Promo Top Up Game Termurah😍
Aplikasi

13+ Situs dan Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Terlengkap

Jaman sekarang aplikasi translate bahasa jawa krama alus terbukti makin banyak dicari orang. Aplikasi tersebut punya banyak fungsi. Salah satu yang paling penting adalah bagi para pelajar yaitu dipergunakan saat ingin mengerjakan tugas Bahasa Jawa dari sekolah.

Seiring berkembangnya teknologi, para developer aplikasi tentunya berusaha mengembangkan ide. Buktinya, ada banyak bermunculan aplikasi edukatif yang cocok dipergunakan untuk belajar. Seperti yang telah diketahui, di beberapa sekolah saat ini bahasa Jawa masih dipelajari.

Mengenal Sekilas Tentang Bahasa Jawa

Mengenal Sekilas Tentang Bahasa Jawa
Mengenal Sekilas Tentang Bahasa Jawa

Bahasa Jawa sampai sekarang juga terlihat makin populer. Bahasa tersebut sudah sering muncul di film-film dan musik. Lagipula, belajar bahasa Jawa pun tidak hanya untuk menambah pengetahuan saja. Namun juga sebagai bentuk upaya untuk melestarikan kekayaan nasional. 

Sebelum mengulik lebih dalam tentang aplikasi translate bahasa jawa krama alus Kamu juga bisa cobain Aplikasi Wallpaper Video Terbaik , Buat smartphone kamu lebih menarik.

  • Alasan Sulitnya Berinteraksi Dengan Bahasa Jawa

Sayangnya, tidak semua orang mahir bahasa tersebut, meskipun sebagian besar penduduk Indonesia adalah orang Jawa. Adapun faktor penyebabnya adalah :

1 Pertama sekali hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh faktor kebiasaan. Lagipula bahasa Jawa memiliki beberapa tingkat tutur. Seperti misalnya krama halus yang pengucapannya disesuaikan oleh keakraban, kesopanan dan usia.
2 Ada juga bahasa Jawa ngoko lugu yang digunakan saat harus berkomunikasi dengan orang yang lebih mudah.
3 Sedangkan Ngoko Alus untuk berinteraksi dengan sebaya dan Krama lugu untuk berbicara dengan mereka para orang tua.
4 Ditambah lagi. masih banyak sekali orang Indonesia yang belum memahami bentuk kata kerja, kata sifat, serta kata benda dalam bahasa Jawa khususnya krama halus.
5 Hal ini tentu membuat banyak pengembang akhirnya membuat aplikasi translate bahasa Jawa krama alus.

Dengan adanya Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus tersebut bisa memudahkan orang-orang yang mau belajar bahasa Jawa. Adapun sekarang, jenis aplikasi tersebut sudah cukup berkembang. Sebagai bukti cukup banyak pilihan aplikasi yang bisa dicoba. Bahkan kamu bisa mengunduhnya via Android.

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Terbaik

Aplikasi Terjemah Bahasa Jawa Lengkap
Aplikasi Terjemah Bahasa Jawa Lengkap

Sekarang, sudah cukup banyak pilihan Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus yang bisa dimanfaatkan untuk menerjemahkan bahasa Jawa. Semua juga bisa diunduh ke smartphone sehingga sangat mudah untuk menggunakannya. Apa saja rekomendasi aplikasi yang dimaksud? Berikut uraian selengkapnya. 

Sebelum masuk pada daftar Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus yang pertama, Pastikan kamu juga sudah mencoba aplikasi yang sangat membantu kamu, apalagi kalau bukan Aplikasi Penguat Sinyal Telkomsel.

  • Translator Jawa

Translator Jawa
Translator Jawa

Kamu bisa coba Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus translator Jawa untuk belajar bahasa tersebut. Kalau aplikasi yang satu ini sengaja dikembangkan oleh developer Mongosilakan. Kamu tidak perlu khawatir, karena aplikasi satu ini bisa diunduh secara gratis di Android.

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ini menyediakan banyak tingkatan. Mulai dari Ngoko, Krama, Krama Inggil, dan sebagainya. Dengan adanya fitur di dalamnya, akan dapat mempermudah kamu untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang lebih tinggi. Baik itu dari segi usia maupun kedudukannya.

