Tips

8 Penyebab Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan merupakan suatu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh banyak orang, mengingat Kuota XL merupakan salah satu kuota paket internet yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia.

Di era digital seperti sekarang ini, kuota internet merupakan salah satu kebutuhan utama bagi pengguna  ponsel untuk dapat mengakses berbagai hal yang termasuk untuk melakukan komunikasi dua arah dengan orang lain. Anda tentu dapat melihat bahwa saat ini komunikasi dengan menggunakan telepon seluler/ telepon biasa pakai pulsa atau paket nelpon sudah mulai hilang. Semua orang sudah beralih menggunakan aplikasi yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi secara online dengan mengandalkan kuota internet.

Selain itu kuota internet juga diperlukan untuk melakukan penelusuran google/ browsing, bermain berbagai aplikasi media sosial, aplikasi game, dll. Karena itulah sebuah benda pipih bernama ponsel tidak lepas dari yang namanya kuota internet. Namun bagaimanakah jika kuota internet khususnya kuota XL tidak bisa digunakan? Apa sih sebenarnya yang menjadi penyebabnya? penasaran? Jika iya, maka ikuti artikel ini sampai tuntas ya sobat!

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan
Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab dari kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Kamu dapat melihat beberapa penyebab di bawah ini yang masing-masing penjelasannya juga sudah kami tampilkan untuk meninjau dimana kira-kira kesalahan yang menyebabkan kuota XL anda tidak bisa digunakan.

Penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan:

  • Terdapat gangguan jaringan

Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan/ cdn.antaranews.com

Masalah yang paling umum menjadi penyebab dari kenapa kuota XL tidak bisa digunakan adalah adanya gangguan pada jaringan operator XL atau bisa juga karena anda sedang berada di lokasi yang lemah sinyal/ tidak ada layanan sama sekali. Oleh karena itu ketika anda ingin berselancar di dunia internet pastikan dulu sinyal atau jaringan pada ponsel anda bagus karena kuota internet akan bisa digunakan dengan optimal apabila sinyal pada ponsel anda mendukung.

  • Kuota belum di aktivasi

Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan? bisa jadi disebabkan oleh kuota yang belum di aktivasi. Ketika anda baru saja melakukan pembelian paket internet, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan kartu paket anda sudah diaktivasi yang dapat dilihat dari notifikasi yang dikirimkan oleh operator XL.

Baca Juga :  Live Streaming Game di Tiktok Bisa Dapat Gift. Berapa Sih Nilai Rupiahnya?

Biasanya pengaktifan kuota dapat anda minta langsung pada penjual kuota/ pemilik konter tempat anda melakukan pembelian kuota. Namun apabila anda ingin melakukan aktivasi sendiri, dibawah ini kami juga akan menampilkan cara mengaktivasi kuota XL.

⇒ Cara mengaktivasi kuota XL

  1. Masukkan kartu SIM ke ponsel anda dengan benar
  2. Nantinya anda akan menerima pesan singkat dari XL untuk melakukan aktivasi
  3. Buatlah pesan baru dengan mengetik format ACT (spasi) KODE AKTIVASI ke nomor tujuan yaitu 4444
  4. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi/ balasan dari pihak XL yang menyatakan bahwa kartu anda sudah aktif.
  5. Selesai! anda sudah bisa menggunakan kuota internet anda
  • Kesalahan pada pengaturan jaringan data seluler

Rata-rata smartphone sudah dilengkapi dual SIM bahkan ada beberapa yang lebih. Untuk memastikan kuota internet XL anda bisa digunakan anda harus memperhatikan pengaturan pada jaringan dan data seluler pada menu setelan. Pastikan pengaktifan data seluler terhubung ke kartu XL anda. Selain itu, jangan lupa untuk memilih opsi “pilih jaringan secara otomatis” agar jaringan anda bisa secara otomatis berganti sesuai dengan jaringan (4G/3G) yang sedang tersedia pada lokasi dimana anda berada.

  • Kuota hanya berlaku untuk layanan tertentu

Kuota XL memiliki pembagian kuota. Seperti kuota utama yang bisa digunakan untuk mengakses semua aktivitas gadget yang berhubungan dengan internet, kuota chat yang bisa digunakan khusus untuk aplikasi chat seperti (WA, Line, Telegram, dll), kuota sosmed yang bisa anda gunakan khusus untuk membuka berbagai aplikasi sosmed seperti FB, Instagram, TikTok, dll.

Baca Juga :  7 Ciri-Ciri Baterai HP Bocor yang Wajib Diketahui Sebelum Kondisi Baterai Makin Parah!

Nah, jika kuota utama sudah habis, otomatis yang bisa anda gunakan tinggal kuota chat dan sosmed. Aktivitas untuk penelusuran/ browsing tidak akan bisa anda lakukan sekalipun sisa kuota XL pada kuota chat/ sosmed anda masih banyak. Selain itu ada juga pembagian kuota berdasarkan region. Misalnya jika kuota XL anda merupakan kuota lokal maka anda tidak akan bisa menggunakannya selain di daerah tempat anda membeli kuota tersebut. Oleh karena itu, ketika membeli paket internet XL penting bagi anda untuk mengetahui detail paket yang akan anda beli.

