Ragam

Adakah Batas Waktu Pengisian Token Listrik Setelah Dibeli? Ini Jawabanya!

Batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli memang sering dipertanyakan pengguna meter prabayar dengan sistem token.

Token listrik adalah cara paling efisien mengatur pasokan listrik rumah tangga, sebab anda bisa mengontrol sendiri penggunaan energi melalui meteran. Adakalanya pengguna listrik prabayar menelusuri adakah batas waktu pengsian token listrik setelah dibeli? Mari telusuri jawabanya dalam pembahasan ini!

Apa itu Token Listrik?

Token Listrik
Token Listrik

Listrik salah satu kebutuhan rumah tangga yang sebagai sumber penerangan, penghasil panas dan gerak pada alat rumah tangga dan transportasi.

Penggunaan listrik sangat membantu terutama dalam rumah tangga. Pekerjaan terasa lebih mudah dan cepat dengan tenaga listrik dibandingkan manual.

PT PLN menyediakan sistem listrik dalam dua layanan, yaitu listrik pascabayar dengan sistem pembayaran bulanan dan listrik prabayar dengan pulsa atau token sebelum digunakan.Ā Di Indonesia, kebutuhan listrik tersebut terpenuhi dengan membeli token atau membayar tagihan pascabayar di gerai resmi.

Sebelum lebih lanjut membahas batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli, pahami terlebih dahulu apa itu token listrik dan nominal pembelian yang dapat dijangkau pelanggan.

Jadi, token listrik berupa 20 digit kode numerik yang harus diisi ke meteran prabayar untuk menambah daya. Isi ulang token listrik merupakan hal wajib bagi pelanggan prabayar jika token sudah habis.

Nominal Token Listrik yang Dapat Dibeli Pelanggan

Ketika mengisi token listrik, pelanggan dapat membeli sendiri nominal token berdasarkan ketetapan PLN. Masing-masing pengguna listrik prabayar dapat memilih dari nominal terkecil sampai terbesar, menyesuaikan dengan kebutuhan listrik di tempat tinggalnya.

Sebelum akhirnya kita membahas batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli, ketahuilah nominal token listrik yang dapat dibeli pelanggan berikut jumlah kWh.

Baca Juga :  2 Cara Cari Jodoh Via WhatsApp: Dijamin Pasti Berhasil!
Nominal Jumlah kWh
20.000 12,2 kWh
50.000 33,1 kWh
100.000 66,2 kWh
250.000 132,3 kWh
500.000 328,9 kWh
1.000.000 659,7 kWh

Cara Isi Ulang Token Listrik

Cara isi ulang token listrik
Cara isi ulang token listrik

Jika anda sudah memahami apa itu token listrik dan nominal yang dapat dibeli, Mocipay akan membawa anda ke pembahasan selanjutnya yaitu cara membeli token listrik.

Untuk menambah daya listrik sebenarnya sangat mudah, siapkan nomor meteran/ID pelanggan dan uang tunai sesuai nominal yang akan diisi. Selanjutnya cari agen resmi, baik minimarket atau kios listrik untuk pembelian.

Berikan ID pelanggan dan sampaikan nominal kebutuhan listrik yang hendak kamu beli. Setelah menyelesaikan proses pembelian, petugas akan memberikan struk pembelian berikut 20 digit nomor yang harus anda masukkan pada meteran listrik. Ketikkan 20 digit numerik yang diterima, setelah itu daya listrik akan bertambah.

Apakah Token Listrik Bisa Hangus?

Sebelum lebih lanjut membahas batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli, sobat Mocipay perlu mengetahui 20 digit nomor numerik anda bisa hangus.

Mengapa demikian? anda harus memperhatikan 20 digit yang diinput agar meteran tidak terblokir. Salah memasukkan nomor token bisa dilakukan dalam 3 kali, lebih dari itu meteran rumah anda akan terblokir otomatis.

Batas Waktu Pengisian Token Listrik Setelah Dibeli

Penggunaan listrik prabayar telah banyak digunakan oleh masyarakat umum. Penggunaan token listrik memang menguntungkan, anda dapat mengontrol sendiri penggunaan listrik untuk berhemat secara langsung.

Batas Waktu Pengisian Token Listrik Setelah Dibeli
Batas Waktu Pengisian Token Listrik Setelah Dibeli

Meski sistem listrik prbayar ini sudah ada sejak lama, batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli masih sering dipertanyakan. Mungkin sobat Mocipay juga menanyakan perihal pengisian dan penggunaan token ini.

Rasa khawatir token listrik hangus jika tidak disini menjadi alasan anda mengunjungi Mocipay kali ini, tak lain agar mendapat jawaban yang valid batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli.

Untuk menjawab batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli sebenarnya PLN sudah memberikan konfirmasi bahwa token listrik tidak memiliki masa aktif/berlaku setelah pengsian. Jadi, anda masih bisa menambah daya listrik dari pembelian sebelumnya.

Baca Juga :  3 Link Kalkulator Kesehatan Mental, Cek Kesehatan Mental Secara Online dan Gratis

Meski demikian, kami menganjurkan pengguna untuk menginput langsung nomor token listrik untuk menghindari masalah struk tercecer, basah dan robek.

