Promo Top Up Game Termurah😍
Aplikasi

7 Aplikasi Pengukuran Tanah Cara Cepat

Aplikasi Pengukuran Tanah – Untuk mengetahui luas tanah, biasanya orang akan melihat dari sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Namun, bagaimana bila kita tidak memiliki akses terhadap sertifikat tanah tersebut? Nah, dalam hal ini kita bisa memperkirakan ukuran tanah dengan menggunakan aplikasi pengukuran tanah.

Lantas, apakah ukuran tanah yang tertera di sertifikat tanah sudah pasti benar? Jawabannya belum tentu.

Perbedaan ukuran tanah dalam sertifikat dengan ukuran aslinya bisa saja terjadi karena berbagai hal. Kesalahan bisa terjadi akibat kelalaian dari petugas, kesalahan dalam membaca batasan lahan, tidak jelasnya peta, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli tanah, tidak ada salahnya membandingkan ukuran tanah di sertifikat dengan ukuran tanah dari aplikasi pengukuran tanah.

Saat Kapan Anda Membutuhkan Aplikasi Pengukuran Tanah?

1. Ukuran Tanah dalam Sertifikat berbeda jauh dengan aslinya

Apabila Anda berniat membeli properti sebidang tanah, sebaiknya Anda melakukan pengukuran tanah secara mandiri untuk membandingkan dengan ukuran tanah dalam sertifikat.

Pengukuran tanah secara mandiri dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi pengukuran tanah.

Apabila hasil pengukuran mandiri Anda berbeda cukup jauh dengan ukuran dalam sertifikat tanah, Anda bisa mengajukan pengukuran tanah ulang oleh BPN.

2. Mencari tanah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daripada repot-repot menghubungi makelar atau agen property untuk memncari tanah dengan luas tertentu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengukuran tanah untuk memperkirakan ukuran tanah. Apabila ukurannya sudah mendekati yang Anda butuhkan, Anda bisa menghubungi pihak penjual untuk transaksi lebih lanjut.

Baca juga12 Aplikasi Convert Pulsa Rate Tinggi 2023

Rekomendasi Aplikasi Pengukuran Tanah

1. Google Map

Aplikasi ini memang lebih dikenal sebagai aplikasi penunjuk arah. Namun siapa sangka kalau Google Map juga bisa digunakan sebagai aplikasi pengukuran tanah.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh pihak Google LLC. Bagi pengguna smartphone Android, juga tidak perlu mengunduhnya lagi. Sebab kebanyakan tipe android sudah dilengkapi dengan fitur Google Maps.

Ternyata google maps ini tidak hanya memberikan gambaran pasti berupa geografi dari wilayah tanah tersebut. Namun juga bisa digunakan untuk mengetahui besar luasannya tanah yang dihitung. Jadi akan tetap membantu, meski hasilnya tidak seakurat saat mengukur manual.

Untuk mengukur tanah lewat Google Map, pertama-tama Anda harus tahu dulu letak tanahnya dan bisa dilacak lewat Google Map.

Setelah letak tanahnya sudah ditemukan di Google Map, ubah jenis peta ke satelit untuk memperjelas batas pengukuran.

Arahkan pin merah ke titik lokasi yang akan diukur. Usahakan pin tepat berada di salah satu sudut tanah.

Aplikasi Pengukuran Tanah
Pin merah berada di sudut tanah yang akan diukur

Pilih menu Ukur Jarak untuk mengaktifkan pita pengukur. Lalu arahkan pita pengukur ke setiap sisi tanah. Setelah keempat sisinya diukur, akan muncul luas tanah tersebut.

Hasil pengukuran tanah

2. GPS Area Measurement

Kamu bisa menggunakan aplikasi GPS Area Measurement untuk mengukur luas tanah dengan cepat.

Fitur yang disajikan aplikasi ini juga cukup menarik mulai dari pengukuran luas dan pengukuran jarak, pengukuran luas tanah, mengonversi dalam kilometer persegi ke meter persegi, yard persegi ke mil persegi dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga cukup bisa diandalkan, terbukti dengan jumlah downloaderya mencapai 1 juta pengguna di Play Store.

3. Google Earth

Hampir sama dengan penggunaan Google Map. Anda hanya perlu menentukan titik-titik yang akan diukur lalu aplikasi akan menunjukkan luas dan keliling tanah yang Anda ukur.

