HargaRagam

Harga Belut Per Kg Di Pasaran : Bibit Belut dan Belut Besar

Harga Belut Per Kg Di Pasaran : Bibit Belut dan Belut Besar – Apabila kamu ingin mengkonsumsi belut tentu saja ingin tahu berapa Harga Belut Per Kg di pasar. Hal tersebut bertujuan untuk memperkirakan berapa banyak jumlah belut yang harus dibeli.

Namun, untuk harga belut sangat bervariasi tergantung jenis belutnya. Di Indonesia, belut menjadi salah satu makanan yang memilikibanyak peminat. Karena memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan kaya akan protein.

Belut

Sumber : jualbelicupang.com

Belut (Monopterus albus) merupakan sekelompok ikan yang menyerupai bentuk ular memiliki nilai gizi tinggi. Ukuran belut juga sangat bervariasi tergantung perkembangbiakan-nya. Namun mata belut kebanyakan tidak berfungsi dengan baik, termasuk jenis belut yang tinggal di gua.

Pada umumnya, kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih memilik untuk bersebunyi di dalam lumpur. Uniknya, belut bisa berubah kelamin seperti pada usia muda berjenis kelamin betina, kemudian di masa berikutnya akan berubah jenis kelamin menjadi jantan.

Ciri-ciri yang sangat dikenali dari belut, yaitu :

  • Bentuk badan bulat dan panjang.
  • Tidak bersisik
  • Kulit licin dan cenderung mengeluarkan lendir.
  • Memiliki mata yang kecil.
  • Gigi kecil dan runcing serta bentuk mulut seperti lipatan lebar

Jenis – Jenis Belut di Indonesia

Berkut jenis belut di Indonesia yang paling banyak ditemukan beserta fakta menarik yang terkandung di dalam tubuh belut tersebut, yakni diantaranya :

  • Belut Sawah

Belut sawah merupakan jenis belut yang sangat dikenal di Indonesia. Belut sawah mempunyai bentuk tubuh yang panjang dan bulat seperti ular serta memiliki mata kecil. Biasanya panjang belut sawah sekitar 10 cm hingga 3m, dengan berat yang sangat bervariasi dari ratusan gram.

Selain itu, belut sawah juga paling banyak di konsumsi oleh masyarat, karena memiliki jumlah protein yang sangat tinggi. Hal unik yang sangat jarang diketahui oleh manusia terkait belut sawah yaitu dapat bergantikelamin sesuai dengan fase kehidupannya.

Untuk harga belut per kg khususnya belut sawah lebih murah dibandingkan jenis belut yang lainnya. Belut in juga sangat akrab dengan lumpur dan menandai tempat tinggalnya dengan lubang-lubang kecil.

  • Belut Muara

Sumber : dictio.id

Selain belut sidat ternyata belut muara juga tergolong sebagai jenis belut laut yang memilih habitatnya di muara sungai. Ciri khas yang dimiliki oleh belut ini sedikit berbeda dengan belut sawah, seperti memiliki kepala bulat, gigi lebih runcing, lipatan insang lebih banyak, warna kulit berbintik-bintik .

Untuk perkembangannya jauh lebih cepat. Apabila di ukur, ukuran badan belut muara biasanya lebih dari 1 kg per ekor. Dibalik semuanya itu, belut muara juga memiliki rasa yang sangat gurih dan bergizi tinggi.

  • Belut Rawa

Sumber : ikanesia.id

 

Biasanya belut rawa bertahan hidup di tempat yang mengandung banyak air dan sedikit berlumpur, seperti gambut. Hal tersebut di karenakan air rawa lebih tinggi dibandingkan di sawah. Jika dibandingkan dengan belut sawah, belut rawa memiliki ukuran yang lebih panjang.

Ciri-ciri fisik yang sangat dikenali dari belut rawa, yaitu memiliki warna kulit yang lebih gelap, ukuran tubuh mencapi 50-60 cm, bobotnya dapat mencapai 150-300 gr/ekor dan memiliki tekstur daging yang lembut.

