Aplikasi

Aplikasi Perpanjang SIM Online, Perpanjang SIM Online Via Aplikasi

Aplikasi Perpanjang SIM Online – Kepatuhan berlalu-lintas merupakan salah satu hal yang wajib untuk dipatuhi saat kita sedang berkendara di jalan raya, Mengenakan helm dan jangan lupa untuk memakai sepatu agar tetap pada posisi sefaty riding dan satu lagi pastinya harus memiliki SIM agar dapat terhindari dari razia polisi.

Tahukah kamu di era gempuran banyaknya platform saat ini kamu dapat memperpanjang SIM dengan cara yang sangat mudah tanpa harus keluar rumah, Yaitu dengan menggunakan beberapa rekomendasi Aplikasi Perpanjang SIM Online yang akan di bahas dalam artikel kali ini.

Pastinya hal tersebut akan membantu kamu untuk memperpanjang masa SIM yang kamu miliki, Agar kamu dapat melanjutkan perjalanan kamu dengan kendaraan pribadi kamu, SIMak dan pilih tawaran aplikasinya hanya ada di bawah ini.

Sekilas Tentang SIM (Surat Izin Mengemudi)

Sekilas Tentang SIM (Surat Izin Mengemudi)
Sekilas Tentang SIM (Surat Izin Mengemudi)

Perlu sekali mengetahui terlebih dahulu mengenai tentang SIM, Gunanya agar kamu dapat mengerti sedikit lebih rinci tentang pemahaman dari SIM itu sendiri.

  • SIM merupakan kartu identitas yang diberikan polri secara langsung yang dimana SIM tersebut telah memenuhi persyaratan administrasi serta lulus sehat, jasmani dan rohani.
  • Surat Izin Mengemudi tersebut akan diberikan jika kamu sudah lulus tes uji SIM dan sudah mahir dalam mengemudikan kendaraan dan tahu peraturan lalu lintas dijalanan.

Daftar Jenis – Jenis Surat Izin Mengemudi (SIM)

Setelah kamu mengerti dari penjelasan tentang SIM diatas, Kamu juga harus mengetahui jenis-jenis SIM yang berlaku di jalanan indonesia saat ini, Pasalnya di indonesia sendiri memiliki dua kategori SIM yang berlaku mulai dari SIM Perseorang dan SIM kendaraan bermotor umum, Untuk mengatahui lebih dalam lagi SIMak penjelasan di bawah ini.

Golongan Surat Izin Mengemudi Perseorangan Dan Umum

Untuk golongan SIM pertama yaitu surat izin mengemudi dengan kategori perseorangan yang dimana hal terebut meliputi kendaraan roda dua yang paling banyak digunakan diantara jenis kendaraan lainnya, Lebih rinci lagi SIMak pembahasannya di bawah ini.

  • SIM A Untuk kendaraan mengemudikan mobil penumpang jumlah kapasitas maksimum yang diberikan tidak boleh lebih dari 3.500 Kg saat dalam perjalanan.
  • SIM B1 merupakan kebalikan dari SIM A Dimana kamu boleh mengemudi dengan membawa muatan lebih dari 3.500 Kg.
  • SIM B2 SIM ini dikhususkan untuk kendaraan alat berat mulai dari alat penderek serta alat penarik kendaraan kecelakaan seperti truk besar pada umumnya.
  • SIM C SIM ini adalah kategori SIM yang paling banyak digunakan untuk kendaraan roda dua yang dimana kecepatan makSIMal nya tidak lebih dari 40 Km/Jam.
  • SIM C1 SIM ini dikhususkan untuk kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin 250-500 CC.
  • SIM C2 SIM ini juga SIM khusus yang diberikan untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin 500 CC ke atas atau lebih.
  • SIM D SIM ini ditujukan untuk orang berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas.
Baca Juga :  9 Aplikasi Beli Pulsa Bayar Nanti Mudah dan Langsung Cair

Rincian singkat di atas dapat kamu pahami agar referensi pilihan Aplikasi Perpanjang SIM Online dapat kamu gunakan dengan mudah dan aman, Kamu juga dapat mencoba Aplikasi Penghasil Uang 50 Ribu Perhari.