Link Download :

Nama Aplikasi Translator Jawa
Ukuran 4.8 MB
Score 3.7
Link Playstore net.mongosilakan.mobile

Fitur andalan lain yang turut disediakan dalam aplikasi ini adalah pencarian tertentu atau kamus. Ukuran file untuk Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus gratis ini juga bisa dikatakan tak terlalu besar. Artinya, tidak akan banyak memakan memori smartphone kamu. Sebagai informasi saja, aplikasi ini rilis pertama kali pada 23 Maret 2017.

Nah buat kamu yang sudah membaca rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus yang pertama, Kamu juga bisa cek Pembuka File Semua Format Untuk Android, Agar pekerjaan atau dokumen kamu tetap aman.

  • Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Pepak Bahasa Jawa Lengkap
Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh developer TKZ Apps ini bertujuan supaya penggunanya dapat mahir berbahasa Jawa. Dalam aplikasi Bahasa Jawa Lengkap ini, kamu bukan hanya bisa belajar tentang kosakata dan translate bahasa Jawa halus saja.

Namun juga mengenai hal lain mulai dari tentang huruf aksara Jawa, paribasan atau peribahasa, tokoh pewayangan, kesusastraan, dan masih banyak lagi. Artinya sambil belajar sekaligus mengenal segala bentuk budaya Jawa.

Link Download :

Nama Aplikasi Pepak Bahasa Jawa Lengkap
Ukuran 3.6 MB
Score 3.9
Link Playstore com.rikamei.apps.

Aplikasi ini mulai rilis sejak 14 Desember 2018. Hingga sekarang sudah lebih dari 100 ribu lebih pengguna yang mengunduhnya. Soal ukurannya, Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus yang satu ini juga tergolong kecil hanya 3 MB saja.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tak mengunduhnya karena dipastikan tidak akan sampai menghabiskan space memori. Lagipula, kamu juga bisa download secara gratis kok, tanpa perlu bayar sedikit pun.

  • Belajar Bahasa Jawa + Suara

Belajar Bahasa Jawa + Suara
Belajar Bahasa Jawa + Suara

Ada lagi aplikasi translate bahasa jawa yang bernama Belajar Bahasa Jawa + Suara, hadir untuk bisa membantu kamu. Aplikasi satu ini sangat ramah khususnya bagi pengguna anak-anak. Mengapa begitu? Sebab, dalam aplikasi tersebut bukan hanya berisi terjemahan bahasa jawa saja. Melainkan ada juga sejumlah game edukasi yang berkonsep serial aplikasi belajar anak berbahasa Indonesia, terutama bahasa Jawa.

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Solite Kids ini dapat membantu anak belajar bahasa Jawa dengan cara lebih menyenangkan. Belajar bahasa Jawa yang dimaksud adalah bahasa Ngoko, Krama Inggil, sampai Krama Alus.

Link Download :

Nama Aplikasi Belajar Bahasa Jawa + Suara
Ukuran 14 MB
Score 4.3
Link Playstore com.solitekids.secilbahasajawa

Menariknya lagi, aplikasi translate bahasa jawa ini juga telah menyediakan 2 mode yaitu untuk belajar dan bermain menggunakan gambar serta suara. Untuk fitur bermainnya saja sudah cukup lengkap.

Mulai dari tebak bahasa, kereta Jawa, puzzle, gelembung aksara Jawa, dan lain-lain. Sementara untuk mode belajarnya ada kata kerja, nama hewan, nama anggota tubuh, sampai huruf aksara Jawa. Selain fitur mode tersebut kamu juga bisa cobain fitur Ome TV Mod Apk Anti Banned.

Ukuran aplikasi yang satu ini begitu ringan hanya 14 MB saja. Jadi, dipastikan tidak akan terlalu membebani memori smartphone kamu. Sejak tanggal perilisannya yaitu 23 April 2019, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu orang pengguna. Jadi, tidak ada salahnya menjadi salah satu aplikasi rekomended.

  • Kamus Bahasa Jawa – Indonesia

Kalau Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus yang satu ini adalah aplikasi yang menyediakan berbagai perbendaharaan kata dan istilah dalam bahasa Jawa. Maksudnya, apabila kamu menemukan kata yang dianggap terlalu sulit dalam bahasa Jawa, bisa langsung menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Kamus Bahasa Jawa – Indonesia dikembangkan oleh developer. Azklabs Mobile. Sudah mulai rilis sejak 5 Juni 2020. Sampai sekarang, jumlah pengguna aplikasi ini sudah mencapai 10.000 lebih user.

