Sdt saus ikan

Cara memasak Telur ceplok asam manis :

  1. Ceplok/goreng telur yang sudah di siapkan
  2. Rendam asam jawa selama 10 menit menggunakan air yang sudah disediakan
  3. Peras asam jawa dan buang ampasnya
  4. Tumis bawang bombai hingga harum kemudian masukkan telur ceplok
  5. Masukkan air asam jawa dan biarkan sampai mendidih
  6. Tambahkan gula, saus, garam, cabai yang sudha di siapkan.
  7. Masak hingga matang, telur ceplok asam manis siap di sajikan.

4. Ayam Goreng Tepung

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : kompas.com

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga selanjutnya adalah Ayam Goreng Tepung. Berikut Bahan-bahan dan cara memasak Ayam Goreng Tepung dengan mudah dan Lezat :

Bahan-bahan :

  • 7 potong ayam di cuci besih
  • 1 buah jeruk nipis peras
  • 1 Sdt garam
  • 1 Sdm tepung ayam
  • 5 Sdm air matang
  • 2 Sachet tepung bumbu

Cara memasak ayam goreng tepung :

  1. Marinasi ayam dengan garam dan perasan jeruk nipis selama 30 menit hingga meresap
  2. Balurkan ayam kedalam tepung basah, kemudian balurkan lagi dengan tepung yang kering.
  3. Goreng menggunkaan minyak panas sampai ayam goreng tepung matang merata.

Agar lebih nikmat, bisa menambahkan berbagai macam sambal saat menyantap ayam goreng tepung berikut.

5. Gulai ayam Maknyus

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : endeus.tv

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang enak dan disukai banyak orang adalah Gulai ayam maknyus. Berikut bahan-bahan dan cara memasak gulay ayam maknyus.

Bahan-bahan :

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 2 helai daun salam
  3. 1 biji jeruk nipis
  4. 2 helai daun jeruk
  5. 200ml santan cair
  6. 200ml santan  kental
  7. 1 Tangkai serai geprek
  8. Garam dan kaldu bubuk secukupnya.

Bahan halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri yang sudah di sangrai
  • 4 cm lengkuas muda
  • 3cm  jahe
  • 3cm kunyit
  • 5 biji cabai rawit
  • 1 Sdm ketumbar
  • 1 Sdt lada bubuk
  • 10 buah cabai merah keriting

Cara memasak Gulai ayam maknyus :

  1. Bersihkan ayam potong lalu baluri dengan perasan jeruk nipis selama 10 menit.
  2. Sangrai bumbu halus sampai harum, kemudian tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai geprek
  3. Masukkan ayam dan aduk secara merata sampai berubah warna
  4. Masukkan santan cair dan tambahkan garam juga kaldu yang sudah di siapkan. Masak ayam hingga empuk menggunakan api sedang
  5. Jika sudah empuk masukkan santan kental dan cek rasa sembari mengaduk agar santan tidak pecah.
  6. Matikan api, gulai ayam maknyus siap di hidangkan.

6. Sup Jamur Tiram

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : cookpad.com

Sup jamur tiram adalah menu masakan yang cukup jarang diketahui. Padahal menu sup jamur tiram cocok masuk kedalam daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga. Memiliki tekstur kuah bening dan berkaldu, sup jamur tiram sangat nikmat di makan dengan campuran nasi putih. Berikut bahan dan cara memasak sup jamur tiran yang bisa kamu coba :

Bahan-bahan :

  • 300g jamur tiram yang sudah di bersihkan
  • 100g wortel yang sudah di potong dadu
  • 2 tangkai seledri yang di iris kasar
  • 1 tangkai daun bawang yang di iris kasar
  • 100g daging ayam yang sudah disuwir suwir
  • 1 biji topat yang sudah pootong potong
  • 1 biji bawang bombay cincang kasar
  • 1 Sdt garam
  • 1/2 Sdt lada bubuk
  • 2 Sdm minyak goreng
  • 1 ltr air campur dengan air rebusan ayam

Bumbu halus

  • 1/2 Sdt pala
  • 3 butir kemiri
  • 4 biji bawang putih

Cara memasak sup jamur tiram:

  1. Panaskan minyak lalu oseng bawang bombay dan bumbu yang sudah di haluskan
  2. Tambahkan air, tunggu hingga mendidih
  3. Masukkan wortel dan ayam yang sudah disuwir, diamkan sejenak hingga wortel mulai lunak
  4. Masukkan jamur, daun bawang, seledri dan tomat
  5. Tambahkan merica, gram dan kaldu yang sudah di siapkan. Aduk merata sampai jamur dan tomat layu
  6. Cek rasa, jika sudah sesuai sup jamur tiram siap di hidangkan.

