Rincian Bunga Pinjaman Bank BRI 5 Juta Lengkap Dengan Simulasinya

Ristauli Sianturi

Sekarang sudah sangat banyak instansi yang memberika pinjaman dengan suku bunga yang rendah. Salah satunya adalah bank Bri. Kamu bisa memulai pinjaman paling terkecil 1 juta. Terus kalau mau minjman 5 juta? berapa rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta.

Mari kita bahas berapa besar rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta dan apa saja syarat yang diperlukan dalam mengajukan pinjaman ini. Karena ada beberapa berkas yang harus disiapkan dan juga syarat yang harus dipenuhi.

Karena pinjaman Bri ini memiliki bunga yang sangat kecil tentu saja tidak mudah untuk bisa mendapat pinjaman ini. Dibawah ini akan kita uraika secara tuntas apa saja yang perlu diperhatikan agar bisa mendapat pinjman ini.

Lihat Juga: 4 Cara Pinjam Saldo DANA Di Aplikasi DANA

Apa itu Pinjaman Bri?

Rincian Bunga Pinjaman Bank Bri 5 Juta
Pinjaman Bri__ Sumber: Lifepal

 

Sebelum bahas rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Kita harus paham dulu apa itu pinjaman Bri. Pinjaman Bri adalah produk pinjaman yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah agar bisa memperoleh modal usaha dengan lebih mudah dan terjangkau.

Pinjaman Bri memiliki berbagai jenis produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi usaha peminjam. Memiliki manfaat yang signifikan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, antara lain:

Rincian Bunga Pinjaman Bank Bri 5 Juta

Untuk rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Bisa kita lihat tabel di bawah ini karena pinjamannya paling kecil itu 1 jt dibawah ini bukan hanya rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Tapi dibawah ini dimasukkan dalam tabel yang terkecil sampai paling besar.

Rincian Bunga Pinjaman Bank Bri 5 Juta
                                                                      Tabel Pinjaman Bri__ Sumber: Disway

Jadi dari tabel diatas dapat kita rincikan rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta.

Contoh penghitungannya:

Berikut contoh rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Dari sini bisa kita contoh kan bu tuti meminjam uang 5juta dengan tenor 24 bulan.

Bu Tuti mengajukan pinjaman di BRI dengan rincian sebagai berikut:
  • Pokok Pinjaman: Rp5.000.000
  • Bunga per tahun: 6%
  • Tenor pinjaman: 24 bulan
  • Bunga flat
Maka besar bunga per bulannya adalah?
  • Cicilan Pokok= Rp5.000.000 : 24 bulan = Rp208,333
  • Bunga= (Rp5.000.000 x 6%) : 12 bulan = Rp25.000
  • Angsuran per bulan= Rp208.333 + Rp25.000= Rp233,333
Jawaban: Besarnya angsuran yang harus dibayarkan oleh Bu Tuti adalah Rp233,333.
Jika dikalikan selama 24 bulan= Rp233,333 x 24 bulan = Rp5.599.992
Jadi,rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta selama 24 bulan adalah Rp5.599.992 – Rp 5.000.000 = Rp599.992

Kelebihan Pinjaman Bri 2023

Setelah kita bahas rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Kita juga tahu dulu apasih kelebihan dari pinjaman ini sehingga kita lebih memilih meminjam di bank dibandingkan tempat pinjaman yang lainnya.

Suku Bunga Rendah

Pinjaman Bri 2023 menawarkan bunga rendah dan membantu usaha kecil dan menengah dalam menjalankan bisnisnya tanpa membayar bunga yang tinggi.

Plafon Tinggi

Pinjaman Bri 2023 memiliki plafon kredit yang tinggi, hingga mencapai Rp 500 juta. Yang dapat digunakan calon debitur sebagai modal usaha.

Persyaratan Mudah

Persyaratan yang diperlukan calon debitur untuk mengajukan pinjaman Bri 2023 ini juga sangat mudah. Calon debitur hanya perlu menyerahkan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan juga izin usaha.

Pembiayaan Modal Kerja Investasi

Pinjaman Bri 2023 dapat digunakan untuk menandai modal kerja dan investasi. Hal ini memberikan keleluasaan untuk calon debitur dalam mengembangkan usahanya.

Kekurangan Pinjaman BRI 2023

Selain rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Kita juga harus mengetahui apa kekurangan dari pinjaman bank bri ini. Karena diatas sudah di jelaskan kelebihannya yang selanjutnya adalah kekurangannya.

Diperlukan Jaminan

KUR BRI 2023 memberi syarat agunan berupa aset seperti sertifikat tanah ataupun kendaraan, untuk calon debitur yang mengajukan pinjaman di atas Rp 50 juta. Hal ini menjadi kendala bagi nasabah yang belum memiliki aset yang cukup.

Terbatas untuk Sektor Usaha Tertentu

Pinjaman Bri 2023 hanya dapat digunakan untuk sektor ekonomi tertentu, seperti pertanian, perikanan dan usaha mikro. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi calon debitur dengan sektor usaha lain yang ingin mengajukan pinjaman.

Proses Persetujuan Lama

Proses persetujuan Pinjaman Bri 2023 bisa memakan waktu lama. Hal ini tentu bisa menjadi kendala bagi calon debitur yang membutuhkan pasokan dana cepat.

Sanksi Terlambat Bayar

Pinjaman Bri 2023 menerapkan sanksi bagi calon debitur yang terlambat dalam melakukan pembayaran angsuran, berupa sanksi denda. Dan untuk menghindari sanksi tersebut calon debitur harus memperhatikan kembali ketentuan yang ada, agar tidak terkena sanksi yang bahkan bisa lebih keras.