Link Download :

Nama Aplikasi Kamus Bahasa Jawa – Indonesia
Ukuran 3.6 MB
Score 4.0
Link Playstore com.idkamus.jawaindonesiaoffline

Lalu apa keunggulan dari aplikasi ini? Sebenarnya cukup banyak, salah satunya adalah terdapat puluhan ribu kata dalam bahasa Jawa serta maknanya. Tentu, dengan adanya fitur tersebut, akan mempermudah pengguna untuk berkomunikasi atau membuat semacam karya sastra dengan bahasa Jawa.

Fitur Menarik Kamus Bahasa Jawa – Indonesia :

1 Hal Pertama penariknya lagi, aplikasi ini juga memiliki fitur Full Offline.
2 Artinya memungkinkan semua data akan tersimpan secara offline dan tak perlu menggunakan koneksi internet jika mau mengaplikasiannya. Menjadikannya sebagai aplikasi translate bahasa Jawa offline terbaik.
3 Selain itu dijalankan tanpa koneksi internet, kamu juga dapat sekaligus menandai atau meletakkan bookmark istilah maupun kata favorit.
4 Masih ada lagi kelebihan dari Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ini yaitu tersedia kuis menarik. Kamu bisa menggunakannya untuk melatih sejauh mana pemahaman istilah bahasa Jawa yang sudah dipelajari.
5 Ukurannya sangat ringan pastinya, hanya 3,9 MB saja. Tak perlu pusing membebani memori karena jelas tidak akan mungkin terjadi. Kamu bisa mengunduhnya sekarang juga karena aplikasi ini gratis.

Itu dia fitur yang sudah dijelaskan dari Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus, jika kamu adalah penikmat fitur, kamu juga harus cobain fitur gratis dari YouTube Music Premium Gratis.

  • Javanese Indonesian Translator

Javanese Indonesian Translator
Javanese Indonesian Translator

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus gratis lainnya yang juga bisa membantu kamu menerjemahkan bahasa Jawa adalah Javanese Indonesia Translator ini. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa menerjemahkan teks atau kata dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Dalam penggunaannya, aplikasi ini memang mirip seperti kamus.

Jangan lupa jika aplikasi bukan sembarangan. Pasalnya, banyak terdapat fitur menarik yang dapat dinikmati oleh pengguna. Selain itu, dilengkapi juga dengan audio yang memudahkan pengguna mendengar teks terjemah dalam bahasa Jawa atau Indonesia.

Link Download :

Nama Aplikasi Javanese Indonesian Translator
Ukuran 16 MB
Score 3.8
Link Playstore com.javaneseindonesiantranslator

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Javanese Indonesia Translator ini hasil pengembangan dari developer TTMA Apps. Sejak rilis yaitu tanggal 5 Juni 2020 silam, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 ribu pengguna. Fitur lain yang tersedia adalah pengguna bisa memasukkan teks dengan merekam suara atau mengambil gambar teks bahasa untuk diterjemahkan.

Kamu mungkin sudah sangat penasaran dengan aplikasi satu ini. Maka, jangan ragu untuk mengunduhnya. Selain gratis, ukuran Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ini juga ringan. Dengan ukurannya yang hanya 3,9 MB saja sepertinya tidak akan terlalu menguras banyak memori smartphonemu.

  • Kamus Terjemah Bahasa Jawa

Kamus Terjemah Bahasa Jawa
Kamus Terjemah Bahasa Jawa

Dalam Aplikasi translate bahasa jawa ini, pengguna bisa mendapatkan kumpulan kosa kata dalam bahasa Jawa mulai dari tingkatan paling kasar sampai paling halus atau sopan. Bisa dibilang aplikasi super lengkap.

Uniknya lagi, tiap kosakata yang disediakan dalam aplikasi offline ini disajikan dalam bentuk tabel bahasa Ngoko, Krama Madya, serta Krama Inggil. Atranslate bahasa jawa yaitu kamus Terjemah Bahasa Jawa ini dikembangkan oleh developer Surabaya Studio. Tanggal rilisnya yaitu 17 September 2020.

Link Download :

Nama Aplikasi Kamus Terjemah Bahasa Jawa
Ukuran 4,8 MB
Score 3.4
Link Playstore com.idapps.kamusbahasajawa

Sejak diluncurkan, aplikasi ini sudah banyak peminatnya. Terbukti sampai sekarang jumlah penggunanya sudah mencapai lebih dari 10 ribu user. Tentang ukurannya juga relatif kecil, hanya 5, 7 MB saja. Ukurannya kecil, gratis, banyak fiturnya, maka alasan apalagi yang membuat kamu tak mengunduhnya?

