Koleksi Gambar

10 Desain Ruang Tamu Minimalis, Elegan & Sederhana

Ide Desain Ruang Tamu Minimalis, Elegan dan Sederhana – Untuk kamu yang memiliki rumah minimalis tentu mengupayakan penggunaan lahan sebaik mungkin mulai dari kamar tidur, ruang tamu, dapur dan ruang keluarga. Setiap ruang tamu sebenarnya tidak selalu luas, hanya saja perlu diperhatikan penataan untuk menciptakan kenyamanan bagi anggota keluarga dan tamu yang berkunjung.

Saat membangun sebuah hunian, umumnya kita menyerahkan semua pengerjaan pada desain interior. Proses desain akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, hasil yang didapatkan tak selalu memuaskan sehingga kami tergerak menulis artikel dan memberikan gambar ruang tamu mungil dan cantik untukmu. Ikuti sampai habis ya!

Kumpulan Ide Desain Ruang Tamu Minimalis dan Elegan

Untuk menciptakan ruang tamu yang hangat banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya peletakan furnitur utama dan pelengkap lainnya. Ketahuilah ruang tamu yang hangat tidak diukur dari luas namun dari penataan yang sesuai. Menata ruang yang mungil selalu menjadi pr bagi kita agar terlihat mewah dan nyaman. Berikut beberapa ide desain ruang tamu minimalis dan elegan untukmu:

  • Gunakan Warna Yang Netral

Ide Desain Ruang Tamu Mungil
Sumber: smalllivingroomideas.org

Untuk memulai desain, perhatikan pemilihan warna yang sesuai untuk ruangan mu. Gunakan warna dasar yang netral seperti warna putih, tosca dan abu. Seperti gambar diatas, ruang tamu mungil namun tetap hangat bukan? Beberapa warna soft digunakan pada sofa dan aksesoris lain tetap terlihat manis. Selain itu, ruang tamu dengan tanaman akan menambah kesejukan pada semua anggota keluarga maupun tamu yang berkunjung.

  • Gunakan Sofa Berbentuk L

sofa l
Sumber: dailysia.com

Tentu kita paham furnitur utama yang ada di ruang tamu adalah sofa. Ide desain ruang tamu minimalis dan sederhana dengan menggunakan sofa berbentuk L dapat kamu gunakan untuk memanfaatkan ruang minimalismu. Penggunaan sofa ini membuat ruangan mu tetap lega, letakkan beberapa rak gantung sebagai dekorasi dan menggunakan meja kayu kecil sebagai pelengkap.

  • Satukan Ruang Tamu dengan Meja Makan

ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan
Sumber: archity.com

rumah minimalis saat ini menyatukan antara ruang tamu dan dapur untuk menghemat space. Partisi dalam rumah akan membuat ruangan semakin sempit untuk itu , hilangkan sekat dan menyatukannya. Selain itu, menyatukan dua ruangan ini akan membuat suasana lega meskipun ruangan mungil.

Baca Juga :  Kumpulan 30+ Wallpaper Hijau Aesthetic Download Gratis

Rekomendasi artikel menarik untukmu: 5 Contoh Gambar Rumah Minimalis Modern

  • Ruang Tamu Dengan Elemen Kayu

gunakan elemen kayu
Sumber: 99.co

Jika biasanya kita menggunakan lantai berbahan keramik, ubahlah desain dengan menggunakan karpet vinyl bermotif kayu untuk menambahkan kesan klasik. Mendesain ruangan menggunakan karpet sangat direkomendasikan karena harga jual bahan yang terjangkau dan hasil yang memuaskan. Untuk menambah nilai estetika, gunakan pajangan seperti cermin, lukisan maupun bunga gantung seperti gambar diatas.

  • Ruang Tamu Dengan Pencahayaan Maksimal

ruang tamu dengan pencahayaan maksimal
Sumber: dekorunik.com

Ide desain ruang tamu minimalis dan elegan kali ini dengan menggunakan pencahayaan yang maksimal. Pencahayaan yang dimaksud adalah lampu maupun sumber tata surya lainnya. Untuk memberikan sirkulasi udara pada ruangan, bangunlah ruang tamu yang berhadapan langsung dengan jendela. Dengan adanya jendela, udara yang ada didalam rumah akan ditukar dengan angin sejuk dari luar jendela.

  • Lampu Hias Sebagai Dekorasi dan Penghangat Ruangan

lampu sebagai aksesoris dan penghangat ruangan
Sumber: 99.co

Setelah memutuskan mendesain ruang tamu , berikutnya pilihlah aksesoris yang multifungsi. Salah satu aksesoris multifungsi adalah lampu hias. Selain menjadi dekorasi, menggunakan lampu akan menambah kesan hangat bagi anggota keluarga. Seperti gambar diatas, ruang tamu yang mungil dan tetap elok dengan penggunaan lampu hias dan cat berwarna putih gading.

