6 Inspirasi Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana

Salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah ialah desain kamar mandi minimalis. Mungkin tidak semua dari pembaca setia Mocipay memiliki luas tanah yang cukup lebar untuk membangun rumah. Di lansir dari wikipedia meskipun tidak luas, ada beberapa ruangan yang harus dibuat walau dengan ukuran minimalis diantaranya kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi.

Pada artikel kali ini kami akan membahas desain kamar mandi minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi. Walaupun kamar mandi sering dianggap ruangan yang tidak terlalu penting, nyatanya kamar mandi adalah ruangan privasi yang digunakan untuk membersihkan tubuh baik dari kotoran maupun pembuangan limbah dari tubuh manusia.

Faktor Penting Dalam Membuat Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain Kamar Mandi Minimalis
Desain Kamar Mandi Minimalis

Dalam membuat desain kamar mandi minimalis ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan agar mendapatkan bentuk yang sesuai dengan harapan, diantaranya :

Sesuaikan Luas Tanah

Untuk menentukan desain kamar mandi minimalis kamu harus tahu ukuran tanah yang akan digunakan. Kamu dapat membayangkan ukuran tanah yang diperlukan untuk kamar mandi agar tidak memakan ruang yang terlalu banyak.

Pastikan juga ingin membuat kamar mandi menghadap kearah mana, tentunya hal yang perlu diperhatikan yaitu arah pintu kamar mandi agar tidak mengganggu saat orang lain lewat. Kemudian untuk menghemat tanah yang akan dijadikan kamar mandi, kalian juga dapat mengurangi furnitur yang tidak terlalu penting agar kamar mandi terlihat lebih lapang.

Tentukan Lokasi Kamar Mandi

Menentukan lokasi kamar mandi merupakan faktor penting dalam membuat desain kamar mandi minimalis. Pasalnya air menjadi kebutuhan primer manusia, jadi untuk membuat desain kamar mandi minimalis tentukan lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan banyak ruangan.

Namun perlu diperhatikan jika rumah yang akan dibangun memiliki ruang makan, hindari membuat kamar mandi berdekatan dengan ruangan tersebut. Karena hal yang tidak terduga bisa saja terjadi pada saat keluarga sedang makan dan mengharuskan seseorang kekamar mandi, tentu mendengar suara yang berasal dari kamar mandi dapat mengurangi selera makan.

Pilih Furnitur Yang Sesuai

Memilih perabotan dalam kamar mandi juga perlu diperhatikan. Selain memperindah ruangan kamar mandi, pemilihan perabotan yang tepat juga bisa mengurangi biaya dan kepadatan kamar mandi.

Tips untuk memilih furnitur yang digunakan pada kamar mandi yaitu memiliki kontras warna yang unik, terbuat dari bahan material yang bagus, multifungsi untuk meminimalisir pembelian perabotan, dan tentunya mendapatkan harga sesuai budget yang telah disediakan.

Aplikasikan Jendela

Walaupun kamar mandi yang akan dibuat minimalis, memberikan jendela termasuk poin penting yang harus di aplikasikan pada kamar mandi. Jendela kamar mandi berfungsi sebagai jalur keluar masuknya udara dan sinar matahari sehingga kamar mandi tidak terasa pengap

Memberikan Cermin Agar Tampilan Kamar Mandi Tampak Lebar

Pemasangan cermin tidak hanya untuk hiasan pada kamar mandi, tetapi juga untuk memberikan tampilan tampak lapang karena pantulan dari cahaya ruangan. Cermin yang harus diletakkan juga tidak hanya cermin biasa, namun cermin dengan ukuran besar berbentuk horizontal.

Tentukan Area Kering Pada Kamar Mandi

Meskipun kamar mandi yang ingin dibuat minimalis, menentukan batasan area kering dan basah juga wajib dipertimbangkan. Area kering biasanya dilengkapi dengan wastafel saja dan tempat untuk penyimpanan handuk.

Bagian area kering tidak perlu terlalu luas karena hanya digunakan untuk mencuci tangan, sikat gigi, dan mencuci muka sebelum tidur. Sedangkan untuk area basah sering kali digunakan untuk kegiatan yang menggunakan banyak air.

Perhatikan Material Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Material dinding dan lantai kamar mandi wajib dari bahan kokoh dan tidak mudah lumutan. Untuk memberikan kesan indah pada dinding kamar mandi sebaiknya menggunakan keramik atau dinding beton dengan gambar estetik.

Sedangkan untuk lantai Kamar mandi sebaiknya pilih bahan beton yang tidak mudah rapuh karena lebih sering terkena air. Hal yang perlu diperhatikan berikutnya dalam membuat lantai kamar mandi adalah pilih bahan granit agar tidak terlalu licin. Pasalnya lantai keramik yang licin dapat membahayakan banyak orang khususnya anak-anak dan orang tua.

Inspirasi Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain kamar mandi minimalis dirancang untuk menemukan letak dan posisi yang tepat di dalam rumah. Selain itu, melalui perencanaan desain kamar mandi minimalis kalian dapat menentukan bentuk yang akan kalian buat mengikuti desain rumah idaman.