  • Kamus Bahasa Jawa Halus Lengkap Offline

Kamus Bahasa Jawa Halus Lengkap Offline
Kamus Bahasa Jawa Halus Lengkap Offline

Aplikasi translate bahasa jawa Berikutnya adalah Kamus Bahasa Jawa Halus Lengkap Offline. Kalau yang satu ini mungkin masih punya fitur yang mirip dengan aplikasi sebelumnya. Namun, tidak ada salahnya juga kamu mencoba untuk mengunduhnya.

Dalam aplikasi ini tersedia daftar kosa kata dalam bahasa Jawa yang tergolong paling lengkap. Semua kota kata tersebut pastinya dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan mudah. Lagipula aplikasi terjemah bahasa Jawa ini juga gratis kok. Cocok bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Jawa maupun ingin tahu tentang bahasa tersebut.

Link Download :

Nama Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Halus Lengkap Offline
Ukuran 4.1
Score 6.9 MB
Link Playstore com.vanrisdev.kamusbahasajawa

Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Halus Lengkap Offline ini sengaja dikembangkan oleh VanRis Apps. Sejak rilis tanggal 18 Agustus 2021 silam, jumlahnya penggunanya terus bertambah. Hingga kini penggunanya sudah mencapai 10 ribu lebih.

Fitur di dalamnya juga terbilang lengkap. Seperti diantaranya adalah mudah diaplikasi karena sudah menggunakan UI yang simple. Selain itu, aplikasi ini juga ringan dan menyediakan ribuan kosakata bahasa Jawa yang diurutkan sesuai abjad.

  • Aksara Jawa

Aksara Jawa
Aksara Jawa

Merupakan aplikasi untuk melakukan konversi tulisan latin menjadi aksara Jawa. Begitu pun sebaliknya yang mengubah aksara Jawa menjadi tulisan latin. Kamu akan dapat mengetik aksara Jawa dari smartphone karena langsung terintegrasi dengan keyboard HP. Dengan Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ini, pastinya dapat mempermudah pengguna yang ingin belajar menulis aksara Jawa dan mengerti tentang bahasa tersebut.

Bukan hanya bisa mengetik tulisan menjadi aksara Jawa saja. Kamu pun juga dapat mengetik aksara Jawa berikut hasil bacanya. Nantinya, aksara Jawa pun bisa disimpan menjadi bentuk gambar maupun teks. Developer Uzan meluncurkannya sejak 31 Januari 2021 dan sampai sekarang sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Link Download :

Nama Aplikasi Aksara Jawa
Ukuran 3.7 MB
Score 4.2
Link Playstore com.muhfau.nulisjawa

Ukurannya yang ringan yaitu 4,3 MB membuat aplikasi ini begitu banyak diminati. Selain itu aplikasi Aksara Jawa ini juga gratis dan menyediakan interface sederhana. Memungkinkan semua pengguna di segala kalangan dapat dengan mudah mengaplikasikannya.

Nah bagaimana sangat ringan bukan aplikasi translate bahasa jawa diatas ? Mau yang lebih ringan lagi, Sudah pasti Top Up ML Murah Dengan Pulsa.

  • Kamus Bahasa Jawa Online

Kamus Bahasa Jawa Online
Kamus Bahasa Jawa Online

Sebuah aplikasi translate bahasa jawa yang juga tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi kamu yang ingin belajar atau memperdalam bahasa Jawa. Namanya aplikasi Kamus Bahasa Jawa Online. Sama dengan aplikasi sebelumnya yang serupa, Kamus Bahasa Jawa Online ini juga bisa diunduh secara gratis.

Link Download :

Nama Aplikasi Kamus Bahasa Jawa 
Ukuran 11 MB
Score 4.5
Link Playstore id=kamusjawa.ibnuadhaganz

Lebih menariknya lagi, aplikasi satu ini menyimpan banyak kosakata bahasa Jawa yang bisa dibilang sangat lengkap. Ada yang lebih menarik lagi, Sekarang kamu bisa Mengganti Nama FF Gratis.

Pengguna bisa memanfaatkan Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Ngoko ini ke bahasa Jawa krama halus dan sebaliknya. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini secara rutin supaya praktek bahasa Jawa makin mudah.

