TutorialTips

7 Cara Membuat Cover Makalah Yang Menarik

Cara membuat cover makalah yang menarik merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memperkenalkan makalah anda kepada pembaca. Apabila cover makalah anda menarik maka orang lain yang melihatnya akan tertarik untuk membaca isi makalah yang anda tulis. Meski ada slogan yang mengatakan “Dont’t Judge a book by it’s cover” nyatanya orang-orang akan menilai isi dari dari sebuah makalah atau karya tulisan lainnya yang pertama adalah dari sampulnya.

Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang membuat sebuah makalah maka sangat penting untuk memperhatikan tampilan cover makalah anda untuk membuat semenarik dan seelegan mungkin, bagaimana supaya membuat orang tertarik pada pandangan pertama.

Apa itu Makalah?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat cover makalah yang menarik, yang pertama yang akan kami tampilkan adalah penjelasan singkat mengenai apa itu makalah.

Makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang berisi mengenai suatu pemikiran, penelitian, analisis, atau argumentasi terkait suatu topik tertentu. pembuatan makalah pada umumnya banyak ditemui dalam konteks akademik yang mana sering kali dijadikan sebagai tugas/ project kepada siswa/ mahasiswa untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengeksplorasi maupun menganalisis sebuah topik tertentu. Disamping itu, makalah juga sering digunakan sebagai bentuk publikasi ilmiah, laporan penelitian maupun tulisan opini.

Pada dasarnya makalah memiliki susunan/ struktur yang terdiri dari beberapa bagian seperti: pendahuluan, pembahasan /isi, kesimpulan dan daftar pustaka. Makalah ini sendiri termasuk karya non-fiksi yang mana si penulis harus melakukan riset dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, lalu kemudian menyusun informasi tersebut secara sistematis dan logis.

Baca Juga :  10+ Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Dan Nomor Tidak Aktif Lagi

Hal Penting untuk Diketahui dalam Membuat Cover Makalah yang Menarik

Jika kamu ingin banyak orang yang tertarik untuk membaca makalah karya mu sendiri maka kamu harus mengetahui beberapa hal-hal yang perlu diketahui dalam membuat cover makalah yang menarik.

Untuk menciptakan sebuah cover makalah yang menarik, kamu dapat mempertimbangkan beberapa poin seperti yang kami tampilkan di bawah ini:

  • Menentukan Judul dan tema yang menarik

Secara umum judul merupakan titik awal sebelum beranjak membuat sebuah tulisan. Judul menjadi patokan bagi si penulis untuk mengembangkan berbagai penjabaran yang diletakkan dalam isi. Demikian juga dengan judul makalah merupakan langkah awal untuk menulis sebuah karya tulisan makalah. Agar judul makalah anda menarik, pastikan untuk membuat judul yang singkat, padat, dan jelas namun mengandung kata/ kalimat yang menumbuhkan rasa penasaran orang lain.

  • Gunakan Gambar yang relevan dengan isi makalah

Setelah menentukan judul dan tema yang menarik, langkah selanjutnya adalah membuat gambar yang relevan dengan isi makalah. Gambar merupakan salah satu bagian dari tampilan cover makalah yang tidak bisa diabaikan jika tidak ingin orang lain menyisihkan makalah anda.

Dalam menyematkan sebuah gambar dalam cover makalah, gunakanlah gambar yang relevan dengan isi makalah sehingga dapat menggambarkan isi makalah anda secara visual. Usahakan untuk membuat gambar yang semenarik mungkin dan dengan kualitas gambar yang baik/ tidak buram.

  • Atur layout dan komposisi dengan baik

Layout merupakan peletakan desain tertentu guna menghasilkan visual yang menarik. Sematkan beberapa unsur pendukung untuk membuat makalah anda menjadi lebih menarik seperti menambahkan elemen garis, kotak, membuat dekoratif ( namun hindari penggunaan dekoratif yang berlebihan), dll.

