Peluang Usaha

3 Ide Bisnis Terbaru yang Menjanjikan di Tahun 2022

Ide Bisnis Terbaru di Tahun 2022

Di tahun 2022, banyak ide bisnis baru yang berkembang di masyarakat seiring dengan perilaku masyarakat yang berubah akibat dampak dari pandemi covid-19. Mau tidak mau, pebisnis harus memperbaharui aktivitas bisnis mereka karena banyak bisnis lama yang sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. Jika pebisnis tidak melakukan inovasi, maka dikhawatirkan usaha mereka akan ditinggalkan olehe konsumen dan beralih ke penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai contoh ide bisnis yang sudah tidak relevan di tahun 2022 adalah Dropshipper. Apa itu dropshipper?

Dropshipper adalah pemasar yang menghubungkan konsumen dan pemasok tanpa membeli barang dari pemasok. Tugas dropshipper adalah promosi kepada konsumen yang menjadi prospeknya.

Kenapa saya katakan bahwa ide bisnis ini sudah tidak relevan untuk dimulai di tahun 2022? Alasannya adalah karena perilaku konsumen sudah berbeda di tahun 2022 dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, masyarakat sudah sangat akrab dengan marketplace.

Bukan hanya kaum muda, tapi para orangtua juga sudah banyak yang melakukan pembelian lewat marketplace. Sebagaimana kita tahu bahwa harga di marketplace sangat bersaing. Pembeli bisa mengetahui harga pasaran dan memilih harga terbaik lewat situs marketplace. Mereka juga sudah dapat terhubung langsung kepada pemasok tanpa melalui dropshipper.

Jadi jika kamu ingin memulai bisnis tahun 2022 ini, dan sedang memikirkan ide bisnis apa yang peluang bisnisnya baik, dropshipper adalah pengecualian.

Trus, ide bisnis apa dong yang peluangnya bagus di tahun 2022 ini? Kalau kamu ingin tahu, simak penjelasan di bawah ini dan tentukan ide bisnis mana yang paling tepat buat kamu.

3 Ide Bisnis Terbaru ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Kamu

Untuk merealisasikan sebuah ide bisnis tentu harus ada eksekusi. Ide bisnis hanya akan menjadi ide jika kamu tidak punya keberanian untuk memulainya. Banyak orang yang bermimpi menjadi entepreneur tapi berakhir hanya menjadi wantrepreneur karena mereka tidak berani mengambil resiko untuk merealisasikan ide bisnis yang mereka punya.

Tiga ide bisnis di tahun 2022 ini mungkin bisa menjadi pertimbangan buat kamu.

1. White Label Product

Ide bisnis di tahun 2022 yang layak kamu coba adalah menjual white label product. White label product adalah produk tanpa label/ tanpa merk yang dijual oleh produsen. Tujuannya adalah agar pembeli bisa me-rebranding produk tersebut dengan merk sendiri, packaging sendiri, dan dijual kembali seolah produk tersebut adalah produk mereka sendiri.

Kunci sukses dari bisnis ini adalah kemampuan kamu me-rebranding produk tersebut sebaik mungkin, membuat packaging yang menarik dan image produk yang meyakinkan sehingga nilai jual produk tersebut bisa naik berkali-kali lipat dari harga belinya.

Contohnya adalah produk hijab. Jika kamu punya ide bisnis menjual hijab dengan merek sendiri namun tidak bisa memproduksi sendiri, maka kamu bisa mencari pihak produsen hijab white label di marketplace.

Jika sudah menemukan produsen yang memberikan harga dan kualitas sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa me-rebranding hijab tersebut dengan merk kamu sendiri, membuat packaging yang premium, dan promo yang gencar, sehingga produk hijab kamu terkesan high class dan kamu bisa menaikkan harga yang tinggi untuk hijab dengan merk milik kamu sendiri. Menarik bukan?

2. Affiliate Marketplace

Menjadi affiliator adalah ide bisnis yang tergolong baru di tahun 2022 ini. Eits! Jangan negative thinking dulu. Affiliator yang saya maksud disini bukan seperti affiliator yang sedang marak diperbincangkan belakangan ini yang banyak menipu orang.

Affiliate marketplace adalah strategi marketing terbaru yang digunakan oleh platform belanja untuk menarik lebih banyak pengguna ke platform mereka dan meningkatkan penjualan di platform tersebut. Orang yang menjadi affiliator biasanya adalah orang-orang yang aktif di media sosial dan mempunyai pengikut yang banyak.

Platform tertentu akan memilih orang-orang yang menurut mereka layak untuk menjadi affiliator. Jadi jika kamu ingin menjadi affiliator platform tertentu, silakan kunjungi platformnya langsung dan cek syarat dan ketentuan yang mereka terapkan.

Jika kamu sering melihat konten-konten tiktok atau youtube yang me-review produk tertentu lalu menyertakan link untuk membeli produk tersebut, maka bisa dipastikan mereka adalah affiliator. Keuntungan yang dibagi oleh marketplace kepada affiliator beragam. Biasanya antara 10-20% dari harga produk tergantung ketentuan dari platformnya sendiri.

Jika kamu ingin beraffilasi dengan platform yang menyediakan produk digital seperti top up game, voucher , paket data, pulsa, token listrik, dan lain-lain, kamu bisa menjadi affiliator di platform Mocipay. Cek syarat dan ketentuannya disini.

3. Menjadi live streamer di Tiktok

Ide bisnis selanjutnya yang bisa kamu coba di tahun 2022 adalah menjadi live streamer di tiktok. Tiktok adalah platform video pendek yang sedang tren saat ini. Bahkan tiktok sudah mengembangkan aplikasinya menjadi media belanja online terbaru, yang diberi nama Tiktok Shop.

Jika kamu sering menonton live streaming di tiktok yang menawarkan produk-produk dari tiktok shop, orang yang berada di depan layar itu adalah live streamer. Pemilik toko di Tiktok Shop biasanya merekrut orang untuk melakukan live streaming. Biasanya mereka merekrut orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan berbicara di depan layar yang bisa memasarkan produk mereka.

Jika kamu adalah orang yang punya kemampuan public speaking yang bagus, percaya diri untuk tampil di depan layar, dan berpenampilan menarik, mungkin kamu bisa memulai bisnis menjadi live streamer.

Keuntungan yang kamu terima tergantung kesepakatan kamu dengan pihak yang merekrut kamu. Ada yang dibayar per jam, ada juga yang dibayar sesuai persentase perjualan produk saat live streaming.

Ini adalah ide bisnis yang sangat menjanjikan karena tidak banyak orang yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi live streamer.

Salah satu kunci sukses dalam memulai sebuah bisnis adalah kemampuan melihat peluang usaha, lalu selanjutnya adalah keberanian untuk mengeksekusinya. Ide-ide bisnis terbaru akan selalu bermunculan seiring dengan perubahan perilaku masyarakat. Selamat berbisnis!

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 0 / 5. Jumlah Penilaian: 0

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button