11 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96

Rohma Dearni

Menjadi hal yang wajar bagi kamu untuk menelaah lebih dalam Kelebihan dan Kekurangan Oppo A96, salah satu tipe android Oppo yang laris karena menawarkan spesifikasi menggiurkan.

Banyak cuitan menyimpulkan HP Oppo A96 memiliki fitur yang setara dengan apple jika ditinjau dari penyimpanan dan resolusi kamera. Namun tidak sedikit pula yang mengklaim harga yang dibawa android ini tidak sesuai dengan harapan pelanggan.

Supaya tidak menimbulkan kekhawatiran bagi kamu yang tertarik pada Oppo A96, cek terlebih dahulu apa-apa saja spesifikasi android yang sudah kami kemas dalam topik kelebihan dan kekurangan Oppo A96.

Spesifikasi Oppo A96

Oppo A96 menjadi salah satu produk android yang resmi diliris pada maret 2022. Sejak diliris hp ini memiliki berbagai daya tarik sendiri yang menjadi nilai jual kepada masyarakat.

Oppo menjadi salah satu brand android lokal yang cukup dikenal, setiap produk yang diliris nampaknya memiliki spesifikasi yang lebih sering diincar oleh pengguna, baik dari desain, resolusi hingga fitur-fitur yang dibawa bersamaan dengan peluncuran produk tersebut.

Oppo A96
Oppo A96

Begitupun dengan oppo A96, produk ini memiliki spesifikasi unggulan yang membuat produk dibanderol dengan harga 4 jutaan. Walau demikian, sebuah ponsel tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang ditinjau dari fitur dan klaim pengguna. Maka sebelum membahas lebih jauh kelebihan dan kekurangan Oppo A96 lihat spesifiksasi produk disini.

Produk Oppo A96 (Starry Black/Pearl Pink)
Layar 6,59 inci (16,73 cm)
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
Kamera 50MB, f/1.8, FOV 88.8°, lensa 3P, FF (kamera belakang) 16MB, F/2.0, FOV 79,3°, lensa 5P (kamera depan)
Penyimpanan 8GB+356GB
Baterai Li-po 5000 mAh
Cek harga saat ini Klik disini

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A96

Jika sudah mengenal spesifikasi Oppo A96, sudah saatnya saya membantu kalian menelaah apa-apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A96.

Kelebihan produk oppo A96 dapat dilihat dari kualifikasi produk, baik dari segi layar, kapasitas penyimpanan dan baterai. Jangan langsung terkecoh dengan kualifikasi hp yang tertera pada brosur, sebaiknya kalian pertimbangkan dahulu berdasarkan kelebihan dan kekurangan oppo A96 yang sudah saya rangkum dalam pembahasan ini.

Kelebihan Oppo A96

Kelebihan Oppo A96 lebih dicari jika kalian berencana membeli ponsel ini. Ya, HP ini memiliki segudang kelebihan sehingga laku dengan harga yang dibanderol 4 jutaan. Cek disini untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki Oppo A96.

  • Desain yang Trendy

Desain Oppo A96
Desain Oppo A96

Fisik menjadi salah satu tolak ukur untuk membeli sebuah ponsel, ternyata oppo A96 yang hadir dalam dua tampilan ini memiliki desain yang menarik. Desain ini dinamakan Oppo Glow, dimana perubahan warna gradien akan terlihat dari sudut pandang tertentu.

Pada bagian belakang HP terdpat 2 cluster kamera menyematkan kamera utama resolusi 50MP dan kamera depth resolusi 2MP. Tidak hanya itu, rangka HP Oppo A96 terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi membuat desain HP lebih tahan lama.

  • Layar dengan Fitur yang Cakap dan Oke

Selin memiliki desian yang trendy, Oppo A96 punya resolusi layar FHD+ berukuran 6,59 inci. Panel rate untuk oppo A96 adalah IPS dengan refresh rate 90Hz yang akan menyesuaikan dengan aplikasi yang digunakan dan mendukung kecepatan yang mulus saat browsing.

Layar oppo A96 diklaim dapat menghadirkan layar yang baik, walaupun HP ini memiliki bezel yang tergolong tebal. Gambar yang ditampilkan pada layar memiliki saturasi yang bagus, tajam dan cukup jernih.

Dengan berbagai spek yang tertanam dalam Oppo A96 sepertinya sudah memenuhi kebutuhan penggunya, terutama mereka yang hanya mengandalkan ponsel untuk streaming video dan bermain game.