Desain Futuristik

Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain futuristik biasanya dipilih oleh orang-orang yang ingin membuat tampilan modern pada desain rumah termasuk kamar mandi.

Memang untuk mengaplikasikan desain ini biasanya membutuhkan ruangan yang cukup luas namun jangan khawatir walaupun kamar mandi yang ingin dibuat minimalis kalian masih bisa menggunakan desain futuristik dengan perlengkapan yang minimalis juga.

Desain Victoria Master Bath

Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain victoria Master bath adalah hasil karya dari Jhon cannon homes dan barbara benigni. Dimana desain ini memberikan aura estetik pada ruang karena menggabungkan dengan barang dekoratif mewah sebagai perlengkapan kamar mandi.

Desain Kamar Mandi Minimalis Dengan Tanaman Hias

Desain Kamar Mandi Minimalis

Tanaman hias tidak hanya memperindah ruangan, namun juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dan menjaga kelembapan pada kamar mandi.

Jenis tanaman yang cocok diletakkan pada  kamar mandi yaitu lidah buaya, bunga anggrek, bunga pakis boston, sirih gading, begonia, tumbuan tumbuhan paku, dan jenis tanaman lainnya.

Desain Kamar Mandi Aesthetic

 

Desain Kamar Mandi Minimalis

Tidak hanya untuk kamar mandi ukuran besar, kamar mandi ukuran minimalis juga dapat diletakkan bathup untuk mendapatkan kesan modern. Selain cantik, dengan adanya bathup dikamar mandi dapat memberikan ke kenyamanan saat ingin berendam dengan air hangat atau saat ingin menenangkan pikiran.

Pemilihan Wallpaper Dengan Kesan Natural

Desain Kamar Mandi Minimalis

Dekorasi kamar mandi dengan nuansa alam akan menjadikan suasana kamar mandi menjadi lebih adem dan nyaman. Selain itu, suasana yang ditimbulkan juga cenderung lebih segar dan sejuk.

Desain Kamar Mandi Minimalis Dengan Warna Monokrom

Desain Kamar Mandi Minimalis

Warna Monokrom dibuat untuk menerapkan konsep batu bata yang dipadukan dengan lantai marmer gelap sehingga menghasilkan kontras warna yang elegan. Dengan desain yang seperti ini juga membuat kamar mandi tidak mudah kotor di lihat. Untuk pilihan warna hitam putih bisa dicoba agar menampilkan kesan estetik.

Kelebihan dan Kekurangan Desain Kamar Mandi Minimalis

Menentukan desain kamar mandi minimalis tentu dilakukan berdasarkan pertimbangan yang matang. Untuk itu berikut kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui dalam membuat desain kamar mandi minimalis.

Kelebihan Desain Kamar Mandi Minimalis :

  • Menghemat ruang

Kamar mandi yang minimalis dirancang untuk memaksimalkan ruang pada luas bangunan yang terbatas. Dengan  memilih desain terlebih kalian dapat memperkirakan hal-hal yang diperlukan untuk membuat kamar mandi yang aman dan nyaman.

  •  Menghemat biaya

Fungsi melakukan desain kamar mandi minimalis adalah untuk memprediksi biaya yang akan dikeluarkan. Jika biaya bangunan yang diperhitungkan terlalu tinggi, kalian dapat mencari alternatif lain untuk menggunakan bahan yang lebih terjangkau namun kualitas tidak berkurang.

  • Elegan dan Modern

Kelebihan membuat desain kamar mandi minimalis terlebih dahulu adalah menemukan desain yang elegan dan modern. Kalian dapat menentukan model, dan furnitur apa yang akan digunakan pada kamar mandi.

  • Mudah dibersihkan

Dengan memilih perabotan yang minimalis ruang kamar mandi akan tampak lebih lapang dan lebih mudah saat dibersihkan.

Kekurangan Desain Kamar Mandi Minimalis

 

  • Tempat penyimpanan yang terbatas

Karena ukuran yang minimalis menyebabkan terbatasnya tempat penyimpanan perlengkapan di kamar mandi. Solusinya, gunakan rak atau meja minimalis yang multifungsi n untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan di kamar mandi.

  • Sulit untuk mendekor ulang tampilan kamar mandi

Kamar mandi yang minimalis akan sulit didekor ulang karena penempatan yang tidak leluasa. Jika ingin merubah penampilan kamar mandi mungkin bisa dilakukan dari hal-hal kecil seperti mengubah warna dinding, menambahkan hiasan bunga, atau peralatan kamar mandi dengan warna calm.

  • Tidak direkomendasikan untuk keluarga besar

Desain kamar mandi minimalis tidak direkomendasikan untuk keluarga besar karena akan menyulitkan penghuni saat ingin menggunakan kamar mandi bersamaan.

Penutup

Desain Kamar Mandi Minimalis
Desain Kamar Mandi Minimalis

Itulah Inspirasi desain kamar mandi minimalis yang telah kami rangkum. Semoga melalui Inspirasi desain diatas dapat menjadi bahan pertimbangan kamu untuk membuat kamar mandi minimalis modern.

Related Post

Tinggalkan komentar