Tutorial

9 Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online Paling Mudah

Ada beberapa cara menghapus data kontak dari pinjaman online yang sangat penting untuk Anda lakukan. Terlebih informasi yang datang dari pinjol tersebut tentu sangat mengganggu. Terutama apabila mendapatkan tawaran pinjaman online lebih dari satu atau dua kali dalam sehari.

 Bagaimana Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online?

Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online
Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Sangat penting bagi Anda untuk segera menghapus data kontak dari pinjol. Terlebih umumnya mereka tidak segan untuk melakukan spam baik lewat SMS maupun WhatsApp. Oleh karena itu, pastikan langsung saja menerapkan cara selengkapnya di bawah ini:

  • Melunasi Hutang Pinjaman Online

    Melunasi Hutang Pinjaman Online
    Melunasi Hutang Pinjaman Online

Cara menghapus data kontak dari pinjaman online pertama adalah dengan melunasi seluruh hutang nya. Tidak hanya itu, pengguna layanan ini juga perlu melunasi beserta bunga yang sudah ditentukan. Hal ini juga termasuk sebagai pemenuhan kewajiban seseorang sebagai debitur.

Layanan pinjaman online yang legal pastinya tidak akan lagi mengganggu privasi Anda setelah melunasi hutang tersebut. Selain itu, pastikan untuk memberikan konfirmasi lebih lanjut kepada pinjaman online tersebut bahwa pembayaran yang sudah dilakukan sudah masuk.

  •  Mengganti Nomor Handphone

     Mengganti Nomor Handphone
    Mengganti Nomor Handphone

Cara menghapus data kontak dari pinjaman online lainnya adalah dengan mengganti nomor handphone. Terlebih apabila Anda sudah melunasi seluruh hutang dari pinjol tersebut kemudian mengajukan untuk penghapusan data. Jika masih terus dihubungi maka ganti nomor saja.

Hal ini menjadi solusi paling efektif supaya Anda tidak mendapatkan gangguan dari pinjaman online. Kemudian jangan lupa untuk meminta teman-teman maupun keluarga untuk menyimpan ulang nomor yang baru. Tentu akan lebih mudah untuk terbebas dari gangguan pinjol.

  • Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjaman Online

Anda juga perlu menghapus data pribadi pada aplikasi pinjaman online. Langkah-langkah ini bahkan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Apabila masih belum mengetahui caranya, maka langsung terapkan cara menghapus data kontak dari pinjaman online di bawah ini:

  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Setelah itu, tekan opsi Pengaturan Aplikasi
  3. Lalu pilih aplikasi pinjaman online yang Anda pakai
  4. Selanjutnya tekan menu Hapus Data dan Cache
  5. Selesai
  • Hapus Izin Akses Data Aplikasi Pinjaman Online

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghapus izin akses pada aplikasi pinjaman online. Hanya saja, beberapa orang mungkin masih belum memahami langkahnya. Langsung saja simak cara menghapus data kontak dari pinjaman online berikut:

Baca Juga :  Cara Mencairkan Gopay Paylater Via Akulaku : 5 Menit Langsung Cair!
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel
  2. Lalu masuk ke menu Aplikasi atau App
  3. Pilih opsi Kelola Aplikasi
  4. Temukan aplikasi pinjol nya
  5. Geser ke bawah
  6. Masuk ke menu Perizinan Aplikasi
  7. Pilih satu per satu akses perizinan
  8. Matikan semua izin aplikasinya
  9. Selesai
  • Hapus Aplikasi Pinjaman Online

    Hapus Aplikasi Pinjaman Online
    Hapus Aplikasi Pinjaman Online

Anda juga dapat menerapkan cara menghapus data kontak dari pinjaman online dengan menghapus aplikasi pinjol itu sendiri di smartphone masing-masing. Dengan begitu, akan lebih efektif untuk menghapus data kontak dari pihak pinjol tersebut. Di bawah ini beberapa langkahnya:

  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi
  3. Temukan aplikasi pinjaman online nya
  4. Tekan Uninstall
  5. Aplikasi akan terhapus dari ponsel
  6. Selesai
  • Melakukan Reset Pengaturan di Ponsel

Selain cara menghapus data kontak dari pinjaman online di atas, Anda juga bisa melakukan factory reset pada ponsel. Tentunya akan menjadikan pengaturan di hp tersebut seperti baru dari pabriknya. Akan tetapi, hal ini dapat menyebabkan seluruh data dan file pada ponsel terhapus.