7. Ayam Kecap Manis

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : jatimnetwork.com

Ayam merupakan bahan makanan yang banyak diminati apalagi cocok dengan berbagai jenis masakan. Rekomendasi daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga dengan bahan dasar ayam adalah masakan ayam kecap manis. Berikut bahan-bahan untuk memasak ayam kecap manis dan cara memasaknya.

Bahan-bahan :

  • 800g (1 ekor) ayam potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 Sdm margarin
  • 2 Sdm kecap manis
  • 1 Sdt garam
  • 1/2 Sdt merica bubuk
  • 3 Siung bawang butih cincang
  • 1 Buah bawang bombay potong dadu
  • 2 Buah cabai merah, diris tipis-tipis
  • 1 Buah tomat potong dadu
  • 150ml air

Cara memasaknya :

  1. Bersihkan ayam potong dan marinasi dengan perasan jeruk nipis
  2. Goreng ayam hingga setengah matang
  3. Panaskan margarin, lalu tumis bawang dan cabai hingga harum
  4. Kemudian masukkan potongan tomat, kecap dan lada bubuk. Lalu aduk hingga merata.
  5. Masukkan ayam goreng lalu tambahkan air
  6. Masak hingga bumbu merata dan cek rasa
  7. Jika sudah sesuai, Ayam kecap manis siap di hidangkan.

8. Ikan Bakar Teflon

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber: merdeka.com

Rekomendasi daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang enak di santap adalah Ikan Bakar Teflon. Berikut bahan-bahan dan cara memasak ikan bakar teflon yang bisa Moms coba :

bahan-bahan :

  • 4 (lebih) ekor ikan, jenis ikan dapat di pilih sesuai selera
  • 1 Sdt asam jawa
  • Minyak secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 Buah jeruk nipis di peras

Bumbu halus :

  •  2 cm jahe
  • 4 buah cabai keriting
  • 6 biji bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit bakar
  • 1 Sdt ketumbar yang sudah di sangrai

Cara memasak Ikan bakar teflon :

  1. Bersihkan ikan lalu sayat bagian sisi ikan kiri kana agar bumbum mudah meresap dan daging ikan matang merata hingga ke dalam.
  2. Baluri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam selama 10 menit
  3. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum
  4. Tambahkan garam dan air asam jawa, lalu aduk rata
  5. Matikan api lalu diamkan hingga dingin
  6. Selanjutnya olesi ikan dengan bumbu di semua permukaan ikan. Diamkan selama 15 menit hingga meresap
  7. Panaskan teflon dan beri sedikit mentega
  8. Bakar ikan di teflon sembari mengolesi sisa bumbu di permukaan ikan hingga matang

9. Sop Sayur Bakso

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : fimela.com

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga dengan bahan yang mudah didapatkan berikutnya adalah Sop sayur bakso. Berikut bahan dan cara memasak sop sayur bakso yang dapat Moms buat dirumah :

Bahan bahan  :

  • 10 Butir bakso
  • 3 Buah wortel ukuran sedang
  • 2 Siung bawang merah
  • 2 Siung bawang putih
  • 1 Batang daun bawang
  • 2 Buah ukuran kentang sedang
  • 2 Gelas air matang ukuran sedang
  • 1/2 Sdm merica bubuk
  • Kaldu bubuk

Cara memasak Sop sayur bakso :

  1. Potong-potong wortel dan kentang dengan ukuran sedang
  2. Iris bawang-bawangan yang telah di sediakan
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah di iris hingga harum
  4. Rebus air dan tunggu sampai mendidih. masukkan kentang dan wortel hingga setengah matang
  5. Tambakan bakso dan kaldu bubuk serta garam secukupnya
  6. Masukkan bawang yang sudah di goreng dan daun bawang yang sudah di potong potong
  7. Koreksi rasa, Sup sayur bakso siap dinikmati.

10. Cumi Sambal Hijau

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : resepmamiku.com

Daftar Menu masakan sehari hari untuk keluarga selanjutnya adalah Cumi sambal hijau. Berikut bahan-bahan yang di perlukan dan cara memasaknya :

Bahan bahan Cumi Sambal Hijau :

  • 500g Cumi
  • Garam secukupnya
  • Irisan bombay secukupnya
  • Potongan Tomat
  • Air jeruk nipis
  • Daun Jeruk nipis
  • 1 Siung bawang putih
  • 1 Ons cabai hijau
  • 12-15 siung bawang merah
  • Pokak/Terung pipit secukupnya (Opsional)

Cara memasak Cumi Sambal Hijau :

  1. Bersihkan cumi dan potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.
  2. Rendam cumi dengan air jeruk nipis dan garam selama 5 menit, kemudian bilas
  3. Goreng cumi setengah matang, lalu tiriskan.
  4. Cuci pokak kemudian goreng sebentar
  5. Ulek kasar cabai dan bawang-bawangan
  6. Panaskan minyak, kemudian masukkan potongan tomat, daun jeruk, dan irisan bombay. Sangrai hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sedap
  7. Kemudian masukkan  gram, cumi, dan pokak yang sudah digoreng
  8. Aduk rata lalu cek rasa masakan. Jika sudah sesuai, Cumi sambal hijau siap di sajikan.