Cara dan Syarat Melakukan Pinjaman di Bank BRI

Setelah kita megetahui rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta. Kita juga mempelajari apa saja syarat dan cara untuk bisa lulus mendapatkan pinjaman ini.

Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara dan syarat untuk melakukan pinjaman di Bank BRI.

1. Pahami Jenis-jenis Pinjaman BRI

Bank BRI menawarkan berbagai jenis pinjaman, termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan lain sebagainya. Pertama, tentukan jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap jenis pinjaman memiliki persyaratan yang berbeda.

2. Persiapan Dokumen Pendukung

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen ini umumnya meliputi:

    • KTP atau identitas diri yang sah.
    • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), terutama untuk pinjaman KPR.
    • Surat keterangan penghasilan (slip gaji, surat keterangan usaha, laporan keuangan, dll.).
    • Dokumen jaminan (jika diperlukan, seperti sertifikat rumah untuk KPR).
    • Dokumen lain yang mungkin diminta sesuai dengan jenis pinjaman yang diajukan.
    • Pastikan semua dokumen ini dalam kondisi yang lengkap, sah, dan sesuai dengan persyaratan Bank BRI

3. Kunjungi Cabang Bank BRI Terdekat

Langkah berikutnya adalah mengunjungi cabang Bank BRI terdekat. Pastikan Anda datang saat jam operasional bank. Di cabang bank, Anda akan ditemui oleh petugas yang siap membantu Anda mengajukan pinjaman.

Jelaskan jenis pinjaman yang Anda inginkan dan serahkan dokumen-dokumen yang telah Anda persiapkan.

Tips Agar Tembus Pinjaman

Ada sejumlah hal yang perlu diketahui terkait Pinjaman bank Bri , antara lain:

Tips Penjelasan
Pastikan Memiliki Izin Usaha Memiliki izin usaha menandakan bisnis yang sedang Anda bangun ilegal. Selain itu, dengan adanya surat izin usaha maka bisa membangun kepercayaan publik terhadap usaha yang sedang dijalankan. Hal ini sejalan dengan ketentuan pengajuan KUR BRI di website resminya agar disetujui.
Memiliki Laporan Keuangan Rapi Cara lolos Survey KUR BRI selanjutnya ialah memiliki laporan keuangan yang rapi. Sebab laporan keuangan dijadikan sebagai dokumen pendukung untuk menambah poin akuntabilitas dalam mengelola dana KUR. Untuk menyusun laporan keuangan dengan rapi bisa menggunakan aplikasi pencatat keuangan.
Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Usaha Yang tidak kalah penting coba pisahkan keuangan pribadi dengan usaha. Dengan begitu, pemilik usaha akan terlihat lebih profesional dan bisa mengelola arus kas (cash flow). Dalam tahap ini pihak penyalur akan menganalisa riwayat transaksi dan kredit dari setiap peminjam.
Pastikan Syarat Administrasi Lengkap Salah satu indikator lolos KUR ialah persyaratan administrasi lengkap. Karena itu, Anda perlu teliti saat menyerahkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Lamanya waktu survey KUR BRI biasanya 7-14 hari dan jika masih mau menunggu bisa sampai 30 hari.
Menjaga Rekam Jejak Rekening Survey KUR BRI juga dilihat dari kredibilitas debitur. Karena itu, Anda perlu memperhatikan riwayat pinjaman kredit baik di lembaga keuangan maupun non bank. Sebab pihak bank akan meninjau riwayat pinjaman melalui BI Checking untuk menentukan lolos tidaknya.
Masuk ke Platform E-Commerce Langkah selanjutnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi misalnya dengan masuk ke platform e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shopee. Bisa juga menjalankan plikasi penyedia ride hailing seperi Grab dan Gojek. Langkah ini bisa lebih meyakinkan pihak bank.
Menentukan Tujuan Pengajuan KUR Menentukan tujuan pengajuan KUR BRI terbilang penting sebagai dasar pihak bank untuk menentukan apakah Anda layak menerima atau tidak. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan secara detail tujuan, jangka waktu pinjaman, sumber dana untuk mengembalikan dan nominal yang diajukan.
Menjalankan Usaha Selama 6 Bulan Untuk menghindari penolakan ketika mengajukan KUR, pastikan Anda telah menjalankan usaha selama 6 bulan. Hal ini sudah masuk ke dalam kriteria seleksi bagi debitur sehingga harus dipastikan telah terpenuhi. Bisa dibuktikan dengan arus kas selama 6 bulan terakhir.
Menjaga Kemampuan dalam Berbisnis Tidak hanya, mempertimbangkan kelengkapan dokumen, pihak bank biasanya meneliti keahlian dan kemampuan para debitur dalam berbisnis. Jika debitur mampu mengelola bisnisnya maka diharapkan mampu membayar kredit dengan lancar.
Menyiapkan Agunan Sebelum Mengajukan KUR Selain kedua tips di atas, siapkan agunan sebelum mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI. Patikan agunan memiliki nilai sama atau lebih tinggi dari nominal kredit yang diajukan. Biasanya beberapa bank memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan jenis agunan yang diajukan debitur.

Penutup

Rincian Bunga Pinjaman Bank Bri 5 Juta
Rincian Bunga Pinjaman Bank Bri 5 Juta

Begitulah rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta semoga yang ingin meminjam 5 juta jadi tau berapa rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta dan berapa yang harus di bayar perbulannya. Jadi dari rincian bunga pinjaman bank Bri 5 juta diatas dapat dikatakan besaran iuran per bulan tergantung berapa lama pinjaman.

Semakin kecil iuran perbulannya maka lama pinjaman makin lama sebaliknya juga makin besar iuran per bulan maka iurannya semakin cepat. Sesuaikan semua sama pendapatan masing masing per bulannya.

Related Post

Tinggalkan komentar