Oleh karena itu, usahakan sebelum melakukan factory reset lakukan proses back up data terlebih dahulu. Terlebih jika ponsel Anda memiliki banyak data-data penting sehingga perlu diamankan terlebih dahulu. Dengan begitu, tidak akan khawatir kehilangan saat ingin melakukan reset ponsel.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

  • Nonaktifkan Hubungan Aplikasi Pinjol ke Sosial Media

Anda juga harus menonaktifkan hubungan aplikasi pinjaman online ke sosial media. Hal ini sangat penting agar sosial media pribadi yang digunakan tersebut tidak ikut mendapatkan teror seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Terlebih jika hutang yang ada sebelumnya masih belum lunas.

Dengan menonaktifkan hubungan aplikasi pinjaman online ke sosial media tentu pihak pinjol tersebut tidak dapat mengakses sosial media Anda. Pastinya akan tetap aman dalam menggunakan sosial media tersebut saat sewaktu-waktu memerlukannya tanpa gangguan apapun.

  • Menghubungi CS Pinjaman Online

Cara menghapus data kontak dari pinjaman online adalah mencoba menghubungi CS dari pinjaman online tersebut. Terlebih apabila Anda sudah melakukan pelunasan seluruh hutang beserta bunganya akan tetapi masih mendapatkan spam baik melalui SMS maupun WhatsApp.

Baca Juga :  10 Cara Agar Postingan Instagram Dilihat Banyak Orang

Oleh karena itu, langsung saja hubungi call center atau customer service dari pinjaman online tersebut. Kemudian usahakan untuk menyiapkan bukti pelunasan atas hutang yang dilakukan sebelumnya. Setelah itu, pastikan melakukan pengajuan penghapusan data kontak.

  • Menghubungi OJK

    Menghubungi OJK
    Menghubungi OJK

Apabila berbagai cara di atas sudah Anda coba tetapi tidak memberikan hasil yang jelas, maka jangan ragu untuk menghubungi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini merupakan cara menghapus data kontak dari pinjaman online yang terakhir.

Anda dapat membuat laporan dengan menyertakan kronologi sekaligus bukti pelunasan yang sudah dilakukan kepada pihak pinjaman online tersebut. Kemudian tunggu sampai pihak dari Otoritas Jasa Keuangan melakukan tindak lanjut mengenai laporan ini.

Mengapa Harus Menghapus Data Kontak dari Pinjol?

Setelah memahami tentang berbagai cara menghapus data kontak dari pinjaman online di atas, sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui mengapa hal ini harus dilakukan. Agar lebih jelas, langsung saja simak beberapa alasan selengkapnya di bawah ini:

  • Data Identitas yang Bersifat Sensitif

Saat Anda memutuskan untuk pinjam uang ke pinjol, maka tentu saja pihak tersebut akan memerlukan berbagai informasi penting. Mulai dari nama, nomor telepon aktif, dan lain sebagainya. Tentu perlu menghapusnya jika sudah melunasi seluruh hutang tersebut.

Terlebih, data identitas diri yang sudah diketahui oleh pihak pinjaman online ini bersifat sensitif. Tidak heran jika keberadaannya sangat rentan untuk disalahgunakan. Terlebih apabila ternyata Anda menggunakan pinjol yang ilegal sehingga dapat memberikan dampak kerugian tersendiri.

  • Meminimalisir Adanya Teror Telepon atau SMS

Sangat penting bagi Anda untuk segera menerapkan cara menghapus data kontak dari pinjaman online seperti di atas untuk meminimalisir adanya teror dari pihak pinjol. Baik itu melalui telepon maupun SMS yang bahkan dapat datang kapan saja tanpa mengenal waktu.

Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu pengguna. Terlebih, tidak jarang pihak pinjol akan berusaha memberikan tawaran-tawaran hutang lainnya agar Anda kembali mengajukan pinjaman baru. Belum lagi jika mereka menghubungi kontak orang lain di ponsel pengguna nantinya.

  • Agar Skor BI Checking Lebih Aman

Tidak banyak yang mengetahui bahwa data kontak pribadi seseorang yang telah bocor bisa saja disalahgunakan oleh orang lain untuk melakukan kredit. Tentu saja yang dikejar adalah pemilik identitas aslinya saat kredit tersebut tidak segera dilunasi. Pastinya hal ini sangat merugikan.