Baca Juga: 10 Ide Desain Kamar Kost Lesehan Sederhana dan Nyaman

  • Menggunakan Nuansa Putih dan Sofa Tunggal

Menggunakan sofa tunggal
Sumber: dekorrumah.net

Ide desain ruang tamu minimalis dengan kreasi berikut wajib kamu ikuti, menggunakan cat dominan putih akan membuat ruangan mu terlihat bersih, luas, nyaman dan memberi kesan manis bagi setiap pengunjung. Memberikan kesan lega wajib pada ruangan mungil, untuk itu gunakan sofa tunggal yang dilengkapi dengan aksesoris memperindah ruang tamu kamu.

  • Gunakan Ruang Tamu Lesehan

ruang tamu lesehan
Sumber: helloshabby.com

Jika diatas kita membahas ruang tamu dengan sofa, kali ini gunakan ide desain ruang tamu minimalis dan elegan berkonsep lesehan. Bagi kamu yang memiliki hunian sempit ide ini bisa kamu coba, tanpa kursi ruang tamu akan tetap manis dengan menyertakan dekorasi dan karpet. Selain itu, konsep akan membuat ruangan minimalis lebih luas dan lega.

  • Ruang Tamu Dengan Gaya Modern

ruang tamu mungil bergaya modern
Sumber: walipop.detik.com

Ruang tamu bergaya modern bisa digunakan untuk kamu pencari ide desain ruang tamu minimalis dan modern. Pada umumnya, rumah bergaya modern tidak menggunakan aksesoris yang banyak tetapi menggunakan cat dan furnitur berwarna elegan seperti warna abu, hitam, tosca dan gold. Untuk menambah kesan mewah, gunakan lampu gantung untuk pencahayaan.

  • Ruang Tamu Bertema Monokrom

ruang tamu bertema monokrom
Sumber: arcadiadesain.com

Suka warna hitam dan putih? yuk gunakan tema monokrom ini untuk ruanganmu. Warna hitam dan putih sering dikombinasikan dan disebut serasi baik untuk fashion dan interior. Dengan warna monokrom membuat ruanganmu lebih hidup dan elegan. Untuk memulai dekorasi dengan warna ini, gunakan warna putih sebagai dasar dan warna hitam sebagai pelengkap. Peletakan karpet berwarna senada dan tanaman hias sangat perlu untuk memberikan kesan manis pada ruang tamu monokrommu.

Baca Juga :  15 Koleksi Terbaru Foto Pegangan Tangan Di Motor

Artikel Menarik Sebelumnya: 9 Aplikasi Pengganti Tombol Power Untuk Semua Jenis HP Android

Tips Memilih Desain Ruang Tamu Minimalis

Tips Penjelasan
Pilih Warna yang Netral Warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige adalah pilihan yang baik untuk dinding, lantai, dan furnitur utama. Mereka menciptakan tampilan yang bersih dan terbuka.
Furniture yang Sederhana Pilih furnitur dengan desain yang sederhana dan bersih tanpa banyak hiasan. Sofa dengan lengan ramping dan meja kopi dengan garis-garis sederhana adalah contoh yang baik.
Ruangan yang Terbuka dan Teratur Pertimbangkan tata letak furniture yang membuka ruang dan menciptakan perasaan ruang yang lapang. Hindari menyimpan barang yang tidak perlu di ruang tamu.
Gunakan Pencahayaan Alami Manfaatkan pencahayaan alami sebanyak mungkin. Hindari penggunaan pernak-pernik berlebihan yang dapat menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan.
Minimalis dalam Dekorasi Dinding Jika Anda ingin menggunakan dekorasi dinding, pilih karya seni atau dekorasi yang simpel, seperti lukisan abstrak atau cermin dengan bingkai sederhana.
Simpan Barang dengan Rapi Pertimbangkan penggunaan lemari atau rak dinding dengan pintu untuk menyimpan barang-barang seperti buku, peralatan elektronik, atau pernak-pernik. Ini menjaga tampilan tetap rapi.

Penutup

Desain Ruang Tamu Minimalis
Desain Ruang Tamu Minimalis

Menghabiskan waktu senggang di ruang tamu selalu kita lakukan, karenanya perlu desain ruang tamu agar menciptakan rasa nyaman dan tenang terlebih kondisi ruangan minimalis. Demikian 10 ide desain ruang tamu  minimalis dan elegan, semoga para readers dapat terbantu dengan gambar dan sedikit penjelasanya. Terimakasih telah berkunjung dan nantikan artikel terbaru dari Mocipay.

Back to top button