Rekomendasi Aplikasi Memperpanjang SIM Online

Memperpanjang SIM tanpa harus keluar rumah dapat kamu cobain dengan beberapa rekomendasi Aplikasi Perpanjang SIM Online yang akan ditawarkan pada artikel kali ini dan pastinya dapat kamu gunakan secara gratis tanpa harus merogoh kantong sedikit pun.

  • Digital Korlantas Polri

Digital Korlantas Polri
Digital Korlantas Polri

Aplikasi Digital Korlantas Polri merupakan aplikasi yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat indonesia, Aplikasi ini menawarkan beberapa fungsi dan manfaat yang dapat kamu gunakan baik itu dalam pengurusan SIM, pembuatan SIM sampai dengan cek masa pajak kendaraan yang kamu miliki

Cara Memperpanjang SIM Pakai Digital Korlantas Polri

Untuk caranya juga sangat mudah dan gampang untuk di ikuti, Pasalnya polri juga ingin memberikan pelayanan yang makSIMal untuk kebutuhan masyarakat indonesia, Sebelum lanjut ke caranya yuk cobain juga Cara Mendapatkan Teman Korea Di Instagram.

  1. Instal aplikasi melalui Google Playstore
  2. Silahkan login menggunakan akun Google
  3. Lalu klik administrasi yang ingin kamu urus
  4. Klik SIM dan  lengkapi data yang diberikan
  5. Ajukan masa perpanjangan dengan lengkapi dokumen
  6. Silahkan upload SIM yang diminta
  7. Lalu klik perpanjang SIM
  8. Dan tunggu sampai proses selesai

Link Download Aplikasi Digital Korlantas Polri

Nama Aplikasi Digital Korlantas Polri
Score Rate 3.8
Ukuran Download 15 Mb
Link Playstore id.qoin.korlantas.user
  • Polri Super App

Polri Super App
Polri Super App

Pilihan kedua dari rekomendasi Aplikasi Perpanjang SIM Online adalah Polri Super App, Aplikasi Polri Super ini memberikan kenyamanan bagi masyarakat dengan memanfaatkan fitur yang diberikan seperti pengaduan keluh kesah masyarakat, pembayaran stnk kendaraan sampai dengan memperpanjang masa aktif SIM sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan.

Cara Memperpanjang SIM Lewat Polri Super App

Untuk caranya dapat kamu ikuti dengan petunjuk yang akan diberikan di bawah ini, Pastikan kamu memiliki SIM terlebih dahulu yah, Eitss kamu juga bisa cobain rekomendasi Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu.

  1. Pertama buka aplikasi dan login menggunakan akun Gmail
  2. Masukkan email yang kamu miliki
  3. Lalu masuk ke beranda dan klik SIM
  4. Setelah itu klik perpanjangan SIM
  5. Lengkapi dokumen yang diminta
  6. Upload foto SIM dan nomor SIM
  7. Tunggu beberapa saat sampai selesai
Baca Juga :  7 Cara Gestun Shopee Paylater Langsung Cair Hitungan Menit

Link Download Aplikasi Polri Super App

Nama Aplikasi Polri Super App
Score Rate 4.0
Ukuran Download 42 Mb
Link Playstore superapps.polri.presisi.presisi
  • Sinar SIM

Sinar SIM
Sinar SIM

Sinar SIM merupakan salah satu pilihan ketiga dari Aplikasi Perpanjang SIM Online yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat, Jadi kamu tidak perlu repot lagi pergi ke kantor pelayanan untuk mengurus administrasi perpanjang SIM yang kamu miliki, Cukup gunakan Sinar SIM dan lengkapi dokumen yang diminta lalu lakukan pembayaran yang telah disesuaikan, Sangat mudah bukan ?