Oleh karena itu, usahakan untuk menerapkan cara menghapus data kontak dari pinjaman online di atas. Tentu akan lebih mudah bagi Anda terbebas dari skor BI checking agar semakin aman. Pastinya menggunakan ponsel juga tidak akan mendapatkan spam dari pihak pinjol.

Baca Juga :  5 Cara Memperbarui Whatsapp Yang Kadaluarsa Tanpa Menghilangkan Chat

Berbagai Jenis Data Pribadi yang Diperlukan oleh Pinjaman Online

Saat Anda melakukan pengajuan pinjaman online, maka tentu saja ada beberapa syarat berupa data pribadi yang perlu dilengkapi. Adapun tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi profil dari calon debiturnya. Di bawah ini beberapa jenis data pribadi yang dibutuhkan tersebut:

  • Data Pribadi secara Umum

Seperti saat meminjam uang melalui layanan pinjaman konvensional lainnya, maka saat meminjam uang di pinjol juga memerlukan beberapa syarat data pribadi. Tentu Anda perlu menyiapkan nya dengan sesuai. Di bawah ini beberapa data pribadinya secara umum:

  1. KTP
  2. Rekening bank
  3. Slip gaji
  4. NPWP
  • Data Pribadi Lainnya

Tidak hanya meminta data pribadi secara umum seperti di atas, pihak pinjol juga kerap menambahkan persyaratan lainnya yang perlu debitur penuhi. Lantas, apa saja data pribadi yang sering diminta tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Nomor handphone
  2. File di dalam smartphone
  3. Data kontak pada ponsel
  4. Lokasi sesuai GPS
  5. Sosial media
  6. Dan masih banyak lagi lainnya

Cara Agar Terhindar dari Teror Pinjaman Online

Apabila Anda tidak pernah mengajukan pinjaman online, maka pastikan untuk menerapkan cara agar terhindar dari teror pinjaman tersebut. Jika pernah mengajukannya sebelumnya, maka segera ajukan hapus data kontak agar lebih aman. Di bawah ini cara terhindar dari teror nya:

  • Jangan Panik

Cara menghapus data kontak dari pinjaman online pertama  agar anda dapat terhindar dari teror pinjol ini adalah tetap tenang dan jangan mudah panik.  Pasalnya, setiap orang tentu memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan mereka. Tepatnya sesuai dengan aturan yang sudah diberlakukan.

Terlebih apabila Anda memang tidak pernah mengajukan pinjaman online ke layanan pinjol manapun. Tentu tidak perlu panik mengenai hal ini. Akan tetapi, jika pernah mengambil pinjol sebelumnya, maka pastikan segera melunasi hutang-hutang tersebut sekaligus bunganya.

  • Pertahankan Bukti-bukti

Apabila Anda mendapatkan teror dari pinjaman online ilegal, maka pastikan untuk mempertahankan bukti-bukti tersebut. Baik itu berupa pesan teks yang sudah dikirimkan melalui SMS maupun WhatsApp, rekaman suara dari panggilan telepon, dan lain sebagainya.

Tentu saja seluruh bukti yang sudah ada tersebut akan mendukung pengaduan apabila Anda ingin melaporkan nya ke pihak berwenang. Terlebih apabila memang sudah berencana untuk membawa masalah ini ke ranah hukum sehingga memerlukan bukti-bukti yang kuat.

  • Hindari Memberikan Informasi Pribadi

Sangat penting bagi Anda untuk tidak memberikan informasi pribadi kepada pihak pinjaman online tersebut. Baik itu berupa KTP, nama lengkap, nomor rekening bank, atau lainnya yang diinginkan oleh pihak pinjol itu sendiri. Hal ini agar datanya tidak disalahgunakan.

Apabila Anda memang masih memiliki hutang, maka cukup memberikan informasi mengenai jumlah cicilan dan jangka waktu pelunasan yang ingin dilakukan. Pastikan segera melakukan pelunasan agar tidak ada lagi teror maupun spam chat dari pihak pinjaman online tersebut.

Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online
Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Pastikan Anda segera menerapkan beberapa cara menghapus data kontak dari pinjaman online seperti di atas. Hal ini sangat penting agar seseorang terhindar dari teror pinjaman online lebih lanjut. Terlebih jika sudah terbebas dari hutang-hutang nya karena sudah melunasi nya di awal.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button