Harga belut per kg untuk jenis belut rawa sedikit lebih mahal dibandingkan belut sawah. Tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi masyarakat yang menyukainya, selain rasanya yang gurih belut rawa juga memiliki nilai gizi tinggi.

  • Belut Sidat

Belut sidat merupakan jenis belut yang sangat sulit ditemukan, karena sampai saat ini belum menemukan pembudidayanya. Pada umumnya, jenis belut ini lebih banyak di laut , akan tetapi sidat juga dapat bertahan hidup di air tawar.

Harga belut per kg untuk belut sidat lebih mahal dibandingkan jenis belut di atas. Ciri khas dari belut sidat yaitu memiliki 2 sitip di sebelah kepala, bentuk tubuh panjang tetapi lebih pipih, bentuk kepala menyerupai ular dan bentuk ekor lebar.

Menariknya, apabila dibandingkan dengan belut pada umumnya, jenis belut ini memiliki kemampuan hidup yang lebih tinggi. Biasanya bobot tubuhnya bisa mencapai 500 gr/ ekor, serta memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.

Postingan Lainnya : Daftar Harga Ikan Channa, Termurah Hingga Termahal di Indonesia

Harga Belut Per Kg Terbaru

Berikut harga belut per kg yang di rangkum dari situs resmi tokopedia.com yang akan memudahkan kamu untuk melihat varian dan perbedaan masing-masing harga belut terbaru.

Jenis Belut Berat/ Kg Harga Per Kg
Belut Sawah 1 Kg Rp 91.000
2 Kg Rp 182.000
3 Kg Rp 273.000
Belut Muara 1 Kg Rp 100.000
2 Kg Rp 200.000
3 Kg Rp 300.000
Belut Rawa 1 Kg Rp 95.000
2 Kg Rp 190.000
3 Kg Rp 285.000
Belut Sidat 1 Kg Rp 210.000
2 Kg Rp 420.000
3 Kg Rp 630.000

Harga Bibit Belut Per Kg 2022

Harga bibit belut per kg 2022
Harga bibit belut per kg 2022

Sedangkan untuk harga bibit belut per kg terbaru 2022 adalah 75.000 – 90.000 Rupiah dimana setiap 1 Kg nya berisi 70-80 ekor dan apabila beli per ekor akan dikenakan harga Rp 2000 per ekornya untuk bibit belut grade super.

Untuk informasi tambahan lainnya terkait harga belut per kg di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dan penawaran dari masing-masing pedagang yang menjualnya. Apabila kamu ingin mengetahui informasi lebih dalam terkait harga belut per kg, kamu dapat mengunjungi situs resmi nya secara langsung atau menanyakan ke pedagang khusus penjual belut disekitarmu.

Manfaat dan Kandungan Gizi Belut

Jika dilihat dari kandungan gizinya, belut memiliki nilai energi yang tinggi setera dengan 303 kkal per 100 gram daging belut. Kandungan gizi belut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur dan daging sapi. Oleh sebab itulah mengapa belut sangat baik untuk dikonsumsi.

Selain itu, protein yang terkandung di dalam belut juga kaya akan beberapa asam amino dengan kualitas cukup baik, seperti lisin, leusin, asam aspartat dan asam glutamat. Hal ini sanga diperlukan bagi pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

Belut juga memiliki kandungan fosfor yang dapat memperkuat tulang dan dapat meminimalisir terjadinya pengroposan tulang. Menariknya, belut juga memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia dan kekurangan darah.

Maka tidak perlu heran lagi apabila harga belut per kg memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya.

Kesimpulan

Harga Belut Per Kg
Harga Belut Per Kg

Itulah informasi terkait daftar harga belut per kg terbaru dan terupdate beserta kandungan nilai gizinya. Bagi kamu yang memiliki lemak berlebih, hindari mengkonsumsi makanan ini terlalu banyak karena terdapat kandungan lemak yang tinggi di dalamnya.

Apabila terdapat kesalahan penulisan harga maupun seputar informasi jenis belut, silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai ketemu di informasi selanjutnya!

Back to top button