Aplikasi

5 Aplikasi Supplier Kosmetik Cocok Untuk Mengembangkan Usaha Kosmetik

Aplikasi Supplier Kosmetik merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai produk kosmetik dari banyak merek populer baik lokal maupun internasional.

Aplikasi ini cukup memudahkan individu yang ingin mengembangkan usaha kosmetik. Dimana kosmetik menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencoba menekuni bisnis ini.

Kendati demikian, untuk mempermudah pengembangan bisnis di zaman yang serba digital, kamu juga harus update menggunakan teknologi. Salah satu teknologi yang sangat membantu dalam mengembangkan bisnis kosmetik ialah aplikasi supplier kosmetik.

Penasaran dengan penjelasan selanjutnya? Mari simak ulasan dibawah ini.

Sekilas Tentang Supplier Kosmetik

Supplier kosmetik merupakan perusahaan yang menyediakan/memasok produk kosmetik kepada toko kosmetik maupun individu lainnya. Produk kosmetik yang disediakan berupa makeup, skincare, bodycare, wewangian, perawatan rambut, hingga produk kecantikan lainnya.

Supplier kosmetik berperan penting pada kelangsungan bisnis yang akan dijalankan. Untuk itu, pastikan kamu cermat dalam memilih supplier agar berkolaborasi dengan pihak yang mendukung kemajuan bisnis.

Tips Memilih Supplier Kosmetik Yang Tepat

Memilih supplier yang tepat tidak bisa sembarangan untuk menghidari kerugian tak terduga nantinya, berikut tips yang dapat dilakukan dalam memilih supplier :

Melakukan Riset Toko Kosmetik

Langkah utama yang bisa dilakukan dalam memilih supplier yang tepat ialah dengan melakukan riset pada supplier tersebut. Jika supplier terletak pada wilayah yang bisa di jangkau akan lebih baik kalau langsung mengunjungi toko supplier.

Tetapi jika diluar wilayah, maka kamu bisa melakukan riset secara online dengan melihat review dari beberapa pelanggan melalui E-Commerce.

Bergabung Dengan Komunitas

Selanjutnya tips memilih supplier yang tepat ialah bergabung dengan komunitas usaha yang sejenis. Jika kamu dapat bergabung dengan komunitas usaha yang sejenis, maka akan sangat mudah mendapatkan informasi terkait usaha yang akan dijalankan.

Informasi yang diperoleh juga tidak hanya tentang supplier yang tepat, tetapi juga berbagai wawasan membangun usaha yang dibagikan oleh sekelompok pengusaha tersebut.

Baca Juga :  10 Aplikasi Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit

Mencari Supplier Dari Luar Negeri

Saat ini, produk kosmetik dari luar negeri sangat populer dikalangan anak muda apalagi produk yang berasal dari negara Jepang dan Korea. Yang mana negara tersebut terkenal akan produk kosmetik yang bagus untuk kecantikan.

Oleh sebab itu, jika kamu mencari supplier bertujuan membuka toko kosmetik, kamu dapat mencoba peruntungan dengan mencari supplier produk import. Namun perlu diperhatikan sebelum memilih supplier sebaiknya pelajari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu guna meminimalisir penipuan.

Rekomendsi Aplikasi Supplier Kosmetik Terpercaya

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi supplier kosmetik terpercaya yang bisa kamu ajak ber kolaborasi dalam menjalankan bisnis kosmetik.

SOCO By Sociolla

Aplikasi Supplier Kosmetik
Aplikasi Supplier Kosmetik

SOCO by Sociolla merupakan aplikasi belanja produk kecantikan terpercaya di Indonesia. SOCO by Sociolla di lengkapi dengan berbagai jenis produk kosmetik terbaik, serta fitur jurnal kecantikan yang dapat diakses pengguna secara gratis.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan konten baru setiap harinya yang berisi testimoni dari customer sebelumnya. Melalui testimoni tersebut akan membantu pelanggan dalam mempertimbangkan produk yang akan diorder nantinya.

NamaĀ  Aplikasi SOCO by Sociolla
Fitur Aplikasi Supplier Kosmetik
Rating 4,1
Download 1M+
Link Download Klik Disni

Sephora

Aplikasi Supplier Kosmetik
Aplikasi Supplier Kosmetik

Sephora merupakan brand perusahaan yang berasal dari Prancis pada tahun 1970. Brand ini telah menyediakan aplikasi yang memiliki fitur inspirasi style makeup yang cukup populer didunia yaitu fitur beauty feed. Pada fitur ini pengguna dapat melihat berbagai video tutorial secara lengkap.

Aplikasi Sephora juga menawarkan promosi gift with purchase yang bisa didapatkan pengguna jika membeli produk secara online. Tersedia sekitar 5000 jenis produk dari 80 merek lokal untuk berbagai perawatan kulit, makeup, perawatan wajah, perawatan rambut, hingga wewangian.