  • Dilengkapi Kamera Utama 50MP

Kamera HP Oppo A96
Kamera HP Oppo A96

Selain fisik dan layar yang cakap, pengguna akan merasa puas dengan resolusi kamera pada tipe Oppo A96. Oppo dibekali kamera utama dengan kekuatan 50MP F/1.8 yang dikombinasikan dengan kamera depth 2MP F2.4.

Pada kecerahan yang cukup kamu bisa menghasilkan foto yang indah, namun ketika objek tidak punya penerangan yang baik Oppo akan menampilkan detail yang cukup. Tidak itu saja, kamera depan oppo A96 memiliki resolusi 16MB yang terbilang cukup komplit untuk mengambil selfie dibawah pencahayaan yang cukup.

  • Kapasitas RAM 8GB dengan Ekspansi RAM 5GB

Siapa sih yang tidak tertarik dengan ponsel yang memiliki penyimpanan yang memadai? Penyimpanan salah satu faktor utama yang akan memengaruhi harga sebuah barang elektronik.

Nah, setelah menelaah kelebihan dan kekurangan Oppo A96 kami menemukan bahwa ponsel ini memiliki kapasitas RAM hingga 8GB dan pengguna masih bisa meningkatkan kapasitas hingga 5GB. Cukup menarik bukan?

Jadi, kalian akan memiliki total RAM 13GB melalui fitur RAM plus yang tertera. Untuk kalian yang benar-benar membutuhkan ponsel memuat aplikasi, file dan foto-foto mungkin Oppo A96 ini menjadi pilihan yang tepat. Ya, kalian juga akan dibekali penyimpanan internal sebesar 256GB.

  • Baterai VOOC dan Super Ramah

Baterai Oppo A96
Baterai Oppo A96

Selain penyimpanan, Oppo A96 memiliki baterai sebesar 5000 mAh yang memanjakan semua penggunanya. Dengan kapasitas baterai ini, Oppo mengharapkan pengguna nyaman menggunakan ponsel melalui pemeliharaan baterai yang seharusnya.

Dan yang lebih menarik dari baterai ini adalah teknologi pengisian yang super cepat Oppo VOOC 33W, dimana pengguna dapat mengoptimalkan waktu pengisian baterai dari 0-50% dalam waktu 26 menit.

Dengan berbagai fitur pada Oppo A96 nampaknya kalian akan semakin dimanjakan. Bagaimana tidak selain layar dan resolusi kamera yang memadai, kalian punya waktu yang lebih untuk streaming video dengan sistem fast charging.

  • Diperkaya Chip Snapdragon 680

Sebelum beralih pada topik kelebihan dan kekurangan Oppo A96, kami sudah paparkan kualifikasi tipe oppo yang satu ini yakni chip snapdragon 680 yang tangguh.

Chip snapdragon merupakan komponen yang saling terhubung satu sama lain, dimana fungsi chipset ini untuk mengelola aliran data yang kamu masukkan pada sistem ponsel. Dengan kekuatan chip snapdragon 680 Oppo menjanjikan pengalaman bermain HP yang lancar.

  • Fitur Tahan Debu dan Tahan Air

Oppo A96 memiliki fitur tahan debu IP5X dan fitur tahan air IPX4 dan digabungkan menjadi IP54. Banyak pengguna yang cukup tertarik menggunakan Oppo A96, dimana untuk smartphone harga 4 jutaan fitur ini jarang ditemui.

Walau tercatat memiliki fitur ketahanan debu dan air, perlu diingat bahwa Oppo A96 tidak memiliki ketahanan pada bagian tertentu yang berarti HP ini tidak tahan air bila terendam. Fitur ini dapat meminimalisir kerusakan bila terkena air tanpa disengaja.

Kekurangan Oppo A96

Masih dengan topik kelebihan dan kekurangan Oppo A96, kali ini saya akan mengulik beberapa kekurangan pada tipe android ini.

Karena sejatinya semua produk berupaya menampilkan kelebihan untuk memanjakan pengguna, namun tidak dapat dipungkiri produk tidak lolos dari berbagai kekurangan yang secara langsung sudah diklaim oleh penggunanya.

  • Masih Memakai Panel Layar IPS

Layar Oppo A96
Layar Oppo A96

Ditinjau dari layar smartphone, Oppo A96 masih memiliki kekurangan pada panel layar dimana untuk ponsel 4 jutaan bisanya sudah menggunakan panel layar AMOLED. Panel layar AMOLED memiliki tampilan layar yang lebih cerah terlebih pada warna-warna terang.

