Daftar Jenis dan Harga Lobster Air Tawar Per Kg 2024

Widya Samosir

Harga Lobster Air Tawar Per Kg 2024 memang telah jadi fokus masyarakat Indonesia saat ini. Pasalnya dari sekian banyak hasil perikanan tawar di Indonesia, lobster air tawar selalu banyak dicari orang.

Lobster air tawar lebih banyak diminati karena harga jualnya yang relatif murah dibandingkan dengan harga jual lobster air laut atau jenis ikan laut langkah lainnya.

Dikutip dari laman wikipedia.org, lobster merupakan crustacea yang menyerupai lobster yang hidup di air tawar dan tidak dapat membeku sampai ke dasar.

Jenis ikan ini biasanya dapat hidup di berbagai tempat di mana ada air tawar yang mengalir dan memiliki tempat untuk berlindung.

Akan tetapi pada dasarnya, hewan bernama lobster air tawar ini tidak bisa hidup di air yang tercemar sehingga masih dapat di konsumsi atau di jadikan produk makanan ya sobat.

Nah untuk tau harga lobster air tawar per kg, kamu bisa pantau harganya di bawah ini.

Apakah semua jenis lobster bisa dimakan?

sekilas tentang lobster air tawar
sekilas tentang lobster air tawar

Sebelum menuju harga lobster air tawar per kg 2024, kita akan melihat penjelasan apakah benar semua jenis lobster yang kamu temui nantinya bisa dimakan?

Umumnya, lobster air tawar memiliki 21 jenis atau kategori dimana 21 jenis tersebut tidak dapat kamu makan atau santap sebab masih ada lobster yang masih beracun sehingga sangat beresiko apabila kamu menyantapnya.

Tidak hanya terletak pada aturan boleh atau tidak boleh dimakan, 21 jenis lobster air tawar juga dibedakan hanya berdasarkan warna serta panjangnya saja.

Berikut 21 jenis lobster air tawar yang ada saat ini:

  1. Rainbow papua lobster
  2. Dark rainbow lobster
  3. White lobster
  4. Blue hammer lobster
  5. Brown lobster
  6. Red claw lobster
  7. Red lobster
  8. Dark blue yabby lobster
  9. Australia blue lobster
  10. Red ghost lobster
  11. Black lobster
  12. Zebra lobster
  13. Orange lobster
  14. Orange 2 lobster
  15. Dark blue yellow tail lobster
  16. White spotted lobster
  17. Purple lobster
  18. Mexican dwarf lobster
  19. Electrix blue marron
  20. Violet lobster
  21. Astacopsis gouldi lobster

Dari 21 jenis lobster air tawar diatas, spesies air tawar yang boleh kamu beli dan sudah dinyatakan aman yakni red claw lobster.

Red claw lobster merupakan satu-satunya jenis lobster yang bisa dimakan karena lobster jenis ini mudah ditemukan di Indonesia, tidak beracun dan memiliki ukuran yang pas untuk disantap atau dijadikan menu masakan sehari-hari.

Sedangkan untuk jenis lobster air tawar yang lainnya dapat kamu jadikan sebagai lobster hias di kolam rumah atau aquarium kamu.

Harga lobster air tawar per kg 2024

harga lobster air tawar per kg 2023
harga lobster air tawar per kg 2024

Harga lobster air tawar per kg 2024 memang masih bervariasi dimana hal tersebut tergantung dimana kamu membelinya dan seberapa banyak yang ingin kamu beli.

Secara umum, lobster air tawar yang bisa dibeli hanyalah jenis lobster yang bisa di konsumsi saja atau biasa disebut lobter air tawar konsumsi seperti red claw lobster.

Jika boleh di konsumsi maka biasanya kita dapat membelinya dalam satuan kg bukan? apabila kamu setuju maka kamu bisa beli lobster air tawar konsumsi red claw lobster sekarang.

Nah, untuk ciri-ciri red claw lobster sendiri yakni mempunyai ukuran maksimal 50 cm, berat per ekor bisa mencapai 1000 gram, memiliki warna merah pada sisi capitnya dan tubuhnya berwarna hijau kemerahan dengan duri-duri kecil yang terletak di hampir seluruh bagian capitnya.