NamaĀ  Aplikasi Sephora
Fitur Aplikasi Supplier Kosmetik
Rating 4,4
Download 1M+
Link Download https://play.google.com/store/search?q=Sephora&c=apps

Raena

Aplikasi Supplier Kosmetik
Aplikasi Supplier Kosmetik

 

Aplikasi supplier kosmetik Raena menyediakan berbagai perlengkapan kosmetik. Selain itu, Raena juga berperan sebagai platform reseller ataupun dropship. Raena telah menyediakan lebih dari 250 produk kosmetik baik dari brand lokal ataupun brand internasional.

Pengguna dapat melihat sejumlah produk dan mencocokkan dengan kebutuhan kulit maupun wajah. Dalam pengunduhan, aplikasi Raena terlihat sudah di unduh oleh 100 ribu pengguna akun dengan 3000 ulasan.

NamaĀ  Aplikasi Raena
Fitur Aplikasi Supplier Kosmetik
Rating 4,2
Download 100K+
Link Download https://play.google.com/store/search?q=Raena&c=apps

Watson ID

Aplikasi Supplier Kosmetik
Aplikasi Supplier Kosmetik

Watson ID merupakan aplikasi supplier kosmetik yang telah memiliki 1 juta pengguna dengan 8000 ulasan. Berdasarkan jumlah tersebut bisa diketahui bahwa sudah banyak orang yang mengandalkan aplikasi ini untuk melihat berbagai produk kosmetik.

Tidak hanya perlengkapan makeup saja, Watson ID juga menyediakan beragam jenis body care, skincare, serta banyak aksesoris dari brand terkenal. Uniknya lagi, aplikasi supplier kosmetik yang satu ini juga menghadirkanĀ  fitur Virtual Makeover untuk melihat warna apa yang cocok digunakan saat acara pesta ataupun makeup natural sehari-hari.

Baca Juga :  8 Aplikasi Yang Bisa Menjawab Soal Fisika dengan Difoto 2024
NamaĀ  Aplikasi Whatson ID
Fitur Aplikasi Supplier Kosmetik
Rating 4,4
Download 1M+
Link Download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.watsons.id.android

Female Daily

Aplikasi Supplier Kosmetik
Aplikasi Supplier Kosmetik

Terakhir, Aplikasi supplier kosmetik berikutnya yaitu Female Daily. Aplikasi ini juga dikenal dengan situs pemberian review terhadap pemakaian produk kosmetik. Adapun situs tersebut mencakup femaledaily.com, beautystudio.id, dan girlsbeyond.com.

Untuk penggunaan aplikasi ini dapat dimulai dengan melihat penilaian produk terlebih dahulu pada situs femaledaily.com/.Ā Setelah menemukan produk yang tepat untuk diorder, kamu bisa beralih ke situs beautystudio.id untuk mengorder produk.

NamaĀ  Aplikasi Female Daily
Fitur Aplikasi Supplier Kosmetik
Rating 4,2
Download 500K+
Link Download https://play.google.com/store/search?q=Female%20Daily&c=apps

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Supplier Kosmetik

Pencarian aplikasi supplier kosmetik menjadi jalan pintas untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi supplier kosmetik.

Mempermudah Pencarian Supplier

Melalui aplikasi supplier kosmetik, pengguna akan lebih mudah menemukan supplier yang cocok untuk menyuplai kosmetik yang dibutuhkan.

Selain itu, aplikasi juga dapat mengurangi biaya yang seharusnya dikeluarkan jika melakukan pencarian supplier secara offline.

Mempermudah Pelacakan Stok Produk

Aplikasi supplier kosmetik dapat membantu kamu mengetahui jumlah stok produk. Hal itu cukup baik dalam memanajemen persediaan produk pada toko kamu.

Mempermudah Customer Dalam Pengambilan Keputusan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, beberapa aplikasi supplier kosmetik menyediakan fitur untuk melihat komposisi produk, manfaat produk, harga produk, serta review dari customer yang sudah mencoba produk sebelumnya.

Kemudian ada juga aplikasi supplier kosmetik yang menyediakan fitur membantu customer dalam memilih produk yang cocok dengan kebutuhannya. Hal ini tentu sangat berguna bagi pelanggan yang kebingungan saat memilih produk.

Manajemen Hubungan Dengan Supplier

Aplikasi supplier kosmetik dapat meningkatkan kerja sama dengan supplier. Hal ini dapat dilihat dari transparansi informasi yang tertera pada aplikasi. Kedua pihak dapat melihat informasi yang sama pada aplikasi, dengan begitu akan mengurangi terjadinya kesalahpahaman.

Selain itu, komunikasi yang terjalin juga akan lebih efisien sehingga mendukung kelancaran bisnis yang dikembangkan. Penggunaan aplikasi juga dapat menjadi alat untuk evaluasi terhadap kelancaran usaha.

Kedua belah pihak dapat melihat penilaian customer terhadap kualitas produk, layanan pelanggan, serta ketepatan waktu dalam pengiriman pesanan.