11. Tumis kikil Kecap Cabai Hijau

Daftar menu masakan Sehari hari untuk keluarga
Sumber : resepkoki.id

Daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang satu ini terbuat dari bahan dasar kikil. Berikut bahan dan cara memasak tumis kikil kecap cabai hijau :

Bahan bahan :

  • 3 Buah cabai hijau
  • 2 Siung bawang merah
  • 2 Siung bawang putih
  • 1 Bungkus kikil (ukuran 500g)
  • 1 Lbr daun salam
  • 2 Lbr daun jeruk
  • 1 Sdm gula
  • 1 Sdm kaldu jamur
  • 200ml air
  • Kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara memasaknya :

  1. Potong kikil berbentuk dadu dan lalu cuci hingga bersih
  2. Iris bawah merah, bawah putih dan cabai hijau. Lalu tumis diminyak panas
  3. Tambahkan daun jeruk dan daun salam
  4. Tambahkan kikil lalu beri sedikit air
  5. Aduk rata lalu tambahkan kecap manis, kaldu bubuk, gula dan garam secukupnya
  6. Masak hingga kikil matang dan cek rasa
  7. Tumis kikil kecap cabai hijau siap di santap.

Jika masih bingung terkait menu yang dapat disajikan dalam jangka panjang, berikut daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang bisa kamu sajikan dalam periode 1 bulan.

Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga

Sayur bening + Telur Balado Rawon daging labu siam
Tumis Buncis + Udang Goreng Tepung Nila Bakar + sambal + Sayur rebusan
Ikan Bakar Rica + Daun ubi/singkong tumbuk Rawon daging labu siam
Nila Bakar + sambal + Lalapan CAPCAY + Omlet kornet
Tauge tumis + Oseng Tempe Mie hun daging Sosis + kerupuk
Tongkol suwir pedas + Sawi Bobor Tumis jamur  + tempe orak arik
Tahu Telur Semur + Oseng kacang panjang gurih PATIN KUAH KUNING
Rebung santan + Ikan asin Tumis brokoli jamur  teriaki + Telur balado
Ayam saus tiram + tumis kangkung Soto ayam + tempe kriuk + sambal cabai rawit
Sosis saus mentega + tumis sawi pak coy Ikan bakar dabu dabu + Sayur bening

Selain daftar menu di atas, Moms juga dapat melihat daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga dengan mudah melalui aplikasi resep makanan terbaik yang bisa gunakan dalam keadaan offline.

Akhir Kata

Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga
Daftar Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga

Sekian daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang bisa Moms jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan menjadi daftar menu masakan sehari hari untuk keluarga yang paling di sukai.

Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga

Daftar Menu Masakan Sehari hari Gulai ayam Maknyus

Tipe: Menu Utama

Masakan: Masakan Keluarga

Kata Kunci: Menu Masakan Sehari hari, Menu Masakan Sehari hari Untuk Keluarga, Gulai ayam Maknyus

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 7 Orang

Waktu persiapan: PT0H30M

Waktu Memasak: PT1H10M

Total Waktu: PT1H30M

Bahan Resep:

  • 1/2 ekor ayam
  • 2 helai daun salam
  • 1 biji jeruk nipis
  • 2 helai daun jeruk
  • 200ml santan cair
  • 200ml santan  kental
  • 1 Tangkai serai geprek
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya.
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri yang sudah di sangrai
  • 4 cm lengkuas muda
  • 3cm  jahe
  • 3cm kunyit
  • 5 biji cabai rawit
  • 1 Sdm ketumbar
  • 1 Sdt lada bubuk
  • 10 buah cabai merah keriting

Petunjuk Resep: Bersihkan ayam potong lalu baluri dengan perasan jeruk nipis selama 10 menit. Sangrai bumbu halus sampai harum, kemudian tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai geprek Masukkan ayam dan aduk secara merata sampai berubah warna Masukkan santan cair dan tambahkan garam juga kaldu yang sudah di siapkan. Masak ayam hingga empuk menggunakan api sedang Jika sudah empuk masukkan santan kental dan cek rasa sembari mengaduk agar santan tidak pecah. Matikan api, gulai ayam maknyus siap di hidangkan.

Peringkat Editor:
5

Selengkapnya
Back to top button