Sedangkan untuk jenis lobster air tawar yang lainnya hanya bisa kamu jadikan sebagai lobster hias seperti pembahasan sebelumnya ya sobat.

Berikut harga lobster air tawar per kg 2024 untuk jenis lobster konsumsi (red claw lobster) :

Jenis Ukuran Harga (Rp)
bibit red claw lobster 2 inch Rp. 2.500/ ekor
bibit red claw lobster 3,5 inch Rp. 4.000/ekor
indukan red claw lobster 4 inch Rp. 100.000/kg
indukan red claw lobster 5 inch Rp. 150.000/kg
indukan red claw lobster 6 inch Rp. 300.000/kg

Sekedar informasi bahwa harga lobster air tawar per kg 2024 dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penjual ya sobat.

Harga lobster air tawar hias per ekor 2024

harga lobster air tawar hias per ekor 2023
harga lobster air tawar hias per ekor 2024

Harga lobster air tawar per kg 2024 memang hanya berlaku untuk jenis lobster yang dapat di konsumsi saja. Lantas bagaimana jika kamu ingin memelihara lobster hias sobat?

Buat kamu pemula yang hendak mencoba untuk membudidayakan lobster hias atau ingin menambahkan jenis ikan air tawar ini ke dalam sebuah aquarium maka kamu bisa membelinya terlebih dahulu.

Berikut harga lobster hias per ekor 2024 sesuai dengan jenisnya :

Jenis Ukuran Harga (Rp)
clarkii (red lobster) 8 cm Rp. 15.000/ekor
dark blue yabby lobster 1 inch Rp. 20.000/ekor
white lobster 5-8 cm Rp. 15.000/ekor
orange lobster 3-7 cm Rp. 10.000/kg
indukan dark rainbow lobster 6 inch Rp. 32.000/ekor
blue hammer lobster 30 cm Rp. 1 jt/ekor
red ghost lobster 5 cm Rp. 65.000/ekor
red claw lobster 2 inch Rp. 5.000/ekor
black lobster 6 inch Rp. 30.000/ekor
zebra lobster 13 cm Rp. 157.000/ekor
purple lobster 5 cm Rp. 10.000/ekor
dwarf lobster mini 4 cm Rp. 10.000/ekor
electrix blue marron 7 cm Rp. 25.000/ekor
astacopsis gouldi lobster 90 cm Rp. 150.000/ekor

Daftar harga lobster air tawar hias dan harga lobster air tawar per kg 2024 diatas hanya berlaku untuk jenis lobster tawar hias yang bisa kamu temukan di Indonesia saja ya sobat.

Apabila ada jenis lobster air tawar yang tidak memiliki harga lobster air tawar per kg 2024 maupun harga per ekornya maka lobster tersebut hanya ada di negara luar.

Cara budidaya lobster air tawar

cara budidaya lobster air tawar
cara budidaya lobster air tawar

Kegiatan budidaya lobster air tawar memang tergolong ke dalam salah satu ladang cuan yang mungkin cukup menjanjikan untuk kamu kelola.

Selain dari harga lobster air tawar per kg 2024 yang cukup mendukung, kamu juga bisa mendapatkan sumber penghasilan lain dengan cara membudidayakan lobster air tawar hias dengan jenis serta warna yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk tingkat peminatnya sendiri, lobster air tawar cukup diminati orang-orang Indonesia khususnya para pencinta makanan yang berbahan utama lobster air tawar.

Akan tetapi sebelum memulai proses budidaya lobster air tawar, kamu perlu membuat lahan yang cukup sebagai tempat budidaya lobster-lobster tersebut nantinya.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitaran tempat tinggal kamu.

Berikut panduan budidaya lobster air tawar

Sesuai riset yang telah kami kumpulkan, ada beberapa cara budidaya lobster air tawar yang perlu kamu perhatikan antara lain:

1. Kualitas air

Meneliti kualitas air yang akan digunakan sebagai tempat berkembang biaknya lobster air tawar tentu sangatlah penting.

Sebab jika kualitas air yang kamu gunakan ternyata baik maka harga lobster air tawar per kg 2024 bisa terjual dengan nilai yang cukup besar.

Nah sumber air yang bisa digunakan untuk memelihara lobster air tawar biasanya adalah air tanah, air sungai maupun air PAM.