  • Gunakan font yang menarik dan mudah dibaca

Langkah berikutnya dalam cara membuat cover makalah yang menarik yaitu menggunakan font yang menarik dan mudah dibaca. Dalam microsoft word tersedia berbagai pilihan gaya tulisan yang bisa anda pilih untuk membuat tampilan judul anda tampak lebih menarik secara visual. Hindari penggunaan jenis huruf yang tampilannya rumit dan sulit untuk di baca. Supaya lebih menarik,

  • Pilih warna yang menarik

Warna merupakan komposisi dalam cover makalah yang membuat tampilannya menjadi lebih aesthetic dan ramah untuk dipandang. Karena itu, maka untuk menambahkan kesan menarik pada cover makalah anda, gunakanlah saturasi warna yang sesuai dengan konsep dan tema makalah serta dengan menggunakan warna yang kontras. Dengan demikian judul anda akan lebih mudah dan jelas untuk dibaca.

  • Gunakan desain yang unik dan sederhana namun nampak elegan

Langkah terakhir adalah menambahkan desain yang unik dan sederhana namun tetap memancarkan kesan elegan dan menarik. Dalam mendesain cover makalah anda dapat membuat bentuk atau pola yang unik. Namun, perlu untuk diingat juga agar menghindari penggunaan desain yang menyematkan berbagai efek yang berlebihan, karena itu akan membuat tampilan cover makalah anda menjadi tampak rancau dan terlalu mencolok.

Baca Juga :  3 Cara Melihat Orang Yang Stalking TikTok Kita

Cara Membuat Cover Makalah yang Menarik

Cara membuat cover makalah yang menarik
Cara membuat cover makalah yang menarik

Nah, anda telah mengetahui beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum membuat cover makalah. Sekarang, kami akan menampilkan cara membuat cover makalah yang menarik.

Pada umumnya penulisan makalah dilakukan melalui aplikasi microsoft word. Oleh karena itu, maka berikut ini kami akan menampilkan beberapa langkah-langkah dalam cara membuat cover makalah yang menarik melalui aplikasi microsoft word.

  • Langkah pertama adalah bukalah jendela microsoft word di perangkat anda
  • Jika tampilan dari microsoft word sudah muncul, Silahkan lihat pada beberapa deretan menu yang terlihat di bagian atas. Kliklah pada menu “Insert
menu insert
menu insert
  • Maka akan tampil beberapa opsi dalam menu insert. Selanjtunya, klik pada “Cover Page
Cover Page
Cover Page
  • Kemudian klik lah pada ikon tanda panah kebawah yang berada di sebelah kanan tulisan cover page
  • Maka akan tampil beberapa pilihan cover makalah yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda.
cover makalah
cover makalah
  • Pilihlah salah satu cover yang akan anda gunakan pada cover makalah anda, template tersebut akan tampil pada halaman
cover makalah
cover makalah
  • Terakhir, edit/ ubahlah tampilan cover tersebut, mulai dari judul, gambar, serta menambahkan berbagai efek lainnya yang bisa meningkatkan nilai visual cover makalah anda menjadi tampak lebih menarik.
Cara Deskripsi
Pemilihan Judul Buat Judul yang jelas dan to the point
Pemilihan Font Hindari penggunaan banyak jenis font dalam satu halaman
Pemilihan Warna Gunakan warna yang kontras antara latar belakang dan teks
Gambar atau Ilustrasi Pastikan gambar memiliki resolusi yang baik dan tidak pecah
Informasi Tambahan Jika diperlukan, sertakan juga nama dosen atau pembimbing
Layout dan Tata Letak Pastikan semua informasi terletak dengan rapi
Kualitas Kertas Jika Anda mencetak cover, gunakan kertas dengan kualitas sedikit lebih baik dari kertas isi biasanya
Review dan Koreksi Sebelum mencetak atau mengajukan, selalu cek kembali desain Anda
Software Desain Anda bisa menggunakan software seperti Microsoft Word untuk desain sederhana
Pendapat Orang Lain Mintalah pendapat teman atau keluarga tentang desain Anda
Baca Juga :  13 Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram Yang Di Privasi

Penutup dari cara membuat cover makalah yang menarik

Cara Membuat Cover Makalah Yang Menarik
Cara Membuat Cover Makalah Yang Menarik

Nah itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuat makalah beserta cara membuat cover makalah yang menarik. Perlu untuk anda ketahui bahwa dalam membuat cover makalah yang menarik itu tidak perlu berlebihan. Ciptakan tampilan cover yang simpel namun tetap terlihat elegan dan menarik.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami bagikan terkait cara membuat cover makalah yang menarik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Back to top button