Anda juga tidak perlu khawatir jika masih memiliki daya yang cukup didalam meteran, karena sejatinya token listrik bisa diisi dua kali bahkan lebih dalam satu hari. Baca selengkapnya disiniĀ Apakah Bisa Isi Token Listrik 2 Kali Sehari? Ini Penjelasannya!

Rekomendasi Aplikasi Pembelian Token Lisrik Termurah

Setelah mengulas lengkap batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli, kami juga memiliki rekomendasi aplikasi pembelian token termurah.

Hal ini memungkinkan anda membeli token secara online dari rumah, cukup akses aplikasi saja. Mocipay dan Mitra Top Up salah satu aplikasi yang menjual produk digital terlengkap seperti pulsa, paket internet, top up game hingga token listrik dengan harga terjangkau.

Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mocipay

Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mocipay
Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mocipay

Seperti yang sudah kami singgung, Mocipay salah satu aplikasi yang menyediakan token listrik sebagai produk utamanya. Namun sebelum itu, anda wajib memiliki aplikasi Mocipay dan saldo yang cukup.

Produk-produk mocipay dapat anda beli jika saldo sudah cukup. Manfaatkan menu Top Up di layar beranda untuk mengisi saldo anda. Jika sudah, pahami cara beli token listrik di aplikasi Mocipay berikut ini:

  1. Download aplikasi Mocipay, lalu buat akun anda
  2. Setelah itu, buka aplikasi Mocipay. Pada halaman utama anda silahkan pilih menu PLN
  3. Pilih PLN Prabayar
  4. Anda akan dibawa ke menu selanjutnya, pada kolom nonor tujuan masukkan Nomor Meteran/ID Pelanggan lalu pilih jumlah token yang ingin dibeli.
  5. Klik beli lalu, akan ditampilkan detail pembelian token listrik anda
  6. selanjutnya klik beli sekarang dan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN Mocipay anda
  7. Sistem akan memprose pembelian lalu menampilkan nomor seri token listrik baru.
  8. Masukkan nomor seri tersebut ke meteran listrik untuk menambah daya.

Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mitra Top Up

Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mitra Top Up
Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mitra Top Up

Setelah Mocipay, ada Mitra Top Up yang juga menjual token listrik sebagai produk utama. Silahkan unduh dan top up saldo layaknya Mocipay sebelum membeli token listrik. Berikut tahapanya:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Mitra Top Up
  2. Pastikan anda sudah top up saldo melalui menu isi saldo di beranda
  3. Setelah itu gulir kebawah sampai pada menu tagihan
  4. Pilih Token PLN
  5. Masukkan ID pelanggan, nomor HP lalu tentukan nominal token PLN yang anda butuhkan
  6. Selanjutnya klik beli
  7. Rincian pembelian anda akan ditampilkan, silahkan periksa ulang untuk memastikan kebenaran ID yang dimasukkan
  8. Jika sudah klik beli sekarang, rincian transaksi akan ditampilkan
  9. Pergi ke halaman utama lalu pilih menu transaksi, jika transaksi sudah diproses sistem akan menampilkan seri token yang harus anda masukkan ke meteran listrik.
Baca Juga :  Kenali Ciri-Ciri iPhone Sudah Ganti Baterai, Jangan Sampai Tertipu!

Tips Menghemat Penggunaan Token Listrik

Meskipun pengguna token dapat mengontrol pemakaian listrik, tidak sedikit sobat Mocipay yang kewalahan mengontrol pembelian akibat borosnya penggunaan listrik.

Selain menjawab lengkap tentang batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli, Mocipay juga memberikan tips menghemat penggunaan token listrik anda. Berikut tips-tips yang dapat anda terapkan dalam penggunaan listrik prabayar PLN:

Tips Deskripsi Singkat
Matikan alat elektronik yang tidak digunakan Selalu matikan alat elektronik ketika tidak digunakan, seperti TV, AC dan lampu. Anda bisa mencoba menggunakan timer pada AC atau perangkat elektonik lainya.
Hemat penggunaaan AC Salah satu cara mengemat penggunaan listrik anda adalah mematikan AC di pagi hari, biarkan udara masuk dari sela-sela teralis rumah atau atur AC pada suhu 24-26 derajat celcius.
Gunakan barang-barang elektronik energi-efisien Ketika membeli barang elektonik, pusatkan pencarianmu pada produk/barang berlabel energi-efisien untuk menghemat listrik saat.
Gunakan lampu LED Lampu LED akan membantu anda mengemat penggunaan listrik, jenis lampu ini membutuhkan energi yang lebih sedikit.
Hemat Penggunaan mesin cuci Pertimbangkan mencuci pakaian beban penuh, dengan demikian anda tidak perlu menggunakan energi listrik berulang-ulang ketika mencuci.

Akhir Kata

Batas Waktu Pengisian Token Listrik Setelah Dibeli
Batas Waktu Pengisian Token Listrik Setelah Dibeli?

Informasi diatas cukup untuk menjawab batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli, dimana pengguna listrik prabayar tidak perlu khawatir sebab kode token tidak memiliki batas masa berlaku atau kadaluarsa.

Jadi, anda tetap bisa melakukan isi ulang token dan menahan proses input ke meteran listrik karena alasan tertentu. Selama kode token belum pernah dimasukkan ke meteran, kode akan berlaku sampai kapanpun.

Semoga penjelasan terkait batas waktu pengisian token listrik setelah dibeli diatas bermanfaat. Sampai bertemu di topik selanjutnya!

Back to top button