Sedangkan Oppo A96 masih dalam batasan layar IPS, yang berati akan memengaruhi visual dan kualitas gambar yang dihasilkan ketika penggunaan smartphone.

Lihat juga 10 HP Dengan Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan

  • Minus Kamera Ultrawide

Sebelum beranjak pada topik kelebihan dan kekurangan Oppo A96, sudah dahulu kita bahas spesifikasi smartphone ini dimana memiliki dua tipe kamera belakang yakni kamera utama dan kamera depth.

Sayangnya, Oppo tidak membekali kamera Ultrawide untuk mengambil sudut pandang yang lebih menarik dan luas pada tipe HP oppo A96. Lensa ultrawide akan baik digunakan pada ponsel karena membantu kita untuk merekam suatu bangunan dengan komponen-komponen yang utuh.

Tentu hal ini menjadi pertimbangan jika kalian gemar mengabadikan momen atau memang punya profesi yang menuntut hal demikian.

  • Chipset Kalah Saing

Masih dengan topik kelebihan dan kekurangan Oppo A96, jika diatas saya sudah jabarkan bahwa chipset 680 yang kuat sudah ditemukan pada smartphone ini ternyata fitur ini masih memiliki batasan dimana belum mendukung jaringan 5G.

Hal ini menjelaskan bawah chipset 680 pada Oppo A96 mendukung jaringan 4G. Sebenarnya penggunaan jaringan 4G juga sudag cukup baik, tetapi tidak dapat dipungkiri penggunaan jaringan 5G lebih optimal dalam aktivitas smartphone.

  • Perekaman Video belum Didukung Fitur Stabilization

Untuk kamu yang memanfaatkan smartphone Oppo A96 untuk bertumbuh dengan “konten” harus lebih optimal dalam mengambil video karena tipe ini belum mendukung fitur stabilization.

Fitur stabilization dibutuhkan untuk menyeimbangkan hasil video, jadi ketika fitur ini tidak tersedia hasil video menjadi lebih goyang ketika kalian merekam dengan kondisi berjalan.

Hal yang perlu kamu pahami dari kelebihan dan kekurangan Oppo A96 diatas berdasarkan fitur dan review pengguna yang mungkin dibandingkan dengan beberapa produk brand serupa yang sudah ada sebelumnya.

Akan tetapi kelebihan dan kekurangan Oppo A96 tampaknya cukup sesuai dengan harga yang dibanderol untuk jenis starry black dan pearl pink. Lalu sudah tahukan kamu harga dari smartphone Oppo A96 ini? jika belum lihat disini!

Berapa Harga Oppo A96?

Jika kalian sudah mendapat gambaran lengkap kelebihan dan kekurangan Oppo A96, kalian bisa menggolongkan harga ponsel kedalam kelebihan dan kekurangan Oppo A96.

Harga Oppo A96
Harga Oppo A96

Saat ini Oppo A96 dipasarkan dengan harga 3,9 jutaan. Dengan banderol harga ini, menurut kamu sesuai tidak dengan kelebihan dan kekurangan Oppo A96 yang sudah kita jabarkan? Mungkin perbandingan ponsel dapat kita lakukan pada Oppo A95 yang sudah ada sebelumnya.

Jika berbicara spesifikasi Oppo A95 kalah jauh dari Oppo A96 bahkan ketika melihat desain ponsel saja. Seperti yang kita ketahui bahwa Oppo A95 masih dibanderol dengan harga 3 jutaan, sedangkan dari segi penyimpanan dan chipset tipe ini sangat tertinggal.

Walau demikian, harga smartphone A96 ini sudah pasti mengalami penurunan harga ketika kualifikasi ponsel baru resmi diluncurkan dengan beberapa fitur yang lebih canggih nantinya.

Akhir Kata

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96
Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96

Oppo A96 dapat dijadikan pilihan jika kalian tidak terlalu membutuhkan android dengan fitur kamera yang lengkap, seperti yang sudah kita singgung dalam kelebihan dan kekurangan Oppo A96, tercatat bahwa tipe ini dalam batasan kamera sehingga memengaruhi pengambilan gambar dan video.

Namun jika kalian membutuhkan ponsel memuat gambar, file dan aplikasi yang banyak Oppo A96 menjadi pilihan paling tepat. Ya karena android ini sudah dibekali penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Related Post

Tinggalkan komentar