Umumnya, air tanah memang memiliki tingkat keasaman (pH) yang cenderung asam jadi perlu diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam agar kadar oksigen yang terlarut didalamnya meningkat.

Sedangkan untuk air PAM, kita tau bahwa air PAM mengandung zat klorin dan kaporit yang sangat tinggi tentunya masih tergolong berbahaya juga bagi lobster air tawar.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa air tawar memang sudah menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai jenis air yang di gunakan untuk budidaya lobster air tawar sesuai dengan jenis ikan ini.

2. Tempat pembenihan

Selain kualitas air, kamu juga wajib menyediakan tempat pembenihan yang layak untuk sebagai wadah budidaya lobster-lobster kamu nantinya.

Jenis wadah yang dapat kamu gunakan antara lain seperti aquarium, bak plastik atau fiberglass dan bisa juga kolam semen.

Serta tidak lupa juga agar kamu menyediakan peralatan-peralatan pendukung nantinya. Sedangkan untuk ukuran wadah tersebut bisa berada di ketinggian aquarium maksimal 30 cm untuk memelihara 5 betina dan 3 jantan atau 100 benih ukuran 1 inch.

3. Memilih calon induk

Tidak hanya harga lobster air tawar per kg 2023 yang perlu kamu ketahui, memilih calon induk lobster air tawar juga sama pentingnya terkhusus jika kamu ingin memulai usaha dalam penjualan lobster air tawar.

Induk memang mempunyai peranan penting dalam proses pembenihan karena hasil anakan akan dipengaruhi oleh kualitas induk yang dipakai.

Biasanya dalam proses budidaya lobster air tawar setiap pembudidaya memiliki 5 paket induk yang terdiri dari 25 betina dan 15 jantan.

Sekedar saran jangan pernah memilih lobster air tawar yang berkepala besar dan tubuh kecil karena itu merupakan ciri-ciri dari lobster air tawar yang kekurangan asupan makanan.

4. Merawat benih lobster air tawar

Harga lobster air tawar per kg 2024 khusus benih memang masih tergolong murah tidak seperti jenis ikan lain yang harga benihnya bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga indukan per ekornya.

Cara merawat benih lobster air tawar masih bisa dikatakan tidak terlalu sulit ya sobat karena kamu hanya perlu meletakkan benih yang baru saja menetas ke dalam sebuah kolam selama 10 hari lamanya sebelum di pindahkan ke dalam kolom yang lebih besar untuk di pelihara kembali selama 2 bulan.

Namun usahakan benih terhindar dari sinar matahari langsung sebab benih masih sangat sensitif terhadap perubahan suhu panas yang mendadak.

Setelah benih lepas dari induknya, induk betina dapat dipisahkan dari benih lobster ke wadah lain dan selalu beri pakan yang tinggi akan protein ya sobat.

5. Merawat kolam lobster air tawar

Menjaga kebersihan kolam lobster air tawar merupakan satu hal terpenting dalam tahapan budidaya lobster air tawar.

Adapun bahan kolam lobster air tawar biasanya dibuat dari terpal, semen atau kolam yang tidak terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Tidak lupa juga agar kamu memasukkan beberapa cairan yang bisa menjaga pH air agar tetap stabil termasuk rutin mengganti air kolam sebanyak 2 hingga 3 hari sekali.

Setelah cara budidaya lobster air tawar kamu pahami dan sudah mulai menghasilkan beberapa lobster untuk dijual maka harga lobster air tawar per kg 2024 bisa kamu cek kembali.

Penutup

Harga Lobster Air Tawar Per Kg
Harga Lobster Air Tawar Per Kg

Dari daftar harga lobster air tawar per kg 2024 sampai dengan harga lobster air tawar hias, kita dapat melihat bahwa harga lobster air tawar memang masih terbilang murah dibandingkan dengan harga lobster air laut.

Tidak hanya murah, tahapan budidaya nya juga cukup mudah karena bisa dilakukan hanya menggunakan lahan seadanya. Sekiranya daftar harga lobster air tawar per kg 2024 dan informasi lain yang telah kami hadirkan dapat bermanfaat bagi kamu.

Bagi kamu yang punya hobby makan, segera kunjungi Daftar Harga Nasi Goreng Solaria 2024, Menu Tervaforit Solaria, pasti kamu akan tertarik.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Tinggalkan komentar