  • Masalah teknis pada perangkat

Masalah teknis pada perangkat juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Masalah teknis pada perangkat biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti sistem operasi ponsel yang sudah kadaluarsa sehingga sering terjadi bug system, karena adanya gangguan pada perangkat lunak ponsel anda, penuhnya ruang penyimpanan ponsel juga dapat mempengaruhi system kinerja HP menjadi terganggu

Untuk itu, pastikan kamu selalu melakukan update pada system operasi ponsel anda supaya kinerja ponsel anda mengalami gangguan. Namun jika dengan mengupdate system tidak berhasil memulihkan masalah kuota XL anda yang tidak bisa digunakan, maka cobalah untuk melakukan beberapa hal dibawah ini secara berurutan sampai kuota XL nya bisa digunakan.

  1. Restart HP anda
  2. Jika tetap tidak bisa, cobalah untuk melakukan reboot HP (kembali ke pengaturan awal/ pabrik). Namun, sebelum melakukan rebooting, pastikan data anda sudah anda cadangkan terlebih dahulu, karena mereboot HP akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang anda install hilang.
  3. Namun jika kedua cara diatas tak kunjung juga memulihkan masalah pada ponsel anda, maka langkah terakhir adalah membawa ponsel ke servis HP/ orang yang lebih berpengalaman.
  • Kuota internet sudah habis

Banyak orang yang mengeluh akan kuota internetnya yang tidak bisa digunakan padahal ia sendiri yang tidak melakukan pengecekan sisa kuota. Karena itu pastikan kuota internet anda masih tersedia dengan melakukan cek sisa kuota XL.

Baca Juga :  11 Aplikasi dan Situs Nomor HP Virtual Indonesia Untuk Verifikasi

Sudahkan anda mengetahui cara cek sisa kuota XL. Jika belum, silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini!

Cara cek sisa kuota XL

Terdapat 3 cara paling mudah untuk melakukan cek pada sisa kuota XL, diantaranya adalah sebagai berikut:

> Melalui Aplikasi MyXL
Sumber: i.ibb.co
  1. Pastikan aplikasi myXL sudah terpasang di HP anda
  2. Kemudian login menggunakan nomor XL anda
  3. Selanjutnya, klik pada “Lihat kuota
  4. Maka informasi lengkap terkait sisa semua jenis kuota yang anda miliki akan ditampilkan
> Melalui kode USSD (*123#)
  1. Buka menu panggilan di HP anda
  2. Lalu tekan *123# diikuti dengan menekan “Call
  3. Nantinya akan muncul berbagai pilihan. Silahkan pilih pada opsi “INFO
  4. Kemudian pilih pada menu “Info kartu XL-ku
  5. Pada tampilan yang muncul, pilihlah pada opsi “Cek kuota
  6. Selanjutnya, pilih pada paket internet XL
  7. Tunggu beberapa saat, kamu akan menerima pesan/ notifikasi dari pihak XL terkait informasi mengenai sisa kuota XL kamu

Jika kamu merasa cara tersebut terlalu ribet, tekan saja langsung *123*7*1#

> Melalui SMS
  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi pesan di HP anda
  2. Buat format SMS dengan cara mengetik INFO spasi KUOTA kirim ke nomor 5757
  3. klik kirim
  4. Tunggu beberapa saat sampai anda menerima notifikasi atau pesan singkat dari pihak XL yang menginformasikan sisa kuota XL anda dengan lengkap.
  • Nomor XL sudah tidak aktif/ diblokir

Sumber: i.ytimg.com

Penyebab berikutnya dari kenapa kuota XL tidak bisa digunakan adalah kondisi nomor XL anda yang sudah tidak aktif lagi. Situasi ini biasanya disebabkan oleh kesalahan anda yang tidak segera mengisi pulsa ketika sudah menerima notifikasi bahwa kartu anda telah memasuki masa tenggang. Karena itu, lakukanlah pengisian pulsa untuk memperpanjang masa aktif kartu anda.

  • Masa aktif kuota telah habis

Setiap kuota internet tak terkecuali juga pada kuota XL memiliki masa aktif tertentu (ada yang harian, mingguan, dan bulanan). Jika masa aktif sudah habis, maka secara otomatis sisa kuota yang masih belum terpakai akan hangus atau tidak bisa digunakan lagi. Pastikan anda mengetahui masa aktif kuota anda agar kuota anda tidak terbuang sia-sia.

Simpulan dari kenapa kuota XL tidak bisa digunakan

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah terkait “kenapa kuota XL tidak bisa digunakan” Pastikan kamu memperhatikan beberapa poin yang telah kami sebutkan pada beberapa penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan, agar kamu mengetahui tindakan apa yang harus kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Back to top button