Tutorial

9 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Kamera HP kamu tidak berfungsi? Sedang mencari cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan? Tenang saja! karena setelah membaca isi dari artikel ini kamu pasti akan bisa kembali berselfi ria dengan kamera mu.

Kamera pada SmartPhone telah menjadi salah satu fitur utama yang paling dicari oleh sebagian besar pengguna. Bahkan, tak jarang orang ketika ingin membeli HP selalu mengincar produk smartphone dengan kualitas kamera yang tinggi. Dengan adanya kamera HP ini memungkinkan anda sebagai pengguna bisa mengambil foto dan video kapan dan dimana saja tanpa harus membawa kamera terpisah.

Namun kadang-kadang, kamera ponsel dapat mengalami masalah seperti tidak dapat digunakan sama sekali. Hal ini tentu sangat meresahkan dan menjengkelkan terutama bagi pengguna yang kesehariannya selalu berinteraksi dengan kamera maupun ketika ingin mengambil foto/ merekam video penting. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan? geser kebawah untuk mengetahui solusinya!

Penyebab Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kamera HP tidak bisa digunakan
Cara Mengatasi Kamera HP tidak bisa digunakan

Sebelum mengetahui ” cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan” tentu hal pertama yang penting untuk kamu ketahui adalah penyebab kamera Hp tidak bisa digunakan.

Berikut ini, kami tampilkan beberapa kemungkinan hal yang menjadi penyebab kamera HP tidak bisa digunakan:

  • Terdapat masalah pada Hardware Kamera

Cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan/ www.kolomgadget.com

Alasan utama yang paling sering menjadi penyebab kamera HP tidak dapat digunakan adalah adanya masalah pada Hardware kamera ponsel anda. Mungkin HP anda pernah terjatuh sehingga menyebabkan area pada lensa kamera terbentur atau ada hal lain yang menyebabkan sensor kamera anda rusak atau kabel koneksi kamera terputus.

  • Ruang penyimpanan penuh

Ruang penyimpanan tentu menjadi salah satu komponen yang sangat diperlukan ketika menggunakan kamera, untuk menyimpan hasil jebretan foto yang anda take menggunakan kamera Hp anda. Karena itu, apabila ruang penyimpanan anda sudah penuh/ tidak ada lagi sisa ruang yang kosong maka otomatis kamera HP anda tidak dapat digunakan.

  • Permasalahan software pada ponsel

Anda tentu sudah mengetahui bahwa dalam HP terdapat Hardware (perangkat keras, seperti: kamera, casing, tombol HP, dll) dan Sofware yang merupakan perangkat lunak/ perangkat dalam HP yang berperan dalam mengolah data HP yang bentuk fisik nya tidak dapat kita lihat.

Baca Juga :  4 Cara Tembak Axis V3, V4, V5 dan V6 Terbaru 2024

Biasanya yang menjadi penyebab adanya permasalahan software pada ponsel adalah karena terdapat masalah pada sistem operasi ponsel anda yang bisa terjadi karena anda tidak melakukan perbaruan sistem operasi ke versi terbaru yang membuat sistem operasi pada ponsel anda menjadi lebih rentan mengalami bug system sehingga berdampak pada beberapa fungsi yang tidak bisa dijalankan termasuk kamera.

  • Adanya masalah pada settingan kamera

Banyak para pengguna HP terutama yang masih belum terbiasa menggunakan ponsel pintar mengeluh akan kamera HP nya tidak bisa digunakan, padahal karena kesalahan sendiri yang secara sengaja maupun tidak menonaktifkan kamera.

  • Aplikasi kamera bermasalah

Aplikasi kamera yang bermasalah juga dapat membuat kamera menjadi tidak dapat digunakan. Biasanya aplikasi kamera bermasalah bisa terjadi karena adanya bug system. Kondisi ini terjadi apabila aplikasi membutuhkan pembaruan/ update aplikasi.

  • Ponsel terserang Virus atau Malware

Cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan/ pict.sindonews.net

Penyebab berikutnya yang membuat kamera HP anda tidak berfungsi adalah adanya serangan dari virus atau malware. Serangan dari Virus atau Malware ini dapat merusak software pada ponsel anda, termasuk kamera.

  • Permukaan lensa kamera kotor

Meski kemungkinannya kecil, namun kamera tidak bisa digunakan juga bisa jadi disebabkan oleh permukaan lensa kamera yang kotor oleh debu atau partikel lain yang menghalangi kinerja kamera untuk menjalankan fungsinya dengan optimal.

Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa penyebab yang membuat kamera HP tidak bisa digunakan, sekarang kami akan menunjukkan beberapa solusi atau cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Membuat Video Menjadi Wallpaper Tanpa Aplikasi 2024
Cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan
Penyebab Kamera HP Tidak Bisa Digunakan Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Digunakan
Terdapat masalah pada Hardware Kamera Jika masalahnya terdapat Hardware kamera maka solusi terbaiknya adalah dengan membawa ponsel ke tukang servis. Karena kemungkinan ponsel anda perlu sensor kamera atau kabel koneksi yang baru.
Aplikasi kamera bermasalah Cobalah untuk menghapus cache pada aplikasi kamera anda. caranya yaitu: Buka menu “Pengaturan” lalu cari “Pengelola Aplikasi”, selanjutnya cari dan klik pada aplikasi kamera. Terakhir, klik “Hapus Cache” Jika tidak berhasil juga maka klik juga “Hapus data” yang berada diatas menu “Hapus Cache” Namun perlu diingat, melakukan hapus data akan membuat penyimpanan pada data kamera anda terhapus maka lakukanlah pencadangan file terlebih dahulu.
Permasalahan software pada ponsel Perbaharui sistem operasi ponsel anda ke versi terbaru. Ini akan mengatasi masalah seringnya terjadi bug system dan masalah lain pada ponsel anda.
Ruang penyimpanan penuh Periksa ruang penyimpanan ponsel anda. Hapus beberapa file yang tidak dibutuhkan. Jika terlalu sayang untuk dibuang maka pindahkan saja file-file anda ke kartu SD atau penyimpanan awan/ cloud.
Adanya masalah pada settingan kamera Periksa izin aplikasi kamera. Pastikan aplikasi kamera anda memiliki izin untuk mengakses kamera ponsel anda. Anda dapat memeriksa izin aplikasi dengan membuka menu “Pengaturan” kemudian cari “Izin Aplikasi”. Pastikan izin pada aplikasi kamera diaktifkan.
Ponsel terserang Virus atau Malware Bersihkan ponsel anda dari virus! Caranya adalah cobalah untuk memindai ponsel dengan menggunakan aplikasi antivirus yang bisa mendeteksi serta mendepak virus dari SmartPhone anda.
Permukaan lensa kamera kotor Bersihkan kamera. Pastikan lensa kamera anda tidak terdapat debu atau kotoran yang menghalangi. Namun berhati-hatilah saat membersihkan lensa kamera, gunakanlah alat yang lembut, kering dan bersih, seperti mikrofiber serta hindari menggunakan alat yang runcing.
Baca Juga :  Login Snack Video Lewat Google, Bisa Langsung Dapat Koin

Tambahan:

Selain cara diatas, ada juga alternatif lain dalam cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan yang dapat kami tampilkan untuk anda lakukan sebelum memutuskan untuk membawa ke tukang servis HP. Caranya adalah:

  • Restart Perangkat

Jika beberapa cara diatas tak kunjung membuat masalah pada kamera anda teratasi maka cobalah lakukan restart perangkat. Karena terkadang beberapa masalah pada ponsel dapat teratasi dengan mudah hanya dengan memulai ulang pada ponsel.

  • Factory reset
Cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan/ i0.wp.com

Alternatif kedua sebagai cara mengatasi kamera HP tidak bisa digunakan adalah melakukan “Factory reset” Jika dengan merestart ponsel juga tidak dapat memulihkan kembali kamera HP anda, solusi terakhir adalah dengan melakukan “factory reset/ mengembalika ke pengaturan pabrik/ pengaturan awal ketika HP pertama kali digunakan”.

Namun perlu untuk kamu ketahui bahwa factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada perangkat anda. Oleh karena itu, pastikan anda telah mencadangkan data anda terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Cara melakukan Factory reset:

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu “Pengaturan” pada ponsel anda
  2. Lalu cari menu “Backup & Reset
  3. Terakhir pilihlah opsi “Factory data reset” Tunggu prosesnya sampai selesai. Mengingat factory reset membutuhkan waktu yang sedikit lama, maka pastikan baterai HP anda penuh sebelum melakukan factory reset.

Namun jika semua cara diatas termasuk “Factory Reset”  sudah anda lakukan tapi tak kunjung juga membuat kondisi kamera HP anda membaik maka solusi terakhir adalah membawa ponsel ke tukang servis HP atau jika memungkinkan mengganti perangkat dengan ponsel yang baru, mengingat biaya memperbaiki kamera juga bukanlah jumlah yang sedikit.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kamera HP tidak dapat digunakan. Kamera memang merupakan salah satu komponen HP yang paling kita butuhkan dalam aktivitas keseharian kita, Contoh kecilnya adalah mengambil foto bukti transaksi sesuatu hal.

Karena itu, kondisi ketika kamera HP rusak membuat ponsel seakan-akan kehilangan setengah fungsinya. Namun dengan adanya “cara mengatasi kamera HP tidak dapat digunakan” yang telah kami tampilkan diatas anda tidak semestinya perlu khawatir lagi! Kami sangat berharap beberapa cara tersebut dapat kiranya dapat bermanfaat dan memulihkan kembali kamera HP anda.

Back to top button