Cara Memperpanjang SIM Dari Aplikasi Sinar SIM

Aplikasi SIM Nasional Presisi memberikan cara yang cukup mudah untuk dilakukan hanya dari rumah aja, Kamu dapat membuat perpanjang izin mengemudi secara online dengan cara di bawah ini.

  1. Instal aplikasi Sinar SIM
  2. Masuk ke dalam menu SIM
  3. Kemudian klik fitur Cek SIM
  4. Lalu  silahkan lakukan perpanjangan SIM
  5. Ikuti dan lengkapi dokumen yang diminta
  6. Masukkan Nik dan No SIM kamu
  7. Tunggu beberapa saat ketika proses scan
  8. Lalu kamu akan ditampilkan dengan jumlah tagihannya

Link Download Aplikasi Sinar SIM

Nama Aplikasi Sinar SIM
Score Rate New Here
Ukuran Download 14 Mb
Link Playstore
  • SIMpel Pol

SIMpel Pol
SIMpel Pol

Khusus untuk masyarakat jawa tengah dan jawa barat kini kamu dapat memperpanjang SIM secara online dengan cepat dengan menggunakan rekomendasi Aplikasi Perpanjang SIM Online yang bernama SIMpel Pol, Aplikasi SIMpel Pol memberikan pelayanan dan kemudahan untuk pengurusan administrasi SIM, pembuatan SIM sampai dengan pelayanan tes kesahatan secara gratis.

Cara Memperpanjang Masa Aktif SIM Lewat SIMpe Pol

SIMpel pol juga merekomendasikan pembayaran dengan berbagai cara termasuk dengan metode  Scan QR jadi sudah sangat mudah bukan ? Untuk caranya ada di bawah ini.

  1. Instal Aplikasi SIMpel Pol lewat Playstore
  2. Kemudian login menggunakan Akun Google
  3. Klik administrasi yang ingin kamu urus
  4. Kemudian klik SIM
  5. Lalu pilih Perpanjangan SIM
  6. Ikuti dan lengkapi dokumen yang diminta
  7. Mulai dari NIK No SIM serta alamat lengkap
  8. Lalu ajukan perpanjangan SIM dan lakukan pembayaran
  9. Tunggu sampai selesai dan SIM kamu akan dikirim dengan yang baru

Cara di atas sangat SIMple untuk digunakan, Apalagi kalau kamu cobain beberapa Cara Membuat Reels di Instagram dengan Lirik agar terkesan aesthetic.

Link Download Aplikasi SIMpe Pol

Nama Aplikasi SIMpel Pol
Score Rate 4.8
Ukuran Download 12 Mb
Link Playstore com.ngi.sim
  • Cara Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM Online
Cara Perpanjang SIM Online

Untuk rekomendasi terakhir dari pilihan Aplikasi Perpanjang SIM Online kamu dapat menggunakan aplikasi buatan dari Mutualist, Yaitu Perpanjang SIM Online aplikasi ini akan mempermudah kamu dalam mengetahui tata cara dalam melakukan perpanjangan surat izin mengemudi yang kamu miliki, mulai dari syarat serta ketentuan yang berlaku dan aplikasi ini juga sesuai dengan prosedur korlantas yang polri yang diberikan.

Baca Juga :  10 Aplikasi Top Up FF Termurah Pakai Pulsa Telkomsel 2024

Link Download Aplikasi Perpanjang SIM Online

Nama Aplikasi Perpanjang SIM Online
Score Rate 4.6
Ukuran Download 14 Mb
Link Playstore Klik Disini

Tawaran aplikasi di atas dapat kamu cobain satu per-satu untuk mengetahui secara rinci perpanjangan SIM secara online tanpa harus pergi ke kantor pelayanan SIM, Selain itu ada juga pilihan Aplikasi Pelacak Nomor HP dan Lokasinya untuk mengetahui data pemiliknya.

Syarat-Syarat Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM)

Jika kamu sudah mendapatkan pilihan dari tawaran Aplikasi Perpanjang SIM Online kini kamu harus tahu juga syarat – syarat dalam mendaftar atau memperpanjang SIM, Agar kamu tidak ketinggalan info saat ingin mendapatkan surat izin berkandara yang sangat dibutuhkan saat berkendara.