Langkah-Langkah Menggunakan Aplikasi Supplier Kosmetik

Aplikasi supplier kosmetik dapat menjadi cara yang tepat sebagai pendukung bisnis kosmetik yang dijalankan. Langkah-langkah menggunakan aplikasi supplier kosmetik ialah :

  • Riset dan pilih aplikasi supplier kosmetik yang akan digunakan
  • Unduh aplikasi lalu daftarkan akun
  • Beberapa aplikasi mungkin memerlukan verifikasi identitas
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuka usaha yang berkolaborasi menggunakan aplikasi supplier kosmetik
  • Selanjutnya cari supplier menggunakan fitur pencarian yang tersedia pada aplikasi. Kamu dapat mencari berdasarkan jenis produk ataupun merek produk.
  • Tinjau profil supplier untuk mendapatkan rekan kolaborasi bisnis yang tepat.
  • Hubungi supplier menggunakan fitur komunikasi untuk menanyakan seputar harga produk, kebijakan pengembalin, serta pengiriman produk. Jika hasil diskusi baik, maka kamu bisa menggunakan supplierĀ  tersebut untuk sebagai pemasok untuk bisnis kamu.
  • Mulai buat pesanan produk, namun jangan lupa untuk memastikan kembali harga yang dibebankan
  • Lakukan pembayaran lalu tunggu proses pengiriman produk
  • Pantau pengiriman produk, seraya meninjau apakah pengiriman yang berlangsung sesuai percakapan
  • Saat pesanan sudah sampai, periksa barang dengan cermat, apabila terjadi masalah pada produk silahkan kembalikan sesuai kebijakan pengembalian
  • Selanjutnya periksa inventaris bisnis kamu, dan jangan lupa untuk memperbaharui informasi kontak jika terjadi perubahan
  • Secara berkala, lakukan evaluasi terhadap kinerja supplier apakah memenuhi harapan kamu dalam menjalankan bisnis kosmetik.
Baca Juga :  11 Aplikasi Jual Pulsa Dan Token Listrik Termurah Semua Operator

Resiko Menggunakan Aplikasi Supplier Kosmetik

Aplikasi supplier kosmetik memang cukup membantu dalam menjalankan usaha, namun disamping itu ternyata penggunaan aplikasi ini dapat menyebabkan beberapa resiko, diantaranya:

Kualitas Produk

Aplikasi supplier kosmetik menawarkan berbagai produk kosmetik dari berbagai produsen, yang mana setiap produk tidak bisa dipastikan kualitas dan keamanannya terjamin. Untuk menghindari resiko demikian, pastikan kamu menggunakan aplikasi supplier kosmetik yang bisa mengatasi keraguan tersebut.

Pengiriman dan Logistik

Kelalaian pengiriman produk serta kerusakan yang terjadi pada produk kerap terjadi pada pemesanan barang secara online. Untuk menghidari kerugian pada masalah tersebut, pastikan kamu dan supplier telah merundingkan cara penyelesaiannya sebelum menjalin kerja sama agar kerugian tidak ditanggung sepihak.

Ketersediaan Produk

Stok barang yang disediakan pada aplikasi supplier kosmetik biasanya tidak selalu berlimpah, hal ini dapat menggantung perkembangan bisnis yang dijalankan. Namun untuk mengurangi resiko tersebut, usahakan saat melakukan riset, kamu memahami kondisi stok barang pada supplier.

Perubahan Kebijakan

Aplikasi supplier kosmetik memiliki kebijakan seperti aplikasi pada umumnya yang dapat berubah sewaktu waktu. Kebijakan yang dimaksud seperti syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi, kebijakan pengembalian pesanan, hingga kebijakan terkait biaya penggunaan aplikasi.

Resiko ini bisa dihindari dengan memantau perkembangan kebijakan aplikasi, serta memahami dampak yang terjadi pada bisnis kamu.

Keamanan Data

Jika kamu memilih menjalankan bisnis kosmetik melalui aplikasi, maka otomatis kamu akan membagikan informasi keuangan, data pelanggan, dan berbagai data lainnya. Untuk itu, pilihlah aplikasi dengan keamanan yang ketat demi menjaga data bisnis yang tertera di aplikasi.

Reputasi Supplier

Untuk mengurangi resiko terkait kesalahan supplier, pastikan saat pemilihan atau riset kamu mengamati reputasi mereka. Kamu dapat meninjau pelayanan dan kualitas produk mereka dari penilaian pelanggan sebelumnya untuk mendeskripsikan kelayakan supplier tersebut.

Aplikasi Supplier Kosmetik
Aplikasi Supplier Kosmetik

Itulah aplikasi supplier kosmetik yang kami rekomendasi kan untuk kamu coba. Semoga dari rekomendasi diatas kamu dapat memilih supplier yang akan diajak ber kolaborasi untuk mengembangkan bisnis kosmetik nantinya.

Terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat.

Back to top button