Situs Translate Bahasa Jawa Online Gratis

Situs Translate Bahasa Jawa Online Gratis
Situs Translate Bahasa Jawa Online Gratis

Menerjemahkan bahasa Jawa ke Indonesia dan sebaliknya bukan hanya bisa dilakukan melalui Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus saja. Sejumlah situs online juga bisa dimanfaatkan dalam hal ini. Berikut beberapa pilihan situs translate bahasa Jawa online gratis terbaik. 

  • Google Translate

Google Translate
Google Translate

Selain aplikasi translate bahasa jawa, Translate bahasa Jawa pun bisa dilakukan melalui situs-situ online. Hal ini menjadi alternatif bagi kamu yang tidak mau mengunduh aplikasi karena sejumlah alasan tertentu. Salah satu rekomendasi situsnya adalah Google Translate ini. 

Cara Menggunakan Google Translate :

1 Situs yang dikembangkan oleh Google Inc tersebut, bisa digunakan untuk menerjemahkan kata, kalimat, hingga halaman suatu website dari satu bahasa ke bahasa lainnya.
2 Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Kamu tinggal buka browser lalu ketik Google translate pada kolom pencarian.
3 Setelah itu, lanjutkan dengan memilih opsi bahasa Jawa atau Javanese untuk menerjemahkan kata dalam bahasa tersebut.
4 Jangan khawatir, karena situs ini begitu compatible dengan semua perangkat. Kamu bisa langsung akses maupun mengunduh dulu aplikasinya.
  • Yandex Translate

Yandex Translate
Yandex Translate

Berikutnya adalah Yandex Translate yang merupakan layanan website terjemahan milik Yandex dan bisa membantu kamu untuk menerjemahkan teks, gambar, hingga situs dalam bahasa lain.

Cara Menggunakan Yandex Translate :

1 Secara umum, memang mirip dengan Google Translate.
2 Bahkan, Yandex ini pun sering dikenal sebagai Google-nya negara Rusia.
3 Yandex bisa dipakai untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke Jawa dan sebaliknya.
4 Kamu pun dapat mengaksesnya langsung via website maupun mengunduh aplikasinya dulu. Baik melalui Play Store maupun App Store.
  • Dosen Pintar

Dosen Pintar
Dosen Pintar

Ada lagi situs yang bisa diandalkan untuk menerjemahkan bahasa Jawa yaitu Dosen Pintar. Kalau yang ini merupakan situs asli buatan Indonesia. 

Asal Mula Dosen Pintar :

1 Pada mulanya, situs Dosen Pintar ini hanya dimaksudkan untuk menyediakan informasi tentang passing grade, dunia kampus, hal-hal berbau pendidikan serta teknologi.
2 Hanya saja, Dosen Pintar nyatanya juga masih dilengkapi dengan fitur lain sebagai pendukung.
3 Salah satunya adalah fitur yang dapat membantu pengguna menerjemahkan bahasa Jawa halus secara gratis.
4 Layanan translate online tersebut juga mencakup menerjemahkan bahasa Jawa Krama Alus Inggil ke Jawa Ngoko, Madya, ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya.
  • Mongosilakan V.2.0

Mongosilakan V.2.0
Mongosilakan V.2.0

Tak hanya menciptakan aplikasi, Mongosilakan pun menyediakan situs online yang memiliki fungsi yang sama. Apalagi kalau bukan membantu pengguna untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa Ngoko, Krama, Krama Inggil, dan sebaliknya.

Cara Menggunakan Mongosilakan V.2.0 :

1 Pertama, sebelum bisa mengakses situs ini, kamu diharuskan untuk log in terlebih dahulu.
2 Tenang, karena untuk log in, kamu bisa gunakan akun Google kok.
3 Jadi, tunggu apalagi jangan ragu mencoba situs ini.
4 Apalagi sekarang Mongosilakan pun sedang mengembangkan layanan terjemah bahasa Sunda juga lho.

Penutup

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus
Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Itu dia tadi beberapa situs dan Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus. Kamu bisa menggunakan salah satunya jika ingin belajar bahasa Jawa. Baik saat mengerjakan tugas sekolah, atau memang ingin mendalami bahasa dan budaya Jawa yang saat ini sangat populer. 

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Mulai Dari Pulsa, Kuota, Token PLN, Tagihan PPOB, Voucher Game dan Top Up Game Murah
Back to top button