Syarat-syarat dibawah ini sangat mudah untuk kamu ikuti dalam proses pembuatan atau perpanjangan SIM, Sebelum itu yuk cobain juga Aplikasi Penghasil Saldo DANA Tercepat.

Syarat Administratis Dan Batas Usia Pembuatan SIM

Untuk syarat administrasinya kamu bisa lihat dan melengkapi nya di bawah ini :

  • Untuk SIM A SIM C Dan D Minimal Usia 17 Tahun
  • Untuk SIM B1 dan B2 Minimal Usia 21 Tahun
  • Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Melengkapi Formulir permohonan
  • Sehat jasmani rohani dan Berpenampilan rapi
  • Lulus ujian teori dan ujian praktik serta SIMulator
  • Memiliki surat keterangan kesehatan
  • Membayar biaya penerbitan SIM jika tersedia

Cara Mendaftar Dan Mendapatkan SIM Baru

Jika kamu sudah memenuhi dan melengkapi persyaratan di atas yuk langsung buat dan daftar surat izin mengemudi kamu ke kantor pelayanan SIM terdekat di daerah kamu, Lalu bagaimana sih tata cara daftar dan mendapatkan SIM baru, Yuk cobain langkah-lagkahnya di bawah ini.

  1. Pertama siapkan fotocopy E-Ktp yang kamu punya
  2. Lalu silahkan buat ke klinik Surat Keterangan Kesehatan sehat jamani dan rohani
  3. Kemudian isi form permohonan pembuatan SIM
  4. Serahkan form yang kamu isi kedalam Loket SIM
  5. Silahkan antre dan tunggu giliran antrean kamu
  6. Setelah nama kamu dipanggil masuk kedalam lapangan ujian
  7. Lakukan dengan baik Ujian Praktik Serta Teori yang diberikan
  8. Upayakan kamu mampu menghadapi ujian praktik yang diberikan

Jika kamu berhasil menaklukkan ujian teori serta praktik yang diberikan, Maka kamu akan memperoleh SIM baru sesuai dengan jenis SIM yang kamu daftar, Ujian praktik tersebut cukup sulit untuk dilakukan tetapi jangan menyerah jika kamu gagal kamu dapat mengulangnya kembali di hari itu juga sesuai dengan aturan baru yang diberikan kapolri secara langsung.

Tips Memilih Aplikasi Perpanjang SIM Online

Tips  Penjelasan
Keabsahan Aplikasi Pastikan aplikasi berasal dari penerbit SIM resmi atau pemerintah yang berwenang. Cek tanda-tanda keaslian.
Antarmuka Pengguna Pilih aplikasi dengan antarmuka yang user-friendly dan mudah navigasi, sehingga proses perpanjangan menjadi lancar.
Fitur Keamanan Pilih aplikasi yang memiliki lapisan keamanan kuat, seperti enkripsi data dan opsi verifikasi dua faktor.
Kompatibilitas Pastikan aplikasi kompatibel dengan sistem operasi perangkat Anda (Android, iOS) dan memiliki pembaruan terbaru.
Dukungan Pelanggan Pilih aplikasi yang menyediakan layanan pelanggan responsif atau panduan online untuk membantu jika ada masalah.

Penutup

Aplikasi Perpanjang SIM Online
Aplikasi Perpanjang SIM Online

Itu dia beberapa rekomendasi Aplikasi Perpanjang SIM Online dan tata cara serta syarat dalam pembuatan SIM dan perpanjangan SIM yang dapat kamu terapkan langsung untuk mendapatkan surat izin mengemudi, Fungsinya agar kamu memiliki status legal dalam membawa kendaraan di jalanan.

Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel Aplikasi Perpanjang SIM Online diatas sekiranya dapat dimaafkan dengan sepenuh hati dan berlapang dada, Yuk share artikel ini keteman dan sanak saudara kamu agar mereka mau membuat Surat Izin Mengemudi mereka.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button