Pertama-tama, buka Google Earth. Lalu temukan titik lokasi yang ingin Anda ukur.

Hasil screenshoot

Misalnya Anda ingin mengukur luas lapangan hijau diatas menggunakan aplikasi pengukuran tanah di smartphone.

Letakkan pin di salah satu sudut tanah. Lalu tekan menu Ukur untuk mengaktifkan garis ukur. Arahkan garis ukur hingga mengelilingi semua sisi lapangan. Setelah itu, hasil pengukuran tanah akan muncul otomatis.

Hasil pengukuran tanah lewat aplikasi Google Earth

Baca juga: Cara Pembayaran Tiktok Shop Transfer Bank 

4. Gps Area Calculator – Aplikasi Pengukuran Tanah

Aplikasi pengukur luas tanah selanjutnya ada Gps Area Calculator. Aplikasi yang sudah didownload lebih dari 5 juta kali ini akan membantu penggunanya untuk mengukur tanah dengan cepat dan menghasilkan ukuran yang cukup akurat.

Gps Area Calculator juga dilengkapi dengan field ukur dan alat pengukur yang beragam.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur GPS yang tersedia dan menyajikannya pada beberapa model, mulai dari peta medan, satelit, dan pencarian MAP.

5. Area Calculator

Terakhir kamu bisa menggunakan Area Calculator untuk mengukur luas tanah di berbagai bidang.

Aplikasi yang dibuat oleh develover Tekstill ini sudah di download lebih dari 1 juta pengguna di Play Store dan memiliki penilaian atau rating yang cukup bagus.

Untuk mengetahui luasan suatu wilayah tanah, pengguna juga hanya perlu tap saja pada peta yang sudah disediakan. Maka, akan langsung ditampilkan ukuran dari wilayah itu.

Pengguna juga bisa menghilangkan tanda titik pada peta, sehingga akan mampu menampilkan hasil yang lebih fleksibel. Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan area, sehingga bisa digunakan untuk melakukan pengukuran lain waktu.

Hasil pengukuran yang diberikan aplikasi ini juga sangat memuaskan, meskipun demikian kamu harus tetap melakukan pengukuran ulang secara langsung.

Baca juga: 7 Cara jadi Agen Pulsa

6. GPS Fields Area Measure

Aplikasi pengukuran tanah, selanjutnya bernama GPS Fields Area Measure yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Farmis. Aplikasi ini memiliki fitur yang berbeda ketimbang aplikasi lainnya. Karena, aplikasi ini dilengkapi dengan tampilan area distance converter compass.

Jadi, saat pengguna ingin memakai aplikasi ini, pengguna perlu membuat titik, pada suatu bidang. Apabila sudah terpasang, maka dengan otomatis aplikasi GPS Field akan melakukan pengukuran bidang tersebut. Selain itu, beberapa fitur lainnya, juga ada di dalamnya.

Aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 10 juta penggun di playstore.

7. Area Calculator for Land (Kalkulator Area Tanah)

Aplikasi milik clstudio.info ini adalah aplikasi pengukuran tanah yang sudah didownload sebanyak lebih dari 5 juta kali di Playstore.

Aplikasi ini digunakan untuk mengukur area pada peta. Area pengukuran peta meliputi:

  • Batas pengukuran, estimasi batas
  • Pengukuran jarak, pengukuran jarak
  • Pengukuran -Area, pengukuran lapangan, pengukuran area pada peta
  • Pelacakan -Real-time dan semua perhitungan di atas antara poin
  • Perhitungan -Cepat dan stabil
  • Perhitungan dengan akurasi tinggi
  • -Cara mudah untuk menyeret dan menjatuhkan spidol dengan mengklik panjang pada marker atau menunjuk peta.
  • -Area bisa disesuaikan kembali
  • -Simpan Pengukuran rinci dan mudah memeriksa setiap dimensi pengukuran.

Baca juga: 3 Cara Beli Koin Tiktok Pakai Pulsa 

Kesimpulan

Demikianlah 6 aplikasi pengukuran tanah yang kami rekomendasikan untuk Anda. Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan secara gratis melalui smartphone. Namun ingat, hasil yang ditunjukkan lewat aplikasi tersebut tidak dapat dijadikan sebagai acuan resmi untuk proses jual-beli tanah. Untuk mengetahui ukuran tanah yang akurat silakan lakukan pengukuran tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN)

 

Back to top button